Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api Matarmaja

tiket kereta api matarmaja

Berlibur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan pastinya. Setelah melalui hari yang penat baik bekerja seharian, maupun melakukan aktivitas lainnya. Tentunya siapa saja membutuhkan waktu untuk melepaskan penat tersebut yang salah satunya dengan pergi ke beberapa tempat menarik.

Mudahnya Transportasi dengan Kereta Api

Di Indonesia sendiri terdapat banyak pilihan tempat menarik yang bisa kalian kunjungi, apalagi sarana transportasi di Indonesia juga sudah cukup memadai di mana ada banyak transportasi yang mudah dan juga praktis untuk digunakan. Nah, salah satu transportasinya adalah kereta api.

Kereta api memang salah satu transportasi yang cukup praktis serta mampu menawarkan perjalanan mudik tanpa hambatan. Ditambah lagi kini fasilitas yang ditawarkan kereta api pun sudah membuat siapa saja merasa nyaman dan selalu memilih untuk menggunakan kereta api sebagai transportasi utama.

Biasanya untuk pemesanan tiket, kalian bisa membelinya melalui beberapa cara. Baik itu melalui aplikasi-aplikasi, melalui kantor pos, membelinya secara langsung baik melalui loket stasiun maupun melalui cetak tiket mandiri yang sudah tersedia di stasiun.

Akan tetapi, saat ini pembelian tiket kereta api telah bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Siapa pun yang ingin membeli tiket saat ini tidak perlu bersusah payah mengantre berjam-jam untuk mendapatkan tiket kereta api. Semua bisa dilakukan bahkan menggunakan smartphone yang mudah.

Solusi yang bisa kalian lakukan untuk memesan tiket kereta api yang mudah bisa kalian lakukan dengan membeli menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang bisa kalian gunakan tentunya KAI Access. Banyak fitur berguna yang bisa kalian dapatkan pada aplikasi ini khususnya jam keberangkatan, kursi dan lainnya.

Adanya aplikasi ini sangat membantu bagi beberapa orang yang ingin menentukan sendiri kursi yang diinginkan. Baik berdekatan dengan jendela, berdekatan dengan kamar mandi, duduk bersama dengan teman, saudara, maupun beberapa kebutuhan penumpang yang lainnya.

Ada tambahan aplikasi dari KAI Access yang memudahkan dalam sistemnya yaitu adanya sistem pendaftaran profil dengan data valid baik itu nama, alamat, nomor KTP, nomor hp dan lainnya. Dengan cara ini, kalian bisa lebih praktis tanpa harus mengisi data terlebih dahulu saat akan memesan tiket.

Masih banyak kelebihan-kelebihan yang bisa kalian dapatkan dengan membeli tiket kereta menggunakan aplikasi KAI Access. Berbagai pilihan kereta api yang ada di Indonesia juga ikut memudahkan dalam pembelian tiket. Apalagi ketika kalian akan membeli tiket kereta api Matarmaja.

Sejarah Kereta Api Matarmaja

Kereta Api Matarmaja ini adalah salah satu kereta api yang berada di bawah naungan dari PT. Kereta Api Indonesia. Kereta ini sendiri adalah kereta api dengan kelas ekonomi AC yang menghubungkan beberapa kota dari Jawa Timur sampai ke Jawa Barat dengan banyak fasilitas yang ada di dalamnya.

Sebelumnya, kereta ini juga memiliki kelas ekonomi dan juga kelas bisnis. Namun, pada akhirnya kereta ini hanya menyediakan kelas ekonomi saja. Bahkan menurut sejarahnya sendiri, kereta ini memiliki beberapa perubahan jalur yaitu perpanjangan jalur dengan tambahan kota yang disinggahi.

Untuk nama Matarmaja ini sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari beberapa kota yang dilewati oleh kereta ini sendiri. Untuk namanya sendiri berasal dari kota Malang, Blitar, Madiun dan juga Jakarta. Masih banyak orang yang bahkan belum paham dengan sejarah dari kereta ini sendiri.

Sebelum diberi nama kereta Matarmaja, sebenarnya kereta ini memiliki nama Senja Maja. Kereta Senja Maja sendiri merupakan singkatan dari Madiun Jakarta. Sebab, kereta ini hanya melayani rute dari Madiun dan Jakarta saja.

Bahkan sebelumnya, rute kereta api ini sendiri menggunakan rute selatan yang melewati Jogja-Purwokerto, kemudian untuk mengisi kekosongannya, maka rutenya ditambah melewati Semarang-Solo, melalui jalur utama juga yaitu melewati Pekalongan, Semarang, Solo, baru menuju ke Malang.

Perubahan nama menjadi Matarmaja ini sendiri dikarenakan begitu banyak permintaan dari penumpang sendiri untuk menambahkan jalur kereta api ini. Sehingga, PT. KAI memperpanjang jalur kereta dengan melewati Blitar sampai dengan Malang sesuai nama kereta api tersebut saat ini yaitu Matarmaja.

Adapun untuk jarak maupun rute yang ditempuh dari Jakarta Malang dengan kereta ini kurang lebih sekitar 16 jam 51 menit. Sedangkan untuk rute dari Malang Jakarta menempuh waktu kurang lebih sekitar 15 jam 50 menit. Kereta ini akan menempuh jarak sekitar 881 km.

Untuk kursi yang dimiliki dari kereta ini sendiri berjumlah 106. Susunan kursi ini sendiri adalah 3-2 dengan kursi yang saling berhadap-hadapan. Sedangkan fasilitas yang disediakan dalam kereta api ini seperti toilet, AC, pemadam api ringan, gerbong tempat makan, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit informasi tentang salah satu kereta api di Indonesia yang mungkin bisa kalian pilih sebagai salah satu sarana transportasi untuk teman bepergian. Sebelum memutuskan untuk membeli tiket Matarmaja, pastinya kalian harus tahu jadwal keberangkatannya terlebih dahulu.

Informasi Jadwal Keberangkatan Kereta Api Matarmaja

Untuk rute dari Malang-Jakarta yaitu:

• Malang Kotalama jam keberangkatan 09.09

• Kepanjen jam keberangkatan 09.34

• Sumber pucung jam keberangkatan 09.52

• Kesamben jam keberangkatan 10.16

• Blitar jam keberangkatan 11.00

• Tulungagung jam keberangkatan 11.37

• Kediri jam keberangkatan 12.12

• Madiun jam keberangkatan 14.00

Sedangkan untuk rute dari Jakarta-Malang yaitu:

• Pasarsenen jam keberangkatan 10.30

• Cirebon Prujakan jam keberangkatan 13.57

• Pegaden Baru jam keberangkatan 12.17

• Jatibarang jam keberangkatan 13.10

• Tegal jam keberangkatan 15.10

• Solojebres jam keberangkatan 20.43

• Ngawi jam keberangkatan 21.43

• Semarang Tawang jam keberangkatan 17.52

Setelah mengetahui sebagian informasi tentang tiket kereta api Matarmaja, untuk informasi tambahan yang harus kalian tahu adalah harga tiket yang harus kalian bayar. Untuk tiket yang harus dibayarkan oleh para penumpangnya berkisar sekitar Rp. 150.000,- sebelum ada perubahan di masa pandemi ini. Kereta ini adalah salah satu kereta ekonomi yang bisa dibilang paling murah dibandingkan dengan beberapa kereta lainnya. Pemesanan bisa kalian lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi resmi dari PT. KAI yaitu KAI Access.

Itulah sebagian informasi tentang jam keberangkatan kereta api Matarmaja baik dari Malang ke Jakarta maupun sebaliknya. Perlu kalian pahami, bahwa di masa pandemi seperti ini, kalian harus menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang harus dipenuhi bahkan sebelum menaiki kereta api. Beberapa aturan yang harus kalian ketahui yaitu menggunakan masker, menggunakan jaket, sosial distancing. Bahkan PT. KAI juga mewajibkan siapa pun penumpang yang akan menempuh perjalanan jarak jauh harus menyertakan surat keterangan sehat atau surat Rapid Test yang bisa dilakukan di stasiun.

Jadi, perjalanan menyenangkan bisa kamu pilih menggunakan transportasi kereta. Nah, buat kalian semua yang ingin membeli tiket kereta api Matarmaja, kalian bisa beli di salah satu situs terpercaya yaitu Hotel Murah.

Di sini, kalian bisa dapetin banyak promo-promo menarik dan yang pasti informasi jam keberangkatan yang update pastinya. Yuk, tunggu apalagi? Pesan tiketmu sekarang juga!



Live Chat