PDAM
Wajib di Isi

Mengapa harus cek tagihan PDAM lewat Hotelmurah.com?

Cek tagihan PDAM - Memang ada banyak sekali situs hingga aplikasi online yang menawarkan pengecekan dan pembayaran tagihan PDAM. Namun akan lebih menguntungkan dan lebih mudah jika pengecekan dilakukan di situs/ aplikasi Hotelmurah.com.

Sebagai salah satu perusahaan travel terkemuka di Indonesia, situs resmi Hotel Murah turut menawarkan cara cek dan bayar air. Berikut alasan kenapa harus cek dan bayar tagihan air di situs perusahaan tersebut:

  1. Ada diskon dan promo tiap waktu yang menguntungkan
  2. Kalau kamu mengecek lalu bayar air di Hotel Murah, maka sewaktu-waktu kamu bisa mendapatkan diskon hingga promo menarik. Nikmatilah beragam diskon hingga promo tersebut mulai dari potongan harga/ biaya, gratis pulsa, cashback, dan sebagainya.

  3. Lebih mudah dalam pembayaran
  4. Di Hotel Murah tersedia berbagai metode transfer dan pembayaran. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan seperti transfer lewat ATM, m-banking, kartu kredit, minimarket dan e-wallet (DANA, Gopay, LinkAja, OVO).

  5. Dijamin tagihan tepat dan benar
  6. Saat melakukan pengecekan tagihan air di Hotel Murah, dijamin tagihan akan muncul dengan cepat. Jumlah yang tertera adalah jumlah detail yang tepat. Setelah itu kamu tinggal memilih untuk melanjutkan ke metode pembayaran yang paling mudah.

    Tidak hanya mengecek dan membayar air, namun Hotel Murah juga menyediakan cara cek tagihan listrik. Dengan cara pengecekan secara online ini, kamu tidak perlu repot keluar rumah dan bisa akses di mana saja.

Cek Tagihan PDAM Lewat Hotelmurah.com Lebih Gampang

Cara cek tagihan PDAM sebaiknya diketahui agar bisa dengan rutin membayar air. Kebutuhan akan air memang krusial terutama dalam pemakaian di rumah tangga. Jadi, jangan sampai kamu terlambat mengecek kemudian membayar air.

Sebaiknya tagihan air atau PDAM ini dilakukan setiap bulan. Untuk mengeceknya bisa melalui berbagai aplikasi online, situs web, hingga offline. Meski begitu, di jaman serba modern terutama di masa pandemi, cara mengecek tagihan PDAM secara online memang paling banyak dipilih.

Bagaimana cara cek tagihan PDAM online lewat Hotel Murah

Ada dua cara dalam mengecek tagihan air secara online di Hotel Murah, yaitu melalui situs resmi dan aplikasi online. Untuk aplikasi online dapat didownload secara gratis di Play Store/ App Store baik Android maupun iPhone.

Untuk mengecek tagihan air melalui situs resminya maka kamu bisa melakukan langkah ini:

  1. Silahkan daftar terlebih dahulu kalau belum memiliki akun Hotel Murah. Jika sudah pernah mendaftar sebelumnya cukup klik Login
  2. Setelah itu silahkan menuju ke tab atau opsi Cek Tagihan PDAM. Nanti kamu akan dialihkan ke halaman cek tagihan air.
  3. Silahkan pilih Kota PDAM tempat kamu terdaftar resmi, contohnya: PDAM Aetra Jakarta atau PDAM kota Cirebon.
  4. Masukkan juga Nomor Pelanggan atau ID PDAM kamu dengan benar. Jangan sampai salah memasukkan.
  5. Jika sudah yakin nomor pelanggan benar, silahkan klik pilihan Cek Tagihan. Maka kamu nanti akan diahlihkan ke halaman baru berupa jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  6. Kamu cukup mengikuti dan melanjutkan langkah berikutnya ke metode pembayaran yang diinginkan. Metode yang tersedia bisa dengan transfer lewat ATM, i-banking, e-wallet, kartu kredit, dll.
  7. Selesai.

Jika sudah selesai membayar tagihan air maka kamu nanti akan mendapatkan bukti telah membayar tagihan tersebut.

Pengertian, kelebihan dan cara berlangganan air PDAM

PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) merupakan penyedia air bersih ke masyarakat yang berbentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Biasanya PDAM hanya beroperasi di area yang bersangkutan misalnya di berbagai kabupaten, provinsi dan kotamadya.

Dalam pengoperasiannya, cara cek tagihan PDAM air di berbagai area bisa saja berbeda. Hal ini karena tiap PDAM di daerah di kelola dan diawasi oleh masing-masing pihak eksekutif dan legislatif.

Apa saja kelebihan berlangganan PDAM? Simak poinnya di bawah ini:

  1. Tidak perlu khawatir jika kehabisan air, karena persediaan air bersih selalu ada oleh PDAM.
  2. Cocok dipakai oleh daerah yang kualitas air tanahnya kurang baik.
  3. Lebih mudah digunakan dan hemat waktu dibandingkan air sumur.
  4. Kualitas air PDAM jauh lebih bersih dan aman digunakan.
  5. Dapat dikontrol pengeluaran per bulannya dengan mengecek tagihan PDAM per bulan.

Lalu bagaimana caranya jika ingin berlangganan air PDAM untuk pertama kali? Ada prosedur yang harus dilakukan jika mau memasang dan berlangganan air bersih dari PDAM, yaitu:

  1. Dapat mendatangi langsung lokasi PDAM sesuai domisili masing-masing
  2. Bawalah berbagai dokumen persyaratan untuk berlangganan PDAM misalnya fotokopi KTP.
  3. Isilah formulir permohonan berlangganan PDAM dan bayarlah biaya administrasi pendaftaran jika ada.
  4. Setelah melakukan proses pendaftaran dengan benar dan membayar biaya yang ada, petugas PDAM akan datang ke rumahmu.
  5. Petugas akan melakukan survei pemasangan dan jika sudah selesai segala perencanaannya, maka kamu akan diminta untuk melakukan persetujuan
  6. Petugas PDAM akan datang ke lokasi lagi untuk melakukan pemasangan. Pemasangan dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari kerja setelah pembayaran

Setelah dipasang, maka air PDAM bisa segera digunakan. Kamu bisa cek tagihan PDAM per bulan untuk tahu jumlah tagihan yang wajib dibayar. Dan jika ingin berhenti berlangganan air PDAM, maka silahkan datangi lagi lokasi kantor PDAM.

Berbagai pilihan cek tagihan PDAM sesuai kemudahannya

Selain melalui situs atau aplikasi Hotel Murah, masih ada berbagai pilihan cara lainnya yang tersedia. Meski cara mengecek tagihan air lewat perusahaan Hotel Murah adalah yang termudah, namun kamu juga perlu tahu cara lainnya seperti:

  1. Cek dan bayar air lewat minimarket terdekat
  2. Pasti di sekitar lingkungan kamu ada banyak tersedia minimarket untuk tempat cek dan bayar tagihan air. Memang di minimarket modern sekarang ini, sudah ada layanan bayar tagihan dimana bisa lewat kasir.

    Ada juga layanan minimarket untuk bayar air sendiri di layar LCD yang disediakan di minimarket tersebut. Tapi kalau kamu ingin melakukan pembayaran melalui kasir, kamu cukup memberikan nomor pelanggan ke kasir.

    Setelah itu kasir akan memberitahukan kepadamu jumlah tagihan PDAM yang harus dibayarkan. Kamu bisa membayar tunai atau melalui kartu kredit/ debit lewat kasir sesuai dengan jumlah tagihan tersebut

    Disarankan jika sudah mendapatkan bukti pembayaran atau struk dari kasir, disimpan saja. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan pengeluaran bulan depan dan seterusnya.

  3. Cek dan bayar air lewat layanan mobile banking
  4. Salah satu cara pembayaran yang juga termudah yaitu melalui layanan mobile banking (m-banking). Tentunya langkah pembayaran saat login ke layanan mobile atau handphone ini tergantung fitur masing-masing bank.

    Untungnya hampir semua bank yang beroperasi di tanah air menawarkan layanan cek tagihan PDAM m-banking. Biasanya tersedia menu saat login ke layanan m-banking di bagian "pembayaran".

    Kemudian tinggal memilih bayar tagihan PDAM dengan memasukkan nomor/ ID pelanggan. Nanti akan keluar jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Setelah itu lakukan pembayaran dengan memasukkan password atau pin m-banking kamu.

    Untuk pembayaran melalui m-banking umumnya juga akan dikenakan biaya administrasi. Jadi, jumlah yang kamu bayarkan akan bertambah. Tapi tidak masalah karena jumlahnya biasanya hanya beberapa ribu saja.

    Selain melalui handphone, bank juga menyediakan layanan bayar air melalui teller bank dengan datang langsung ke bank. Kamu juga bisa membayar lewat ATM. Sayangnya kedua cara ini lebih merepotkan daripada metode online. Karena kamu harus pergi ke sana

  5. Cek dan bayar air lewat aplikasi e-commerce
  6. Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi e-commerce yang turut menyediakan layanan cek tagihan serta bayar PDAM. Lewat aplikasi yang disediakan dan bisa diinstall di handphone, kamu dapat membayar tagihan per bulan.

    Sebetulnya caranya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi Hotel Murah. Dimana kamu tinggal mengunduh/ download langsung di Play Store. Kamu bisa memilih menu bayar tagihan PDAM hingga PLN di sana.

    Setelah itu memasukkan nomor/ ID pelanggan dan tekan opsi "Bayar". Fitur yang disediakan secara online ini bisa mencegah terlambat bayar.

  7. Cek dan bayar air melalui situs resmi PDAM
  8. Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan mengakses situs resmi PDAM. Kamu bisa menyesuaikan pembayaran air sesuai dengan domisili kamu terdaftar. Misalnya kamu terdaftar dan berdomisili di PDAM Jakarta/ PAM Jaya.

    Ada juga yang berdomisili di Bogor maka silahkan memilih cek tagihan PDAM-nya melalui situs resmi PDAM Bogor Tirta Pakuan. Untuk langkah pengecekan dan pembayaran melalui berbagai situs resmi PDAM sesuai domisili kurang lebih sama semua.

    Langkah-langkahnya yaitu:

      - Buka browsing internet, kemudian ketik alamat situs resmi PDAM sesuai domisilimu.
      - Setelah masuk ke halaman situs resminya, silahkan klik "Perkiraan Tagihan".
      - Lalu pilih "Kelompok Tarif" dan pilih ukuran meter airnya.
      - Lanjutkan dengan memasukkan jumlah pemakaian air dan klik perhitungan/ kalkulasinya.
      - Akan muncul rincian jumlah pemakaian air dan jumlah tagihan PDAM yang kamu harus bayar.

    Untuk situs resmi PDAM lainnya, kamu bisa memasukkan nomor/ ID pelanggan terlebih dahulu. Setelah itu cek tagihan air melalui opsi golongan tarif/ kelompok tarif.

    Itulah beberapa metode pembayaran air yang bisa kamu pilih. Akan lebih baik melakukan pengecekan tiap bulan secara rutin untuk menghindari denda keterlambatan. Semoga bermanfaat.

Tips membaca meteran air untuk memperkirakan total pakai di rumah

Terkadang besar tagihan per bulan bisa berbeda dari sebelumnya tergantung pemakaian air kita pada bulan tersebut. Jika kamu penasaran berapa jumlah pemakaian air di bulan tertentu, maka kamu bisa mengetahuinya lewat meteran air.

Membaca meteran air berarti membaca bagian indeks meter air yang ada di totalister meteran tersebut. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan atau tahu besar tagihan per bulan berdasar volume pemakaian.

Ada 2 cara membaca meteran air, yaitu secara manual dan otomatis. Untuk pembacaan manual membutuhkan bantuan petugas PDAM yang datang ke rumah. Lalu petugas tersebut akan mencatat jumlah pemakaian air bersih dengan alat PDT (Portable Data Terminal).

Sedangkan metode otomatis dalam menghitung meteran air memakai sistem mekanikal yang bisa dilakukan penghuni rumah. Baik cara manual maupun otomatis, tetap membutuhkan teknik perhitungan yang tepat. Begini pembahasan cara cek tagihan PDAM dari meterannya.

  1. Buka meteran air
  2. Pertama-tama, silahkan kamu cek meteran air yang ada di belakang rumah atau di area tempat meteran air dipasang. Bukalah tutup meteran air tersebut dan lihat di sana ada sederet angka dan warna.

    Dari deretan angka itu, kamu bisa melihat indeks meteran air yang dibagi menjadi dua warna. Ada warna merah dan juga warna hitam dimana fungsinya berbeda satu sama lain. Kedua indeks berwarna di atas menunjukkan satuan kubik.

  3. Baca indeks warna merah dan hitam di meteran
  4. Cara baca meteran air untuk tahu tagihan PDAM yaitu pertama-tama membaca arti warna merah di indeks atau angka meteran. Warna merah yang dimaksud adalah petunjuk satuan liter serta pengujian meteran air.

    Sedangkan indeks yang berwarna hitam adalah satuan dalam m3. Satuan tersebut dipakai untuk menghitung tagihan air. Lalu di bagian badan meteran juga masih terdapat beberapa pengukuran yang fungsinya berbeda.

    Contohnya seperti bagian odometer yang berfungsi untuk menentukan jumlah air yang digunakan sejak saat pertama kali air dipakai. Perhatikan bagian ini tiap bulannya, kalau tidak berjalan maka indeks ini tidak masuk ke dalam tagihan bulanan.

  5. Cek bagian dial besar dan gerigi berbentuk segitiga
  6. Di bagian meteran air juga ada dial besar, ini adalah petunjuk satuan air yang dipakai olehmu. Di bagian ini juga terlihat ada tanda centang di antara angka-angka lainnya. Tanda ini adalah pemisah antara satuan dan ratusan.

    Lalu di bagian lain ada gerigi berukuran kecil yang bentuknya segitiga. Ini adalah indikator aliran rendam yang sering dipakai untuk mendeteksi apakah ada kebocoran air.

  7. Baca angka digit di meteran air
  8. Sekarang coba perhatikan angka warna merah dan hitam yang sudah dijelaskan di atas. Kalau di meteran terdapat 6 angka/ digit berwarna merah dan hitam, berarti 3 angka pertama adalah warna hitam dan 3 angka terakhir adalah warna merah.

    Contohnya, jika di meteran terdapat angka 571566, maka artinya 571 meter kubik/ m3 untuk warna hitam dan 566 liter untuk warna merah. Cara ini juga sama jika ingin membaca meteran air dengan 5 atau 7 digit.

    Itulah cara membaca meteran air untuk tahu sudah berapa banyak air yang kamu pakai. Dengan begitu, kamu bisa lebih cerdik dalam menghemat air dengan membandingkan pemakaiannya

Macam-macam jenis meteran air yang biasa dipakai

Sebetulnya ada berbagai macam jenis meteran air yang tersedia, contohnya seperti:

  1. Meteran mekanikal
  2. Jenis meteran yang pertama adalah meteran mekanikal. Jenis ini sering dipakai untuk mengukur volume air dari skala kecil sampai besar. Alat ini menghubungkan pergerakan aliran air yang dipakai dengan angka register di meterannya.

    Cara membaca meteran jenis ini sudah dibahas di bagian atas. Kamu tinggal membuka tutup meterannya lalu membaca angka atau indeks di badan meteran.

  3. Meteran digital
  4. Meteran digital sangat mudah untuk dipasang dibanding jenis meteran lainnya. Begitu pula untuk soal membaca angka meterannya. Meteran digital bentuknya simpel dan ukurannya tidak terlalu besar, beratnya juga lebih ringan. Meteran digital ini dihubungkan dengan kabel pulse yang didukung baterai.

    Cara membacanya tinggal melihat ke dua angka yang ada di layar meteran. Angka besar di bagian atas adalah jumlah volume air dalam satuan kubik/ liter. Lalu angka berukuran kecil pada bagian bawahnya adalah kecepatan aliran air/ flow rate.

  5. Meteran air Modbus
  6. Satu lagi jenis meteran yang tersedia yang jauh lebih simpel untuk dibaca. Bahkan kamu tidak perlu melihat langsung ke badan/ layar meterannya. Kamu hanya perlu membaca penggunaan air melalui data yang dikirim ke handphone lewat Automatic Meter Reading. Ada aplikasi tersendiri untuk menerima dan membaca data tersebut di handphone. Dari data yang dikirim, kamu dapat mengetahui jumlah volume air, flow rate, dsb.

    Itulah beberapa macam jenis meteran air yang biasanya terpasang di berbagai rumah. Sebetulnya jika kamu tahu cara membaca meteran air akan memberikan manfaat tersendiri. Berikut ini manfaat dan fungsi dari meteran air yang perlu kamu tahu:

    1. Bisa digunakan untuk memantau dan mendeteksi dini jika terjadi kebocoran air. Misalnya kebocoran akibat pipa atau masalah di saluran airnya
    2. Untuk memastikan jumlah biaya berlangganan per bulannya
    3. Dapat menunjukkan proses akuntabilitas untuk perhitungan volume air.
    4. Menjadi dokumentasi atau perekaman jumlah air bersih yang dipakai oleh tiap pelanggan.
    5. Menunjukkan total jumlah pemakaian air bersih per kubik.
    6. Memantau volume pakai air bersih yang keluar.

Tips menghemat air PDAM agar tagihan tidak membengkak

Jika saat cek tagihan PDAM membengkak, maka itu berarti kamu sudah waktunya melakukan penghematan. Kalau kamu tidak tahu bagaimana cara menghemat pemakaian air PDAM yang tepat, maka bisa melakukan tips di bawah ini:

  1. Tutup keran air dan jangan biarkan terus mengalir
  2. Cara ini adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan, yaitu jangan membiarkan keran dalam keadaan terus mengalir. Misalnya ketika kamu membersihkan piring atau menggosok gigi. Ada baiknya keran jangan dibiarkan terus mengalir.

    Kamu dapat menyetop air mengalir saat tidak digunakan lagi. Kalau kamu melakukan tips ini maka kamu bisa mengurangi pemakaian air sampai dengan 4 liter per menit. Cara ini juga dapat dipakai ketika mandi atau keramas. Kamu dapat membatasi waktu kedua aktivitas tersebut.

  3. Pastikan tidak ada kebocoran air
  4. Air yang mengalir akibat kebocoran atau tidak pasti akan selalu tercatat di meteran air. Air yang bocor pun tetap terpaksa harus dibayar sehingga tagihan bisa membengkak. Apalagi jika bocoran air tidak diketahui dan terus dibiarkan. Karena itu pastikan di rumahmu tidak ada kebocoran air, baik di bagian keran, saluran, hingga pipa air. Karena kalau dibiarkan saja maka air yang bocor tersebut bisa sampai 20 liter per hari.

    Seandainya kamu belum bisa langsung memperbaiki kebocoran yang ada, maka kamu dapat menampung airnya. Contohnya kamu dapat meletakkan ember di bawah air yang bocor tersebut.

  5. Pakailah air secara bijaksana
  6. Memakai air juga harus bijaksana, jangan sembarangan dan boros memakai air. Kamu bisa melakukannya secara efektif dan efisien. Misalnya hanya memakai air untuk kebutuhan yang tidak bisa dihindari seperti mandi, minum, mencuci, dsb.

    Lalu kamu juga bisa memakai air secara efisien. Contohnya saat menyiram tanaman lebih baik menyiram di sore atau pagi hari ketika matahari belum panas. Karena menyiram air di siang hari, akan membuat air cepat menguap.

  7. Tampung air hujan untuk cadangan
  8. Cara lain agar tidak boros air PDAM, yaitu menggunakan sumber air lainnya. Misalnya kamu dapat menampung air hujan dan memakainya untuk keperluan seperti menyiram tanaman. Kamu dapat memakai air hujan untuk kebutuhan yang tidak memerlukan air bersih PDAM.

    Selain untuk menyiram tanaman, kamu juga dapat menampung air hujan untuk cuci motor/ mobil. Tapi jangan langsung dipakai ketika sudah mendapatkan cukup air hujan. Kamu perlu membiarkannya terlebih dahulu agar endapan pasir atau tanahnya turun.

  9. Segera lapor kalau ada masalah pada meteran air
  10. Terkadang perhitungan meteran air bisa mengalami pembengkakan berlebihan akibat eror. Misalnya jika kamu sudah mencatat dan hemat pemakaian air bersih tapi tagihan per bulan tetap membengkak maka coba cek pergerakan angka di meteran.

    Sesuaikan jumlah air yang keluar dengan pergerakan angka di meteran. Kalau air yang keluar lebih sedikit dari total indeks atau angka yang ada di meteran, lebih baik laporkan ke petugas PDAM. Siapa tahu ada kebocoran atau eror di meteran airnya.

Golongan atau kelompok tarif PDAM

Untuk PDAM sendiri terdapat golongan atau kelompok tarif yang harus kamu ketahui. Karena biasanya perhitungan cek tagihan PDAM rumah memakai golongan tarif ini. Seperti misalnya untuk masyarakat menengah, biasanya masuk ke dalam golongan tarif kelompok 2A3.

Berikut ini contoh golongan atau kelompok pelanggan air PDAM seperti:

  1. Golongan Sosial
  2. Golongan sosial ini terbagi menjadi dua yaitu golongan sosial umum dan golongan sosial khusus. Yang dimaksud golongan sosial umu contohnya adalah tempat-tempat yang memberikan layanan kepentingan umum bagi masyarakat. Misalnya:

    1. Tempat ibadah
    2. WC umum
    3. Hidran umum
    4. Kamar mandi umum

    Sementara itu untuk golongan sosial khusus merupakan tempat yang memberikan layanan umum bagi masyarakat. Namun mereka juga mendapatkan sumber dana sebagian dari aktivitasnya. Contohnya seperti:

    1. Panti asuhan
    2. Terminal air
    3. Kantor organisasi, badan sosial, parpol, dll.
    4. Puskesmas, RS non komersial, layanan kesehatan pemerintah, poliklinik, dll.

  3. Golongan non Niaga
  4. Golongan non niaga yang dimaksud adalah golongan dengan bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Lalu ada juga sebagai tempat konsulat/ kedutaan dan instansi pemerintah/ POLRI/ TNI.

  5. Golongan Niaga
  6. Niaga ini dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

    1. Niaga Kecil
    2. Niaga kecil yaitu tempat tinggal yang sekaligus menjadi tempat usaha. Contohnya warung, kafe kopi, salon, dll.

    3. Niaga Menengah
    4. Kemudian ada juga yang termasuk golongan niaga menengah, merupakan tempat tinggal yang di dalamnya termasuk kegiatan usaha. Namun usaha yang dijalankan di tempat tersebut lebih dominan daripada digunakan sebagai tempat tinggal.

      Contohnya seperti apotek, toko, penjahit, hotel kecil, usaha percetakan, rumah makan, kantor badan usaha milik daerah, dll.

    5. Niaga Besar
    6. Yang termasuk niaga besar ini yaitu bangunan yang tidak dipakai sebagai tempat tinggal, tapi kegiatan usaha. Contohnya seperti mall/ plaza, gudang importir, kantor, radio siaran non pemerintah, praktik dokter, convention hall, dll.

    7. Industri
    8. Kelompok niaga industri yang dimaksud adalah industri kecil seperti sanggar seni, kerajinan rumah tangga, peternakan kecil, usaha konvensi, dll. Serta industri dalam skala besar seperti pabrik minuman dan makanan, pertambangan besar, peternakan besar, dsb.

    9. Niaga Khusus
    10. Golongan niaga khusus adalah golongan dengan penerapan tarif PDAM berdasarkan kesepakatan. Misalnya Pelabuhan laut, udara dan sungai. Dengan mengetahui tiap golongan atau kelompok tarif PDAM di atas makan akan lebih mudah cek tagihan PDAM per bulan. Biasanya untuk golongan rumah tangga akan dihitung berdasarkan ukuran dan tipe rumahnya juga.

      Namun daripada bingung menghitung tagihan air sendiri, maka lebih baik langsung saja cek tagihan di Hotelmurah. Apalagi terdapat banyak promosi serta diskon saat pengecekan dan pembayaran tarifnya.