Silahkan masukkan nama Negara, Kota, Area atau Hotel untuk melanjutkan.

Top Up ML Termurah dan Mudah Mulai dari 1000 Rupiah

Hotelmurah.com melayani top up ML murah dan bisa dilakukan secara mudah dan murah mulai 1000 rupiah saja.

Selain itu, hotelmurah juga menyediakan segala jenis pembayaran mulai dari transfer bank, OVO, Gopay,DANA,Shopeepay, LinkAJa,ALfamart dan Indomaret. Oleh karena itu proses pengisian voucher atau top up game bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Top Up ML dengan mudah sekaligus dapat Cashback 5rb

  1. Masukan nomor ID Pelanggan dan Zone ID kamu di bagian paling atas halaman ini (kolom "Masukkan no HP")
  2. Pilih nominal yang kamu inginkan lalu tekan tombol "Lanjutkan"
  3. Pilih ShopeePay sebagai Metode Pembayaran lalu tekan tombol "Lanjutkan Pembayaran"
  4. Selesaikan pembayaran melalui App Shopee. Setelah itu kamu akan mendapatkan Koin Shopee Rp 5.000
  5. Koin Shopee yg kamu dapatkan bisa dipakai untuk Top Up ML kamu lagi loh. Koin Shopee juga bisa dipakai untuk membeli Pulsa, Dana, OVO, LinkAja, Token Listrik, Paket Data, dll di hotelmurah.com

    Untung banget kan ? Ayo buruan top up ML kamu sekarang juga !

    Syarat dan Ketentuan:
  1. Berlaku hanya untuk pembayaran menggunakan Shopeepay.
  2. Cashback 30% Maksimum 5.000
  3. Batas transaksi harian: 1x/pengguna
  4. Batas transaksi bulanan: 1 kali/pengguna

Cara Top Up ML di hotelmurah.com

  1. Masukkan id / no hape yang kamu punya
  2. Pilih nominal yang sesuai dan kamu inginkan
  3. Pilih Lanjut
  4. Setelah itu, pilih metode pembayaran
  5. Kemudian, lanjutkan pembayaran
  6. Setelah transfer jangan lupa cek status pembayaran

Yuks Pelajari Lebih Lengkap tentang Mobile Legends

Game digital yang dimainkan melalui smartphone sudah bukan hal asing lagi pada zaman sekarang ini. Umumnya game mobile legends dimainkan oleh laki-laki, namun bukan berarti perempuan tidak bisa memainkannya. Mungkin kamu sekarang juga sudah menjadi pemain dalam game ini.

Namun, bagi yang belum pernah join sama sekali, sebaiknya baca dulu penjelasan di bawah guna menambah wawasan dan lebih cakap saat memulai pertarungan.

Mengenal Apa Itu Mobile Legends

Mobile legends merupakan game yang dikembangkan dan dirilis pada tahun 2016 oleh Moontoon. Sejak pertama perilisan hingga kini, sudah ribuan pemain yang bergabung. Game ini bersifat online yang bisa kamu nikmati melalui smartphone dari berbagai merek available untuk android dan IOS.

Munculnya game ini mampu menarik perhatian banyak gamer terutama Indonesia. Menariknya, di antara banyaknya game online yang lain, mobile legends termasuk permainan yang banyak digandrungi anak muda.

Jadi, dalam permainan ini terbagi menjadi dua tim dari total 10 orang pemain. Kamu dan temanmu berada dalam satu arena untuk bertanding bersama-sama dengan tujuan tertentu. Setiap ronde memiliki batas waktu permainan sekitar 15 menit.

Jika tahun-tahun sebelumnya game MOBA dimainkan cenderung melalui komputer yang harus dibantu perangkat pendukung. Sekarang ini, siapa saja baik memiliki komputer atau tidak, tetap bisa menikmati keseruan permainan ini melalui smartphone. Selama ada akses internet, maka  di mana pun kamu bisa bertanding bersama game yang lain tanpa batasan waktu.

Untuk mulai bermain, setiap orang yang bermain harus memilih 1 hero dari daftar hero yang sudah disediakan. Game MOBA menawarkan banyak hero tetapi tidak semuanya bisa langsung kamu gunakan. Mengapa? Karena hero yang bisa digunakan terbagi menjadi kedua kategori yaitu hero yang diberikan secara gratis oleh sistem dan hero yang sudah dibeli oleh pemain.

Tujuan Permainan Mobile Legends

Setiap pemain tentu harus tahu apa tujuan dia bermain, karena jika tidak akan dengan mudah dikalahkan lawan. Jadi, tujuan dalam permainan ini adalah untuk menghancurkan base lawan. Maka, saat kamu sudah bermain dan memiliki hero serta berbagai perlengkapan lainnya gunakan untuk menghancurkan base milik lawanmu.

Saat kamu  bermain, kamu akan mengetahui bahwa mobile legends ada 3 lane utama yaitu middle, top dan bottom lane. Middle lane sesuai dengan namanya berada di tengah map. Lane yang juga dianggap sebagai lane kunci ini merupakan tempat strategis yang memudahkanmu menuju lane berikutnya.

Lokasi middle lane dekat dengan dua buff serta dua jungle yang mampu mempercepat proses farming di jalur ini. Namun, middle lane ini akan lebih baik jika diisi oleh role mage bahkan sering bersama support yang berotasi.

Oh iya, ketiga lane utama ini dijaga oleh Turret yang memiliki kemampuan menyerang unit musuh secara otomatis. Selain itu, semua lane mempunyai bangunan barrack. Jika bangunan ini dihancurkan berdampak pada bertambah kuatnya minion lawan.

Minion yang dimiliki lawan akan menjadi lebih kuat bahkan bisa menjadi super minion jika barack hancur. Makanya, dalam bermain jangan asal ambil langkah tetapi perlu tahu apa keuntungan dan kerugian. Sebab semua dalam game ini sudah diperhitungkan dengan baik.

Lane selanjutnya bernama top lane yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan hard line atau offlane. Top lane tidak memiliki buff  karena hero di sini mampu menjaga top lane sendiri untuk bertahan dan terus berkembang.

Saat berada di top lane, kamu dapat memotong minion dari bagian samping lane. Pihak lawan juga dapat melakukan hal ini. Proses pemotongan lane memang lebih mudah kamu lakukan di top lane dibandingkan bottom lane.

Lane yang ketiga bernama bottom lane yang juga dikenal sebagai safe lane. Mengapa disebut safe lane? Karena di sini keberadaan monster buff sulit di curi musuh sebab lokasinya menjorok mendekati base, bisa dikatakan berada di posisi aman.

Meskipun demikian, bukan berarti musuh tidak bisa masuk. Sebaliknya, musuh tetap memiliki akses masuk bahkan mampu memotong jalur minion melalui rute yang berdekatan dengan monster hijau.

Perlu kamu tahu, bahwa safe lane tidak mempunyai Lake Crab sendiri. Sehingga kamu harus memperoleh Gold Buff terlebih dulu agar bisa mencuri Lake Crab milik musuh. Tips mudah mencurinya adalah dengan memata-matai pergerakan musuh yang akan membunuh Lake Crab di depannya dari dalam bush. Tetapi, langkah ini tidak mudah untuk dilakukan sehingga harus ada persiapan yang cukup.

Mengenai Tipe Hero yang Bisa Digunakan

Saat membaca bahasan di atas, pasti kamu sering membaca kata hero. Sebenarnya apa sih hero itu, “pahlawan”? Jika melihat terjemahan kamus bahasa Inggris, kamu akan menemukan bahwa hero itu pahlawan. Tetapi berbeda artinya dalam permainan mobile legends.

Hero dalam game MOBA diartikan sebagai karakter unik di mana dalam setiap ronde permainan hanya dapat dimainkan oleh satu orang pemain. Hero sudah disinggung di atas bisa kamu dapatkan secara gratis dan ada juga yang harus dibeli terlebih dulu.

Nah, untuk membelinya kamu harus menggunakan diamond atau boleh juga beli dengan ticket dan battle point. Semua hero di sini mempunyai 1 skill pasif dan 3 skill yang aktif. Namun demikian, jika dilihat dari jarak serangnya, maka ada dua tipe hero yang harus kamu ketahui yaitu tipe melee dan tipe ranged.

Selanjutnya, jika melihat berdasarkan ciri-cirinya hero dibedakan atas 5 macam, yaitu marksman, tank, mage, support dan assassin.

  1. Hero marksman memiliki ciri khas daya serangnya yang kuat. Oleh karena itu, dalam game MOBA marksman berperan sebagai penyerang utama.
  2. Hero tank dikenal mempunyai basis pertahanan dengan kekuatan yang besar. Adanya hero tank sangat bermanfaat dalam melindungi tim dari serangan lawan.
  3. Hero mage dikenal sebagai hero yang mempunyai kemampuan ataupun daya serang yang besar dan kuat. Bermanfaat saat kamu ingin melakukan quick kill kepada hero musuh.
  4. Hero support dikenal mempunyai kemampuan yang bagus dalam menjaga tim saat bertanding. Hebatnya, support juga mampu membantu mengendalikan tim saat dalam pertempuran.
  5. Hero assassin biasanya mempunyai kemampuan untuk membunuh sekaligus melakukan lock terhadap lawan main kamu.

Hero yang berada di top line biasanya memiliki tugas untuk farming guna memperoleh EXP dan push turret ketika lane didatangi banyak lawan. Hero top lane juga tidak bergantung pada buff untuk mempertahankan lane.

Biasanya, kamu akan bertarung sendiri di top lane tanpa ada tank pendamping yang membantumu. Karena lawan mengerti hal ini, makanya lawan sering melancarkan upaya gank.

Sementara itu, hero yang dimiliki mid lane harus mampu mendominasi permainan dari early game, mampu melakukan rotasi dengan baik serta kemampuan wave minion dengan cepat. Hero-hero ini juga harus memliki kemampuan ganking dan secure kill. Umumnya, posisi di mid lane dikendalikan oleh hero mage seperti mage ganker dan mage nuker.

Terlepas dari itu, bottom lane juga mempunyai hero yang biasanya ditempati oleh cover tank dan marksman. Kamu harus menjaga dengan baik marksman ini sejak early game sehingga dampingan cover tank sangat diperlukan. Hero marksman umumnya jarang melalukan roaming karena sering dilakukan oleh cover tank.

Saat marksman berhasil meningkatkan level dan equipment yang dibutuhkan, offlaner akan mengisi bottom lane yang berpindah dari lane atas. Hal ini dilakukan untuk menghancurkan turret musuh. Kondisi ini juga dapat terjadi saat marksman milik kamu tidak kuat bertarung dengan hero musuh.

Mengenai Jenis Role yang Ada Dalam Gameplay

Role dalam game MOBA dikenal sebagai pembagian tugas dalam permainan. Tujuan dibuat role biasanya untuk menjaga sinergi dan kekompakan tim. Terdapat 3 jenis role yang harus kamu tahu yaitu role carry, role tank dan role support.

  1. Carry
  2. Merupakan role yang bertugas  untuk memberikan serangan utama saat bertarung atau berperang. Biasanya hero yang berperan di sini adalah hero marksman. Agar mampu mencapai potensinya, dibutuhkan level dan intensitas farm yang tinggi oleh role ini. Contoh hero marksman yang bisa kamu temukan dalam role ini adalah Layla, Clint dan Miya.

    Role marksman mempunyai jarak serangan yang jauh dengan damage yang tinggi. Harus kamu tahu bahwa role ini merupakan penentu kemenangan sebuah team. Alasannya karena damage yang diakibatkan oleh marksman biasanya sulit ditandingi hero lainnya.

    Hero marksman bisa terus menembak musuh sambil berlindung di belakang tank ataupun fighter. Serangan yang diberikan semakin lama semakin besar dan kuat, juga semakin cepat. Akibat yang ditimbulkan juga tak kalah besar dan kritis. Karena hal ini, mage musuh bisa saja mati dalam 3 kali tembakan. 

    Meskipun demikian, marksman merupakan hero paling lemah di awal permainan. Karena kelemahannya, lawan menargetkan hero ini. Maka, ketika masih baru bermain, jangan gunakan marksman untuk fokus membunuh melainkan berfokus pada farm dan level. Jika berhasil terbentuk 2 atau 3 item, baru kamu dapat berpartisipasi dalam pertarungan.

    Selain itu, perlu kamu perhatikan bahwa di awal game jangan melawan hero lain sendirian. Marksman memiliki daya tahan  rendah dimana lawan akan memanfaatkan hal ini untuk membunuh kapan saja ada kesempatan.

    Maka, kamu perlu menggunakan tips saat menggunakan role marksman. Pertama, kamu perlu jaga jarak yang aman dengan musuh. Usahakan untuk tetap berada di belakang tank, pokoknya jangan pernah maju sendirian. Kamu harus ingat, bermain mobile legends bersama team bukan bertarung sendirian.

  3. Support
  4. Role support sering disebut sebagai penyembuh dalam permainan mobile legends. Tugas role support untuk membantu hero carry agar mendapatkan farm serta mampu melakukan gank pada tim lawan. Perlu diketahui bahwa role ini tidak terlalu membutuhkan level dan farm. Contoh hero support yang akan kamu temukan dalam role support adalah  Nana dan Rafaela.

    Siapa saja yang menggunakan hero support harus tahu waktu untuk memberikan bantuan dan kapan harus memberikan bantuan untuk menghilangkan efek negatif yang diterima team. Jika ketersediaan hero support sangat sedikit bahkan perlu diantisipasi, maka para pengguna hero ini harus siap mengalihkan perhatian. Cara ini sangat penting diterapkan saat rekan setim dalam masa krisis.

    Keuntungan menggunakan role support yaitu mudah digunakan dan mampu menyembuhkan rekan satu team. Namun, juga ada kelemahan dari role ini yaitu  serangan yang dimiliki terlalu rendah sehingga bisa menjadi target utama musuh.

    Makanya, perlu menerapkan tips agar menguntungkan team diantaranya tetap berada di posisi teraman. Kamu sebagai anggota team, jika ada rekan satu team mengalami krisis jangan pelit untuk membantu menyembuhkan. Kemudian lindungi role carry yang kamu miliki serta harus berani mengalihkan perhatian musuh.

  5. Tank
  6. Bertugas untuk menerima damage dalam pertarungan. Karena berperan sebagai pelindung teman se-team maka posisi tank harus di barisan paling depan. Contoh hero tank yang bisa kamu gunakan adalah Balmond, Franco dan Tigreal.

    Keuntungan menggunakan role tank adalah role ini mempunyai base healthpoint yang tinggi. Armor dan Magic Resist juga besar serta mempunyai efek crowd control atau pengendali masa. Namun, ada juga kelemahannya yaitu sangat mudah terkena damage sehingga tidak banyak pemain menggunakan role tank ini.

    Untuk memanfaatkan role ini kamu butuh beberapa tips yaitu kamu harus tetap berjaga-jaga dan menunggu waktu yang tepat untuk mulai bertempur. Jika ingin team kamu menang, jangan takut korbankan nyawa. Sebab role tank memang diciptakan untuk melindungi teman satu team.

    Detail Penting Dalam Gameplay

    Mekanisme ataupun detail-detail tentang game mobile legends perlu kamu ketahui agar lebih cakap dalam bermain. Nah, berikut detail mekanismenya.

  7. Minion
  8. Merupakan unit yang mampu bergerak sendiri tanpa ada pemain yang mengontrolnya. Kamu akan menemukan 3 jenis minion di sini yaitu Ranged, Melee dan Siege.

  9. Turtle
  10. Mungkin kamu mengira ini kura-kura karena namanya. Tetapi dalam mobile legends, turtle ini adalah unit yang respawn dalam permainan setelah 2 menit dimulainya permainan. Jika kamu berhasil mengalahkan unit turtle ini, semua anggota team kamu akan mendapatkan XP dan gold.

  11. Item
  12. Merupakan variabel yang berperan memberikan kekuatan tambahan serta efek khusus untuk hero yang menggunakan item ini. Untuk memiliki item, kamu dapat membelinya menggunakan gold yang didapatkan dari farm minion, jungle creep. Selain itu, jika kamu berhasil mengalahkan hero dan turret lawan jika akan mendapatkan imbalan item.

  13. Medal
  14. Merupakan tanda ketika skill seorang pemain sudah meningkat. Jika diurutkan berdasarkan urutan medal paling rendah ke tinggi maka urutannya mulai dari tingkat Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend dan Mythic.

    Ketika pemain memiliki medal yang semakin tinggi, maka permainan akan sulit dimenangkan. Mengapa begitu? Karena pemain bermain diantara pemain lain yang tak kalah hebat darinya.

  15. Emblem
  16. Merupakan variabel yang bisa kamu tingkatkan agar memperoleh efek tertentu. Nah, emblem yang akan kamu jumpai di mobile legends di antaranya Physical, Magical, Fighter, Tank, Support, Jungler, Mage dan Marksman.

  17. Lord
  18. Merupakan unit paling kuat dalam permainan mobile legends. Jika lord ini berhasil dikalahkan, maka team yang mengalahkan ini dapat memanfaatkan lord untuk melakukan push kepada team lawan.

    Lord berukuran sangat besar, biasanya muncul di hutan dalam arena permainan. Serangan yang diberikan lord sangat kuat (true damage) yang mampu melewati armor. Hal ini dengan mudahnya menghancurkan berbagai tower penjaga yang ada di arena permainan.

    Meskipun begitu, lord ini sifatnya netral. Jika ingin menggunakannya sebagai bala bantuan, maka sebelum itu harus berhasil mengalahkan lord terlebih dulu.

  19. Jungle Creep
  20. Merupakan unit yang akan kamu temukan di kawasan jungle pada peta. Unit ini akan memberikan buff kepada unit yang berhasil mengalahkannya selama mulainya respawn pada detik ke 30. Jadi, bisa dibilang bahwa jungle creep ini lebih diutamakan untuk farm dibandingkan untuk farm minion.

    Istilah mekanik mobile legends pasti pernah kamu dengar dalam permainan mobile legends. Mekanik merupakan  bagian dari mikro ataupun skill mikro yang juga berkaitan dengan penguasaan hero.

    Jadi, dalam hal ini kamu akan mengerti bagaimana hero bekerja serta pemain-pemainnya. Di antara banyaknya hero, terdapat hero yang memerlukan tingkatan mekanik yang tinggi. Kecepatan jari serta kemampuan dalam memilih posisi juga bagian dari mekanik.

    Berbagai Mode Gameplay yang Bisa Dimainkan

    Sebelum terjun dalam permainan ini, kamu perlu tahu apa saja mode-mode yang biasa ada di mobile legends, diantaranya yaitu:

  21. Mode Classic
  22. Merupakan mode yang paling umum digunakan oleh hampir semua pemain. Pemain dalam mode ini akan bermain melawan pemain yang lain tanpa dibedakan atas kategori tingkatan pemain.  Jadi, siapa saja boleh bermain dan bertarung tanpa dibeda-bedakan.

    Saat berada di mode ini, kamu bertarung layaknya bermain pada umumnya tanpa ada sistem tertentu. Biasanya tujuan bermain di mode ini untuk memperoleh kredit skor. Selain itu, juga bisa kamu nikmati untuk melatih hero yang akan digunakan pada mode ranked nantinya. Kamu yang bermain tetap akan mendapatkan exp dan gold.

  23. Mode Ranked
  24. Permainan dimainkan sesuai tingkatan medal pemain. Jadi, jika kamu memiliki level medal bintang satu, maka kamu akan bertarung dengan pemain lain yang juga mempunyai satu bintang level.

    Jika kamu kalah dalam bertarung, maka bintang medal yang kamu miliki akan hilang. Sebaliknya, jika kamu berhasil memenangkan pertarungan maka medal tambahan yang akan kamu dapatkan.

    Mode ranked menjadi salah satu tujuan utama dalam permainan ini. Jika kau ingin memperoleh prestasi, boleh menggunakan mode ranked. Sistemnya, jika rank yang kamu miliki semakin tinggi maka prestasi yang kamu peroleh nantinya juga semakin bagus.

    Pastinya kamu tahu untuk memperoleh prestasi, tidak boleh bermain asal-asalan. Sebab, jika kamu kalah akan diberikan konsekuensi berupa kehilangan point ataupun kehilangan bintang. Meskipun begitu, tetap saja banyak orang memainkan game ini dalam mode ranked.

  25. Mode Brawl
  26. Merupakan mode di mana pertarungan lebih fokus dan intens antar tim. Pemain dari kedua team yang akan bertarung langsung berjumpa di sebuah lane. Mode brawl dikenal sebagai mode untuk sarana hiburan dalam game ini.

    Biasanya dimanfaatkan oleh pemain yang lelah dan kalah saat bertarung dalam mode Rank. Mereka akan memilih waktu untuk have fun di mode brawl ini. Sistem permainan di sini menggunakan satu lane saja.

    Sehingga kamu bermain bersama pemain yang lain tanpa melakukan farming tetapi hanya push turret saja. Pokoknya, jika kamu ingin bersenang-senang ataupun refreshing setelah kalah di mode yang lain, kamu bisa mencobanya di mode Brawl.

Unipin Sebagai Penyangga Game Online Indonesia

Selain beberapa penjelasan penting mengenai sejarah dan perkembangan dari Unipin juga terdapat beberapa hal penting yang bisa kamu ketahui. Perusahaan ini menjadi tameng penyangga yang cukup kuat terhadap keberadaan game online di Indonesia. Penawaran kemudahan dan keefisienannya yang menjadi pertimbangan khusus yang menggunakan.

Sebagai konsumen yang bijak tentu lebih mementingkan adanya loyalitas dan juga fungsi yang lebih banyak dari biasanya. Begitu pun dengan Unipin itu sendiri yang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi para penggunanya.