Silahkan masukkan nama Negara, Kota, Area atau Hotel untuk melanjutkan.

Cek Tagihan Listrik dan Tentang Bayar Tagihan Listrik PLN

Cara Beli Token Listrik dan dapat Cashback Rp 5.000,-

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pascabayar Online di Hotelmurah.com

Untuk dapat cek tagihan listrik di hotelmurah.com sangat simpel dan mudah untuk dilakukan dan bisa kamu ikuti instruksinya sebagai berikut :

  1. Masukkan no id pelanggan dan no hp kamu di kolom paling atas di halaman ini di kolom Tagihan Listrik.
  2. Kemudian klik lihat tagihan.
  3. Tagihan listrik kamu akan tampil dan lanjutkan pembayaran jika kamu akan membayar tagihan listrik lewat hotelmurah.com.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Prabayar Online di Hotelmurah.com

  1. Masukkan no id pelanggan dan no hp kamu di kolom paling atas di halaman ini di kolom Token Listrik.
  2. Pilih jumlah token yang diinginkan, nominal terkecil adalah 20.000 dan maksimal 1.000.000.
  3. Selanjutnya tinggal ikuti instruksi pembayarannya.

Bayar Tagihan Listrik di Masjid Gratis Biaya Admin

Hotelmurah.com memberikan kemudahan untuk pengguna baru atau pelanggan setia hotelmurah untuk pembayaran listrik khususnya masjid atau mushola. Kemudahan yang kami berikan adalah layanan gratis biaya admin yaitu bagi siapa saja yang membayar tagihan listrik Masjid / Mushola. Tentunya dengan ketentuan bahwa listrik tersebut adalah pasca bayar dan pembayaran bisa dilakukan melalui e-wallet atau bank. Sedangkan untuk token listrik kami belum menyediakan pembayaran gratis biaya admin untuk tagihan listrik masjid.

Cara Bayar Tagihan Listrik Masjid Bebas Biaya Admin

  1. Masukkan no id pelanggan pascabayar Masjid / Mushola dan
    no hp kamu di kolom paling atas di halaman ini di kolom Tagihan Listrik.
  2. Kemudian klik lihat tagihan.
  3. Tagihan yang tertera hanya biaya tagihan listrik dan bebas biaya admin.
  4. Lanjutkan pembayaran untuk membayar tagihan listrik.

Cara Beli Token Listrik dan dapat Cashback Rp 5.000,-

  1. Buka aplikasi hotelmurah.com dari handphone mu
  2. Pilih menu listrik
  3. Pilih Menu Token Listrik
  4. Masukkan Nomor ID Pelanggan Listrik kamu dan Nomor HP mu
  5. Pilih Nominal Token Listrik yg kamu inginkan, lalu tekan tombol Lanjutkan
  6. Pilih ShopeePay Lalu tekan tombol Bayar Tagihan
  7. Selesaikan pembayaran melalui App Shopee. Setelah itu kamu akan dapat Koin Shopee Rp 5.000.

Video tutorial ini juga bisa dillihat di youtube. Tonton video selengkapnya : Token Listrik

*Koin Shopee ini bisa dipakai untuk membeli token listrik lagi ataupun produk lain yg ada di hotelmurah seperti Pulsa, GoPay, Dana, OVO, LinkAja, dll
*Promo Cashback Rp 5.000 berlaku sesuai ketentuan dari ShopeePay.

Mengapa harus cek tagihan listrik di hotelmurah.com?

Cek tagihan listrik tiap bulan atau bahkan tiap minggu adalah suatu keharusan bagi pelanggan listrik pascabayar, jika tidak maka kemungkinan tagihan listrik bisa membengkak dan ada beberapa pelanggan yang komplain karena tagihan yang mahal.

Cek tagihan listrik kamu sekarang juga karena kemudahan dan kecanggihan teknologi memudahkan kamu melakukan cek dan juga bayar listrik. Selain itu tidak perlu melakukan antrian di kantor cabang PLN terdekat.

Adanya social distancing akibat virus corona menyebabkan antrian pun makin panjang, belum lagi jika dicek suhu ternyata tidak sesuai standar kemudian disuruh balik. Apakah kamu mau seperti itu?

Hotelmurah.com memberikan solusi untuk pelanggan yang malas antri mauapun keluar rumah hanya untuk membayar atau mengecek tagihan listrik. Disisi lain, masih banyak masyarakat yang bekerja di rumah ( work from home), anak-anak sekolah di rumah mengakibatkan tagihan listrik makin membengkak.

Yuk , cek tagihan listrik kamu sekarang juga sebelum menyesal akibat tagihan listrik yang mahal!

Sekilas sejarah PLN ( Perusahaan Listrik Negara )

Pada zaman penjajahan Belanda yang berlangsung kurang lebih selama 3 abad, penduduk Indonesia membuat layanan untuk penyediaan listrik sekitar abad ke-19 dan membuat generator tenaga listrik untuk pertama kalinya.

Generator tenaga listrik ini dulunya hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pabrik gula dan teh tetapi seiring adanya perkembangan zaman juga kebutuhan pokok menjadikan tenaga listrik digunakan untuk sektor lainnya.

Setelah Indonesia mengibarkan bendera merah putih pada 17 agustus 1945 dan lepas dari penjajahan Jepang, para pekerja yang bekerja di perusahaan listrik berupaya keras menjadikan agar perusahaan tersebut sah menjadi milik Republik Indonesia.

Pada tahun 1961, perusahaa jawatan listrik dan gas yang didirikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 27 oktober 1945 diubah menjadi Badan Pemimpin Umum Perusahaan Litrik Negara (BPU-PLN). Beberapa tahun kemudian atau tepatnya 4 tahun kemudian, BPU-PLN dipecah menjadi 2 yaitu PLN dan perusahaan Gas Nasional.

Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar PLN

PT PLN memiliki 2 jenis listrik untuk pembayarannya yaitu pascabayar dan prabayar :

1. Listrik Pascabayar


Para pelanggan yang ingin membayar tagihan listrik tanpa harus mengisi pulsa atau saldo di awal bisa memilih listrik pascabayar, tapi kekurangannya adalah harus rajin cek tagihan listrik dan bayar tiap bulannya. Petuga PLN juga kadang lalai sehingga tagihan listrik bisa membengkak dan jika pelanggan mengalami keterlambatan pembayaran akan terjadi pemutusan aliran listrik dan pelanggan wajib melunasi terlebih dahulu untuk menghidupkannya lagi.
Oleh karena itu, hotelmurah menyediakan cek tagihan listrik secara gratis untuk pelanggan pascabayar di Tagihan PLN Pascabayar

2. Listrik Prabayar


Untuk era milenial sekarang pasti kebanyakan masyarakat Indonesia berlangganan listrik prabayar karena tidak perlu cek tagihan listrik tiap bulan dan bisa mengontrol penggunaan daya listrik. Akan tetapi jangan lupa juga cek sisa pulsa listrik jika mau bepergian karena jika pulsa listrik habis total maka pemutusan listrik pun akan terjadi juga. Pulsa listrik bisa dibeli dengan mudah via online di Tagihan PLN Prabayar

Layanan PLN

PLN ( Perusahaan Listrik Negara ) memberikan pelayanan penuh ke seluruh masyarakat Indonesia dan akan memberikan jaminan kepuasan kepada para pelanggannya. Oleh karena itu, PLN melayani secara online juga selain melayani pelanggan secara langsung. Layanan PLN secara online memberikan para elanggan kemudahan untuk cek tagihan listrik, pemasangan listrik baru, dan juga pengaduan.
Di bawah ini beberapa layanan PLN secara online tersebut :

Pendaftaran PLN Prabayar


Sekarang ini PLN melayani permohonan pemasangan listrik secara online dan tidak perlu datang ke kantor PLN terdekat. Oleh karena itu, pelayanan ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun asalakan ada koneksi internet di di wilayah tersebut

Perubahan Daya Listrik


Ada saatnya para pelanggan memiliki kebutuhan sekunder di rumahnya sehingga kapasitas daya listriknya pun bertambah. Seperti halnya perusahaan atau industri juga lama-kelamaan akan menambah daya listriknya.
Pelanggan sekarang bisa mengajukan penambahan daya secara online sekarang dan prosesnya pun mudah sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot ke kantor cabang PLN terdekat.

Syarat Pendaftaran PLN dan Biaya Pemasangan Listrik Baru

Untuk mendaftar pemasangan atau instalasi listrik di PLN diperlukan beberapa syarat, diantaranya sebagai berikut :

  1. Melampirkan Fotokopi KTP /SIM
  2. Peta lokasi dari bangunan yang akan diinstal listrik
  3. Apabila saat pendaftaran tidak bisa melakukan sendiri maka bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa.
  4. Dana atau biaya.

Berikut biaya instalasi listrik baru menurut Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral :

  1. 450 VA = Rp 421.000,00
  2. 900 VA = Rp 843.000,00

Cara Mendaftar Pemasangan Listrik PLN secara online

Saat ini PLN melayani instalasi atau pemasangan listrik secara online jadi yang ingin mejadi pelanggan baru tidak perlu repot-repot datang ke kantor PLN terdekat.

Calon pelanggan baru bisa ikuti cara pendaftaran listrik PLN online di bawah ini :

  1. Pertama , kunjung website resmi PLN kemudian klik “Pasang Sambungan"
  2. Baca syarat dan ketentuannya, klik setuju setelah itu akan dilarikan ke halaman pelanggan dan pemohon. Isi data data tersebut secara lengkap agar bisa segera diterima.
  3. Setelah input data selesai, pilih jenis layanan PLN yang dituju , apakah prabayar atau pascabayar ? Pilih “hitung biaya”agar memperoleh informasi tarif instalasi listrik yang baru.
  4. Jika sudah selesai , strip atau tandai kotak kecil untuk memberikan tanda bahwa calon pelanggan telah setuju mengikuti ketentuan dan telah menginput data dengan benar. Setelah itu, pilih “ Simpan Permohonan “
  5. Calon pelanggan akan menerima rincian total biaya yang harus dibayar lewat email yang telah didaftarkan.

Cara Menambahkan atau Menurunkan Daya Listrik

Cara menambahkan atau menurunkan daya listrik saat ini bisa dilakukan secara online maupun offline, dan ikuti langkah-langkanya dibawah ini :

  1. Masuk ke halamn resmi PLN dan klik menu “ubah daya”.
  2. Baca syarat dan ketentuannya, pilih setuju dan kemudian isi data pemohon untuk pelanggan.
  3. Jangan lupa isi datanya secara lengkap, strip tanda kotak kecil untuk menandai bahwa telah menyetujui syarat dan ketentuannya juga telah menginput data secara valid. Setelah itu, pilih opsi “simpan permohonan”
  4. Kemudian cek kotak masuk email sesuai dengan email pelanggan,jika sudah disetujui maka akan memperoleh rincian total biaya yang perlu dibayar. Maksimal pembayaran adalah 30 hari setelah email diterima.

Catatan :

  1. Untuk penurunan daya listrik hanya dikenakan untuk masyarakat yang kurang mampu dan wajib memiliki surat keterangan miskin. Jika tidak maka permohonan akan ditolak.
  2. Gratis biaya ! untuk penurunan daya listrik.

Cara Stop Langganan Listrik PLN

Untuk behenti langgann layanan listrik PLN, pelanggan wajib mengajukan peremohonan kepada pihak PLN dan menulis mengapa menyetop langganan layanan listrik PLN, data pribadi dan juga fotokopi KTP. Sertakan juga lampiran peta rumah dan juga nomor pelanggan dengan surat permohonan yang diajukan. PLN akan memberikan review atau ulasan untuk persetujuan atas pengajuan surat permohonaan tersebut apakah akan diterima atau tidak?

Rumus Penghitungan Tagihan PLN

Dari tahun ke tahun masayrakat Indonesia banyak yang menggunakan listrik prabayar untuk sistem pembayarannya karena tidak perlu bayar tagihan listrik tiap bulannya. Akan tetapi, jumlah pelanggan pascabayar masih kebih banyak karena menganut sistem lama terutama masyarakat desa.

Pascabayar berasal dari kata pasca+bayar, pasca yang berarti sesudah dan bayar diartikan memberikan sejumlah uang untuk kebutuhan transaksi dimana secara harfiah artinya pelanggan diwajibkan membayar tagihan setelah menggunakan daya listrik yang telah terpakai.

Oleh karena itu, pelanggan wajib mengetahui segala daya listrik perabotan rumah tangga dan segala benda dirumah yang menggunakan daya listrik. Setelah mengumpulkan data perabotan di rumah dan mengambil informasi daya listriknya kemudian hitunglah total tagihan listrik dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Jika daya listrik di rumah memiliki daya 10.000 watt dengan tarif kWH 1400 makan biaya selama 30 hari adalah : 10 x 1400 x 30 = 520.000

Keuntungan Membayar Tagihan listrik Secara Online

Para pelanggan tagihan listrik yang ikut sistem layanan pascabayar biasanya akan malas jika pelanggan tersebut masih melakukan pembayaran secara konvensional atau datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat. Hal ini dikarenakan adanya antrian yang panjang dan juga harus menunggu lama membuat para pelanggan pasacabayar menunda pembayaran tagihan listrik.n Akibatnya akan sedikit masalah di bagian listrik yaitu pemutusan daya listrik.

Oleh karena itu, PLN tidak tinggal diam dan berusaha memberikan pelayanan terbaik agar para pelanggan puas juga percaya penuh dengan kinerja PLN dan masyarakat menikmati listrik tanpa masalah. PLN telah memberikan kesempatan kepada para pelanggan agara bisa membayar tagihan listrik secara online dimanapun dan kapanpun. Pelanggan tidak perlu mengantre di kantor PLN dan pembayaran bisa dilakukan secara virtual atau tanpa uang

Selain itu, karena mengisi data pembayaran dilakukan sendiri maka bisa mengurangi kesalahan pengetikan data dan pengisian tersebut pun bisa dilakukan ulang.

Cara cek tagihan listrik lewat HP ( IOS dan Android ) di aplikasi hotelmurah.com.

cek tagihan listrik
  1. Unduh dan install aplikasi hotelmurah di Hotelmurah App
  2. Pilih menu Listrik
  3. Untuk pelanggan prabayar, masukkan id pelanggan dan pilih nominal yang diinginkan kemudian pilih lanjutkan
  4. Untuk pelanggan pascabayar, masukkan id pelanggan dan no hp kemudian pilih lanjutkan.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile

Salah satu aplikasi paling popular dan merupakan aplikasi langsung dari pihak PLN sendiri adalah PLN Mobile. Aplikasi resmi PLN ini dapat diunduh dengan mudah di app store android maupun IOS dan langsung bisa untuk cek tagihan listrik juga lainnya.

Cek Tagihan listrik via Android di aplikasi PLN Mobile



Bagi para pengguna android untuk mengecek tagihan listrik via aplikasi PLN Mobile sangatlah mudah karena pengguna aplikasi android lebih banyak dibandingkan pengguna IOS. Untuk cara unduh, instal kemudian ngecek tagihan listrik pun gampang tinggal ikuti instruksi sebagai berikut :
  1. Masuk Google play, ketik PLN mobile kemudian undul dan instal aplikasi tersebut.
  2. Pilih daftar jika belum terdaftar di aplikasi PLN Mobile
  3. Setelah terdaftar silahkan login kemudian pilih menu informasi
  4. Pilih informasi Tagihan listrik
  5. Masukkan ID atau nomor meteran
  6. Tekan cari
  7. Jumlah Tagihan Listrik anda akan tampil

Cek tagihan listrik PLN via SMS

Selain lewat aplikasi online, PLN juga menyediakan SMS sebagai sarana untuk mengecek tagihan listrik untuk para pelanggannya. Ada 2 cara untuk layanan sms tersebut yaitu pertama, mengecek secara berkelanjutan yang artinya para pelanggan akan memperoleh informasi tagihan listrik setiap bulannya dengan berlangganan via sms. Kedua, bisa mengecek tagihan listrik dalam kurun waktu 1 bulan. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

  1. Cara cek tagihan listrik via sms dengan berlangganan informasi tagihan listrik :
    • Kirim sms dengan mengetik format PLN (SPASI) ON (SPASI) 12 digit No ID Pelanggan , kirim ke 8123
      ( Contoh, PLN ON 087737311113, kirim ke 8123 )
    • Sedangkan untuk berhenti langganan ketik PLN (SPASI) OFF (SPASI) 12 digit no pelanggan kirim ke 8123,
      ( contoh , PLN OFF 087737311113, kirim ke 8123 )
  2. Cara cek tagihan listrik via sms per bulan :
    Kirim sms dengan format REK (SPASI) No ID pelanggan , krim ke 8123
    ( Contoh, REK 087737311113 kirim ke 8123 s)

Catatan: Cek tagihan listrik via sms PLN ini dikenakan biaya 500 rupiah/sms belum termasuk pajak 10%.

Cara cek tagihan listrik PLN lewat email

Salah satu cara cek tagihan listrik yang jarang dilakukan oleh para pelanggan pascabayar adalah cek tagihan lewat email. Hal ini mungkin dikarenakan cara ini teralalu ribet dan tidak faimiliar di mata pelanggan. Bagi anda yang ingin mencobanya sangatlah mudah karena hanya cukup bermodalkan email kemudian daftar di halaman website resmi PLN dan pihak PLN akan mengirimkan email tiap bulannya tentang jumlah tagihan listrik kepada para pelanggannya.
Akan tetapi pihak PLN telah mengubah halaman website sehingga untuk saat ini yang ingin mendaftar di website resmi PLN bisa menanyakan dulu ke pihak cs PLN dengan alamat email [email protected] atau ke akun sosial media twitter @pln_123 dan Facebook : PLN 123.

Cara cek tagihan listrik PLN lewat telepon

Cara yang terlihat mudah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan umur adalah cek tagihan listrik dengan cara telepon karena pelanggan hanay tinggal menghubungi phak CS PLN dan bisa menanyakan secara langsung tentang tagihan listrik atau perihal lainnya.
Tahap pertama Cuma tekan 123 untuk menghubungi pihak CS PLN dan juga wajib ditambahkan kode area, contohnya Jakarta kode areanya 021 sehingga tekan (021) -123. Setelah itu operator akan memberikan petunjuk dan ikuti saja intsruksinya.
Call Center PLN siap memberikan layanan 24 jam sehingga pelanggan bisa menelpon kapanpun dan untuk tariff panggilan telepon dikenakan normal sesuai dengan operator seluelr yang dipakai maupun yang telepon dari rumah.