Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Pesan Tiket Kereta Api Bonus 5 Voucher Hotel @Rp 20.000

Promo khusus saat ini, beli tiket kereta rute manapun akan mendapat bonus 5 buah voucher hotel @Rp 20.000. Caranya masukkan kode : hotelmurah disaat pembayaran. Voucher berlaku untuk semua hotel. Voucher bisa kamu kasihkan ke teman/keluarga kamu loh. Beruntung banget kan ? Ayo buruan beli sekarang !

Bingung mau mudik atau jalan - jalan tapi mau naik apa ? Yuk pesan tiket kereta api aja, yang merupakan transportasi mode darat terbaik dan tercepat saat ini. Tidak perlu pusing masalah jadwal dan tujuan perjalanan kamu, cek dan pesan tiket kereta api yang sesuai tujuan kamu di hotelmurah.com.

Cukup masukan tujuan, tanggal perjalanan, jumlah penumpang, kemudian klik cari maka kamu akan memperoleh data kereta yang masih tersedia dan lengkap dengan tarifnya. Setelah itu, pilih kereta yang diinginkan.

Selain itu, fitur untuk mengecek dan memesan tiket kereta pulang pergi juga ada dalam sekali booking. Cek ketersediaan tiket PP ini wajib dengan memasukkan tanggal pergi dan tanggal pulang. Mudah bukan ? Memilih tiket kereta api secara online tanpa perlu ribet antri, pesan tiket kereta api tujuanmu sekarang juga di hotelmurah.com.


Mengapa harus membeli Tiket Kereta Api di hotelmurah.com ?

Tanpa antrian

Kamu tinggal pesan dimanapun dan kapanpun via hotelmurah.com tanpa harus ribet antri.

Pesan H-90

Tiket kereta api bisa kamu beli selama 90 hari sebelum keberangkatan di semua rute dan kelas.

Keamanan dalam bertransaksi

Tiket kereta api yang telah dibeli tidak akan hilang dan bisa dicek via email.

Bebas memilih tempat duduk

Kamu bebas memilih tempat duduk sesuai keinginanmu selama persediaan masih ada.

Metode pembayaran yang mudah dan lengkap

Hotelmurah.com menyediakan pembayaran yang lengkap mulai dari E-banking, ATM, Kartu Kredit, Alfamart, Indomart, Gopay, Ovo dan Dana.

FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api


1. Apakah saya bisa booking kereta di hotelmurah.com via google playstore ?
Bisa, kamu bisa download di Play Store dan pilih menu kereta setelah aplikasi terinstal.
2. Kemana saya harus menghubungi jika saya mengalami kesulitan saat memesan tiket kereta api di hotelmurah.com ?
Langsung saja hubungi Hubungi call center (021) 80683056
3. Apakah diperbolehkan untuk memesan tiket untuk orang lain misalnya keluarga atau teman ?
Ya , diperbolehkan selama data penumpang yang didaftarkan saat pesan tiket kereta sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki.
4. Bagaimanakah prosedur untuk refund atau pengembalian tiket kereta ?
Refund dapat dilakukan dengan datang ke stasiun terdekat yang menyediakan formulir pembatalan tiket kereta kemudian penyerahan formulir wajib diserahkan 1 jam sebelum keberangkatan kereta yang dibatalkan.
5. Jika saya membawa kartu identitas selain KTP , apakah saya diperbolehkan masuk boarding gate stasiun ?
Ya diperbolehkan masuk dengan syarat membawa kartu identitas lain seperti SIM, paspor dan dan buku nikah dimana namanya harus sesuai dengan tiket kereta.
6. Bolehkah saya memakai kartu keluarga untuk boarding pass ?
Ya boleh dengan kartu keluarga yang asli (bukan fotokopian) dan nama yang tertera sesuai dengan tiket kereta.
7. Bagaimana cara mengganti jadwal tiket kereta api yang telah dibeli dan apakah ada biayanya ?
Penggantian jadwal tiket kereta api dapat dilakukan dengan datang ke stasiun terdekat dan tidak ada penambahan biaya kecuali tiket kereta yang memiliki tarif yang lebih mahal, maka dibayar sesuai selisih dari tiket yang sebelumnya.
8. Bolehkah saya masuk boarding pass dengan KTP biasa (non-ktp) ?
Boleh, selama KTPnya masih berlaku dan namanya juga sesuai dengan tiket.
9. Makan dan minum apakah sudah termasuk jika saya membeli tiket kereta ?
Belum termasuk, kamu bisa memesan makan dan minum di gerbong khusus untuk pemesanan makanan.
10. Apakah boleh saya menunjukkan identitas hanya berupa fotokopian saat masuk boarding gate ?
Tidak boleh, semua identitas wajib dalam bentuk asli.
11. Jika tiket kereta saya hilang apa yang harus saya lakukan ?
Bisa dicetak ulang di stasiun terdekat dengan membawa kartu identitas asli dengan booking tiket.
12. Siapa yang harus saya hubungi jika barang saya ketinggalan di kereta ?
Silahkan datang ke stasiun terdekat atau hubungi PT Kereta Api Indonesia dengan telepon call center 121.
13. Apakah lansia memperoleh keringanan biaya untuk tiket kereta api ?
Ya, lansia umur 60 tahun dan seterusnya memperoleh keringanan biaya dengan mendapatkan diskon sebesar 20%.
14. Berapa lamakah jarak antara pesan tiket dan bayar tiket kereta api secara online ?
Batas waktu yang diberikan adalah sekitar 1 jam dan jika melebihi dari waktu yang ditentukan maka akan hangus.
15. Bolehkah saya membatalkan kursi kereta yang telah saya pesan ?
Boleh, selama kursi yang lain masih tersedia. Alternatif lain dilakukan dengan cara meminta baik-baik kepada pemilik kursi yang diinginkan untuk bisa bertukar posisi.

Daftar Nama Stasiun Kereta Api di Indonesia


  • Stasiun Gambir

    Melakukan perjalanan antar kota yang memiliki jarak cukup jauh tentunya tidak memungkinkan untuk kita mengendarai mobil pribadi. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan transportasi umum, yaitu kereta api. Bagi Anda yang sudah lama tinggal di wilayah Jakarta tentunya sudah tidak asing dengan stasiun yang satu ini. Ya, stasiun yang mulai dibuka sejak tahun 1884 ini bernama stasiun Gambir. Stasiun ini telah mengalami dua kali perubahan nama dari sebelumnya StationWeltevreden menjadi Station Batavia Koningsplein.

    Setelah itu stasiun ini berubah nama menjadi Stasiun Gambir. Anda bisa dengan mudah mendapatkan tiket kereta api dengan stasiun keberangkatan Gambir. Berbagai pilihan layanan kereta pun bisa Anda pilih, seperti kereta Argo Wilis, Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, dan masih banyak lagi.

    Stasiun ini terletak di jalan Medan Merdeka Timur Nomor 1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Sangat mudah untuk Anda temukan dengan melakukan pencarian di maps.

    Stasiun Gambir memiliki berbagai fasilitas yang tentu akan membuat pengunjungnya tetapmerasa nyaman. Fasilitas yang akan Anda dapatkan berupa tempat parkir, toilet, area merokok, fasilitas difabel, ATM, layanan pelanggan, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, dan masih banyak lagi. Itu dia informasi mengenai stasiun keberangkatan Gambir. Selamat melakukan perjalanan. Semoga perjalanan yang Anda lakukan menyenangkan.

  • Stasiun Jakarta Kota

    Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi memang melelahkan. Anda tentunya tidak ingin perjalanan yang seharusnya menjadi perjalanan menyenangkan menjadi perjalanan melelahkan, bukan? Tentu saja tidak. Lalu bagaimana cara terbaik agar Anda bisa lebih menikmati sebuah perjalanan? Tentu saja menggunakan transportasi umum. Salah satu transportasi terbaik yang bisa Anda pilih adalah kereta api. Kereta me miliki berbagai pilihan layanan dengan berbagai pilihan kelas yang akan membuat penumpangnya menjadi nyaman.

    Jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, tentunya Anda bisa memilih salah satu stasiun yang ada. Namun Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta Barat, Stasiun Jakarta Kota menjadi salah satu stasiun terbaik untuk dipilih. Stasiun yang berada di Jalan Lada, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 ini mulai dibuka sejak 8 Oktober 1929. Sebelumnya stasiun ini memiliki nama Station Batavia - Benedenstad, Djakarta hingga akhirnya pada tahun 1941 namanya berganti menjadi Stasiun Jakarta Kota.

    Stasiun ini memiliki mampu membuat Anda merasa nyaman ketika berada di sana dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti tempat parkir yang cukup luas, toilet, area komersial, galeri ATM, dan tentunya tempat ibadah. Setelah mengetahui beberapa hal dari Stasiun Jakarta Kota tentunya sudah tidak ada lagi yang perlu diragukan ketika Anda hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Selamat melakukan perjalanan terbaik Anda.

  • Stasiun Jatinegara

    Tidak berada di wilayah Jakarta Pusat bukan berarti Anda tidak bisa melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi umum, kereta api. Kini Anda dimudahkan dengan adanya berbagai stasiun yang tersebar di berbagai kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kebutuhan transportasi umum bagi setiap orang tentunya menjadikan stasiun ini hadir di wilayah Jakarta Timur. Ya, Stasiun Jatinegara menjadi salah satu pilihan stasiun yang bisa Anda kunjungi ketika ingin melakukan perjalanan ke luar kota.

    Stasiun yang terletak di Jalan Raya Bekasi Barat, RT 13, RW 16, Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Stasiun ini telah dibangun 110 tahun yang lalu, yaitu tahun 1910 dengan nama StationMeester Cornelis S.S. pada tahun 1945, stasiun ini berganti nama menjadi Stasiun Jatinegara.

    Untuk melakukan pemesanan tiket dengan stasiun keberangkatan Jatinegara, bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui pemesanan online maupun offline dengan mengunjungi langsung stasiun. Anda juga bisa memilih layanan kereta yang diberikan oleh stasiun ini seperti kereta Argo Parahyangan, Pangandaran, Kertajaya, Tawang Jaya, Gumarang, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang akan didapatkan ketika berada di sini pun cukup memadai untuk membuat Anda tetap merasa nyaman. Fasilitas yang dapat Anda rasakan seperti adanya toilet, adanya tempat ibadah, dan boardingpass yang bekerja kondisional.

  • Stasiun Manggarai

    Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta Selatan kini bisa dengan mudah melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi umum berupa kereta api. Ya, adanya stasiun di wilayah ini tentunya akan banyak membantu Anda. Pilihan stasiun terbaik yang berapa di wilayah Jakarta Selatan adalah Stasiun Manggarai. Stasiun ini berada di Jalan Manggarai Utara, RW 1, Manggarai, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850. Stasiun Manggarai mulai dibuka sejak 1 Mei 1918 dengan berbagai pengembangan seperti layanan kereta bandara Soekarno-Hatta (KRL Soekarno-Hatta) dan KRL Commuter Line. KRL Commuter Line memiliki jalur merah dengan tujuan Depok dan Jakarta Kota atau Bogor dan Jakarta Kota. Jalur kuning dengan tujuan Depok dan Jatinegara, Bogor-Jatinegara, Angke-Bogor, atau Nambo-Angke. Terakhir jalur biru dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota, Cikarang dan Jakarta Kota, atau tujuan Tambun.

    Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta yang berangkat dari stasiun Manggarai melalui online atau web PT KAI dan platform perjalanan lainnya atau langsung mengunjungi stasiun. Pilihan kereta yang akan membawa Anda ke tujuan pun beragam. Tentunya dengan berbagai fasilitas yang akan membuat Anda terus merasa nyaman.

    Bagaimana, sudah memiliki tujuan perjalanan ke berbagai kota melalui stasiun Manggarai? Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan baik untuk melakukan perjalanan dari stasiun yang letaknya dekat dengan lokasi Anda.

  • Stasiun Pasar Senen

    Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta Pusat, kini Anda memiliki berbagai pilihan stasiun keberangkatan yang akan membantu perjalanan menuju kota pilihan. Tak hanya stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen juga bisa menjadi pilihan Anda untuk melakukan perjalananantar kota. Stasiun yang terletak di Jalan Stasiun Senen Nomor 14, Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410 ini mulai berdiri sejak 19 Maret 1925. Stasiun ini tentunya memiliki berbagai layanan kereta seperti Malabar, Singasari, Gaya Baru Malam Selatan, Jayabaya, Anjasmoro, dan masih banyak lagi yang tentunya akan membantu perjalananmu menuju berbagai wilayah di pulau Jawa.

    Cukup dengan memesan tiket melalui platform yang dimiliki PT KAI atau langsung mengunjungi stasiun, Anda bisa melakukan perjalanan terbaik menuju tempat tujuan. Ketika tiba di Stasiun Pasar Senen, Anda akan dibuat nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Anda dapat menggunakan fasilitas berupa tempat parkir yang luas, tempat ibadah, toilet untuk laki-laki dan perempuan, fasilitas kesehatan, ruang tunggu VIP, area merokok, gerai ATM, dan masih banyak fasilitas lain yang bisa Anda nikmati.

    Stasiun ini tentunya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh stasiun lain yaitu adanya instrumen lagu Kicir-Kicir setiap ada kereta yang tiba. Itu dia informasi singkat mengenai Stasiun Pasar Senen yang mampu membawa Anda menuju ke kota Tujuan. Selamat menikmati perjalanan Anda.

  • Stasiun Bandung

    Stasiun Bandung, atau yang juga dikenal sebagai Stasiun Hall adalah stasiun kereta api kelas besar tingkat A yang terletak di Kelurahan Kebonjeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Stasiun ini terletak lebih tepatnya pada perbatasan Kelurahan Kebonjeruk dan Kelurahan Pasirkaliki. Untuk alamat jalannya, stasiun ini berada di Jalan Stasiun Timur No. 1 sebagai pintu selatan, dan Jalan Kebon Kawung No. 43 sebagai pintu utara, Kota Bandung.

    Stasiun ini tercatat sebagai stasiun kereta api kelas besar tertinggi di Indonesia karena tinggi stasiun ini mencapai lebih dari 709 meter. Dulu, stasiun ini hanya memiliki satu buah gedung saja. Tetapi, Setelah Pemerintah Kota Bandung melakukan renovasi pada stasiun ini, stasiun ini pun terbagi menjadi dua bagian, tetapi tetap menyatu. Stasiun ini menjadi stasiun kereta api terbesar di Kota Bandung dan Jawa Barat. Stasiun ini pun juga terkenal dengan julukan lain, yaitu Terminal Angkot. Itu dikarenakan banyaknya angkutan kota (angkot) yang sering menuju ke stasiun ini.

    Stasiun Bandung ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, resmi dibuka pada tahun 1884, dan dioperasikan oleh Staatsspoorwegen, sebuah perusahaan kereta api yang dimiliki oleh Pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. Ada sebuah tugu yang memperingati 50 tahun jasa Staatsspoorwegen, yaitu tugu hadiah atas jasa-jasa Staatsspoorwegen dalam mempersatukan seluruh pulau Jawa dengan rel kereta api.

  • Stasiun Cicalengka

    Stasiun Cicalengkaadalah salah satu stasiun kereta api yang ada di Kabupaten Bandung. Stasiun kereta api yang mengoperasikan kereta api kelas I ini terletak di Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka, Bandung. Stasiun kereta api kelas I ini beralamat di Jalan Stasiun CicalengkaNo.1, dan letaknya tak jauh dari Jalan Raya Cicalengka-Majalaya.

    Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kabupaten Bandung yang masih aktif walaupun setelah pemekaran wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Stasiun ini tergolong cukup ramai karena stasiun ini adalah stasiun pemberhentian terakhir untuk kebanyakan perjalanan KA Lokal Bandung Raya. Umumnya, rata-rata penumpang stasiun ini adalah pelajar dan mahasiswa. Ada juga yang dari kalangan pegawai dari wilayah lain, seperti wilayah Cicalengka, Cikancung, Nagreg, dan ada juga yang dari Cimanggung dan Limbangan.

    Stasiun Cicalengkayang dibangun pada tahun 1884 ini mempunyai keunikan. Jika seluruh penumpang kereta api lokal belum turun, maka penumpang yang akan naik tidak diperbolehkan atau diizinkan untuk menaiki peron tersebut. Peraturan ini diterapkan agar tidak terjadi penumpukan penumpang disekitar pintu kereta karena stasiun ini merupakan pemberhentian terakhir, jadi penumpang yang turun lebih banyak jumlahnya daripada penumpang yang akan naik. Tiket yang dijual disini hanya tiket kereta api lokal saja, tidak untuk tiket kereta jarak jauh.

  • Stasiun Cimekar

    Stasiun Cimekaradalah salah satu kereta api yang ada di Kabupaten Bandung yang terletak di bagian barat. Stasiun kereta api yang mengoperasikan kereta api kelas III/kecil ini terletak lebih tepatnya dekat dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Stasiun kereta api ini memiliki ketinggian lebih dari 668 meter.

    Stasiun kereta api ini adalah yang paling muda di lintas Padalarang-Kesugihan. Jika banyak stasiun - stasiun di Bandung memiliki sejarah karena dibuka pada masa atau zaman kolonial Hindia-Belanda, maka stasiun ini tidak memilikinya sejarah seperti itu karena stasiun ini baru resmi dibuka pada tahun 2000. Tetapi, stasiun ini merupakan pengembangan dari pemberhentian yang dulunya bernama Ciendog. Setelah diresmikan pembukaannya pada tahun 2000 sebagai sebuah stasiun kereta api secara permanen, stasiun kereta api ini memiliki dua jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurusnya.

    Persinyalan di stasiun kereta api ini pun masih mekanik. Stasiun kereta api ini merupakan transportasi pilihan masyarakat di sekitar karena jarak dan letaknya yang bersebelahan dengan kompleks perumahan atau pemukiman warga. Selain itu, stasiun ini juga dekat letaknya dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Masjid Terapung Al-Jabbar. Untuk pelayanan tiket, di stasiun Cimekarini hanya melayani penjualan tiket secara langsung di loket. Tidak melayani penjualan secara online.

  • Stasiun Gedebage

    Stasiun Gedebage adalah salah satu stasiun kereta api yang ada di Kota Bandung. Stasiun kereta api yang memiliki ketinggian lebih dari 671 meter ini mengoperasikan kereta api barang kelas I. Stasiun ini terletak di Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, dan stasiun ini terletak di bagian paling timur kota Bandung.

    Terdapat empat jalur aktif di stasiun kereta api ini di sisi utaranya dan jalur 2 sebagai sepur lurusnya. Sedangkan jalur 3 dan 4 untuk pelayanan bongkar muat container atau peti kemas saja ditambah dengan tiga jalur badug di bagian selatan. Pada 6 April 1999, stasiun ini sudah menggunakan persinyalan elektrik yang diproduksi oleh Alstom. Alstom adalah perusahaan pembangkit listrik, transportasi rel, dan kapal yang berasal dari Perancis. Secara sejarah, stasiun ini dibuka pada tahun 1884, yaitu pada masa kekuasaan Hindia-Belanda.

    Stasiun Gedebageini hanya dipergunakan untuk pengiriman barang parcel ONS, angkutan container atau peti kemas, dan persilangan dan persusulan antar kereta api saja. Sehingga, jarang sekali digunakan untuk keberangkatan maupun penurunan penumpang. Layanan kereta api peti kemas atau kontainer berlaku sejak pengeluaran Surat Keputusan Menteri Perhubungan Rusmin Nuryadin No. KM. 279/KA.101/PHB-87 pada tahun 1987. Proyek tersebut juga dianggarkan oleh Rencana Pembangunan Lima Tahun V yang terbit pada tahun yang sama.

  • Stasiun Haurpugur

    Stasiun Haurpugur ini terletak di Kota Bandung yang memiliki ketinggian lebih dari 689 meter di atas permukaan laut. Jenis stasiun ini memang terletak pada dua jalur yang lurus. Menjadi stasiun kecil kelas tiga. Stasiun ini awalnya menjadi halte dari kereta api. Pada mulanya jenis halte ini terbuat dari kayu. Akan tetapi jenis stasiun ini ditutup sementara kemudian dibangun dan dijadikan sebagai bangunan permanen. Untuk mengetahui mengenai informasi lengkap mengenai stasiun Haurpugur akan dijelaskan di bawah ini.

    Adapun informasi lengkapnya mengenai stasiun Haurpugur, yaitu :

      1. Untuk harga Tiket Kereta Api antara lain, yaitu:
    • • Surabaya ke Bandung dibanderol dengan harga 445.000
    • • Yogyakarta ke Bandung dibanderol dengan harga 260.000
    • • Solo ke Bandung dibanderol dengan harga 260.000
    • • Tasikmalaya ke Bandung dibanderol dengan harga 62.000
    • • Malang ke Bandung dibanderol dengan harga 250.000
    • • Jakarta ke Bandung dibanderol dengan harga 67.000
    • • Madiun ke Bandung dibanderol dengan harga 345.000
    • • Purwakarta ke Bandung dibanderol dengan harga 35.000
    • • Semarang ke Bandung dibanderol dengan harga 150.000
    • • Kediri ke Bandung dibanderol dengan harga 250.000
    • • Banjar ke Bandung dibanderol dengan harga 67.000
    • • Ciamis ke Bandung dibanderol dengan harga 67.000
      2. Tips Memesan Tiket Kereta Api
    • Dalam memesan tiket kereta api bisa dilakukan dalam dua cara. Dua cara tersebut antara lain cara online dan offline. Anda bisa memilih cara online dengan menetapkan aturan antara lain yaitu pemesanan online, sejak jauh hari sebelumnya, menggunakan situs online, jangan khawatir dalam memesan kelas ekonomi dan menentukan keberangkatan dari jauh hari sebelumnya.
  • Stasiun Lempuyangan

    Stasiun Lempuyangan, awalnya bernama Station Djocja Lempoejangan, resmi berdiri pada tanggal 2 Maret 1872 dengan rute utama adalah Semarang-Solo-Yogyakarta, oleh perusahaan kereta api swasta, Nederlands-Indische SpoorwegMaatschappij (NIS). Stasiun ini awalnya didirikan untuk mengangkut gula dengan transportasi kereta api pada kisaran tahun 1870-an. Stasiun Lempuyangan adalah stasiun pertama yang ada di Yogyakarta, yang paling tertua dan hingga saat ini masih beroperasi. Stasiun Lempuyangan beralamatkan di Jalan Lempuyangan, KelurahanBausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Total jalur pada Stasiun Lempuyangan ada 11 jalur, dengan jumlah peron adalah 5. Terdapat check-in dengan boarding pass, kecuali pada komuter dengan tujuan jangka pendek yang hanya menggunakan tiket thermal.

    Layanan kereta api di Stasiun Lempuyangan di antaranya adalah kelas campuran, kelasekonomi AC plus, kelasekonomi AC, dan komuter ekonomi. Kelas campuran sendiri terdiri dari Singasari, Gaya Baru Malam Selatan, Bogowonto, Gajah Wong, Joglo semarkerto, dan Logawa. Untuk kela ekonomi AC plus ada Jaka Tingkir. Pada kelas ekonomi AC ada Kahuripan, Pasundan, Sri Tanjung, Bengawan, dan Progo.

    Sementara pada komuter ekonomi tersedia Prambanan Ekspres (Prameks). Pada layanan angkutan barang sendiri tersedia layanan parcel ONS (Over Night Service) tujuan Bandung dan Jakarta, serta Angkutan Semen Dynamix dengandari dan tujuan Karang talun dan Solo. Anda yang hendak bepergian dengan kereta api melalui Stasiun Lempuyangan dapat melakukan pemesanan dengan cara datang langsung ke stasiunnya ataupun melalui sistem online. Layanan reservasinya sendiri dibuka mulai dari pukul 07.30 sampaidenganpukul 19.30 WIB.

  • Stasiun Yogyakarta

    Stasiun Yogyakarta lebih populer dengan sebutan Stasiun Tugu, ini karena lokasinya berada dekat dengan Tugu Yogyakarta, persisnya di Jalan Margo Utomo 1 (pintu timur) atau di Jalan Pasar Kembang (pintu selatan), Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Resmi didirikan pada tanggal 20 Juli 1887, stasiun ini merupakan stasiun kelas besar tipe A di Yogyakarta yang terletak pada ketinggian +133 meter. Stasiun Yogyakarta memiliki dua emplasemen, yaitu utara dan selatan. Inilah yang menyebabkan stasiun ini memiliki dua pintu untuk keluar masuk. Ada 9 jalur, dengan masing-masing emplasemen utara 6 jalur, dan selatan 3 jalur. Selain itu, terdapat pula 7 peron, yaitu 3 pada emplasemen utara, dan 4 pada emplasemen selatan.

    Layanan kereta api di Stasiun Yogyakarta di antaranyaadalah kelas eksekutif yang terdiri dari Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, Turangga, dan Taksaka. Kelas campuran sendiri terdiri dari Mutiara Selatan, Malabar, Ranggajati, Wijayakusuma, Anjasmoro, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, Mataram, Gajah Wong, Fajar Utama YK, Senja Utama YK, Lodaya, Sancaka Utara, MalioboroEkspres, Sancaka, dan Joglosemarkerto. Untuk kelas ekonomi AC premium terdiri dari Jayakarta, dan komuter lokal adalah Prambanan Ekspress (Prameks). Pada Stasiun Yogyakarta, tersedia pula kereta bandara YIA dengan tujuan Wojo-Kebumen.

    Stasiun Yogyakarta menjadi salah satu unggulan yang digunakan untuk berpergian terutama pada jarak jauh dan untuk penumpang eksekutif dengan ruang tunggu VIP. Tersedia layanan boarding pass kecuali untuk area tujuan lokal.

  • Stasiun Surabaya Kota

    Stasiun Surabaya Kota atau yang lebih dikenal dengan Stasiun Semut merupakan salah satu stasiun yang terletak di Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Stasiun Kota No. 9, Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Jawa Timur yang terdiri di atas ketinggian +4 meter. Operator pertama adalah pemerintahan Hindia Belanda, yaitu Staatsspoorwegen.

    Stasiun ini berjenis kelas besar tipe B yang awalnya adalah sebagai stasiun tujuan akhir di Kota Surabaya. Awalnya, Stasiun Surabaya Kota didirikan untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan yang berasal dari daerah-daerah pedalaman Jawa Timur. Meskipun peresmian stasiun dilakukan pada tanggal 16 Mei 1878, namun bangunan tersebut kemudian dipugar dan mulai digunakan kembali pada tahun 1899 dengan bangunan baru yang lebih besar dan luas.

    Mengadaptasi gaya Indische Empire, pada stasiun ini tersedia 4 jalur dan 3 jumlah peron. Pada tahun 1996 dan 2007, Stasiun Surabaya Kota ditetapkan sebagai cagar budaya oleh walikota Surabaya. Layanan penumpang komuter ekonomi AC terdiri dari Komuter Surabaya-Bangli PP, Dhoho, Penataran, Tumapel, dan Ekonomi Lokal/KRD Kertosono. Selain itu, untuk layanan pengangkutan barang, tersedia parcel ONS (Over Night Service) dengan tujuan Bandung dan Jakarta.Anda yang ingin melakukan reservasi di Stasiun Surabaya Kota, hanya dapat melakukannya melalui sistem tiket online, sementara untuk komuter jarak dekat, tersedia di loket dengan mendatanginya secara langsung.

  • Stasiun Surabaya Pasar Turi

    Anda yang mencari stasiun kelas besar tipe A dapat mendatangi Stasiun Surabaya Pasar Turi atau Stasiun Pasar Turi yang terletak di Jalan Semarang No. 1 Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Stasiun dengan ketinggian +1 meter ini merupakan stasiun terbesar nomor dua di Kota Surabaya. Adapun Stasiun Pasar Turi ini diresmikan pada tanggal 1 April 1900 dengan nama awal adalah Station Soerabaja NIS. Stasiun ini termasuk dalam stasiun yang dibangun oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS. Perubahan nama menjadi Stasiun Surabaya Pasar Turi tersebut terjadi pada kisaran tahun 1950, hal ini dikarenakan di sekitaran stasiun terdapat pasar yang banyak menjual bunga turi, yang digunaka nuntuk konsumsi.

    Layanan penumpang kereta api terdiri dari kelas eksekutif, campuran, ekonomi AC premium, ekonomi AC plus, komuter ekonomi AC dan juga angkutan barang berupa parcel ONS dengan tujuan Jakarta, dan kontainer dengan tujuan Kalimas dan Jakarta. Pada kelas eksekutif, terdapat dua kereta utama yaitu Argo Bromo Anggrek dan Sembrani. Jayabaya, Harina, Gumarang, Dharmawangsa, Sancaka Utara, Mutiara Timur, dan Kertajaya Tambahan merupakan beberapa jenis kereta api layanan kelas campuran.

    Untuk kelas ekonomi AC premium sendiri ada Kertajaya dan Maharani, serta Ambarawa Ekspres untuk kategori ekonomi AC plus. Sementara untuk komuter ekonomi AC terdiri dari Komuter Surabaya Lamongan (SuLam dan KRD Bojonegoro). Tersedia pembelian langsung maupun online, dengan fasilitas boarding pass kecuali untuk yang komuter lokal.

  • Stasiun Surabaya Gubeng

    Stasiun Surabaya Gubeng, meskipun tidak sesuai dengan namanya terletak di Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Nama Gubeng sendiri didapatkan karena letaknya yang dekat dengan Kecamatan Gubeng, dengan ketinggian +5 meter. Stasiun ini merupakan stasiun kelas besar tipe A yang paling besar di Kota Surabaya. Pada tanggal 16 mei 1878, Stasiun Surabaya Gubeng didirikan oleh Staatsspoorwagen dengan gaya Indische Empire yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

    Sementara bangunan modern merupaka nbangunan baru yang didirikan pada tahun 1990. Jumlah jalur pada stasiun ini terdiri dari 6 jalur dan 7 peron. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari fasilitas difabel, fasilitas kesehatan, galeri ATM, tempati badah, ruang ibu menyusui, ruang kerja bersama, dan sebagainya.

    Adapun layanan penumpang yang terdapat pada Stasiun Surabaya Gubeng adalah kelase ksekutif untuk Argo Wilis, Bima, Turangga, dan Bangunkarta. Kelas campuran sendiri terdiri dari Mutiara Selatan, Baru Malam Selatan, Jayabaya, Ranggajati, Wijayakusuma, Sancaka, Mutiara Timur, dan Logawa. Pada kelas ekonomi AC premium terdapat Jayakarta dan Songgoriti. Pasundan, Sri Tanjung, dan Probowangi terdapat pada kelas ekonomi AC. Sementar auntuk komuter ekonomi AC sendiri terdiri dari Komuter Surabaya-Bangli PP, Dhoho, Penataran, Tumapel, KRD Bojonegoro, dan KRD Kertosono. Reservasi tiket dapat dilakukan secara offline maupun online, dengan fasilitas check -in mandiri hanya untuk kereta apidengantujuanjarakjauhataupunmenengah.

  • Stasiun Wonokromo

    Surabaya menjadi salah satu tempat berlibur yang wajib dikunjungi. Kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan ini tak henti-hentinya menyuguhkan berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan libur semester atau libur akhir tahun. Jika Anda merasa perjalanan menuju Surabaya terlalu jauh dan melelahkan jika menggunakan kendaraan pribadi, tentu hal ini tidak berlaku bagi pengguna transportasi umum. Anda bisa menggunakan transportasi umum berupa kereta api dari berbagai wilayah di pulau Jawa dengan tujuan Stasiun Wonokromo.

    Stasiun ini terletak di wilayah Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60244. Stasiun yang satu ini memiliki tiga lonceng unik yang berbunyi sebagai tanda kedatangan dan keberangkatan kereta. Lonceng ini pun terletak di tiga sudut stasiun, yaitu utara, tengah, dan selatan. Stasiun Wonokromo memiliki berbagai layanan kereta yang akan mengangkut penumpangmenuju ke lokasi yang diinginkan. Misalnya kereta Mutiara Selatan, Gaya Baru Malam Selatan, Logawa, Songgoriti, Sri Tanjung, dan masih banyak lagi.

    Untuk berkunjung dan pergi melalui stasiun ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tiketnya melalui pemesanan online di berbagai platform yang bekerja sama dengan PT KAI. Ketika menunggu jemputan atau kereta yang akan ditumpangi datang, Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan seperti toilet, tempat ibadah, ruang ibu menyusui, area merokok, dan fasilitas lainnya.

  • Stasiun Alastua

    Siapa yang tak kenal dengan Semarang? Kota yang memiliki berbagai destinasi wisata ini selalu penuh dengan pengunjung saat musim liburan. Ya, tempat ini selalu menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ketika sudah tiba di tempat ini, Anda bisa memilih untuk berkunjung ke Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, atau mungkin Lawang Sewu.

    Melihat ramainya pengunjung di kota ini setiap tahunnya, tentu membuat sebagian orang berpikir untuk melakukan perjalanan tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Ya, pilihan tersebut merupakan pilihan yang tepat karena kemungkinan Anda merasa lelah menghadapi jalanan yang macet pasti ada. Untuk mengunjungi Semarang, Anda bisa menggunakan transportasi kereta api dari kota Anda. Tujuan keberangkatan dan pemberhentian Anda adalah salah satu stasiun yang berada di Semarang, Stasiun Alastua.

    Stasiun ini terletak di Tlogomulyo, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50113. Stasiun yang telah dibuka sejak tahun 1867 ini sebelumnya dikenal dengan Halte Allas - Toewa, Alastoewa. Anda bisa melakukan perjalanan ke stasiun lain dan menuju stasiun ini. Tiket kereta tentunya akan dengan mudah didapatkan. Anda tentunya bisa memanfaatkan platform online penyedia tiket yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Stasiun Alastua tentunya memberikan berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan selagi menunggu jemputan dan kereta yang hendak ditunggangi. Tentunya kenyamanan terus diterapkan oleh pengelola agar Anda betah berada di stasiun ini.

  • Stasiun Semarangponcol

    Melakukan perjalanan liburan menuju kota Semarang mungkin menjadi impian hampir setiap orang. Bagaimana tidak? Lokasi ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Mulai dari wisata edukatif, kuliner, bahkan wisata yang dianggap horor terdapat di lokasi ini. Bahkan Anda bisa seharian berkeliling di Semarang.

    Stasiun Semarang Poncol bisa menjadi stasiun tujuan Anda ketika hendak berkunjung ke Semarang. Stasiun yang terletak Jalan Imam Bonjol, Purwosari, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan ketika Anda menunggu kereta atau menunggu sanak saudara menjemput. Fasilitas tersebut meliputi tempat parkir yang luas, layanan pelanggan, boardingpass, tempat ibadah, gerai ATM, ruang ibu menyusui, dan toilet.

    Selain memiliki berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman, stasiun ini juga memiliki berbagai layanan kereta yang akan membawa Anda sampai ke tujuan. Anda bisa memilih layanan kereta kelas campuran (Jayabaya, Ciremai, Kamandaka, dan Joglosemarkerto), kelas ekonomi AC premium (Kertayaja, Tawang Jaya Premium, dan Maharani), kelas ekonomi AC plus (Ambarawa Ekspres, Kaligung, Blora Jaya, dan Tawang Jaya), atau komuter eksekutif.

    Untuk mendapatkan tiket dengan lokasi kedatangan atau keberangkatan, Stasiun Semarangponcol, Anda bisa dengan mudah mencarinya melalui berbagai platform yang telah bekerja sama dengan PT KAI. Selamat melakukan perjalanan Anda di Semarang.

  • Stasiun Semarangtawang

    Ketika berkunjung ke Semarang, tentunya kita akan disuguhkan dengan berbagai tempat wisata yang akan menambah pengetahuan kita. Tempat ini memiliki berbagai objek peninggalan Belanda yang tentu menjadi wisata sejarah dan edukasi. Salah satu peninggalan Belanda, terdapat pada sebuah stasiun yang terletak di Jalan Taman Tawang Nomor 1, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50211. Stasiun yang diberi nama Stasiun Semarang Tawang ini telah ada sejak 1Juni 1914. Bangunannya yang unik bergaya Belanda menjadi salah satu keunikan dari stasiun ini.

    Setelah mengalami banyak pembaharuan, stasiun ini mampu melakukan berbagai perjalanan ke berbagai wilayah di pulau Jawa. Layanan kereta yang ditawarkan pun beragam. Misalnya Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Sindoro, Bangunkarta, Sembrani, Brantas dan masih banyak lagi. Pengembangan fasilitas pun terus ditingkatkan demi menjaga pengunjungnya tetap merasa nyaman untuk menunggu waktu keberangkatan dan menunggu jemputan dari keluarga. Stasiun Semarang Tawang memiliki fasilitas yang bisa Anda gunakan berupa tempat parkiryang luas, boardingpass, layanan pelanggan, tempat ibadah, ruang untuk ibu menyusui, toilet, gerai ATM, area merokok, dan fasilitas lainnya.

    Bagaimana, sudah memiliki gambaran mengenai keindahan dan keistimewaan dari stasiun peninggalan Belanda yang satu ini? Jika Anda ingin langsung melihatnya, Anda bisa langsung mengunjungi Semarang menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Semarang Tawang.

  • Stasiun Blimbing

    Anda pasti sudah tidak asing dengan lokasi liburan keluarga bernama Jatim Park. Ya, lokasi ini terletak di salah satu kota di Jawa Timur, Malang. Tempat yang terus ramai dikunjungi ketika musim liburan ini tentunya akan menyuguhkan berbagai hiburan dan keunikan untuk Anda.

    Tak hanya Jatim Park, Malang juga menyuguhkan berbagai tempat wisata. Mulai dari wisata edukatif, wisata alam, dan wisata kuliner. Sangat menyenangkan bukan? Tentu menyenangkan. Jika tidak, tak mungkin tempat ini terus ramai saat musim liburan. Bagi Anda seorang wisatawan lokal yang hendak berkunjung ke Malang, namun merasa malas untuk mengendarai mobil sendiri dari kota Anda, transportasi umum tentu bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Ya, bus atau kereta api bisa menjadi pilihan dalam menunjang perjalanan Anda.

    Ketika Anda memilih untuk menggunakan kereta api, Stasiun Blimbing menjadi tujuan terbaik Anda untuk berhenti. Stasiun ini terletak di Jalan Laksamana Adi Sucipto, Purwodadi, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126. Alasan untuk Anda memilih stasiun pemberhentian ini tentunya karena berbagai layanan kereta dan fasilitas yang disediakan oleh pengelola stasiun. Meskipun fasilitas yang paling menonjol dari tempat ini adalah lahan parkir yang luas dan toilet yang memadai, namun bukan menjadi penghalang Anda untuk berhenti di sini karena masih ada layanan kereta yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih layanan terbaik yang akan membawa Anda menuju stasiun lain di sekelilingnya. Semoga informasinya bermanfaat.

  • Stasiun Kepanjen

    Stasiun Kepanjen, adalah salah satu stasiun kelas I yang lokasinya ada di Jalan Nusantara Kepanjen Kabupaten Malang. Stasiun ini setidaknya memiliki 3 jalur kereta api yang aktif. Sebenarnya, Stasiun Kepanjen pada awal mulanya memiliki 4 jalur kereta api yang aktif, namun dengan seiring waktu 1 jalurnya tidak digunakan kembali. Saat ini untuk Jalur 1 sudah dibangun peron stasiun, musholla dan ruang untuk PPAK sehingga membuatnya terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Stasiun Kepanjen sebenarnya berada di wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya sehingga membuatnya menjadi stasiun tujuan yang bisa anda pilih untuk Jalur Jawa Timur dan Surabaya.

    Stasiun Kepanjen memiliki hal unik dan menarik untuk andaketahui, karena sebenarnya Stasiun Kepanjen ini sendiri pada zaman kolonial belanda memiliki dua jenis stasiun dengan nama yang sama namun yang membedakannya hanya kode stasiun.

    • Stasiun Kepanjen SS adalah salah satu stasiun kereta milik milik Staatsspoorwegen
    • Stasiun Kepanjen MSM adalah salah satu stasiun kereta milik milik Maatschappij

    Namun setelah masa kolonial berakhir kedua kode ini dihapuskan. Kemudian untuk saat ini Stasiun Kepanjang yang sering digunakan oleh penumpang adalah Stasiun dengan kode KPN dimana ini adalah salah satu kode yang menghubungkan Stasiun Kepanjeng dengan Stasiun Ngebruk yang terdapat jembatan kereta api yang melewati sungai paling terkenal di Kabupaten Malang.

  • Stasiun Lawang

    Stasiun Lawang berlokasi di paling utama dari timur Malang, letaknya ada di Jalan Thamrin Lawang, Malang Jawa Timur. Lokasi dari Stasiun Lawang ini sebenarnya sangat dekat dengan banyak lokasi wisata populer dan salah satunya adalah Kebun Teh Wonosari dan Kebun Raya Purwodadi. Stasiun Lawang sendiri sebenarnya didirikan tahun 1887 dan merupakan salah satu stasiun tua yang ada di Malang Raya. Yang membuatnya sangat unik adalah karena Stasiun Lawang sendiri memiliki desain bangunan stasiun yang masih menggunakan gaya lama sehingga terlihat jelas kesan Stasiun Tua namun inilah yang sangat menarik. Selain itu, bisa dikatakan jika Stasiun Lawang ini sebenarnya adalah salah satu stasiun terbesar di Kabupaten Malang.

    Sama dengan Stasiun Kepanjen, Stasiun lawang juga berada di Daerah Operasi VII Surabaya. Lokasinya yang ada di pinggir jalan raya membuat Stasiun ini sangat mudah di akses. Saat ini Stasiun Lawang memiliki 3 jalur kereta api. Dan untuk jenis layanan kereta Api yang melintasi Stasiun Lawang sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah kelas Eksekutif, Kelas Campuran (ekonomi - bisnis), kelas Ekonomi AC Premium, kelas ekonomi AC Plus, Kelas ekonomi AC dan kelas lokal ekonomi AC.

    Dengan banyaknya pilihan jenis layanan ini tentu saja memberikan anda kemudahan dalam memilih jenis kelas yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Stasiun Malang

    Stasiun Malang adalah salah stasiun besar di Kota Malang dan berada di di Kelas Besar Tipe A. Seringkali beberapa orang menyebutkan Stasiun Kota Malang sebagai Stasiun Malang Kota baru dengan tujuan untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kota lama. Dan untuk lingkungan malang termasuk Stasiun Malang sendiri masuk ke Daerah Operasi VII Surabaya.

    Stasiun Malang yang berlokasi di Jalan TrunojoyoNo.10Klojen Malang ini adalah salah satu Stasiun Lama, dimana sudah beroperasi sejak masa kolonial dan secara garis besar sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun 1875. Pada awal perkembangannya, Stasiun Malang sendiri hanya digunakan untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan saja yang ada di kawasan Jawa Timur Pedalaman sehingga bisa dikirim ke beberapa belahan dunia melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Namun sejak saat ini, mulailah Stasiun Malang mengalami perkembangan menjadi salah satu kereta penumpang yang paling sibuk ada di pulau Jawa dengan setidaknya ada 9 Jalur kereta Api.

    Karena memiliki nilai histori yang sangat banyak dan berada di lokasi yang sangat Strategis, Stasiun Malang menjadi salah satu tujuan wisata bersejarah. Selain itu, Bangunan dari Stasiun Malang sendiri memiliki arsitektur yang sangat unik dan sangat menarik. Dimana Stasiun Malang memiliki gaya perpaduan antara neoklasik dengan kolonial yang sangat khas dengan perusahaan kereta api jaman Hindia Belanda Staatsspoorwegan.

  • Stasiun Malang Kota Lama

    Stasiun Malang Kota Lama adalah salah satu stasiun yang ada di kota Malang, lokasinya ada di jalan Kolonel Sugiono Sukun Malang Jawa Timur. Ada cerita unik mengapa Stasiun Malang ini memiliki nama Stasiun Malang Kota Lama. Asal dari nama "Kota Lama" dari stasiun ini adalah untuk membedakan antara stasiun Malang kota baru dan kota lama. Walaupun sebenarnya pengelolaan dari Stasiun Malang Kota Lama sendiri sama di bawah Daerah Operasi VIII Surabaya dari PT Kereta Api Indonesia. Alasan lain mengapa dikatakan sebagai kota lama juga karena Stasiun Malang Kota Lama ini merupakan salah satu stasiun tertua yang ada di Kota Malang.

    Stasiun Malang Kota Lama sudah berdiri pada 1896 dan hingga saat ini masih beroperasi dengan baik dalam melayani beberapa jenis rute untuk perjalanan kereta api dari Stasiun Malang Kota Lama. Selain itu, Stasiun Malang Kota Lama juga melayani beberapa kelas penumpang mulai dari kelas ekonomi hingga kelas eksekutif. Dan juga Stasiun Malang Kota lama selain melayani kereta penumpang juga melayani angkutan komoditas dan juga layanan untuk komuter lokal. Tujuannya tentu saja untuk menunjang segala jenis aktivitas dan kebutuhan dari masyarakat.

    Stasiun Malang Kota Lama juga dilengkapi dengan beberapa jenis fasilitas dan Infrastruktur yang memadai. Dimana hingga saat ini terdapat 7 jalur rel untuk kereta api dan 3 peron stasiun.

  • Stasiun Purwosari

    Stasiun Purwosari adalah salah satu stasiun kereta api yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari Surakarta Jawa Timur. Bisa dikatakan jika Stasiun Purwosari ini dikategorikan sebagai salah satu stasiun kelas besar dengan setidaknya memiliki jumlah jalur kereta sebanyak 9 jalur kereta api. Stasiun Purwosari sendiri masuk dalam pengelolaan dari Daerah Operasi VI Yogyakarta PT. Kereta Api Indonesia. Stasiun Purwosari juga masuk dalam kategori Stasiun lama karena sudah ada sejak 1867 sehingga tidak heran jika memiliki histori sejarah yang sangat tinggi.

    Hal unik dari Stasiun Purwosari ini sendiri adalah karena memiliki arsitektur khas kolonial yang mana ini sebenarnya sangat mirip dengan Stasiun Ambarawa. Sehingga tak heran jika hingga saat ini Stasiun Surakarta menjadi salah satu tertua yang ada di Surakarta dan menjadi salah satu atraksi untuk wisata populer dari para traveller lokal maupun internasional. Awalnya, Stasiun Purwosari ini difungsikan sebagai dipo untuk lokomotif dan mekanik dari kereta api yang ada di Pulau Jawa. Namun seiring dengan berjalan waktu, akhirnya fungsi yang awalnya menjadi depo untuk lokomotif dan mekanik menjadi Stasiun utama yang ada di Surakarta.

    Selain itu Stasiun Purwosari ini juga sebenarnya melayani beberapa jenis rute perjalanan kereta api untuk memuaskan masyarakat mulai dari layanan untuk kelas ekonomi, kelas bisnis hingga kelas eksekutif.

  • Stasiun Solojebres

    Salah satu stasiun yang ada di Ksdan dapat menjadi referensi Anda seputar stasiun kereta api, terutama untuk stasiun Solojebresini! Salah satu stasiun yang ada di Kota Surakarta atau Solo adalah Stasiun Solojebres. Stasiun ini seringkali disebut dimana letaknya berada di kawasan jalan Ledoksari Nomor 1, di Purwadiningratan, Jebres, Surakarta. Atau bisa juga dikatakan stasiun ini terletak di arah timur dari Jalan Urip Sumoharjo dekat dengan sebuah bangunan bekas terminal peti kemas. Stasiun ini dibandung di ketinggian 97 m di atas permukaan laut dan dinaungi oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini sudah lama berdiri, yakni sekitar tahun 1884 di bawah kekuasaan dari Kasunanan Surakarta yang dibangun oleh Staatsspoorwegen yang dahulunya dikenal dengan nama Staatsspoorwegen. Saat ini, stasiun Solojebres ini digunakan untuk tempat pemberhentian kereta ekonomi dan juga kereta komuter. Kereta ekonominya pun terdiri dari 2 jenis yakni ekonomi subsidi dan non subsidi. Untuk kelas ekonomi non subsidi, kereta yang beroperasi adalah kereta Majapahit yang merupakan rute dari stasiun Pasar Senen dan stasiun Malang. Untuk kelas ekonomi, terdapat 2 jenis kereta yakni kereta Matarmaja yang rutenya Pasar Senen dan Malang serta kereta Brantas yang rutenya Pasar Senen dan Kediri. Sedangkan untuk kereta commuterline terdapat kereta Madiun Jaya dengan rute Madiun dan Yogyakarta. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda seputar stasiun kereta api, terutama untuk stasiun Solojebres ini!

  • Stasiun Solobalapan

    Stasiun Solobalapan merupakan salah satu stasiun yang ada di Solo dan merupakan salah satu stasiun tertua yang ada di Indonesia sejak dibangun pada tahun 1863 dan kemudian diresmikan pada tahun 1873. Stasiun ini terletak pada ketinggian 93 meter di atas permukaan laut dan beralamatkan Jalan WolterMonginsidi 112, Solo.

    Stasiun ini banyak dilakukan keberangkatan ke beberapa kota tujuan. Misalnya seperti Malang, Surabaya, Kediri, Blitar, Mojokerto, Yogyakarta, Klaten, Kutoarjo, Cirebon, Purwokerto, dan lain sebagainya. Namun, memang untuk pelayanan yang diberikan masih hanya terbatas untuk kelas eksekutif dan bisnis saja. Beberapa kereta yang berangkat dari stasiun ini antara lain kereta Api Bima, Kereta api Argo Lawu, Kereta api Argo Dwipangga, kereta api Gajayana, dan lain sebagainya. Namun, untuk bisa menuju stasiun ini, banyak kereta api ekonomi yang juga melayani sehingga Anda tidak perlu khawatir. Tak hanya itu saja, untuk menuju Stasiun Solo Balapan Anda juga bisa menggunakan kereta api Prameks yang tiba biasanya pada sekitar pukul 5, 9.30, pukul 12, pukul 13, pukul 16, dan pukul 17. Tak hanya kereta api Prameks saja, tapi juga ada kereta api Kalijaga yang merupakan kereta lokal dan disubsidi oleh pemerintah setempat.

    Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Stasiun Solobalapan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan mengedukasi Anda kedepannya ya!

  • Stasiun Arjawinangun

    Stasiun Arjawinangun atau sering disingkat dengan AWN merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di kawasan Desa Jungjang, di Arjawinangun, Cirebon. Stasiun Arjawinangun ini juga dikelilingi dengan bangunan stasiun yang lainnya. Yaitu stasiun bangoduwa serta stasiun Kaliwedi. Stasiun ini didirikan sekitar 8 meter diatas permukaan laut dan saat ini dikelola oleh pihak daerah operasi 3 Cirebon. Stasiun ini dikenal memiliki 5 jalur dimana 4 diantaranya memiliki sinyal berangkat. Sedangkan 1 sisanya ( tepatnya jalur 5 ) merupakan jalur yang hanya digunakan untuk memarkir rangkaian proyek atau yang ingin melakukan bongkar muat yang hendak diangkut ke gerbong lain.

    Kereta ini melayani beberapa jenis kereta. Yakni kereta barang dan kereta penumpang. Untuk kereta penumpang rata - rata melayani kelas ekonomi ( baik itu ekonomi AC maupun ekonomi biasa ). Untuk kereta barang, dilakukan oleh kereta api Indocement 1 yang berangkat dari stasiun ini dengan stasiun tujuan yang ada di Purwokerto. Sedangkan untuk kereta api ekomi AC, terdapat kereta Argo Cheribon yang rutenya Cirebon - Gambir, Kereta Api Gayabaru Malam Selatan dengan rite Surabaya Gubeng -Pasar Senen, dan untuk kelas ekonomi biasa diisi dengan kereta api Tegal Ekspres dengan rute Tegal - Pasar Senen.

    Semoga artikel mengenai stasiun arjawinangun ini bermanfaat dan dapat menambah informasi.

  • Stasiun Babakan

    Stasiun Babakan atau sering disingkat dengan BBK merupakan salah satu stasiun di Kota Cirebon yang tepatnya berada di kawasan Babakan, Cirebon. Stasiun ini dibangun pada ketinggian 12 meter diatas permukaan laut dan masih dikelola oleh pihak daerah operasi III Cirebon.Sayangnya, karena ada proses pembangunan doubletrack, akhirnya stasiun Babakan ini dipindah terlebih dahulu ke bagian baratnya dibandingkan dengan posisi stasiun tersebut di awal.

    Untuk kereta yang beroperasi di stasiun ini terbagi ke dalam 3 jenis kelas. Yakni kereta eksekutif, kereta bisnis dan juga kereta ekonomi. Untuk kereta kelas eksekutif dan bisnis biasanya dilayani dengan kereta api Tegal Bahari yang rutenya adalah Gambir - Tegal. Sedangkan untuk kelas ekonomi terdiri dari beberapa jenis kereta api yaitu kiereta api Matarmaja yang rutenya Pasar Senen - Malang, kereta api Tegal Arum yang rutenya Pasar Senen - Tegal dan yang terakhir adalah kereta api Tegal Ekspres yang rutenya adalah Pasar Senen - Tegal. Untuk tiket yang dikenakan pada saat menggunakan jasa kendaraan kereta ini yakni sekitar 45 ribu sampai dengan 235 ribu rupiah tergantung Anda menggunakan kelas yang mana. Proses pembelian tiket dapat dilakukan secara offline di tempat maupun secara online.

    Nah, itu dia beberapa informasi mengenai stasiun Babakan yang berada di Cirebon. Semoga bermanfaat untuk Anda ya!

  • Stasiun Bangoduwa

    Stasiun Bangoduwaatau yang sering disebut dengan kode BDW merupakan salah satu stasiun yang ada di Cirebon. Disebut sebagai stasiun Bangoduwa sebab letaknya berada di kawasan desa Bangoduwa, Klangenan, Cirebon, Jawa Barat. Sama seperti stasiun di kawasan Cirebon kebanyakan, stasiun ini juga masih terletak di dalam kelola Daerah Operasi III Cirebon dan letaknya ada di bagian barat dari Stasiun Cirebon.

    Stasiun ini sebenarnya dibangun di tahun 2002 - 2003 dengan jalur ganda Cikampek - Hargeulis -Cirebon. Kemudian stasiun ini menjadi 4 jalur dengan penggunaan jalur 2 dan 3 sebagai jalur sepr lurus. Tidak seperti stasiun di Cirebon kebanyakan, karena sebenarnya Stasiun Bangoduwaini tidak memiliki layanan perjalanan kereta api yang memang berhenti di stasiun ini. Kecuali untuk hal - hal tertentu seperti misalnya jika terjadi adanya persusulan antar kereta api.

    Meskipun tidak memberikan pelayanan untuk berada dan menginjakkan kaki di stasiun bangoduwaini, tentunya bukanlah suatu masalah. Keberadaannya juga cukup diperhitungkan karena tetap menjadi tempat perjalanan kereta api seperti umumnya, hanya saja memang penggunaannya tidak akan sesering stasiun - stasiun lain yang memiliki pelayanan berangkat dan tujuan pada stasiunnya masing - masing. Nah, itu dia beberapa informasi mengenai stasiun bangoduwa. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam mempelajari lebih banyak stasiun yang ada di Indonesia ya!

  • Stasiun Ciledug

    Stasiun Ciledug (CLD) bertempat di Desa Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon dan merupakan salah satu stasiun yang berada di kawasan Daerah Operasi III Cirebon.Secara administratif, Stasiun Ciledug bertempat di berada di bagian paling timur Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di jalur lintas Cirebon-Prupuk. Selain itu, stasiun kereta api kelas II ini berada di bagian tenggara Kabupaten Cirebon. Fakta menarik lain dari Stasiun Ciledug adalah posisinya sebagai stasiun terakhir di kawasan Jawa Barat sebelum memasuki wilayah Jawa Tengah.

    Rute dan tujuan kereta api Ada sejumlah rute perjalanan dan tujuan yang disediakan Stasiun Ciledug, antara lain Pasar Senen (Jakarta), Lempuyangan (Yogyakarta), Kutoarjo, hingga Gubeng (Surabaya). Kelas kereta yang singgah ke stasiun ini pun cukup beragam. Antara lain kereta api kelas ekonomi AC, ekonomi AC plus, bisnis, hingga campuran eksekutif dengan bisnis.

    Sementara penyedia kelas-kelas kereta api yang tersedia di Stasiun Ciledug mencakup Kereta Api Gajah Wong, Kutojaya Utara, Bogowonto, Bengawan, Sawunggalih, dan Baru Malam Selatan. Dari stasiun ini pun pengunjung dapat menyambangi destinasi wisata seperti Situ Sedong dan Waduk Malahayu. Menyoal fasilitas, Stasiun Ciledug sudah menyediakan toilet hingga reservasi tiket secara online. Jadi, pengunjung tak perlu repot memesan di loket. Alamat Stasiun Ciledug: Jalan Raya Buyut Roda, Damarguna, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat.

  • Stasiun Cirebon

    Stasiun Cirebon termasuk stasiun kereta api unik. Pasalnya, tak hanya berfungsi sebagai lokasi singgah kereta api, fasilitas publik ini juga menjadi objek wisata yang memikat atensi pengunjung. Dikenal juga dengan nama Kejaksan, Stasiun Cirebon yang berlokasi di Kota Cirebon tergolong sebagai stasiun kelas besar. Stasiun yang sudah berdiri sejak 1920 ini mempunyai tujuh jalur untuk macam - macam kelas kereta api. Nilai historis yang tinggi pun ditunjukkan Stasiun Cirebon dari arsitekturnya. Kombinasi antara gaya dan art deco ala Eropa dengan art nouveau menjadikannya sebagai latar belakang berfoto hingga konten untuk media sosial seperti Instagram.

    Seperti stasiun kereta api lainnya, Stasiun Cirebon menyediakan perjalanan dengan beberapa kelas. Antara lain kelas bisnis, eksekutif, dan campuran. Ada pula yang menawarkan kelas ekonomi AC plus seperti Kereta Api Krakatau dan Jayabaya. Beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung Stasiun Cirebon mencakup ATM, loket tiket online, toilet, ruang tinggi, musala, hingga lahan parkir.

    Stasiun Cirebon pun dekat dengan sejumlah pusat keramaian dan objek wisata. Salah dua di antaranya adalah Balai Kota Cirebon serta Alun-alun Kejaksan. Para pelancong tak jarang memakai Stasiun Cirebon sebagai patokan menuju Keraton Kasepuhan Cirebon yang terkenal. Alamat Stasiun Cirebon: Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

  • Stasiun Bekasi

    Stasiun Bekasi merupakan stasiun besar kelas C yang menyediakan berbagai jenis dan rute perjalanan kereta api dari maupun ke kawasan kota Bekasi. Kemudian, berbeda dari stasiun di kota-kota lain, Stasiun Bekasi sudah melayani perjalanan dalam kota dengan integrasi sistem KRL Commuter Line. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa Bekasi masuk ke wilayah Jabodetabek. Setiap harinya, pengunjung dapat naik KRL dari stasiun ini. Jumlah komuter yang memanfaatkan fasilitas ini pun sudah mencapai ribuan orang.

    Di luar KRL Commuter Line, Stasiun Bekasi tetap melayani perjalanan ke dan dari beberapa kota besar di Pulau Jawa. Beberapa di antaranya adalah Bandung, Jakarta, Malang, dan Yogyakarta. Kemudian, meski secara administratif berada di dalam kota Bekasi, Stasiun Bekasi ternyata masuk juga ke dalam Daerah Operasi I Jakarta.

    Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Stasiun Bekasi disiapkan untuk menghadapi jumlah pengunjung biasa maupun komuter yang membudak setiap hari. Salah satunya adalah akses layanan transportasi Transjakarta atau Feeder Bus. Adapun fasilitas publik lain yang dapat dijumpai di sekitar Stasiun Bekasi mencakup loket tiket online, toilet, ruang tinggi, ATM, musala, lahan parkir, dan supermarket untuk membeli kebutuhan perjalanan atau keperluan lainnya. Alamat Stasiun Bekasi: Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Utara, Marga Mulya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

  • Stasiun Medan

    Stasiun Medan merupakan stasiun kereta api yang bertempat di Kesawan, Medan, Sumatra Utara. Fasilitas publik ini termasuk salah satu tempat tertua yang didirikan di ibu kota provinsi tersebut. Didirikan pada 1886, Stasiun Medan telah beroperasi sejak masa masa pemerintahan kolonial Belanda. Sejumlah perubahan serta perkembangan pun terjadi di stasiun tersebut. Kini, Stasiun Medan telah berevolusi menjadi salah satu stasiun besar dan modern di Indonesia.Stasiun Medan yang dikelola PT. Kereta Api Indonesia kini berada pula di bawah naungan Divisi Regional I Sumatra Utara. Dengan status kelas besar tipe B, stasiun kereta api ini setiap harinya melayani kurang lebih dua ribu penumpang ke berbagai wilayah yang berada di sekitar Sumatra Utara.

    Macam-macam kelas kereta api tersedia di Stasiun Medan. Antara lain kelas ekonomis, bisnis, hingga eksekutif. Selain untuk penumpang biasa, stasiun ini pun menyediakan layanan kereta api menuju bandara yang diklaim jadi yang pertama di Indonesia.

    Fasilitas-fasilitas disediakan untuk menunjang kegiatan di Stasiun Medan. Misalnya saja sistem check-in serta dipo lokomotif untuk calon penumpang bandara. Selain itu, lokasi Stasiun Medan terbilang strategis karena berada di depan Lapangan Merdeka dan dekat dengan Kantor Pos Besar Medan. Alamat Stasiun Medan: Jalan Stasiun Medan, Kesawan, Kota Medan, Sumatra Utara.

  • Stasiun Bogor

    Stasiun Bogor merupakan stasiun kereta api besar yang masuk ke kategori tipe A. Seperti stasiun besar yang berada di kota lain, jumlah jalur yang tersedia di Stasiun Bogor pun lebih banyak, yakni sampai delapan jalur.Hal tersebut berkaitan dengan fungsi tambahan Stasiun Bogor sebagai salah satu pusat keberangkatan awal KRL Commuter Line yang berada di kawasan Jabodetabek. Jumlah komuter yang setiap harinya memakai layanan ini pun terbilang tinggi.

    Keunikan lain yang ditawarkan Stasiun Bogor adalah statusnya sebagai tempat bersejarah. Pasalnya, stasiun tersebut sudah berdiri sejak 1881 atau saat Indonesia masih berada di bawah jajahan Belanda. Nama Bogor sendiri berasal dari bahasa Belanda, yakni Buitenzoorg yang diartikan sebagai tanpa kecemasan.

    Selain menyediakan layanan KRL Commuter Line, Stasiun Bogor juga melayani perjalanan dari Kota Bogor menuju Sukabumi. Pengunjung yang akan berangkat atau tiba di stasiun ini akan dimanjakan juga oleh arsitekturnya yang khas karena mengombinasikan gaya kolonial dengan neoklasik. Faktor ini pula yang menjadikan Stasiun Bogor sebagai salah satu objek wisata terkenal di kota tersebut. Sejumlah fasilitas yang bisa dipakai pengunjung di Stasiun Bogor mencakup loket tiket online, musala, ruang tunggu, supermarket, ATM, dan lahan parkir. Alamat Stasiun Bogor: Jalan Mayor Oking, Kampung Parung Jambu, Bogor, Jawa Barat.

  • Stasiun Maseng

    Stasiun Maseng adalah sebuah stasiun kecil yang berada di kawasan Bogor Jawa Barat dan merupakan salah satu stasiun yang masih beroperasi hingga saat ini. Stasiun kereta api kini bukan hanya sekedar obyek vital untuk Anda yang ingin menggunakan alat transportasi kereta api, namun juga menjadi tempat penting untuk diketahui ketika Anda melakukan transit ataupun merencanakan perjalanan ke berbagai daerah. Berbeda dengan stasiun Gambir ataupun stasiun Pasar Senen yang memiliki skala lebih besar untuk para pengguna kereta api, stasiun Maseng bahkan bukan merupakan tempat transit yang sangat besar. Hanya saja, peranan stasiun ini masih sangat besar untuk dunia perkeretaapian di Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa hal mengenai stasiun Maseng yang wajib Anda ketahui.

    Stasiun MasengBeroperasi di daerah operasional I wilayah Jawa Barat, stasiun ini merupakan stasiun kelas III yang terletak di daerah Ciadeg, Cigombong, Bogor. Stasiun ini terletak pada ketinggian 425 mdpl dan masih satu daerah operasi dengan wilayah stasiun di kawasan Jakarta. Stasiun ini memiliki 2 jalur utama kereta api dan masih dilewati banyak rute kereta api seperti kereta ke arah Kutoarjo ataupun Yogyakarta.

    Saat ini, hanya 1 jalur kereta api yang masih aktif menggunakan stasiun Maseng sebagai tempat untuk mengambil dan menurunkan penumpang, yaitu kereta api Pangrango yang memiliki jurusan dari Bogor ke Sukabumi. Selebihnya, stasiun ini hanya digunakan untuk transit beberapa jalur lain kereta api. Meskipun bukan merupakan stasiun utama, namun keberadaan stasiun ini sangat diperhitungkan oleh PT. KAI DAOP I. Selain itu, letaknya yang masih berada di kawasan Bogor Jawa Barat membuat stasiun ini masih diperhitungkan untuk menjadi tempat transit. Stasiun Maseng masih dapat dipergunakan baik untuk keperluan mendadak maupun lokasi transit perjalanan kereta api.

  • Stasiun Cibadak

    Stasiun Cibadak adalah salah satu stasiun yang terletak di kawasan Cibadak, dan hingga kini masih aktif dipergunakan untuk sarana keberangkatan kereta api. Tentu tidak ada yang meragukan pentingnya fasilitas kereta api yang ada di Indonesia. Tingginya minat masyarakat akan penggunaan alat transportasi kereta api menjadi salah satu penyebab mengapa stasiun kereta api di Indonesia sangat banyak.

    Terletak di kawasan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Stasiun ini bukan merupakan stasiun yang sangat ramai jalur kereta api. Stasiun Cibadak masih termasuk dalam stasiun kelas III di mana hanya ada beberapa jalur kereta api yang akan menggunakan lokasi ini sebagai salah satu jalur yang dilalui. 2 Jalur Lurus Stasiun Cibadak juga memiliki 2 jalur lurus dan masih digunakan untuk rute KA Pangrango yang melalui jalur tersebut secara reguler, Meskipun masih aktif dilewati kereta api, namun stasiun Cibadak tidak terlalu ramai dengan jalur lain. Bangunannya pun terlihat klasik dan lebih mirip seperti bangunan tua. Hanya saja, fungsi dan perannya masih sangat besar dalam dunia perkeretaapian Indonesia.

    Selama masyarakat Indonesia masih banyak menjadikan kereta api sebagai salah satu moda transportasi pilihan, tentu banyak stasiun kecil di Indonesia yang masih akan terus dipertahankan. Stasiun Cibadak menjadi salah satu stasiun kelas III yang masih aktif melayani pelanggan hingga saat ini.

  • Stasiun Cicurug

    Stasiun Cicurug merupakan stasiun kelas III yang terletak di kawasan Cicurug, Jawa Barat, Stasiun ini bukan merupakan stasiun besar yang melayani banyak jalur kereta api, namun masih tetap beroperasi dengan berapa jalur reguler per hari. Stasiun ini beralamat di Jalan Raya Ciawi - Sukabumi yang masih merupakan jalur yang cukup ramai untuk dilalui masyarakat. Kereta api Pangrango adalah salah satu trayek kereta yang masih melalui stasiun ini setiap harinya.

    Stasiun Cicurug memiliki 2 jalur utama yang menjadi sarana untuk masuk ke area stasiun. Kereta reguler yang masih beroperasi di kawasan Stasiun Cicurug wajib melalui jalur tersebut. KA Pangrango masih tetap melewati jalur tersebut dan melayani penumpang. Hanya saja, pembelian tiket di stasiun ini hanya dilayani secara langsung tanpa menyediakan layanan untuk pembelian tiket secara online. Jalur Khusus Kereta Barang.

    Selain jalur utama untuk kereta api yang masih melintas di Stasiun Cicurug, stasiun ini juga masih melayani untuk transit angkutan kereta barang. Bahkan jalur untuk kereta barang telah tersedia secara terpisah dan masih dipergunakan hingga saat ini. Seluruh kebutuhan kargo akan dilayani melalui jalur khusus kereta barang tersebut. Stasiun yang memiliki skala kecil di Indonesia masih tetap memiliki peranan besar dalam dunia perkeretaapian Indonesia. Selain untuk transit, rute tambahan juga masih sering ditambahkan melalui beberapa stasiun kecil tersebut. Salah satunya adalah Stasiun Cicurug yang masih aktif melayani seluruh pelanggan kereta api.

  • Stasiun Cisaat

    Stasiun Cisaat merupakan stasiun kecil yang terletak di kawasan Sukabumi Jawa Barat. Stasiun ini masih beroperasi di wilayah DAOP I yang masih satu area dengan berbagai stasiun besar di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Stasiun Cisaat masih aktif melayani penumpang hingga saat ini namun tidak melayani rute besar sesering stasiun lain.

    Terletak di kawasan Jawa Barat, stasiun ini menjadi salah satu stasiun terpenting di kawasan tersebut. Bahkan untuk beberapa rute darurat, stasiun ini masih siap untuk melayani kedaruratan untuk penanganan kereta api. Stasiun Cisaat terletak pada ketinggian 584 mdpl dan memiliki cuaca sejuk khas Jawa Barat.

    Stasiun ini menyediakan 2 jalur utama yang biasa dilewati oleh KA Pangrango yang masih beroperasi secara reguler di kawasan ini. Jalur tersebut menjadi layanan utama untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Bahkan KA Pangrango juga menjadikan stasiun ini sebagai salah satu lokasi utama layanan. Selain layanan KA Pangrango, Stasiun Cisaat juga masih menyediakan jalur kereta barang yang digunakan untuk mengirimkan berbagai barang kargo ke kawasan tersebut.Banyaknya kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke luar kota membuat PT. KAI masih tetap membuka stasiun ini sebagai salah satu stasiun utama untuk memaksimalkan layanan kereta api. Selain itu, ketersediaan jalur kargo di Stasiun Cisaat juga memudahkan distribusi barang ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

  • Stasiun Sukabumi

    Stasiun Sukabumi merupakan stasiun kelas II yang terletak di kawasan Gunungparang, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat. Terletak di wilayah selatan, stasiun ini menjadi salah satu stasiun terbesar di kawasan tersebut. Masih banyak rute kereta yang melewati daerah ini dan menjadikan stasiun Sukabumi sebagai salah satu stasiun yang paling sibuk melayani penumpang. Stasiun ini bukan hanya melayani kebutuhan penumpang, namun juga menyediakan layanan kargo yang bisa dikirimkan melalui stasiun Sukabumi.

    Ada 5 - 10 jalur yang dapat digunakan di Stasiun Sukabumi Seluruh jalur tersebut mayoritas masih digunakan untuk melayani kebutuhan penumpang. Mulai dari kereta yang hanya melayani jalur di area Jawa BArat hingga jalur kereta yang melayani rute luar Jawa Barat, semua masih tersedia di Stasiun ini.

    Layanan tiket di stasiun Sukabumi dapat diperoleh secara online maupun secara langsung. Layanan tersebut meliputi pencetakan tiket, pembelian tiket dan juga penggunaan sistem boarding pass yang telah diterapkan di Stasiun Sukabumi. Seluruh sistem pembelian telah menggunakan sistem yang lebih modern sehingga memudahkan para penumpang untuk menggunakan moda transportasi kereta api. Bukan hanya menawarkan harga yang terjangkau, namun moda transportasi kereta api juga menyediakan layanan yang cepat dan aman untuk seluruh penumpang. Anda akan menemukan kemudahan untuk bepergian ke berbagai lokasi dengan menggunakan kereta api. Silahkan mencoba layanan kereta api melalui Stasiun Sukabumi dan buktikan kemudahan yang ditawarkan oleh PT. KAI DAOP I kawasan Jakarta dan Jawa Barat.

  • Stasiun Banyuwangi Baru

    Stasiun Banyuwangi Baru merupakan stasiun yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Lkr. Kp. BARU, Bulusan, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Stasiun ini adalah stasiun yang berada di paling ujung timur dari Pulau Jawa. Stasiun ini posisinya dekat dengan dermaga pelabuhan Ketapang sehingga jika Anda ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali bisa langsung Menyeberang melalui dermaga tersebut.

    Stasiun ini memiliki ukuran yang cukup luas, memiliki fasilitas yang sangat baik dan lengkap sehingga pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di sini. Tempatnya juga bersih sehingga pengunjung akan merasa nyaman apabila harus menunggu kereta atau menunggu jemputan setelah naik kereta di stasiun ini.

    Stasiun Banyuwangi Baru ini telah resmi berubah nama menjadi Stasiun Ketapang per 1 Desember 2019 yang lalu. Stasiun ini memiliki fasilitas yang standar seperti stasiun pada umumnya. Di sini Anda bisa menemukan fasilitas seperti mushola, toilet, ruang tunggu yang nyaman, dan terdapat pula area bermain anak yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung anak-anak. Stasiun Banyuwangi Baru juga memiliki lokasi yang cukup strategis sehingga banyak kendaraan umum yang bisa ditumpangi untuk melanjutkan perjalanan di daerah Banyuwangi. Stasiun ini juga dinilai tidak terlalu ramai sehingga sangat nyaman karena tidak terlalu bising. Jadwal kereta juga sangat lengkap, terhubung dengan kota-kota besar di Jawa Timur.

  • Stasiun Glenmore

    Stasiun Glenmore merupakan salah satu stasiun yang terletak di Sep Wetan, Sepanjang Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api kelas 3 atau termasuk stasiun dengan ukuran yang kecil. Namun, walaupun ukurannya kecil, stasiun ini terlihat sangat bersih dan nyaman sehingga pengunjung yang datang pun bisa menikmati keadaan di sini. Nama Glenmore memang terdengar seperti nama yang Kebarat-baratan namun ternyata memang asli Jawa Timur. Penyebutannya pun bukan Glen-mo-re akan tetapi tetap Glen-mor Stasiun ini memang dahulunya merupakan lokasi perkebunan tembakau milik seorang yang berkebangsaan Inggris bernama Ros Taylor. Orang ini lah yang menamai perkebunan tersebut dengan sebutan Glenmore.

    Bagi orang awam, stasiun ini memang seperti stasiun yang terletak di negara-negara barat. Tidak bisa dipungkiri nama yang kebarat-baratan ini membuat banyak orang penasaran. Namun tak sedikit pula orang yang percaya stasiun ini berada di Jawa Timur dengan sejarah masa lalunya yang merupakan perkebunan bernama Glenmore.

    Stasiun ini masuk dalam daerah operasi IX Jember yang memiliki dua jalur kereta api dengan jalur dua sebagai jalur sepur lurus Stasiun ini juga dinilai cukup ramai dengan keadaan stasiun yang kecil. Di stasiun ini Anda bisa menikmati pelayanan kereta khusus kelas ekonomis saja sehingga kereta yang melaluinya terbatas dibanding dengan stasiun yang lain.

  • Stasiun Kalibaru

    Stasiun Kalibaru merupakan salah satu stasiun kereta api di Banyuwangi yang berada di Jl. Raya Kalibaru, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api kelas satu yang termasuk dalam daerah operasi IX Jember dan merupakan salah satu stasiun yang terletak di bagian paling barat Kota Banyuwangi,Stasiun Kalibaru memiliki empat jalur kereta api yang mana dengan jalur dua sebagai jalur sepur lurus dan ditambah satu jalur badug yang terdapat di sebelah barat stasiun ini. Stasiun ini memiliki fasilitas standar yang lengkap, stasiun ini memiliki fasilitas parkir, toilet, ATM, dan juga tempat ibadah yang memadai.

    Stasiun ini memang terlihat kecil akan tetapi memiliki kebersihan yang baik sehingga sangat nyaman, baik untuk menunggu kereta ataupun untuk menunggu jemputan Anda. Stasiun ini juga memiliki tempat yang strategis yang mana terletak di pinggir jalan raya sehingga sangat mudah bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum untuk melanjutkan perjalanan.

    Stasiun ini juga menjadi salah satu stasiun tujuan bagi orang-orang yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Raung. Stasiun ini memang sangat dekat dengan lokasi pintu pendakian Gunung Raung di daerah Kalibaru. Jadi, tidak heran jika Anda sering melihat penumpang dengan tas punggung besar, karena mereka akan mendaki gunung.

  • Stasiun Karangasem

    Stasiun Karangasem merupakan salah satu stasiun di Banyuwangi yang saat ini berganti nama menjadi stasiun Banyuwangi Kota. Stasiun ini beralamat lengkap di Lingkungan Karang Asem, Bakungan, Glagah, Banyuwangi Jawa Timur. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun kelas satu yang memiliki fasilitas umum yang lengkap dan memiliki kualitas pelayanan yang cukup baik. Stasiun ini memiliki berbagai fasilitas standar yang lengkap seperti fasilitas parkir, fasilitas boarding pass kecuali kereta api lokal yang menggunakan tiket theremal. Memiliki layanan pelanggan sehingga bisa memudahkan Anda untuk mencari informasi lengkap, memiliki fasilitas tempat ibadah. Dilengkapi dengan ruang menyusui dan juga area merokok sehingga pengunjung merasa sangat nyaman.

    Stasiun ini diganti dengan nama Stasiun Banyuwangi Kota karena Karangasem merupakan nama daerah sehingga banyak orang yang ingin pergi ke Banyuwangi kota malah banyak yang turun di Stasiun Ketapang atau yang sebelumnya sebagai Stasiun Banyuwangi Baru karena memiliki nama Banyuwangi pada nama stasiunnya. Banyak yang harus balik arah karena salah stasiun.

    Oleh karena itu, saat ini Stasiun Banyuwangi Baru diganti dengan Stasiun Ketapang dan Stasiun Karangasem diganti menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Jadi, saat ini masyarakat tidak banyak yang salah lagi dalam menentukan pemberhentian. Untuk pergi ke pusat kota Banyuwangi maka bisa turun di Stasiun Banyuwangi Kota yang lebih dekat.

  • Stasiun Kalisetail

    Stasiun Kalisetail merupakan salah satu stasiun di Jawa Timur yang lebih tepatnya di Banyuwangi. Stasiun ini berada di alamat Jl. Raya Kalisetail No. 11, Darungan Pojok, Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun kelas satu yang memiliki 3 jalur kereta api yang mana jalur dua sebagai jalur sepur lurus.

    Stasiun ini memiliki nama Kalisetail berdasarkan nama sungai yang terletak tak jauh dari lokasi stasiun. Stasiun ini juga memiliki fasilitas yang mumpuni dan sangat lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas parkir, toilet, boarding pass kecuali untuk kereta lokal yang menggunakan tiket theremal, memiliki tempat ibadah, menyediakan ruang menyusui dan juga area merokok yang aman. Selain memiliki fasilitas umum yang lengkap, stasiun ini juga memiliki standar kebersihan yang cukup baik sehingga sangat nyaman digunakan baik untuk menunggu jadwal keberangkatan kereta Anda maupun untuk menunggu jemputan dari orang terdekat Anda. Stasiun ini cukup ramai dan terlihat sangat aktif baik siang maupun malam.

    Stasiun ini dinilai menjadi stasiun yang terus menerus mengadakan perbaikan baik untuk fasilitas maupun untuk pelayanan. Stasiun Kalisetail ini semakin hari semakin baik. Pelayanannya juga sangat ramah sehingga membuat para pelanggan kereta api menjadi lebih puas. Anda juga bisa melanjutkan perjalanan dengan mudah karena banyak tersedia transportasi umum.

  • Stasiun Kertapati

    Stasiun Kertapati ini berada di Kemas Rindo, Kertapati kota Palembang. Jenis stasiun ini menjadi tipe kereta api tipe A yang memiliki ukuran kurang lebih 1.067 mili meter. Ukuran ini sudah termasuk dalam ruang sempit. Sedikit informasi untuk Anda bahwa jenis kereta api yang satu ini menjadi tempat untuk pemberhentian yang utama dari kereta api yang berjalan menuju ke Bandar Lampung atau pun ke arah Lubuklinggau. Untuk letaknya ditempatkan pada jalur terpisah dengan jalur Lintas Rel Terpadu Palembang. Tujuannya agar seluruh pengguna mode transportasi beralih kepada LRT terdekat. Bisa dikatakan bahwa stasiun ini rel berat yang berada di sebelah timur kota Sumatera Selatan dan juga paling utara dari kota Palembang.

    Adapun informasi lengkap dari stasiun Kertapati antara lain yaitu:

    • • Dalam mengetahui mengenai harga terkini dari tiket kereta api bisa menggunakan situs online terpercaya. Dengan demikian akan dapat memantau mengenai harganya. Apabila Anda ingin mendapatkan harga promo maka tak ada salahnya untuk memesan dari jauh-jauh hari sebelumnya.
    • • Untuk layanan armada yang diberikan antara lain yaitu Sriwijaya, Sindang Marga, Prabu Jaya, Serelo, Rajabasa, Kertalaya, angkutan batu bara Kertapati, Sukacinta, angkutan ketel/ BBM dan angkutan klingker.
    • • Pada stasiun ini disediakan fasilitas berupa check in mandiri untuk mencetak boarding pass. Sehingga setiap penumpang mendapatkan kemudahan dan tidak perlu antri. Anda tentu saja mengetahui bahwa pada saat antri ada banyak sekali waktu yang terbuang percuma.
  • Stasiun Tanjung Karang

    Pada stasiun Tanjung Karang yang berada pada Jl. Kota Raja nomor 1 gang Sari, Engal kota Bandar Lampung. Untuk jenis kereta api ini termasuk ke dalam kereta api tipe B. Dari rute yang dilalui stasiun ini menjadi penghubung antara kota Bandar Lampung dengan kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk informasi lebih lanjut berikut ini fakta penting yang wajib Anda ketahui.

    Adapun informasi lebih lanjut mengenai stasiun Tanjung Karang, yaitu:

    • Saat menggunakan kereta api yang ada di stasiun ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang ada di dalamnya adalah saat ada kedatangan dan juga berangkatnya kereta diputarkan Cangget Agung.
    • Untuk layanan dari kereta api ini memberikan beberapa armada. Untuk beberapa armada yang diberikan antara lain yaitu Sriwijaya, Kuala Stabas dan Rajabasa. Pada kereta Sriwijaya sendiri memiliki tujuan menuju Palembang. Kuala Stabas untuk tujuan Baturaja ekonomi AC dengan adanya kelas premium. Sedangkan Rajabasa memiliki tujuan ke kota Palembang.
    • Sedikit informasi untuk Anda bahwa lebar dari kereta api ini kurang lebih 1.067 milimeter. Seluruh rute yang dilalui kurang lebih 529 kilometer.
    • Jalur yang dimiliki ada lima antara lain yaitu dua jalur yang lurus, satu jalur yang menuju ke dipo dan juga dua sepur simpan. Dua sepur simpan ini memberikan simpanan dari cadangan kereta api.

    Sedikit informasi untuk Anda bahwa stasiun ini telah dilakukan renovasi tahun 2014. Untuk renovasi sendiri dilakukan untuk memperluas dari ruang tunggu, mushola yang dibangun baru dan penambahan fasilitas toilet umum.

  • Daftar Nama Kereta Api Terpopuler dan Rute di Indonesia

    Nama KA Rute
    Bima Surabaya Gubeng - Gambir (PP)
    Gajayana Malang - Gambir (PP)
    Argo Bromo Anggrek Surabaya Pasarturi - Gambir (PP)
    Argo Parahyangan Bandung - Gambir (PP)
    Argo Wilis Surabaya Gubeng - Bandung (PP)
    Malabar Malang - Gambir (PP)
    Turangga Surabaya Gubeng - Bandung (PP)
    Jayabaya Malang - Surabaya Pasarturi - Pasar Senen (PP)
    Jayakarta Surabaya Gubeng - Jakarta Kota (PP)
    Wijaya Kusuma Ketapang - Surabaya Gubeng - Cilacap (PP)
    Argo Lawu Gambir - Yogyakarta - Solo Balapan (PP)
    Harina Surabaya Pasarturi - Bandung (PP)
    Argo Dwipangga Gambir - Yogyakarta - Solo Balapan (PP)
    Kertajaya Surabaya Pasarturi - Pasar Senen (PP)
    Taksaka Gambir - Yogyakarta (PP)
    Dharmawangsa Ekspres Pasar Senen - Surabaya Pasarturi (PP)
    Brantas Blitar - Pasar Senen (PP)
    Kamandaka Purwokerto - Tegal - Semarang Tawang (PP)
    Ranggajati Cirebon - Surabaya Gubeng - Jember (PP)
    Joglosemarkerto Solo Balapan - Yogyakarta - Purwokerto - Tegal - Semarang Tawang - Solo Balapan (PP)
    Sawunggalih Pasar Senen - Kutoarjo (PP)
    Kaligung Cirebon Prujakan - Brebes - Tegal - Semarang Poncol (PP)

    Daftar Nama Stasiun Kereta Terpopuler Yang di Indonesia

    Kota Nama Stasiun
    BANDUNG
    BANJAR
    BANYUMAS
    BANYUWANGI
    BATANG
    BATURAJA
    BEKASI BEKASI (BKS)
    BINJAI BINJAI (BIJ)
    BLITAR
    BLORA
    BOGOR
    BOJONEGORO
    BOYOLALI TELAWA (TW)
    BREBES
    CIAMIS
    CIANJUR
    CIKAMPEK CIKAMPEK (CKP)
    CILACAP
    CILEGON
    CIREBON
    DELI SERDANG LUBUKPAKAM (LBP)
    DEMAK BRUMBUNG (BBG)
    DENPASAR DENPASAR (DEN)
    DEPOK UNIVERSITAS INDONESIA (UI)
    GARUT
    GOMBONG
    GROBOGAN
    INDRAMAYU
    JAKARTA
    JATIBARANG BANGODUWA (BDW)
    JEMBER
    JOMBANG
    KARAWANG KARAWANG (KW)
    KEBUMEN
    KEDIRI
    KENDAL
    KISARAN KISARAN (KIS)
    KLATEN
    KOTABUMI MARTAPURA (MP)
    KUALANAMU KUALANAMU (KLN)
    KUTOARJO KUTOARJO (KTA)
    LAHAT
    LAMONGAN
    LAMPUNG
    LEBAK RANGKAS BITUNG (RK)
    LUBUK LINGGAU
    LUMAJANG KLAKAH (KK)
    MADIUN
    MAGETAN BARAT (BAT)
    MALANG
    MEDAN
    MOJOKERTO MOJOKERTO (MR)
    MUARA ENIM
    NGANJUK
    PALEMBANG
    PEMALANG
    PEMALANG
    PEMATANG SIANTAR SIANTAR (SIR)
    PONOROGO BABADAN (BBD)
    PRABUMULIH
    PROBOLINGGO PROBOLINGGO (PB)
    PURWAKARTA
    PURWOKERTO PURWEKERTO (PWT)
    PURWOREJO
    RANTAU PRAPAT MERBAU (MBU)
    RANTAU PRAPAT RANTAU PRAPAT (RAP)
    SEMARANG
    SERANG SERANG (SG)
    SERDANG BEGADAI RAMPAH (RPH)
    SIDOARJO
    SOLO
    SRAGEN
    SUBANG
    SUKABUMI
    SURABAYA
    TANGERANG TANGERANG (TNG)
    TANJUNG BALAI TANJUNG BALAI (TNB)
    TASIKMALAYA
    TEGAL
    TULUNGAGUNG
    YOGYAKARTA

    Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api di Pulau Jawa dan Sumatera

        Pemberitahuan Perubahan Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api di Pulau Jawa dan Sumatera Mulai Tanggal 18 Mei 2022 :

      • Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;
      • Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
      • Pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, namun wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19;
      • Khusus pelaku perjalanan dengan usia dibawah 6 tahun :
        • Tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin;
        • Tidak diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;
        • Diperkenankan melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat;
      • Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu selama perjalanan kereta api dan selama berada di stasiun kereta api atau ketika berada dalam kondisi kerumunan;
      • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;
      • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain;
      • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan;
      • Dihimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan;
      • Penumpang dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam;
      • Suhu badan tidak lebih dari 37,3°C
      • Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

    Persyaratan dan Ketentuan Angkutan Penumpang Kereta Api

    Dengan ini Anda menyatakan persetujuan terhadap Persyaratan dan Ketentuan Angkutan Penumpang Kereta Api termasuk tidak terbatas ketentuan reservasi dan akan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi, termasuk pembayaran, mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif serta bertanggung jawab untuk semua biaya yang timbul dari penggunaan fasilitas Reservasi Online Tiket Kereta Api

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhak atas kebijaksanaan untuk mengubah, menyesuaikan, menambah atau menghapus salah satu syarat dan kondisi yang tercantum di sini, dan/atau mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari Reservasi Online Tiket Kereta Api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak diwajibkan untuk menyediakan pemberitahuan sebelum memasukkan salah satu perubahan di atas dan/atau modifikasi ke dalam Reservasi Online Tiket Kereta Api.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menggunakan informasi pribadi yang Anda berikan melalui Fasilitas ini hanya untuk tujuan reservasi dan pencatatan database pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) termasuk tidak terbatas untuk kepentingan loyalty program.

    Anda tidak dibenarkan menggunakan fasilitas ini untuk tujuan yang melanggar hukum atau dilarang, termasuk tetapi tidak terbatas untuk membuat reservasi yang tidak sah, spekulatif, palsu atau penipuan atau menjualnya kembali secara tidak sah. PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat membatalkan atau menghentikan penggunaan atas fasilitas ini setiap saat tanpa pemberitahuan jika dicurigai.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak menjamin bahwa Reservasi Online Tiket Kereta Api akan bebas kesalahan, bebas dari virus atau elemen lain yang berbahaya.

    Syarat dan ketentuan fasilitas ini diatur dan ditafsirkan sesuai peraturan internal PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

    KETENTUAN UMUM

    • Tarif sudah termasuk asuransi.
    • Penumpang berusia 3 tahun atau lebih dikenakan tarif dewasa.
    • Penumpang berusia dibawah 3 tahun (infant) ke satu dari satu penumpang dengan tarif dewasa jika tidak mengambil tempat duduk sendiri tidak dikenakan bea.
    • Tiket hanya berlaku untuk pengangkutan dari stasiun keberangkatan ke stasiun kedatangan sebagaimana tercantum dalam tiket.
    • Dalam hal penumpang memiliki lebih dari satu tiket KA (tiket terpisah) yang memiliki sifat persambungan/terusan, penumpang tertinggal oleh KA terusannya diakibatkan KA yang dinaiki sebelumnya terlambat atau sebab lainnya maka untuk tiket KA terusannya hangus, tidak ada pengembalian bea. Pastikan tersedia waktu yang cukup.
    • Tiket berlaku dan sah apabila nama dan nomor kereta api, tanggal dan jam keberangkatan, kelas dan relasi perjalanan yang tercantum dalam tiket telah sesuai dengan Kereta Api yang dinaiki.
    • Kedapatan tidak memiliki tiket yang sah diatas KA diturunkan dari kereta api pada kesempatan pertama
    • Tiket tidak bisa dibatalkan ataupun diubah jadwal, kecuali ditentukan lain oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

    KETENTUAN RESERVASI ONLINE

    • Fasilitas Reservasi Online Tiket Kereta Api hanya berlaku untuk Perjalanan Kereta Api yang tercantum dalam Sistem Reservasi Online Tiket Kereta Api.
    • Reservasi tiket KA dapat dilakukan sesuai dengan waktu pemesanan masing-masing KA yang telah di tetapkan perusahan sampai dengan keberangkatan Kereta Api.
    • Pembayaran Pembelian Tiket Kereta Api Lokal hanya melalui dompet elektronik (e-wallet).
    • Batas waktu Pembayaran untuk transaksi reservasi tiket KA online bergantung dari masing-masing dompet elektronik yang dipilih.

    KETENTUAN BAGASI

    • Setiap penumpang diperbolehkan membawa Bagasi kedalam Kereta Api dengan berat maksimum untuk tiap penumpang 20 kg dan dengan volume maksimum 100 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm), serta sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item Bagasi) tanpa dikenakan bea tambahan.
    • Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud diatas sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa kedalam kereta penumpang dengan dikenakan bea kelebihan Bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.
    • Tarif atas kelebihan berat Bagasi sebagai berikut :
      Kereta Api Kelas Eksekutif Rp 10.000,-/kg;
      Kereta Api Kelas Bisnis/Ekonomi Komersial Rp 6.000,-/kg;
      Kereta Api Kelas Ekonomi non Komersial Rp 2.000,-/kg.
    • Pembayaran bagasi dilakukan di stasiun.
    • Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud angka 2 tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin kereta kecuali Kursi roda manual, kereta bayi, tongkat alat bantu jalan.
    • Sepeda lipat dengan berat paling tinggi 20 (dua puluh) kilogram dan ukuran diameter roda paling tinggi 22 (dua puluh dua) inci, serta memastikan kondisi sepeda lipat tidak berpotensi menimbulkan kerusakan pada sarana kereta.
    • Sepeda dengan jenis selain sepeda lipat sebagaimana dimaksud point diatas, baik dalam kondisi terakit maupun berupa komponen-komponen sepeda yang dikemas sedemikian rupa tidak diperkenankan dibawa kedalam kabin kereta penumpang atau kereta makan.
    • Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan dan/atau kehilangan bagasi penumpang, Setiap penumpang wajib menjaga Bagasi yang dibawanya.
    • Kerusakan pada kereta yang diakibatkan oleh Bagasi penumpang menjadi tanggung jawab penumpang dan diwajibkan membayar ganti rugi sebesar kerugian nyata atas kerusakan dimaksud.
    • Barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa sebagai Bagasi, meliputi:
      • Binatang;
      • Narkotika Psikotropika dan zat adiktif lainnya;
      • Senjata api dan senjata tajam;
      • Papan selancar;
      • Semua barang - barang yang mudah terbakar/meledak;
      • Semua barang - barang yang berbau busuk, amis atau karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya;
      • Barang - barang yang menurut pertimbangan petugas keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi;
      • Barang yang dilarang oleh peraturan perundang - undangan.

    Kedapatan diatas kereta, bagasi penumpang yang berat atau ukurannya melebihi ketentuan dan belum memiliki surat Bagasi, maka dikenakan suplisi sebesar :

    • Kereta Api kelas Eksekutif sebesar Rp 50.000,- / 5kg;
    • Kereta Api kelas Bisnis/Ekonomi Komersial sebesar Rp 30.000,- / 5kg;
    • Kereta Api kelas Ekonomi non Komersial sebesar Rp 15.000,- / 5kg;
    • Perhitungan berat bagasi dibulatkan ke atas pada kelipatan 5 kg;

    LAIN-LAIN

    Orang dalam keadaan mabuk dan orang yang dapat mengganggu atau membahayakan penumpang lain, orang yang dihinggapi penyakit menular atau orang yang menurut undang-undang dapat dikenakan peraturan pengasingan untuk kesehatannya dilarang naik kereta api

    Semua Perjalanan Kereta Api adalah perjalanan Bebas Asap Rokok, tidak diperkenankan merokok di seluruh rangkaian Kereta Api, kedapatan merokok dan tidak mengindahkan larangan diturunkan distasiun pertama KA berhenti.

    Syarat & Ketentuan Pembatalan Online Tiket Kereta Api

    • Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
    • Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
    • Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui surat elektronik (Email) ke alamat [email protected]