in , , ,

DAFTAR LOKASI WISATA DI ACEH TENGAH YANG MENGGUGAH HATI, NO 8 PALING BANYAK MENJADI INCARAN PARA WISATAWAN

Aceh Tengah
Aceh Tengah. Source : IG @takengon_highland

Aceh bagitu kaya akan objek wisata berbasis alam maupun buatannya, salah satunya tentu saja Wisata di Aceh Tengah, di kawasan Takengon. Di wilayah ini kamu bisa menikmati destinasi wisata yang begitu unik dan menarik. Jika kamu bingung untuk mengunjungi lokasi mana yang hendak kamu datangi, simak ulasan berikut ini:

KOTA TAKENGON

Kota Takengon merupakan Ibukota dari Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia. Wilayah Takengon terletak di sisi Danau Laut Tawar yang letaknya di tengah wilayah provinsi Aceh. Banyak sekali objek wisata cantik di wilayah Aceh Tengah Takengon. Alam Takengon ini bergitu kaya akan objek wisata berbasis alam.

Di wilayah ini kamu dapat menemukan puluhan destinasi menarik. Tak perlu bergegas untuk pindah ke lokasi lain karena lokasi ini akan membuat kamu puas dengan berbagai wisata yang mereka sajikan. Wilayah Takengon ini menyajikan wisata dari mulai wisata danau, gunung hingga pantai yang begitu mempesona untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

BACA JUGA : Mengenal Wilayah ditengah Provinsi Aceh, Kota Takengon

BUR TELEGE

Bur Telege yakni sebuah destinasi baru terletak di atas perbukitan yang memiliki tinggi sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut yang disulap menjadi sebuah taman dengan nuansa yang kekinian. Bur Telege ini terletak di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah, Kota Aceh.

Bur yang berarti gunung dan telege yang berarti tempat penampungan air atau sumur. Bur Telege ini berbatasan langsung dengan Danau Laut Tawar, menjadi hulu sungai Wih Pesangan dan bermuara di Selat Malaka. Sehingga Bur Telege menjadi salah satu tempat wisata paling viral di Tanah Gayo Aceh Tengah.

Saat ini telah banyak dibangun spot yang menarik untuk dijadikan sebagai wisata selfie juga lokasinya yang sangat instagramable, cocok dijadikan untuk tempat berswafoto bersama keluarga tercinta.

BACA JUGA  Gg Bet Zakłady Esportowe Obstawiaj Legalnie Onlin

BACA JUGA : Pesona Keindahan Bur Telege di Kota Takengon

MASJID RUHAMA TAKENGON

Wisata religi Masjid Ruhaman Takengon merupakan salah satu ikon destinasi kebanggaan wilayah Aceh Tengah yang terlatak di Kecamatan Lut Tawar. Ukuran masjid ini merupakan kategori masjid besar dengan desain bangunan dan keberadaan berbagai hal unik di halaman masjid yang cukup menarik perhatian dan membuat kesan yang sangat megah.

Masjid Ruhaman Takengon memiliki bangunan dengan arsitektur menawan yang di rancang oleh arsitektur Arabia modern yang sangat kental dengan sentuhan tradisi setempat. Tak hanya bentuk bangunannya yang megah dan begitu menarik mata untuk mengunjunginya, pilihan warna masjid ini pun memberikan kesan damai dan elegan yakni berwarna putih dan emas.

BACA JUGA : Pesona Wisata Religi Masjid Ruhama di Takengon

BUNTUL RINTIS

Objek wisata Buntul Rintis berada di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Di lokasi ini para pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan alam dari ketinggian 1.730 mdpl yang nampak sangat elok dan menyegarkan mata. Objek wisata Bantul Rintis ini diberi nama dimikian karena lokasinya yang berada di daerah Rintis.

Sementara Buntul sendiri berasal dari bahasa Gayo yang artinya bukit. Sehingga Bantul Rintis ini berarti bukit yang berada di wilayah rintis. Tempat ini menyediakan beragam spot foto yang begitu unik. Mulai dari spot pintu rumah yang terbuka ke alam, sangkar burung, kincir angin dan spot kupu-kupu yang tak kalah cantiknya.

Jangan lupa abadikan momen langka tersebut di dalam ponsel kamu dan bagikan di sosial meda.

BACA JUGA : Bermain di Wisata Buntul Rintis Sembari Menikmati Eloknya Gayo

LANCUK LEWEN

Bur Lancuk Leweng merupakan Destinasi wisata baru yang berada di Desa Asir Asir, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Bur Lancuk Leweng merupakan salah satu destinasi baru di kawasan Desa Asir-asir. Kawasan tersebut merupakan sebuah objek wisata untuk bermain dan bekemah.

Lokasi ini pula sangat cocok digunakan untuk berfoto-foto dengan background perbukitan dan laut yang unik untuk kamu bagikan di sosial media sehingga dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke wisata yang satu ini. Selain itu kamupun dapat bermain dan berkemah di lokasi ini.

BACA JUGA  Pulau Kapal Sebagai Pilihan Destinasi Wisata Sejarah dan Bahari di Pulau Kei

Dapat dibayangkan bukan melihat keindahan matahari terbit dari atas ketinggian 1600 mdpl, takjub dan indah sekali.

BACA JUGA : Teropong Bur Lancuk Leweng

LOYANG MENDALE

Selain wisata alam dan buatannya, di wilayah Aceh Tengah juga terdapat wisata gua sejarah yakni Loyang Mendale. Gua Loyang Mendele terletak di Kampung Mandale, Kecamatan Kabayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Wisata ini telah dijadikan sebagai salah satu situs nasioanl setelah ditemukannya kerangka manusia pra sejarah yang berusia ribuan tahun oleh sejumlah peneliti dari wilayah Sumatera Utara. Penetapan Loyang Mendale menjadi situs nasional setelah melalui proses verifikasi oleh Balai Situs Nasional beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA : Wisata Gua Sejarah di Loyang Mendale

TAMBAHATAN PERAHU LOT KALA

Wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang baru muncul ke permukaan kemudian menjadi objek wisata yang menjadi incaran para wisatawan yakni kawasan wisata Tambatan Perahu Lot Kala. Wisata ini terletak di kampung Lot Kala, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Tempat ini kini telah resmi dibuka dan menjadi destinasi wisata yang baru untuk dinikmati para wisatawan yang berkunjung ke takengon. Destinasi wisata Tambatan Perahu Kala Del menjadi lokasi wisata yang mudah diakses.

Tambatan Perahu Kala Del ini adalah salah satu daya tarik wisata yang dibangun sebagai spot foto juga sebagai tempat untuk menikmati keindahan Danau Laut Tawar yang sedang ramai di perbincangkan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

BACA JUGA : Wisata Baru Tambatan Perahu Kala Del

GALERI KOPI

Lokasi wisata unik yang satu ini berada di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Takengon, Aceh Tengah. Lokasinya yang cukup mudah untuk ditemukan membuat banyak wisatawan ramai mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Galeri Kopi Indonesia merupakan salah satu tempat ngopi sembari bersantai yang memiliki konsep yang begitu unik karena para pengunjungnya meminum kopi di tengah perkebunan kopi itu sendiri. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu dan saat ini Galeri Kopi Indonesia menjadi salah satu tempat ter favorit bagi masyarakat khsusnya para remaja milenial pencinta kopi.

BACA JUGA  Stasiun Cikudapateuh Memiliki Sejarah Yang Panjang

BACA JUGA : Nikmatnya Ngopi di Galeri Kebun Kopi

DERMAGA LUKUP PANALAM

Wisata Dermaga Lukup Panalam yang berada di kawasan Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menikmati indahnya danau bersama keluarga ataupun kerabat.

Tidak sedikit pengunjung yang menghabiskan waktu dengan ber swafoto di sepanjang jalan dermaga dengan hamparan danau Kota Takengon hingga hamparan gunung sebagai latarnya.

BACA JUGA : Pesona Keelokan Wisata Dermaga Lukup Panalam

DESA BINTANG

Desa Bintang adalah sebuah wilayah di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Indonesia. Desa ini terdiri dari beberapa gampong seperti Atur Payung, Bale Nosar, Bamil Nosar, Dedamar, Genuren, Kala Bintang, Kuala Segi Bintang, Kejurun Syiah Utama, Kuala Bintang, Linung Bulen, Magaya, Mode Nosar, Serule, Wajil Jail dan Wihlah Setie.

Desa dengan keindahan berbagai wisata yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu wisata alam yang berada di Desa Bintang adalah Pantai Bintang. Wisata ini terletak di ujung timur Danau Lot Tawar dan menawarkan keindahan pantai yang menggugah hati.

BACA JUGA : Mengenal Lebih Jauh Desa Bintang di Takengon

GOA LOYANG KORO

Goa Loyang Koro merupakan sebuah goa yang terletak di dekat Danau Laut Tawat Kota Takengon, Aceh Tengah. Goa ini memiliki nilai sejarah yang kental karena menjadi saksi akan pergelutan masyarakat Aceh dengan Kolonial Belanda pada masanya.

Saat berada di dalam goa ini, wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda. Mereka akan merasakan tempat ini banyak menyimpan mister yang belum terpecahkan dan menjadi saksi akan kejadian besar yang pernah terjadi di wilayah ini pada masa penjajahan kolonial Belanda.

Namun dibalik itu, goa ini dikelilingi dengan pemandangan yang mempesona. Kamu bisa melihat birunya air laut sembari merasakan tiupan angin yang berasal dari arah Danau Laut Tawar.

BACA JUGA : Goa Legendaris di Wilayah Takengon

Written by Dee

Leave a Reply

Cara Cek Denda Pajak PBB

Cara Cek Denda Pajak PBB yang Terkini

Kota Takengon

MENGENAL WILAYAH DITENGAH PROVINSI ACEH, KOTA TAKENGON