in , ,

PESONA KEINDAHAN BUR TELEGE DI KOTA TAKENGON

Bur Telege
Bur Telege. Source : IG @djcharles3

Alam Aceh sukses menghipnotis penikmatnya dengan ribuan destinasi wisata keluarga yang menggugah hati untuk dinikmati. Kini Aceh Tengah hadir sebagai lokasi kaya akan wisata alamnya. Keindahan gunung, pantai dan danau seakan mengajak wisatawan untuk mengunjungi wilayah yang kkerap disebut “Kota Dingin” dan “Negeri di Atas Awan”.

Papan besar setinggi satu meter bertuliskan “Gayo, Bur Telege, Takengon” terlihat mentereng. Yap, salah satu objek wisata yang tengah viral di kalangan wisatawan yakni Bur Telege, salah satu destinasi wisata paling di minati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Aceh Tengah. Udara yang sejuk membuat sejumlah wisatawan nyaman berada di objek wisata ini.

Jika kamu berlibur ke Aceh Tengah rasanya belum lengkap jika tidak mampir untuk mengunjungi Bur Telege. Sebuah destinasi baru terletak di atas perbukitan yang memiliki tinggi sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut yang disulap menjadi sebuah taman dengan nuansa yang kekinian. Bur Telege ini terletak di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah, Kota Aceh.

Bur yang berarti gunung dan telege yang berarti tempat penampungan air atau sumur. Bur Telege ini berbatasan langsung dengan Danau Laut Tawar, menjadi hulu sungai Wih Pesangan dan bermuara di Selat Malaka. Sehingga Bur Telege menjadi salah satu tempat wisata paling viral di Tanah Gayo Aceh Tengah.

BACA JUGA : Daftar Lokasi Wisata di Aceh Tengah yang Menggugah Hati, No 8 Paling Banyak Menjadi Incaran Para Wisatawan

Saat ini telah banyak dibangun spot yang menarik untuk dijadikan sebagai wisata selfie juga lokasinya yang sangat instagramable, cocok dijadikan untuk tempat berswafoto bersama keluarga tercinta.

BACA JUGA  Tips Jalan-jalan Saat Pandemi Bagi Wisatawan Lokal

Saat berada di Bur Telege, mata menyapu pandangan sampai ujung danau. Dari Kejauhan terlihat Kampung Bintang dengan latar pesawahan dan pantulan cahaya di kubah masjid kecil. Bila pandangan diarahkan ke sebelah kiri, akan tampah seluruh wajah Kota Takengon dengan susunan jalan yang saling berhubungan.

Kota Kabupaten Aceh Tengah itu bagaikan sebuah kubus yang dikelilingi dengan pemandangan yang indah nan menawan.

Jika kamu sedang berada di seputaran Kota Takengon, pasti akan melihat sebuah tulisan yang bertuliskan “Gayo Highland” di atas bukit Danau Lut Tawar, itulah tepatnya lokasi wisata Bur Telege. Kota Tekengon dan Danau Lut Tawar yang sudah popular dan dapat dinikmati dari atas ketinggian ini. Sehingga rasanya tak heran jika satiap musim liburan tiba dan akhir pekan, wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Merek tak hanya warga dari dataran tinggi Gayo tetapi ada pula yang berasal dari luar wilayah Aceh bahkan tak sedikit dari mancanegara.

Di kaki Bur Telege terdapat Kampung One-One yang menjelma menjadi area kuliner. Resto dan kedai yang disediakan untuk para wisatawan dalam melengkapi liburan mereka. Terdapat sebuah jalan yang langsung terhubung ke Kampung One-One dari pinggir Bur Telege.

Jalannya bagus dan lebar serta bisa dilalui kendaraan roda empat. Seringkali para pengunjung menggunakan jalan ini untuk sampai di Bur Telege melalui Desa One-One.

BACA JUGA : Mengenal Lebih Jauh Desa Bintang di Takengon

Bur Telege ini merupakan wisata yang tengah viral dan menyimpan pesona alamnya yang sangat istimewa. Kamu yang sedang berkunjung ke Tanah Gayo wajib untuk menyempatkan diri singgah di wisata yang satu ini.

BACA JUGA  TINGKATKAN PERJALANAN ANDA DI BANDARA TERBAIK: FAKTOR-FAKTOR PENENTU KUALITAS BANDARA

Karena selain letaknya yang strategis dan mudah dijangkau karena berada di wilayah pusat kota juga termpat ini terdapat pemandangan yang menarik dengan latar hutan pinus, danau, gunung dan wajah Kota Takengon.

Saat ini terdapat sejumlah fasilitas wisata yang memadai seperi terdapat toilet umum, mushola, kedai kopi, penggung kesenian, jalan setapak, flying fox, toko souvenir dan villa penginapan. Jadi jika kamu yang ingin berkunjung ke Bur Telege dan menghabiskan malam kamu di wilayah ini, kamu dapat menginap di salah satu villa yang tersedia disana.

Untuk informasi villa dengan harga dan penawaran yang menarik, kamu bisa kunjungi www.hotelmurah.com yang akan membantu kamu untuk menemukan penginapan yang cocok serta aman di masa pandemi seperti sekarang ini.

Jadi tunggu apalagi segera kunjungi wisata Bur Telege yang berada di punggung Desa Hakim Bale Bujang, Kabupaten Aceh Tengah yang dijamin memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan untuk kamu dan keluarga tercinta.

Written by Dee

Leave a Reply

Kota Takengon

MENGENAL WILAYAH DITENGAH PROVINSI ACEH, KOTA TAKENGON

Masjid Ruhama

PESONA WISATA RELIGI MASJID RUHAMA DI TAKENGON