in , ,

GOA LEGENDARIS DI WILAYAH TAKENGON

Goa Loyang Koro
Goa Loyang Koro. Source : IG @riskiambiya

Takengon, Aceh Tengah kaya akan wisata alamnya dari mulai pantai, gunung, danau, hingga wisata goa yang begitu menakjubkan. Keindahan yang ditawarkan tidak main-main karena sekalinya kamu mengunjungi salah satu objek wisata yang berada di Takengon dijamin kamu akan merasa ketagihan dan ingin terus mengunjungi berbagai wisata yang berada di sana.

Salah satu wisata goa yang sedang viral yakni Goa Loyang Koro. Goa ini merupakan sebuah goa yang terletak di dekat Danau Laut Tawar Kota Takengon, Aceh Tengah. Goa ini menjadi saksi akan pergelutan masyarakat Aceh dengan Kolonial Belanda pada masanya.

Dalam Bahasa Aceh Gayo, Loyang berarti goa dan Koro adalah kerbau. Menurut legenda masyarakat setempat, pada abad ke 18 goa ini pernah dijadikan jalan pintas pengembala kerbau untuk mendagangkan ternaknya dari goa yang terletak di Kampung Toweren menuju Goa Loyang Kamiang di Desa Isaq Kecamatan Linge karena pada zaman dahulu, Goa Kambing yang berada di Desa Ishaq terhubung dengan Goa Loyong Koro, namun karena adanya pertikaian menyebabkan runtuhnya dinding goa sehingga menjadikan jalan tertutup dan tidak bisa di lalui hingga saat ini.

Dibalik legendanya, goa ini merupakan salah satu goa yang cukup terkenal di daerah Takengon. Selain keunikannya, kamu bisa mengenal lebih jauh tentang peninggalan sejarah pada masa silam masyarakat daerah Aceh Gayo.

BACA JUGA : Wisata Gua Sejarah di Loyang Mendale

Goa Loyang Karo terletak di pinggiran Danau Laut Tawar dengan jarak temput kurang lebih 5 km dari arah timur Kota Takengon. Akses menuju Goa Loyang Koro pun terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Untuk mencapai lokasi wisata yang satu ini, kamu bisa menempuh dengan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan transportasi umum yang dapat dengan mudah di jumpai di kawasan ini.

BACA JUGA  6 Destinasi Wisata Kabupaten Bolaang Mongondow

Saat sampai, sebelum menuju goa, kamu akan melewati jalan setapak, jalan yang dikelilingi dengan pemandangan yang mempesona. Dari jalan ini kamu juga bisa melihat birunya air laut sembari merasakan tiupan angin yang berasal dari arah Danau Laut Tawar. Teduhnya daerah ini karena berada dibawah pepohonan yang rindang seolah bercerita kesan eksotis pada pintu Goa Loyang Koro.

Saat memasuki goa, kamu akan langsung disambut dengan lorong-lorong yang terdapat didalam goa. Konon, zaman dahulu lorong tersebut dapat tembus di berbagai tempat. Selain lorong tersebut, keindahan lain yang ditawarkan adalah batuan runcing yang terdapat hampir di setiap sudut Goa Loyang Koro dan terdapat patung berbentuk manusia dan hewan yang berada di tengah-tengah goa.

Saat berada di dalam goa ini, wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda. Mereka akan merasakan tempat ini banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan dan menjadi saksi akan kejadian besar yang pernah terjadi di wilayah ini pada masa penjajahan kolonial Belanda.

BACA JUGA : Teropong Bur Lancuk Leweng

Suasana inilah yang membedakan Goa Loyang Koro dengan goa-goa lainnya yang berada di wilayah Takengon. Selain sebagai tempat wisata, Goa Loyang Koro pun dapat digunakan untuk belajar sejarah dan memetik banyak hal positif yang terdapat di dalam Goa Loyang Koro.

Untuk fasilitas yang disediakan, kamu tak perlu khawatir jika kamu membawa kendaraan pribadi karena kamu bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah di sediakan dan juga terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman di wilayah wisata yang satu ini.

Yang perlu kamu tahu bahwa ketika kamu berada di dalam goa, kamu tak perlu lagi membawa peralatan penerangan sendiri karena di dalam goa sudah dilengkap dengan lampu yang menggantung di langit-langit goa. Lampu tersebut disediakan pihak pengelola sepanjang 100 meter dari pintu Goa Loyang Koro.

BACA JUGA  Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak

BACA JUGA : Daftar Lokasi Wisata di Aceh Tengah yang Menggugah Hati, No 8 Paling Banyak Menjadi Incaran Para Wisatawan

Adanya bantuan penerangan ini dapat membantu para wisatawan untuk menelusuri setiap lorong goa sembari menikmati keindahan yang terdapat di dalamnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di setiap sudut goa dengan dinding goa yang indah juga akan menjadi background yang pas untuk hasul foto kamu lalu membagikannya di sosial media, dengan berbagai caption yang menarik.

Ayo segera kunjungi objek wisata sejarah dengan keunikan yang di tawarkan!

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Kota Takengon

MENGENAL LEBIH JAUH DESA BINTANG DI TAKENGON

hotelmurah penipuan

Hati-Hati Modus Penipuan Mengatasnamakan HotelMurah.com!