in , ,

PESONA WISATA RELIGI MASJID RUHAMA DI TAKENGON

Masjid Ruhama
Masjid Ruhama. Source: IG @wisata_gayo

Kamu tertarik untuk berwisata religi di negeri yang terkenal kental akan islamisasinya? Bukan Aceh namanya jika tidak memiliki bangunan religi yang begitu indah nan menawan. Aceh terkenal akan islamisasinya yang kental. Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Masjid Istiqamah Tapaktuan dan Masjid Ruhaman merupakah beberapa masjid kebanggan provinsi yang letaknya paling barat di wilayah Indonesia.

Masjid Ruhaman Takengon merupakan salah satu ikon destinasi kebanggaan wilayah Aceh Tengah yang terlatak di Kecamatan Lut Tawar. Ukuran masjid ini merupakan kategori masjid besar dengan desain bangunan dan keberadaan berbagai hal unik di halaman masjid yang cukup menarik perhatian dan membuat kesan yang sangat megah.

Masjid Ruhaman Takengon memiliki bangunan dengan arsitektur menawan yang di rancang oleh arsitektur Arabia modern yang sangat kental dengan sentuhan tradisi setempat. Tak hanya bentuk bangunannya yang megah dan begitu menarik mata untuk mengunjunginya, pilihan warna masjid ini pun memberikan kesan damai dan elegan yakni berwarna putih dan emas.

Masjid ini terletak di Jl Merah Mersa Takengon Barat, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Didekat masjid kamu akan menemukan berbagai destinasi wisata, pusat perbelanjaan, hingga layanan masyarakat seperti hotel, tempat makan dan ATM center.

BACA JUGA : Daftar Lokasi Wisata di Aceh Tengah yang Menggugah Hati, No 8 Paling Banyak Menjadi Incaran Para Wisatawan

Lokasi Masjid ini sangat strategis, selain itu Masjid Ruhama Takengon menjadi pusat kegiatan agama islam yang berada di daerah Takengon dan sekaligus menjadi destinasi wisata religi terbesar di daerah tersebut.

Masjid Ruhama Takengon dibangun pada tahun 1967, berdiri di atas tanah wakaf dengan luas ditaksir mencapai 1431 meter persegi dan dapat menampung hingga 2.000 jemaah. Yang membuat masjid ini tergolong ke dalam daftar masjid tertua yang masih berdiri dengan kokoh dan megah.

BACA JUGA  Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Masjid ini telah dilakukan beberapa kali renovasi hingga menghasilkan desain bangunan yang cukup ikonik. Desain dari arsitektur timur tengah sangat khas dengan terdapat sedikit unsur budaya arsitektur lokal.

Jika dilihat, bangunan Masjid Ruhama Takengon berdenah segi empat serta memiliki sebuah kubah besar yang terletak di atap masjid kemudian kubah tersebut di apit oleh 4 buah kubah kecil. Selain itu perpaduan warna putih dan emas memberi kesan masjid menjadi ikonik dan mewah.

BACA JUGA : Pesona Keelokan Wisata Dermaga Lukup Panalam

Setiap pengunjung yang menginjakkan kaki di Aceh Tengah, wajib untuk singgah di masjid yang satu ini. Setiap pagi, saat musim liburan tiba terlihat banyak mobil yang parkir berjejer menikmati indahnya suasana pagi dengan udara yang sejuk di pelataran Masjid Rumaha.

Bahkan banyak keluarga besar rombongan yang datang untuk beribadah dan mengabadikan momen indah lewat gawai mereka. Memang lokasi dan gaya bangunan Masjid Ruhama Takengon ini sangat estetik dan instagramable sehingga cocok dijadikan wisata religi untuk kamu dan keluarga tercinta.

Masjid Ruhama Takengon memang dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan islam di daerah Takengon. Meskipun terdapat beberapa masjid lain di daerah Takengon, namun hampir sebagian besar kegiatan keagamaan dilakukan di masjid ini.

Salah satu kegiatan keagamaan yang dilakukan di Masjid Ruhama Takengon adalah momen bulan suci Ramadhan, Shalat Idul Fitri dan Idul Adha, dan semua kegiatan penting yang dirayakan oleh umat muslim. Lalu di Masjid Ruhama Takengon juga menjadi pusat hukuman umat islam yang telah melanggar beberapa ajaran Islam.

BACA JUGA : Nikmatnya Ngopi di Galeri Kebun Kopi

Siapapun yang melanggar syariat agama islam akan menerima hukuman cambuk yang dilakukan di masjid tersebut karena memang daerah Aceh Tengah masih menerapkan hukum islam sehingga semua pelaksanaan ketentuan hukum islam sama seperti ketentuan hukum yang berlaku di Arab Saudi.

BACA JUGA  Seru! Tempat-tempat Wisata Kabupaten Buru

Keindahan yang ditawarkan oleh Masjid Ruhama Takengon untuk berwisata religi tidak perlu diragukan lagi. Selain dari struktur dan arsitektur bangunan yang menarik, lokasi dari Masjid Ruhama Takegon pun berada di pusat Kota Takengon, tepatnya di samping jalan protokoler sehingga tidak sulit ditemukan oleh para wisatawan.

Selain itu letaknya yang lumayan dekat dengan bibir pantai sehingga dari masjid ini tentunya kamu dapat melihat pemandangan bibir pantai yang sangat alami, keindahan laut yang biru, deburan ombak yang saling berkejaran dan pasir yang putih bersih.

Sangat menarik bukan? Ayo segera kunjungi wisata religi Masjid Ruhama yang terletak di Takengon!

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Bur Telege

PESONA KEINDAHAN BUR TELEGE DI KOTA TAKENGON

Buntul Rintis

BERMAIN DI WISATA BUNTUL RINTIS SEMBARI MENIKMATI ELOKNYA GAYO