in

Taman Sari Goa Sunyaragi, Komplek Goa Unik Berbentuk Candi di Pesisir Cirebon

Taman Sari Goa Sunyaragi
Taman Sari Goa Sunyaragi. Source img from instagram @pegipegi

Bentuk goa biasanya berupa berupa ruang dengan lorong panjang bebatuan yang gelap dan pengap. Namun, di pesisir Cirebon, terdapat Taman Sari Goa Sunyaragi. Kompleks goa buatan ini sangat unik karena bentuk goa-goanya yang mirip candi.

Banguannya merupakan padanan dari arsitektur Indonesia klasik, Eropa kuno, Tiongkok, dan Timur Tengah. Menurut catatan, Taman Sari Goa Sunyaragi sudah ada sejak abad ke-17. Ia dibangun oleh Pangeran Kararangen sekitar tahun 1703 masehi. Pangeran Kararangen adalah cicit dari Sunan Gunung Jati.

Di zaman dahulu, Taman Sari Goa Sunyaragi merupakan tempat pesanggrahan para sultan dan petinggi kerajaan. Lokasinya yang berada di dekat pantai, dan jauh dari permukiman masa itu, membuatnya menjadi tempat untuk bertapa.

Nama tempat ini pun mencerminkan kesunyian diri. Kata “Sunya” dan “Ragi” memiliki arti “Sepi” dan “Raga”.

Seiring waktu, Taman Sari Goa Sunyaragi terus mengalami perkembangan. Pada 1787, tempat ini sempat dijadikan sebagai benteng pertahanan dan mengalami kerusakan. Maka,  beberapa penguasa kerajaan melakukan beberapa perbaikan.

Misalnya pada 1852, seorang arsitek asal Cina diperintah oleh Sultan Adiwijaya untuk memugar Taman Sari Goa Sunyaragi. Tak heran bahwa bangunannya sangat indah dan memiliki corak arsitektur yang kaya.

Akses

Jalan menuju Taman Sari Goa Sunyaragi cukup mudah. Dari pusat Kota Cirebon, jaraknya hanya 4 km. Persisnya ada di Jalan By Pass Brigjen Dharsono, Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi yang naik kereta api, jaraknya hanya 5 km dari stasiun kereta api Cirebon. Kemudahan akses membuat Taman Sari Goa Sunyaragi menjadi destinasi wisata favorit di Kota Cirebon.

BACA JUGA  Talaga Langit, Destinasi Wisata Keluarga Teranyar di Cirebon

Pilihan aktivitas dan fasilitas

Di Taman Sari Goa Sunyaragi, kamu bisa menemukan banyak spot foto unik untuk memenuhi galerimu. Susunan arsitektur dari goa-goa buatan dengan batu karang di setiap sudutnya akan membuat hasil fotomu estetik.

Jika ingin mengisi perut, terdapat warung untuk membeli makan dan minum. Ada juga gazebo untukmu beristirahat dari sengatan sinar matahari. Sebagai tempat bersejarah, Taman Sari Goa Sunyaragi juga memiliki ruang koleksi. Tersedia mushola untuk menunaikan ibadah salat.

Daya tarik Taman Sari Goa Sunyaragi juga kini dilengkapi dengan berbagai wahana tambahan seperti sepeda terbang, balon terbang, ayunan, panahan, dll. Jadi tempat bersejarah ini juga cocok untuk anak-anak. Mereka bisa bermain leluasa di wahana-wahana tersebut.

Saran-saran

Cirebon dikenal sebagai kawasan pesisir yang memiliki suhu yang cukup panas. Di siang hari, cuaca bisa amat terik. Jadi lebih baik bila kamu datang di pagi hari atau sore hari, saat panas matahari belum begitu menyengat. Atau kamu bisa menggukanakan penutup kepala atau topi.

Untuk menggali nilai sejarah secara lengkap, kamu bisa mengunjungi satu per satu goa-goa buatan yang ada di Taman Sari Goa Sunyaragi. Kamu bisa meminta jasa pemandu untuk mendapatkan informasi dari masing-masing area.

Salah satu mitosnya, antara lain, mengenai patung batu yang bernama patung Perawan Sunti. Mitosnya menyebutkan bahwa anak gadis dilarang untuk menyentuh patung tersebut. Jika dilakukan, dipercaya akan menyebabkan kesulitan dalam hal jodoh.

Menurut pengelola, patung Perawan Sunti ini—yang berbentuk tugu kecil di depan mulut Goa Petang—adalah simbol wanita yang hamil dan melahirkan tidak melalui proses pernikahan. Ia merupakan nasihat bahwa proses hal dan melahirkan perlu memiliki kejelasan siapa suami dan bapak dari anak tersebut.

BACA JUGA  Situ Sedong, Danau Indah dengan Latar Gunung Ciremai

Namun, masih di kompleks yang sama, terdapat Goa Kelanggengan. Goa yang dulu dijadikan tempat beritikaf dan berdoa oleh para petinggi kerajaan masa lalu. Dipercaya bahwa goa ini jadi wasilah memberi kelanggengan dalam hajat.

Mitos-mitos ini merupakan pengajaran yang diciptakan para pemuka di masa lalu, dan berkaitan dengan kondisi budaya masyarakat tertentu. Amat penting bagi kita untuk menghargai dan melihat sisi-sisi positifnya.

Di komplek goa buatan ini juga masih banyak terdapat goa menarik lainnya yang memiliki sejarah masing-masing.

Buatmu yang sudah punya rencana berkunjung ke Cirebon dan sekitarnya, jangan lupa untuk mengunduh hotelmurah.com di playstore. Karena ada banyak promo menarik di hotelmurah.com. Kamu bisa memesan kamar hotel, membeli tiket pesawat dan kereta, dll.

Written by Dee

Leave a Reply

Banyu Panas

Melepas Penat di Banyu Panas Palimanan

Cirebon Waterland, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Cirebon