in

Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon, Bukti Penyebaran Islam Nusantara

Penyebaran agama Islam di Nusantara sudah berlangsung cukup lama. Di Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon, kamu bisa menemukan sepenggal cerita mengenai masa-masa awal tersebut..

Menurut catatan, Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon dibangun pada tahun 1498 M, di masa pemerintahan Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari sembilan wali songo—tokoh penting penyebar Islam di Nusantara.

Nama Masjid Sang Cipta Rasa pun unik. Berbeda dari nama masjid lain yang biasanya menggunakan bahasa Arab, nama masjid ini menggunakan bahasa Indonesia, “Sang Cipta Rasa”. Artinya yakni tempat beribadah pada yang Sang Pencipta Rasa.

Sejarah

Disebut sebagai masjid tertua di Cirebon, Masjid Sang Cipta Rasa memiliki segudang cerita hingga bertahan sampai sekarang.

Pembangunan Masjid Sang Cipta Rasa dimulai dari prakarsa Nyi Ratu Pangkungwakti yang tak lain merupakan istri dari Sunan Gunung Jati. Dalam prosesnya, masjid ini tak cuma digarap oleh Sunan Gunung Jati, melainkan juga oleh tokoh wali songo lain seperti Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang.

Salah satu peninggalan Sunan Kalijaga adalah mendirikan tiang utama atau soko guru yang terbuat dari susunan kepingan kayu atau sokotatal. Hingga kini, tiang utama tersebut masih berdiri. Saat berkunjung, kamu bisa menyaksikan dan menyentuh tiang yang kental dengan nilai sejarah tersebut. Tiang ini menyimbolkan kesatuan atau kegotongroyongan.

Tak cuma itu, Sunan Kalijaga juga membawa arsitek dari Kerajaan Majapahit yang bernama Raden Sepat. Dalam kepercayaan setempat, masjid ini dibangun dengan cepat, berkat karomah para wali.

Akses

Masjid Sang Cipta Rasa ini berada di komplek Keraton Kasepuhan Cirebon. Persisnya di Jalan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA  DAFTAR LOKASI WISATA DI ACEH TENGAH YANG MENGGUGAH HATI, NO 8 PALING BANYAK MENJADI INCARAN PARA WISATAWAN

Salah satu titik paling umum ialah lewat Terminal Harjamukti, Cirebon di Jalan Ahmad Yani. Dari sini, kamu bisa menuju Jalan Pantura. Lalu belok kiri ke Jalan Dukuh Semar. Nah, dari sana, jaraknya sekitar 4 km menuju Masjid  Sang Cipta Rasa.

Atau kamu bisa berangkat dari Stasiun Cirebon dan menggunakan angkutan umum yang tersedia. Yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan jasa ojek online untuk tiba lebih cepat.

Bentuk bangunan

Salah satu hal unik di Masjid Sang Cipta Rasa adalah keberadan 30 tiang berbentuk bulan di ruang utama. Tiang ini berdiameter 40 cm yang berdiri di atas umpak-umpak.

Ruang utamanya berukuran 17,8 x 13, 3 meter, dan terdiri dari enam ruangan yang dikelilingi tembok setinggi tiga meter. Pada dinding itu terdapat sembilan pintu yang melambangkan sembilan Wali Songo.

Di bagian dinding Masjid Sang Cipta Rasa, terdapat hiasan lubang angin berbentuk belah ketupat bergerigi. Lubang ini juga berhias motif teratai dan sulur-sulur pada bagian atas dan bawahnya.

Masih di ruang utama, terdapat mihrab, mimbar, dan maksurah (pagar berbentuk palang kayu untuk tempat salat)  . Bagian atap mihrabnya unik, yakni lengkungan dengan motif bunga matahari dengan lidah api dan sulur-sulur yang disangga oleh tiang.

Semua warna seni dalam pembangunan Masjid Sang Cipta Rasa merupakan paduan dari seni di zaman itu, dan memiiki corak China dan lainnya.. Hal ini terlihat dari adanya porselen berbentuk poring yang dibuat pada Dinasti Ming.

Di Masjid Sang Cipta Rasa ini juga terdapat bedug bersejarah bernama bedug Sang Guru Mangir atau Kyai Buyut Tesbur putih. Diameter bedug ini 80 cm dan panjangnya satu meter.

BACA JUGA  PANDUAN LENGKAP: MERENCANAKAN LIBURAN AKHIR PEKAN YANG IDEAL DI BULAN FEBRUARI

Saran aktivitas

Selain tentu beribadah di masjid ini, kamu juga menengok setiap jengkal peninggalan bersejerah yang ditinggalkan para wali.

Arsitektur Masjid Sang Cipta Rasa sangat unik. Di bagian depan masjid, kamu bisa mengabadikan momen dengan berfoto bersama sahabat.

Karena berada di komplek Keraton Kasepuhan Cirebon, kamu juga bisa melanjutkan wisatamu dengan mengunjungi museum bersejarah di sana. Terdapat banyak cerita peninggalan bersejarah yang sayang jika dilewatkan.

Bila kamu sudah punya rencana berkunjung ke Masjid Sang Cipta Rasa, jangan lupa untuk menggunakan hotelmurah.com. Dengan hotelmurah.com, kamu bisa memesan kamar hotel, membayar tagihan bulanan, mengisi e-wallet, dsb.

Unduh segera aplikasinya di playstore dan nikmati promo dan berbagai kemudahannya.

Selamat berwisata!

Written by Dee

Leave a Reply

al-jabbar

Masjid Al-Jabbar Bandung, Megah dan Punya Museum Sejarah Islam

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, Jejak Dakwah Islam Nusantara