in

Talaga Langit, Destinasi Wisata Keluarga Teranyar di Cirebon

Talaga Langit
Talaga Langit. Source image from instagram @bukitcinta_antigalau

Seiring melonjaknya aktivitas perekonomian di Cirebon pasca pandemi, lokasi wisata baru mulai bermunculan. Salah satunya adalah Talaga Langit. Tempat yang baru diresmikan pada Oktober 2021 ini mulai menjadi tujuan wisata keluarga alternatif.

Talaga Langit dibangun oleh Ujang Bustomi, yang tak lain merupakan Youtuber terkenal asal Cirebon. Sebelumnya, Ujang Bustomi juga memiliki padepokan pendidikan sendiri, tidak jauh dari lokasi Talaga Langit.

Setelah dibuka, Talaga Langit mulai dipadati pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota Cirebon. Kepadatan meninggi biasanya pada hari libur atau akhir pekan.

Talaga Langit berlokasi di Kelurahan Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Dari alun-alun Cirebon, jaraknya hanya sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi karena pilihan transportasi umum belum begitu banyak. Di sekitar Talaga Langit, terdapat jasa ojek motor.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang cukup luas. Waktu operasional Talaga Langit dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tarif masuknya pun sangat terjangkau. Tarif hari kerja dan akhir pekan hanya berbeda sedikit.

Fasilitas

Talaga Langit segera menyedot perhatian para wisatawan bukan tanpa alasan. Ada banyak fasilitas menarik yang ditawarkan di sini.

Layaknya taman rekreasi lainnya, Talaga Langit memiliki banyak spot foto menarik. Salah satunya adalah jembatan kaca yang memiliki warna-warni seperti pelangi. Di sana kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan langit Cirebon.

Spot foto lainnya adalah di depan patung naga bernama “Setan Belek Kepret”. Perwujudan patungnya adalah naga panjang berwarna hijau dengan mata kemerahan.

Berikutnya, dan menjadi yang terfavorit, adalah di bagian teratas Talaga Langit. Karena dari atas, kamu bisa melihat Waduk/Setu Patok yang luas dan indah dari kejauhan. Di sekeliling Setu Patok, terdapat jejeran hutan yang hijau. Tak heran spot itu diburu oleh banyak pengunjung.

BACA JUGA  Situ Sedong, Danau Indah dengan Latar Gunung Ciremai

Selain itu masih ada banyak spot foto lain yang bisa kamu jelajahi di Talaga Langit. Siapkan saja baterai kameramu hingga penuh.

Fasiltas favorit lain di Talaga Langit adalah kolam renang. Kolamnya terbagi dua, ada kolam renang yang bisa diakses tanpa harus membayar lagi. Untuk anak, tersedia penyewaan pelampung dengan harga terjangkau.

Satu kolam lagi—yang berada di atas—adalah kolam VIP, di mana pengunjung harus membayar lagi untuk berenang.

Kolam VIP ini memang eksklusif karena kamu bisa berenang sambil melihat panorama indah Setu Watok dan langit yang benderang saat cuaca cerah.

Bagimu yang ingin bersantai sambil duduk-duduk bersama keluarga atau orang tercinta, tersedia gazebo atau saung. Kamu bisa berlindung dari terik panas matahari sambil menyantap hidangan yang dijual di Talaga Langit.

Sebagai pengingat, di Talaga Langit, pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Pengunjung hanya diperbolehkan menyantap makanan dan minuman yang dijual di dalam.

Meskipun begitu, tidak usah khawatir karena makanan dan minuman yang ada di Talaga Langit cukup lengkap. Ada makanan berat seperti seafood, camilan, dan menu-menu lainnya yang cocok untuk usia dewasa maupun anak-anak.

Selain di gazebo, kamu juga bisa menikmati hidangan sambil melihat view Setu Wadok dari atas.

Jika kamu berani, ada satu spot lagi yang menjadi icon dari Talaga Langit, yakni Museum Santet. Bentuknya berupa area di mana terdapat tiruan-tiruan benda-benda horor yang agak menyeramkan. Dibangunnya museum ini juga berkaitan dengan sosok Ujang Bustomi yang memiliki konten horor di dalamnya.

Saran-saran

Untuk berkunjung ke Talaga Langit, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar rencana wisatamu semakin nyaman.

BACA JUGA  Cirebon Waterland, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Cirebon

Karena sebagian besar area Talaga Langit adalah area terbuka, maka lebih baik kamu datang saat cuaca cerah. Sebaiknya hindari musim hujan karena kamu akan kesulitan menjelajahi area-area terbaik sambil berjalan kaki. Cuaca cerah juga akan membuat hasil fotomu semakin baik,

Awasi selalu anak-anak karena medan Talaga Langit yang umumnya mendaki dan menurun. Meskipun terdapat tangga dan pegangan di setiap jalur, kamu tetap perlu berhati-hati.

Jika sudah punya rencana berkunjung ke Talaga Langit, kamu bisa unduh aplikasi hotelmurah.com terlebih dahulu. Karena kamu bisa memesan kamar hotel yang sesuai dengan destinasimu. Di hotelmurah.com, kamu juga bisa memesan tiket kereta, tiket pesawat, dan berbagai fitur lainnya.

Written by Dee

Leave a Reply

Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon, Belajar Sejarah Sambil Berziarah

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan, Situs Bersejarah Berusia Ratusan Tahun