in

Cirebon Waterland, Destinasi Wisata Keluarga Favorit di Cirebon

Salah satu pilihan favorit di masa liburan adalah berlibur ke taman rekreasi. Di Kota Cirebon, ada taman rekreasi populer bernama Cirebon Waterland. Tempat ini selalu dipadati pengunjung di akhir pekan dan terlebih lagi di masa libur panjang.

Cirebon Waterland adalah taman rekreasi yang diisi oleh berbagai wahana air. Terdapat beberapa kolam tempat pengunjung bisa berenang. Ada kolam yang khusus ditujukan untuk anak, dengan kedalaman 30-50 cm. Ada juga kolam yang cukup dalam yang bisa dipakai untuk latihan berenang profesional. Kedalamannya 1,5 meter.

Selain wahana air, ada berbagai wahana lainnya yang pas untuk anak. Misalnya seperti mobil-mobilan, carousel, kereta api, ayunan, dan mini coaster.

Lokasi Cirebon Waterland berada di tepi pantai utara Kota Cirebon. Persisnya di Jalan Yos Sudarso No.1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mudah sekali mencapai tempat ini karena letaknya tidak jauh dari pusat Kota Cirebon.

Dari Tol Palimanan, jarak ke Cirebon Waterland hanya 19 km. Tapi kamu tetap bisa mencapainya dengan berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Dari alun-alun Cirebon, kamu arahkan kendaraan ke Jl. Veteran, berlanjut ke Jl. Sisimangaraja lalu kemudian tiba di Jl. Ade Suryani.

Asal-usul

Nama Cirebon Waterland sebetulnya baru muncul beberapa tahun belakangan. Sebelumnya, nama dari tempat tersebut adalah Taman Traffic Garden, Cirebon. Lalu, pada 1966, namanya berubah lagi menjadi Taman Ade Irma Suryani.

Sejak lama, tempat ini telah menjadi tujuan wisata favorit. Setelah melakukan pembangunan di sana-sini, taman rekreasi ini kemudian berubah nama menjadi Cirebon Waterland. Membuat namanya lebih modern dan familiar didengar, dan mirip dengan taman rekreasi lainnya yang ada di kota-kota lain di Indonesia.

BACA JUGA  Taman Sari Goa Sunyaragi, Komplek Goa Unik Berbentuk Candi di Pesisir Cirebon

Fasilitas

Selain berbagai wahana air yang menarik untuk berenang dan basah-basahan, ada juga hal-hal lain yang menarik di Cirebon Waterland. Luas taman rekreasi ini mencapai 3 hektar, dan buka dari Senin hingga Minggu pkl 9.00-18.00 WIB.

Tersedia kamar mandi untuk membersihkan diri. Ada juga mushola, kamar mandi, kamar bilas, gazebo untuk bernaung berlindung dari cuaca terik, aula, dan tempat cuci tangan. Area parkirnya pun cukup luas. Jadi kamu tak usah khawatir bila datang secara berombongan,.

Untuk mengisi perut, terdapat restoran berkelas bernama Tomodachi Steak and Seafoof. Restoran ini menyajikan berbagai makanan khas olahan laut, juga steak sebagai sajian makanan khas yang modern.

Keunikan restoran ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai kapal Cheng-Ho. Cheng-Ho adalah laksamana armada kapal laut dari Cina yang pernah mengunjungi pelabuhan Cirebon beberapa abad silam. Kapal ini memiliki tiang layar, dan di malam hari keindahannya mencolok dengan lampu-lampu yang menyala.

Masih di area Cirebon Waterland, tersedia penginapan bagi kamu yang ingin tinggal lebih lama. Penginapan ini berbentuk cottage terapung yang jumlahnya sekitar 22 buah.

Penginapan ini eksklusif. Dari jendela kamar, kamu akan mendapatkan pemandangan ke arah laut lepas. Kamu bisa memburu pemandangan matahari terbit dari balkon kamar.

Cottage ini pas untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman nyaman untuk berbulan madu, atau menginap bersama anggota keluarga. Bangunan cottagenya terbuat dari kayu, dan memiliki area yang instagrammable. Jangan lupa membawa kamera dan mencoba spot-spot cantik untuk berfoto.

Harga cottage ini termasuk kompetitif di kelasnya. Tapi tentu akan tetap layak dicoba untukmu yang ingin merasakan momen berlibur yang istimewa.

Jejak peninggalan taman rekreasi dalam bentuk lainnya masih terjaga dengan baik. Salah satunya adalah keberadaan Museum Bahari Sarwajala. Museum ini dibuat sebagai tempat untuk mengenang sejarah perjuangan para prajurit laut atau yang biasa disebut Sarwajala. Tentu ini juga tidak lepas dari sejarah Cirebon sebagai kota maritim sejak berabad-abad lampau.

BACA JUGA  Keraton Kasepuhan, Situs Bersejarah Berusia Ratusan Tahun

Daya tarik lainnya adalah keberadaan minatur kapal dari Zaman VOC. Hal ini membuat pengalaman wisatamu ke Cirebon Waterland semakin lengkap. Tidak hanya bersenang-senang, tapi juga mendapat wawasan sejarah.

Jika dalam waktu dekat sudah punya rencana berwisata ke Cirebon, kamu bisa menggunakan hotelmurah.com. Karena kamu bisa memesan kamar hotel jauh-jauh hari, dan ada berbagai informasi lengkap tentang hotel-hotel terbaik sesuai permintaanmu.

Unduh segera aplikasi hotelmurah.com di playstore.

Written by Dee

Leave a Reply

Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Sari Goa Sunyaragi, Komplek Goa Unik Berbentuk Candi di Pesisir Cirebon

Situ Sedong

Situ Sedong, Danau Indah dengan Latar Gunung Ciremai