in

Keraton Kanoman Cirebon, Tempat Peninggalan Barang Bersejarah

Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman Cirebon. Source img from instagram @sonnyculturetravel

Berwisata tidak hanya dilakukan dengan datang ke tempat hiburan. Kamu juga bisa melakukan wisata sambil mempelajari sejarah di beberapa situs bersejarah. Keraton Kanoman Cirebon adalah salah satunya. Di sini, kamu akan melihat sejumlah barang peninggalan bersejarah.

Keraton Kanoman Cirebon buka dari pkl 09.00-17.00 WIB. Keraton Kanoman berada di Jalan Kanoman, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Karena berada di pusat kota, menemukan Keraton Kanoman sangatlah mudah.

Dari Terminal Harjamukti, kamu bisa naik angkot D2 Jurusan Benteng dan turun dekat Pecinan/Kanoman. Dari sana, kamu tinggal berjalan kaki. Dari Stasiun Prujakan, kamu bisa naik angkot D6 jurusan Dukuh Semar, dan turun dekat Pecinan/Kanoman lalu meneruskan sisa perjalanan dengan berjalan kaki.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti arah yang ditunjukkan oleh Google Maps.

Sejarah

Menurut catatan, Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya. Ia mendapat gelar Sultan Anom 1 pada tahun 1678. Keraton dibangun di atas tanah seluas 175.500 meter persegi.

Padahal, sebelum menjadi wilayah Keraton, tempat ini hanya permukiman kecil bernama Tegal Alang-Alang. Kini, Keraton menjadi tempat tinggal sultan dan tempat melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin politik dan sosial budaya.

Keraton Kanoman dibangun menghadap ke utara dan membujur ke selatan. Di utara, terdapat alun-alun dan pasar. Sementara di sebelah barat laut terdapat Masjid Keraton Kanoman. Di selatan dan timur berbatasan dengan Sekolah Taman Siswa dan permukiman penduduk.

Dulu, alun-alun menjadi tempat upacara besar prajurit dan kegiatan lainnya. Sementara saat ini alun-alun digunakan sebagai arena publik. Sebutan alun-alun sendiri diambil dari kata alun yang artinya ombak.

BACA JUGA  Keraton Kasepuhan, Situs Bersejarah Berusia Ratusan Tahun

Ciri khas alun-alunnya ialah keberadaan pohon beringin yang dikelilingi pagar (waringin kinurung). Waringin artinya pohon beringin dan kinurung artinya terkurung.

Museum barang bersejarah

Di area museum Keraton Kanoman, di bagian depan, terdapat Kereta Kencana Paksi Naga Liman dan Kereta Jempanan. Kedua kereta ini berumur lebih dari setengah milenia.

Pihak pengelola sengaja menyimpan benda-benda kuno peninggalan keraton dalam satu gedung khusus yang bisa dikunjungi wisatawan. Gedung ini dinamakan Gedung Pusaka Keraton Kanoman.

Kereta Kencana Paksi Naga Liman berbenyuk hewan bersayap dengan kepala naga, namun memiliki belalai seperti gajah. Konon bentuk ini merupakan adopsi dari tiga budaya sekaligus, yakni Islam yang disimbolkan dengan burung, Cina dengan naga, dan Hindu dengan belalai gajah.

Kereta Paksi Naga Liman juga tak kalah menarik. Saat melaju, sayap yang ada di kereta ini akan bergerak dan berfungsi sebagai pendingin saat sultan menaikinya.

Selain kereta kebesaran untuk para pejabat kesultanan, di museum ini juga terdapat benda kuno lainnya. Misalnya ukiran dinding Paksi Naga Jalma. Ukirannya seperti burung berbadan manusia dan berkulit naga.

Ada juga koleksi peti dari Mesir. Konon peti ini digunakan Sunun Gunung Jati dan ibunya Nyai Mas Ratu Raransantang saat hijrah dari Mesir ke Cirebon.

Di sudut yang lain, ada kursi yang umurnya hampir 700 tahun. Kursi ini terpajang bersama patung cupid (dewa amor) pemberian Sir Thomas Raffles.

Pilihan aktivitas

Setelah melihat benda-benda bersejarah, kamu bisa menjelahi area Keraton Kanoman yang dipenuhi oleh bangunan unik yang bersejarah. Aristekturnya yang unik akan menjadi spot yang cocok untuk berfoto.

Di spot-spot foto tertentu, kamu akan mendapatkan foto bernuansa klasik. Seolah kamu tengah berpose di kerajaan masa silam.

BACA JUGA  Situ Sedong, Danau Indah dengan Latar Gunung Ciremai

Jika anda ingin beristirahat sejenak, terdapat gazebo yang bisa kamu pakai untuk bernaung. Selain itu, ada fasilitas pendukung lainnya seperti mushola, toilet, dll.

Agar perjalanan wisata sejarahmu semakin lengkap, kamu juga bisa berkunjung ke keraton lainnya yakni Keraton Kasepuhan Cirebon. Di sana, kamu juga bisa melihat koleksi barang bersejarah lainnya. Selain itu, ada tempat-tempat wisata menarik lainnya seperti pusat perbelanjaan, dsb.

Buatmu yang sudah punya rencana berkunjung ke Cirebon, segera unduh hotelmurah.com di hapemu. Karena selain bisa memesan kamar hotel, kamu juga bisa membeli tiket keret, tiket pesawat, dan fitur memudahkan lainnya.

Di hotelmurah.com juga terdapat berbagai promo menarik yang bisa kamu nikmati. Selamat berwisata!

Written by Dee

Leave a Reply

Wisata Cirebon

11 Tempat Wisata Terbaik di Cirebon dan Sekitarnya

“elexus Casin