in

Melepas Penat di Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas
Banyu Panas. Source img from instagram @banyupanaspalimanan_

Setelah berbulan-bulan bekerja di tengah kesibukan kota, melepas penat dengan berendam di air panas alami jadi pilihan pas bagi sebagian orang. Nah buatmu yang ada di Cirebon dan sekitarnya bisa berkunjung ke Banyu Panas Palimanan.

Air panas yang memancar di Banyu Panas Palimanan betul-betul alami, dan memberi sensasi yang membuat tubuh nyaman. Lokasinya di Desa Palimanan, Kecamatan Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Untuk mencapainya kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota Cirebon, jaraknya 29 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Pengunjung tidak hanya datang dari Cirebon, tapi juga kota-kota sekitarnya seperti Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

Ciri khas Banyu Panas Palimanan ini terlihat dari airnya yang berwarna biru. Warna ini muncul dari kandungan mineral tinggi di dalam air. Selain itu, airnya pun memiliki temperatur panas yang pas. Sudah menjadi rahasia umum betapa sebagian tempat pemandian air panas tidak memiliki suhu yang cukup panas.

Namun ada batas waktu tertentu untuk berendam. Pihak pengelola meminta para pengunjung untuk tidak berendam lebih dari 10-15 menit. Ini dikarenakan efek dari kandungan airnya. Kepala bisa merasa pusing dan lemas jika berendam terlalu lama.

Makanya, terdapat papan peringatan di Banyu Panas Palimanan untuk selalu mengawasi anggota rombongan. Ini agar pengunjung bisa saling mengingatkan tentang durasi aman dalam berendam di sana.

Manfaat berendam bagi kesehatan

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa berendam di air panas bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Ini karena efeknya  dalam melebarkan pembuluh darah sehingga bisa menjadi lebih lancar.

Saat sirkuasi darah lancar, sel dan jaringan tubuh pun akan mendapat pasokan nutrisi yang cukup dan membuat badan terhindar dari risiko penyakit. Bahkan ada yang menyarankan agar berendam di air panas bisa dilakukan secara rutin, 2-3 kali seminggu.

BACA JUGA  Keraton Kasepuhan, Situs Bersejarah Berusia Ratusan Tahun

Selain itu, berendam di air panas juga bisa membuat tubuh lebih rileks. Otot-otot tidak lagi tegang, dan memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon dan sisteme endorfin. Belum lagi dengan manfaatnya untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Bermula dari ketidaksengajaan

Pembangunan Banyu Panas Palimanan ini awalnya tidak dilakukan secara sengaja, lho.

Ceritanya, pada tahun 2008, PT Indocement melalukan pengeboran air bersih untuk warga setempat. Namun, alih-alih air bersih, yang keluar malah air napas yang berwarna kebiru-biruan. Air jenis ini jelas tak bisa diminum

Namun pengelola setempat melihat potensi lain, yakni menjadikan air panas ini sebagai lokasi wisata. Maka, semenjak itu pembangunan dilakukan.

Kolam-kolam mulai dibuat, dan begitu pula dengan fasilitas penunjang lainnya. Buatmu yang suka berolahraga lari atau jalan kaki, tersedia fasilitas jogging track. Sambil menunggu keluarga yang tengah berendam, tersedia juga fasilitas untuk bernaung di gazebo. Ada pula fasilitas untuk bermain anak-anak. Tak heran bahwa Banyu Panas Palimanan jadi salah satu tujuan wisata keluarga di Cirebon.

Biaya masuk ke Banyu Panas Palimanan sangat terjangkau. Tempatnya beroperasi mulai dari pkl 06.00-18.00. Bagi yang ingin beristirahat, tersedia tempat penginapan khusus. Harganya juga cukup terjangkau.

Saran-saran

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Banyu Panas Palimanan adalah di pagi hari dan sore. Di waktu tersebut, cuaca belum terlampau panas. Berendam di bawah terik panas matahari akan membuatmu merasa kurang nyaman.

Selain itu, pilihlah waktu di saat cuaca sedang cerah. Ini karena sebagian besar area di Banyu Panas Palimanan merupakan area terbuka tanpa atap. Mengunjunginya di saat musim hujan akan membuatmu agak kerepotan.

Selalu siapkan handuk dan baju ganti agar bisa segera membersihkan diri setelah berendam. Awasi selalu anggota keluarga, terutama anak-anak, saat berendam. Jangan sampai mereka terlalu asyik berendam sampai melebih durasi maksimal.

BACA JUGA  Situ Sedong, Danau Indah dengan Latar Gunung Ciremai

Setelah puas berendam, kamu bisa berkunjung ke sejumah lokasi wisata lainnya yang berdekatan dengan Banyu Panas Palimanan. Beberapa di antaranya Situs Cagar Budaya Goa Dalem Palimanan, Situ Cagar Budaya Undung, dan Wisata Goa Macan.

Agar perjalanan wisatamu semakin nyaman, gunakan hotelmurah.com untuk memesan kamar hotel, membeli tiket pesawat, dan tiket kereta. Unduh segera aplikasi hotelmurah.com di playstore.

Selamat berwisata!

Written by Dee

Leave a Reply

desa cikalahang

Desa Cikalahang, Potret Pengelolaan Desa Wisata

Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Sari Goa Sunyaragi, Komplek Goa Unik Berbentuk Candi di Pesisir Cirebon