in

11 Tempat Wisata Terbaik di Cirebon dan Sekitarnya

Wisata Cirebon
Wisata Cirebon. Source image from @keraton_kasepuhancirebon

Cirebon adalah salah satu kawasan yang kental dengan nilai sejarah. Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Nama Cirebon berasal dari kata “Cai” (air) dan Rebon (udang rebon). Dari sanalah julukan Kota Udang berasal.

Berikut adalah 11 tempat wisata terbaik di Cirebon dan sekitarnya versi Cerita Wisata.

  1. Telaga Nilem

Di kota-kota besar yang serba padat dan dipenuhi dengan aspal dan bangunan, menemukan telaga yang masih asri dan alami semakin sulit. Di Cirebon, ada Telaga Nilem. Telaga ini masih sangat asri dan dikelola dengan baik oleh warga setempat.

Keindahan Telaga Nilem terletak pada warna air biru yang muncul karena ganggang yang tumbuh di dasar telaga. Selain itu, kawasan Telaga Nilem amatlah sejuk karena dipenuhi dengan jajaran pepohonan. Telaga ini juga menjadi habitat bagi ikan-ikan, menunjukkan betapa telaga ini masih amat terjaga.

  1. Bukit Gronggong

Meskipun dikenal sebagai wilayah pelabuhan, Cirebon juga memiliki destinasi wisata romantis dari dataran tinggi/bukit.   Bukit Gronggong salah satunya. Di bukit ini, terdapat kafe dan restoran, di mana kamu bisa menikmati sajian seafood dan menu lainnya yang enak di lidah.

Panorama Kota Cirebon di malam hari juga salah satu yang bisa kamu saksikan di Bukit Gronggong. Tempat ini buka selama 24 jam, dan tersedia penginapan bagi yang ingin menikmati keindahannya lebih lama.

  1. Desa Cikalahang

Ingin menikmati suasana desa alami sambil menyantap ikan bakar yang nikmat? Kamu bisa melakukan keduanya di Desa Cikalahang. Desa ini saat ini menjadi desa wisata dengan berbagai spot unggulan.

Salah satunya yang terkenal di Desa Cikalahang adalah rasa ikan bakarnya yang nikmat. Kamu bisa menemukan banyak warung yang menjual ikan bakar hasil budidaya sendiri. Desa ini juga memiliki spot lainnya seperti danau untuk memancing dan prasasti bersejarah.

  1. Banyu Panas Palimanan
BACA JUGA  Fenomena Ngurtavur si Pembelah Lautan Pulau Woha

Berendam air panas sudah lama terbukti membuat badan semakin rilleks dan nyaman. Apalagi setelah bekerja dan menghadapi nuansa hidup perkotaan yang sibuk dan padat. Di Banyu Panas Palimanan, kamu bisa berendam di air panas yang muncul dari mata air alami.

Banyu Panas Palimanan juga kerap didatangi oleh mereka yang ingin menyembuhkan penyakit kulit. Tarifnya yang murah membuat tempat ini kerap dipadati pengunjung.

  1. Taman Sari Goa Sunyaragi

Cirebon memiliki sejarah panjang. Tak heran banyak sekali tempat bersejarah yang masih bertahan hingga sekarang. Salah satu yang unik adalah Taman Sari Goa Sunyaragi. Ini merupakan taman yang lokasinya cukup dekat dengan pantai utara Cirebon, dan memiliki banyak goa buatan berbentuk candi.

  1. Cirebon Waterland

Cirebon juga memiliki taman rekreasi air yang terkenal. Ada banyak wahana air menarik di mana pengunjung bisa berenang dan memainkan wahana lainnya.

Di Cirebon Waterland juga ada restoran unik bernama Tomodachi Steak and Seafood. Bangunan restoran ini berbentuk kapal layar, yang keindahannya semakin mencolok di malam hari. Pendar-pendar lampunya membuatmu merasa seolah sedang makan malam di sebuah kapal masa silam.

  1. Situ Sedong

Jika ingin mencari tempat wisata murah meriah dengan panorama memukau, kamu bisa datang ke Situ Sedong. Di Situ Sedong, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Ciremai dari kejauhan. Kombinasi foto penampakan perairan dan Gunung Ciremai dan langit yang terang adalah yang paling diburu di sini.

  1. Hutan Kera Plangon

Cirebon memiliki tempat berziarah. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Hutan Kera Plangon. Di kompleks ini, kamu bisa menemukan dua makam tokoh penyebar agama Islam, yakni Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

BACA JUGA  MENIKMATI PETUALANGAN JAWA TENGAH DENGAN WISATA ROAD TRIP YANG MENGAGUMKAN

Ciri khas dari hutan ini adalah keberadaan kawanan kera yang, konon, jumlahnya konstan. Hanya 99 ekor.

  1. Talaga Langit

Talaga Langit adalah taman rekreasi yang baru diresmikan pada 2021 dan segera menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga. Di sini terdapat banyak spot foto, dan wahana tempat anda bisa menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga.

Panoramanya pun memukau. Di area tertinggi Talaga Langit, kamu  bisa menyaksikan keindahan Setu Patok, dan Kota Cirebon dari kejauhan.

  1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Ingin berwisata sekaligus belajar sejarah, maka kamu bisa datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Koleksinya museumnya luas dan beragam. Ada berbagai barang peninggalan dari masa Kesultanan Cirebon seperti pusaka, dan alat-alat kesenian.

Kamu bisa menyaksikan potret kehidupan masa silam lewat benda-benda yang dipamerkan di museum.

  1. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman adalah keraton pecahan dari Kesultanan Cirebon. Di keraton ini juga kamu bisa menemukan banyak barang peninggalan bersejarah yang menarik.

Itulah 11 tempat wisata terbaik di Cirebon versi Cerita Wisata. Rencanakan wisatamu dengan hotelmurah.com. Termukan hotel terbaik sesuai dengan budget-mu. Ada juga fitur menarik lainnya seperti membeli tiket kereta, tiket pesawat, dan mengisi e-wallet.

Written by Dee

Leave a Reply

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan, Situs Bersejarah Berusia Ratusan Tahun

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon, Tempat Peninggalan Barang Bersejarah