in , ,

Bukan Bali Bukan Lombok, Tetapi Keindahan Wisata Maluku yang Mendunia

Pantai Ngur Tavur, Wisata Maluku
Pantai Ngur Tavur. Photo : Instagram @veronica.louhenapessy

Wisata Maluku adalah wisata daerah Indonesia Timur yang sangat potensial. Dari zaman penjajahan, daerah yang kaya akan rempah rempah ini sudah menjadi incaran pedagang asing. Barang dagangan utamanya adalah Cengkih dan Pala dengan kualitas nomor wahid di dunia.

Inilah sebabnya Maluku dijuluki sebagai kepulauan rempah. Bahkan hingga saat ini kualitas Cengkih dan Pala masih menduduki rangking teratas.

Terlepas dari sejarah per-rempahannya yang sangat menarik, keindahan alam Maluku juga menarik untuk diketahui. Sudah sejak lama wisatawan asing menempatkan wisata Maluku sebagai salah satu wisata terbaik.

Jika kamu berkunjung ke beberapa daerah di Maluku, kamu akan sering bertemu turis. Mereka menyebut Maluku sebagai surga yang tersembunyi. Mengapa? Karena keindahan wisata Maluku yang tiada duanya dan belum banyak terekspos media.

Memang Maluku tak sepopuler Bali dan Lombok. Padahal keindahan alamnya tak kalah jika dibandingkan kedua destinasi wisata terfavorit itu. Hampir semua pantai di Maluku memiliki pemandangan yang indah.

Bagi kamu yang menyukai wisata pantai yang masih perawan, mungki kamu lebih menyukai wisata Maluku. Ada ciri khas yang membedakannya dengan Bali. Jika kebanyakan pantai di Bali dihiasi dengan pemandangan ombak surfing maka pantai Maluku dihiasi oleh pemandangan alam berupa pegunungan. Ombaknya relatif kecil karena Maluku daerahnya berupa kepulauan.

Meskipun pantai di Maluku tidak seramai pantai di Bali dan Lombok, pantai Maluku mampu menyejukkan hati. Jika kamu mencari destinasi wisata pantai yang romantis selain Bali dan Lombok, wisata Maluku jawabannya. Suasana pantai yang tidak begitu ramai bisa kamu nikmati dengan tenang bersama pasangan.

Bagaimana dengan keindahan bawah lautnya? Wah ga usah ditanya. Kebanyakan pantai di Maluku surganya pecinta olah raga bawah laut.

Namun perkembangan pariwisata Maluku tidak secepat Bali, sehingga akhirnya Maluku ketinggalan tenar dibandingkan Bali. Malah Lombok lebih dulu menyusul. Namun jika ditelusuri lebih dalam, Maluku justru lebih dulu dikenal dunia internasional. Saat Maluku menjadi jalur yang dilalui oleh 2 perdagangan dunia, yaitu jalur sutera dan jalur rempah.

Ada banyak pilihan yang bisa dicoba saat berlibur ke Maluku. Ini beberapa destinasi yang bisa kamu coba.

Ambon

Ambon
Ambon. Photo: Instagram @I_reksa

Ambon merupakan ibukota Provinsi Maluku. Bandara internasional Pattimura adalah gerbang pintu masuk untuk melihat langsung kota Ambon Manise ini. Berlibur di kota ini kamu bisa mengunjungi Pantai Pintu Kota Ambon. Disini kamu bisa melihat keindahan laut Banda yang terkenal itu. Ada juga Pantai Liang, Benteng Victoria dan Jembatan Merah Putih.

Baca Juga : Destinasi Wisata Ambon yang Manise

Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat
Pantai Ngurbloat. Photo : Instagram @ngurbloat_

Pantai Ngurbloat terletak di Kabupaten Maluku Utara. Pantai Ngurbloat adalah pantai dengan pasir terhalus didunia. Pasir putih halus ini bisa kamu nikmati disepanjang pantai sejauh 3 km. Kamu bisa menikmati sunset sambil selonjoran di pasir putih.

Baca juga : Pantai Ngurbloat, Pasirnya Terhalus se Asia

Pantai Ngur Tavur

Pantai Ngur Tavur
Pantai Ngur Tavur. Photo : Instagram @veronica.louhenapessy

Pantai Ngur Tavur yang terletak di Pulau Woha Maluku Utara ini memiliki keajaiban pasir timbul. Saat pasang surut, hamparan pasir sepanjang 2 km akan timbul. Pemandangan pantai yang seolah olah membelah lautan menjadi 2 bagian ini sungguh indah. Lebih indah lagi saat kawanan burung pelikan berkunjung untuk mencari ikan. Burung besar ini sering dijumpai di pantai-pantai Australia. Pemandangan begini sih namanya liburan di Maluku serasa di Australia.

Baca juga : Fenomena Ngurtavur si Pembelah Lautan Pulau Woha

Banda Neira

Banda Neira
Banda Neira. Photo : Instagram @dondonramadhan

Siapa yang tak kenal dengan Banda Neira, suatu tempat indah di Kabupaten Maluku Tengah yang terkenal sejak zaman VOC. Dulu Banda Neira terkenal sebagai penghasil pala satu-satunya di dunia. Dan sekarang Banda Neira terkenal sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati.

Baca juga : Banda Neira yang Bukan Sekedar Nama

Kabupaten Buru

Kabupaten Buru
Kabupaten Buru. Photo : Instagram @anoo_13

Kabupaten Buru punya banyak destinasi wisata yang indah. Mulai dari wisata alam hingga wisata pantai. Jika kamu pecinta wisata alam, kamu bisa mengujungi Bukit Tatanggo. Jika ingin bermain air bisa datang ke danau Rana dan Air Terjun Waeura. Wisata pantai bisa kamu temukan di Pantai Jikumerasa dan Pantai Lala.

Baca juga : Seru! Tempat-tempat Wisata Kabupaten Buru

Kabupaten Buru Selatan

Kabupaten Buru Selatan
Kabupaten Buru Selatan. Photo : Instagram @anakayam_07

Pulau Oki adalah destinasi wisata primadona Kabupaten Buru Selatan. Pulau indah ini adalah destinasi wisata favorit untuk olah raga diving dan snorkeling. Kabupaten Buru Selatan juga punya wisata pantai yaitu Pantai Wamsoba dan Pantai Air Babunyi.

Baca juga : Destinasi Wisata Kabupaten Buru Selatan yang Selalu Jadi Incaran

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tiket kereta api Surabaya Bandung Ekonomi

Stasiun Tujuan dan Keberangkatan Tiket Kereta Api Surabaya Bandung Ekonomi

Jembatan Merah Putih

Destinasi Wisata Ambon yang Manise