in , ,

Destinasi Wisata Ambon yang Manise

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih. Photo : Instagram @sibapuk

Eksotisme kota Ambon Manise alias the beautiful ambon mencuri banyak hati wisatawan. Meskipun di kalangan wisatawan asing kota Ambon tidak sepopuler Bali dan Lombok, keindahan kota Ambon perlu diekspos lebih luas di sosial media. Supaya seluruh dunia tahu keindahan destinasi wisata Ambon, salah satu destinasi wisata di Provinsi Maluku ini.

Apa yang menarik dari kota Ambon?

Ada banyak spot wisata alam dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Apa saja? Ini dia pilihannya.

Pantai pintu kota ambon

Pantai Pintu Kota Ambon
Pantai Pintu Kota Ambon. photo : Instagram @surabayakerass_

Memang namanya kedengaran unik, wisata pantai ini bukanlah pintu masuk kota Ambon. Dinamakan begini mungkin karena keberadaan sebuah lubang besar yang bentuknya menyerupai pintu. Lunag besar ini berada di tebing yang menjorok ke laut.

Atau mungkin karena dulunya pantai ini merupakan sebuah pintu gerbang para pedagang dan pelaut yang datang ke kota Ambon.

Pantai Pintu Kota menghadap langsung ke Laut Banda. Destinasi wisata Ambon yang satu ini adalah ikonnya kota Ambon, khususnya lubang besar yang terdapat di tebing itu. Pemandangan pantai berupa batu karang begitu memukau.

Ditambah lagi dengan kapal-kapal kecil yang berlabuh di pinggir pasir putih kecoklatan menambah eksotisme pantai ini.

Lokasi pantai berada di Dusun Airlow, Desa Nusaniwe tak jauh dari pusat kota Ambon. Dengan naik kendaraan sekitar 45 menit kamu sudah sampai di lokasi. Ada juga kendaraan umum yang menuju kesini.

Benteng victoria

Benteng Victoria
Benteng Victoria. photo : Instagram @zhusukmawati

Lamanya Portugis menguasai perdagangan rempah meninggalkan jejak sejarah berupa sebuah benteng yang terletak di pusat kota Ambon. Benteng Victoria didirikan oleh Portugis pada tahun 1775 dan sempat beralih tangan saat Belanda menduduki Ambon.

BACA JUGA  Jelajahi Wisata Minahasa nan Mempesona

Sejak didirikan, Benteng Victoria mengalami beberapa alih fungsi. Saat dikuasai oleh Portugis benteng digunakan sebagai pusat pemerintahan. Para pribumi diwajibkan mengantarkan rempah-rempah ke benteng ini.

Di tangan Belanda, benteng digunakan sebagai pusat pemerintahan. Selain itu juga berfungsi sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah sebelum di angkut oleh kapal Belanda untuk didistribusikan ke benua Eropa. Kapal berlabuh di pelabuhan yang berada tepat di depan benteng.

Sejak dikuasai kembali oleh pribumi, benteng Victoria digunakan untuk tempat pertahanan. Benteng Victoria menjadi saksi sejarah kekejaman penjajah saat menggantung pahlawan Pattimura.

Dengan berkunjung kesini kamu bisa mempelajari banyak hal tentang sejarah lahir dan berkembanganya kota Ambon. Disini tersimpan meriam berukuran besar, peta perkembangan kota dan koleksi lukisan administratur Belanda.

Di beberapa kamarnya kamu bisa melihat ukiran patung yang terbuat dari kayu.

Setelah lelah berkeliling benteng kamu bisa berjalan kaki menuju pantai Mardika. Dari sini pemandangan teluk ambon sangat indah. Saat senja, benteng terlihat begitu gagah terpapar sinar matahari sore.

Akses menuju destinasi wisata Ambon ini sangatlah mudah. Lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Kecamatan Sirimau. Ada angkutan umum yang lewat sini, ke araha Terminal Mardika. Dari sini kamu tinggal jalan kaki sejauh 300 meter ke lokasi.

Jembatan merah putih

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih. Photo : Instagram @sibapuk

Jembatan merah putih terbentang sepanjang 1.140 m di atas teluk Ambon. Jembatan ini menghubungkan kota Ambon bagian utara dan selatan. Sejak dibangun pada tahun 2016, akses menuju bandara internasional Pattimura lebih dekat.

Jika sebelumnya harus menempuh waktu 1 jam dengan mengitari teluk ambon, sekarang hanya butuh waktu 20 menit saja.

Yang menarik dari destinasi wisata Ambon ini adalah konstruksinya. Jembatan dibangun dengan memperhitungkan kawasan Pulau Ambon yang rawan gempa tektonik. Jika kamu melintasi jembatan di malam hari, jembatan tampak lebih indah diterpa lampu berwarna warni.

BACA JUGA  5 Hotel Kawasan UI, Apa Saja?

Di siang hari pemandangan kapal yang hilir mudik di bawah jembatan menjadi pemandangan yang indah saat perjalanan dari bandara.

Taman Pattimura

Taman Pattimura
Taman Pattimura. Photo : Instagram @zhusukmawati

Taman Pattimura merupakan tempat nongkrong anak muda Ambon di sore hari. Di taman ini ada lapangan merdeka yang biasa digunakan untuk berolahraga. Suasana taman teduh dan sejuk karena terdapat pepohonan rindang disekitarnya.

Di sini dibangun patung Pattimura, pahlawan nasional yang menjadi kebanggaan rakyat Ambon. Ada juga air mancur menari yang mengelilingi patung gitar, sebagai lambang kota Ambon sebagai kota musik.

Alunan lagu mengiringi gerakan air mancur menari menjadi tontonan yang menarik. Lampu taman yang menerangi area sekitar menjadikan destinasi wisata Ambon yang murah meriah ini selalu ramai dikunjungi saat malam hari.

Pantai Santai

Pantai Santai
Pantai Santai. Photo : Instagram @duppy_septiano

Pantai Santai menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih halus sedikit berbatu dan berkerikil. Lokasinya berada di Nusaniwe tak jauh dari pusat kota. Kamu bebas bermain air karena air lautnya dangkal.

Terdapat perahu yang bisa di sewa untuk mengantarkanmu ke tengah laut. Kamu bisa puas menikmati keindahan bawah lautnya. Jangan lupa bawa peralatan diving atau snorkelingmu karena tidak ada penyewaan disini.

Nah, demikian beberapa destinasi wisata Ambon. Untuk kamu yang berencana untuk mengunjungi Ambon melalui udara, silakan cek tiket pesawat ke Ambon dari kota mu. Juga cek hotel murah di Ambon.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pantai Ngur Tavur, Wisata Maluku

Bukan Bali Bukan Lombok, Tetapi Keindahan Wisata Maluku yang Mendunia

Pantai Ngurbloat

Pantai Ngurbloat, Pasirnya Terhalus se Asia