in ,

Destinasi Wisata Kabupaten Buru Selatan yang Selalu Jadi Incaran

Pulau Oki. Wisata Pulau Buru Selatan
Pulau Oki. Photo: Instagram @iyan_tampana

Baru baru ini wisata Kabupaten Buru Selatan menjadi incaran wisatawan lokal maupun asing. Meskipun tak se tenar daerah wisata lainnya di Maluku, kabupaten yang terletak di Pulau Buru ini punya banyak tempat wisata yang menawan.

Jika kamu melihatnya secara langsung kamu pasti paham mengapa wisata Kabupaten Buru Selatan jadi incaran. Karena memang panorama alamnya sungguh menakjubkan.

Bumi Fuka Bipolo, inilah sebutan Suku Rana, masyarakat asli Kabupaten Buru Selatan kepada tanah kelahirannya. Suku Rana menjaga alam Pulau Buru dengan sangat baik. Hingga saat ini alamnya masih asli, belum banyak campur tangan manusia. Cocok untuk wisatawan yang senang melakukan penjelajahan ke tempat yang belum tereksplorasi.

Luasnya mencapai separuh dari wilayah Pulau Buru, tak jauh beda dengan luas Kabupaten Buru, tetangganya. Sumber daya alamnya sangat melimpah. Meskipun belum dikelola secara maksimal, pemerintah setempat mulai gencar mengenalkannya ke dunia. Salah satunya lewat event Wonderful Sail Indonesia yang diadakan di Namrole, ibukota Kabupaten Buru Selatan.

Wah, sudah tidak sabar rasanya ingin segera terbang ke Kabupaten Buru Selatan.

Baca juga : Bukan Bali Bukan Lombok, Tetapi Keindahan Wisata Maluku yang Mendunia

Sayangnya tidak ada penerbangan langsung dari Ambon ke Namrole. Kabupaten Buru Selatan bisa diakses melalui bandara Namniwel yang berada di Kabupaten Buru. Dari bandara kamu bisa naik Damri menuju Namlea, ibukota Kabupaten Buru, selama 30 menit. Setibanya di Namlea kamu bisa naik kendaraan ke Namrole selama 2 jam. Transportasi umum yang tersedia hanyalah taxi.

Semakin tidak sabar bukan? Cek destinasi wisata berikut ini yang akan kamu kunjungi nanti.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Ambon yang Manise

Pulau Oki

Pulau Oki. Wisata Pulau Buru Selatan
Pulau Oki. Photo: Instagram @iyan_tampana

Pulau Oki terletak di desa Oki Lama Kecataman Namrole, Sekitar 14 km dari pusat kota Namrole. Entah mengapa pulau yang satu ini tidak termasuk wisata pulau terpopuler. Padahal keindahannya sulit dijelaskan dengan kata-kata. Mungkin karena wisata kabupaten Buru Selatan ini jarang di ekspos media. Pasir putihnya yang halus dengan air laut sebening kristal begitu menakjubkan.

Bagi kamu pecinta diving dan snorkeling sudah pasti wajib mengunjungi pulau seluas 2 hektar ini. Keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang dan biota lautnya jadi incaran. Jika kamu ingin ke Pulau Oki kamu bisa menyeberang dari Pantai Wamsoba selama 10 menit saja menggunakan perahu motor.

Pantai Wamsoba

Pantai Wamsoba
Pantai Wamsoba. Photo : Instagram @pesonabursel

Pantai Wamsoba merupakan tempat wisata Kabupaten Buru Selatan yang paling ramai dikunjungi di Namrole. Karena letaknya yang cukup dekat dari pusat kota, sekitar 4 km saja. Pemandangan laut dengan buih ombak yang menyapu bibir pantai, mampu menyejukkan hati siapa saja yang melihatnya. Pasir putihnya terlihat sangat indah saat diterpa teriknya sinar matahari.

Lambaian nyiur yang diterpa silir angin Laut Banda memberikan kesan teduh ditengah cuaca panas. Pohon kelapa, pohon waru dan beberapa pohon perdu lainnya melengkapi keindahan Pantai Wamsoba.

Selain menikmati keindahan pantai, menyelami keindahan bawah laut juga menjadi kegiatan terfavorit disini. Pemandangan bawah lautnya tak kalah indah dengan yang ada di Kepulauan Banda Naira. Kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas karena lautnya yang bening dan bebas sampah.

Pantai Air Babunyi

Kawasan wisata Air Babunyi adalah pesona alam lain yang jadi incaran di Kabupaten Buru Selatan. Pantai ini masih sangat alami, tidak ada fasilitas wisata apapun disini. Tak terlihat rumah penduduk di sekitar pantai. Ketenangan pantai Air Babunyi merupakah sesuatu yang dicari kesini.

BACA JUGA  Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak

Pantainya yang putih bersih dengan air laut berwarna biru seolah olah memanggil manggil untuk merasakan kesegarannya. Air lautnya terkenal dengan suhunya yang dingin sangat cocok dengan cuaca Buru Selatan yang panas. Lokasinya berada di Kecamatan Leksula. Untuk mencapai lokasi wisata Kabupaten Buru Selatan yang satu ini  kamu harus naik speed boat dari Namrole selama 1 jam.

Air Jin

Destinasi wisata Air Jin pernah masuk kategori wisata terunik di acara Anugerah Pesona Indonesia II pada tahun 2017. Entah mengapa disebuat air jin, padahal tidak ada hawa mistis apapun disekitarnya. Yang ada hanya pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjunnya sangat unik, air nya keluar dari lubang batu karang.

Air jin ini terletak di kaki Gunung Kepala Madan. Di atasnya terdapat bekas telapak kaki manusia berukuran besar. Bisa jadi inilah asal usul air terjun ini dinamakan air jin. Disini juga terdapat 9 buah gua. Untuk mencapai lokasi air jin kamu bisa naik speed boat dari desa Biloro di Pulau Tamaho.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Temapat Wisata kabupaten Buru : Pantai Jikumerasa

Seru! Tempat-tempat Wisata Kabupaten Buru

cara transfer DANA ke OVO

Cara Transfer DANA ke OVO: 14 langkah Mudah dan Gampang