in ,

Pantai Ngurbloat, Pasirnya Terhalus se Asia

Pantai Ngurbloat
Pantai Ngurbloat. Photo: Instagram @ngurbloat_

Kegiatan mantai akan terasa berbeda jika kamu liburan ke Desa Ngilngof Tual. Karena disini ada pantai Ngurbloat yang nyatanya punya pasir terhalus se-Asia. Majalah National Geographic pun mengakui bahwa pasir di Pantai Ngurbloat berbeda dengan pasir di daerah manapun di Asia, karena butirannya paling halus.

Pasir di Pantai Ngurbloat benar-benar halus seperti tepung. Bahkan menurut pengakuan beberapa wisatawan, butiran pasirnya lebih halus dari pasir di pantai Wayag Raja Ampat. Menurut bahasa setempat, Ngur artinya pasir dan bloat artinya panjang. Pantai pasir panjang ini terbentang sejauh 3-5 km. Sepanjang mata memandang hanya terlihat hamparan pasir putih nan halus.

Berada di daerah Kepulauan membuat Indonesia memiliki banyak tempat wisata pantai. Kota yang berada di daerah pesisir sudah pasti menjadi destinasi. Wisata pantai di Indonesia sangat digemari wisatawan lokal maupun asing karena pemandangannya yang eksotis. Ditambah dengan pemandangan lautnya yang sangat indah.

Baca juga : Bukan Bali Bukan Lombok, Tetapi Keindahan Wisata Maluku yang Mendunia

Keindahan pantai dan laut di daerah wisata sungguh mempesona. Begitu juga dengan pemandangan pantai di daerah pulau, benar-benar tiada duanya. Kelebihannya wisata pulau memiliki ekosistem yang lebih terjaga dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Lokasinya jarang dikunjungi sehingga pantainya sangat bersih.

Jika kamu rindu mantai kamu sudah bisa memilih daerah wisata yang mulai dibuka untuk umum. Setelah kemarin sempat ditutup akibat pandemi, beberapa tempat wisata sudah kembali dibuka, meskipun masih terbatas bagi wisatawan asing. Kegiatan mantai pun tetap bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Apa saja kegiatan terfavorit di Pantai Ngurbloat?

Kegiatan terfavorit disini sudah pasti bermain pasir. Rebahan sambil menikmati birunya langit desa Ngilngof sungguh sangat menyenangkan. Atau sekedar duduk duduk diatas pasir sambil menunggu sunset di sore hari. Juga melakukan snorkeling dan diving sambil menikmati keindahan bawah lautnya.

BACA JUGA  Liburan ke Kota Baubau yang Lebih Berharga Dari Sekedar Aspal

Disepanjang pantai Ngurbloat terdapat spot-spot selfie yang sengaja dibangun pemerintah setempat untuk menarik wisatawan. Para pecinta fotografi lebih senang berada di lokasi ini. Banyak wisatawan yang menikmati sunset sambil duduk di pasir di sekitar spot selfie. Ada juga yang memilih duduk di bawah pohon rindang sambil menunggu matahari senja.

Dipinggir pantai ditumbuhi oleh deretan pohon kelapa. Cuaca Pulau Kei yang panas diimbangi dengan angin laut Banda yang sejuk. Semilir angin menerpa pohon kelapa menambah keindahan alam sekitar pantai. Bersantai di bawah pohon kelapa atau pondok peristirahatan sama asiknya.

Beberapa wisatawan lain memilih menonton sunset di jembatan dermaga. Jembatan dermaga yang terbuat dari beton menjadi gardu pandang melihat sunset dari tengah lautan. Lokasi ini menjadi tempat favorit anak muda. Selain melihat sunset mereka terlihat sibuk selfie bersama.

Tak hanya itu, kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Ngurbloat adalah olahraga air seperti diving dan snorkeling. Tak jauh dari pantai terdapat 10 pulau kecil yang biasa digunakan untuk menyelam. Wisatawan yang berkunjung bisa berjam-jam menikmati keindahan bawah lautnya. Ikan kecil dan terumbu karang disini masih alami dan terawat.

Saking bersihnya, beraneka macam ikan berwarna warni bisa dilihat jelas dari permukaan air laut. Pantai Ngurbloat memang sangat dijaga kebersihannya. Pemerintah melarang keras wisatawan yang berkunjung membawa sesuatu yang berbahan plastik. Hal ini dilakukan karena Maluku Tenggara tengah berupaya mengurangi sampah plastik terutama di tempat wisata.

Kapan sebaiknya berkunjung?

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Ngurbloat adalah saat bulan April, Mei, November dan Desember karena ombak relatif tenang. Ombak yang bersahabat membuat betah berlama lama berenang di pantai. Berenang di pantai juga menjadi kebiasaan warga sekitar. Saat cuaca cerah pantai Ngurbloat diramaikan oleh penduduk Desa Ngilngof.

BACA JUGA  Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Disini juga terdapat perahu yang bisa disewa untuk berkeliling. Sore hari perahu berwarna warni meramaikan pantai, siap mengantarkan penumpang menikmati keindahan pemandangan sekitar pantai. Tarifnya juga tidak mahal, kamu bisa patungan dengan teman-teman.

Bagaimana mencapai lokasi?

Pantai Ngurbloat berada di Desa Ngilngof, Pulau Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Dari Langgur yang merupakan pusat kota Pulau Kei hanya sekitar 15 menit. Dari bandara Karel Sadsuitubun kamu bisa berkendara selama 4 hingga 5 jam. Tak sulit mencapai lokasi karena akses jalanya sudah sangat bagus.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Jembatan Merah Putih

Destinasi Wisata Ambon yang Manise

Ngurtavur

Fenomena Ngurtavur si Pembelah Lautan Pulau Woha