in ,

Seru! Tempat-tempat Wisata Kabupaten Buru

Temapat Wisata kabupaten Buru : Pantai Jikumerasa
Pantai Jikumerasa. Photo : Instagram @rainajkm

Setelah lama kita di rumah saja akibat pandemi covid-19, segala aktivitas yang bersifat tidak urgent menjadi tertunda, termasuk jalan-jalan. Mungkin sebagian dari kamu sudah kangen dengan liburan. Tapi mau kemana ya? Kamu bisa mulai dari tempat-tempat seru di Indonesia.

Hotelmurah.com merekomendasikan beberapa tempat wisata Kabupaten Buru di Provinsi Maluku. Kabupaten Buru terletak di Pulau Buru. Pulau indah satu ini masih tergolong sepi, karena belum banyak diekspos media. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai tempat wisata yang belum tereksplorasi.

Akses ke Kabupaten Buru cukup mudah. Kamu bisa naik pesawat dari Jakarta ke Namlea, ibukota Kabupaten Buru transit di Ambon. Booking tiket pesawat ke Pulau Buru dari kotamu.

Ini beberapa pilihan tempat-tempat seru di Kabupaten Buru.

Bukit Tatanggo

Bukit Tatanggo
Bukit Tatanggo. Photo: Instagram @visitnamlea

Bukit Tatanggo terletak tak jauh dari pusat kota Namlea, hanya 5 menit dari simpang lima Namlea. Pemandangan kecamatan Namlea dari ketinggian bisa kamu nikmati disini. Sepanjang mata memandang akan dihiasi oleh deretan bukit yang ditumbuhi oleh tanaman kayu putih.

Dari tempat wisata kabupaten Buru yang satu ini kamu juga bisa melihat Gunung Batabual dan Teluk Namlea. Bisa banget selfie seru bersama teman disini.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah menjelang terbit matahari. Pemandangan sunrise akan terlihat sangat cantik. Tidak disarankan datang di siang hari karena cuacanya sangat panas. Meskipun mendung atau berawan, suhu di bukit Tatanggo sangat panas.

Danau Rana

Tempat seru wisata kabupaten Buru selanjutnya adalah Danau Rana. Pemandangan disekitar danau sangat indah. Panjangnya kurang lebih 43 km, dikelilingi oleh hutan lindung dan kampung penduduk asli Pulau Buru. Lokasi danau terletak di pedalaman sehingga jarang sekali dikunjungi.

BACA JUGA  Meskipun Tak Viral, Kepulauan Tanimbar Layak Jadi Terkenal

Perjalanan menuju Danau Rana memang cukup menguras tenaga. Namun semua lelah terbayarkan dengan pemandangan disekitar danau sangat indah. Danau rana bisa dikunjungi melalui 2 jalur.

Baca juga : Bukan Bali Bukan Lombok, Tetapi Keindahan Wisata Maluku yang Mendunia

Pertama lewat desa Wamlana dengan jarak tempuh 1,5 jam dari pusat kota Namlea dengan menggunakan mobil. Perjalanan dilanjutkan dengan menumpang mobil milik perusahaan kayu PT. Gema Hutan Lestari.

Yang kedua lewat desa Tifu dengan jarak tempuh 5 jam dari pusat kota Namlea dengan menggunakan speed boat. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki mobil truk menuju desa Waelo sejauh 40 km. Perjalanan jauh masih dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 6 jam menuju Danau rana.

Air Terjun Waeura

Air Terjun Waeura
Air Terjun Waeura/ Photo : Instagram @rani_raihana12

Seru juga bermain air di cuaca kota Namlea yang panas. Kamu bisa coba ke air terjun Waeura. Air terjun yang bersih dan jernih mengalir melewati bebatuan besar menjadi daya tarik tempat wisata Kabupaten Buru yang satu ini. Bebatuan besar berundak membuat aliran air terjun menjadi berlapir lapis.

Pepohonan rimbun disekitarnya membuat sejuk, semakin betah berlama lama disini. Pemandangan hijau menambah keseruan bermain air dikolam air terjun. Lokasinya tak jauh dari kota Namlea sehingga akses kesini sangat mudah.

Pantai Lala

Pantai Lala
Pantai Lala. Photo : Instagram @pengawallautnkri

Tidak seru jika ke tempat wisata Kabupaten Buru tanpa mencoba wisata pantainya. Hampir semua pantai disini menjadi destinasi wisata primadona, pantai Lala salah satunya. Pantai yang terletak di desa Lala ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Air laut yang jernih menerpa bibir pantai berupa pasir putih benar-benar memberikan pemandangan yang indah.

Pantai Lala terkenal sebagai spot terbaik untuk melihat sunrise di Pulau Buru. Pantai Lala sangat dekat dari pusat kota Namlea, hanya sekitar 10-15 menit menggunakan sepeda motor kamu sudah sampai disni

BACA JUGA  Destinasi Wisata Kabupaten Buru Selatan yang Selalu Jadi Incaran

Pantai Jikumerasa

Temapat Wisata kabupaten Buru : Pantai Jikumerasa
Pantai Jikumerasa. Photo : Instagram @rainajkm

Ini satu lagi pantai tempat wisata Kabupaten Buru yang tak kalah seru, pantai Jikumerasa namanya. Lokasi nya lebih jauh dibandingkan Pantai Lala, sekitar 27 km dari pusat kota Namlea. Pasir putihnya yang bersih dan halus berpadu dengan air lautnya yang berwarna biru toska sungguh menyejukkan mata. Ombaknya relatif tenang dan pemandangan bawah lautnya sangat indah.

Wisata Pantai Jikumerasa sangat seru, karena selain bisa bermain air juga bisa menikmati pemandangan alam berupa danau kecil dan bukit hijau yang letaknya tak jauh dari pantai. Danau air asin, begitu warga setempat menyebutnya. Tak salah jika pantai ini menjadi wisata andalan di Namlea.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Lava Flow

Banda Neira yang Bukan Sekedar Nama

Pulau Oki. Wisata Pulau Buru Selatan

Destinasi Wisata Kabupaten Buru Selatan yang Selalu Jadi Incaran