in , ,

Temukan Tempat Wisata Alam di Gowa

Tempat Wisata Alam di Gowa
Photo : Instagram @raranilachclaudya

Apakah kamu tertarik dengan wisata alam yang eksotis? Lebih suka tempat wisata yang sepi daripada ramai? Mencari tempat wisata dengan pemandangan yang mempesona? Jika ketiga pertanyaan ini kamu jawab iya, maka tempat wisata alam di Gowa jawabannya.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan wisata untuk akhir tahun ini tentu perlu persiapan yang matang. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya mempersiapkan destinasi wisata yang ingin kamu tuju.

Tak berlebihan jika menyebut Kabupaten Gowa sebagai surga dunia. Karena memang alamnya yang sungguh mempesona. Kabupaten Gowa yang terletak di Sulawesi Selatan ini punya beberapa tempat wisata dengan pemandangan yang eksotis, tidak begitu ramai dan tentunya mempesona. Jika berkunjung ke Goa, wajib hukumnya untuk mencoba tempat wisata alam di Gowa.

Malino Highland

Malino Highland
Malino Highland. Photo : Instagram @olivyaaa_

Malino highland terletak di Kecamatan Tinggimoncong. Jika kamu dari Makassar,perjalanan kesini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Berlokasi di ketinggian 900 mdpl, Malino highland sangat subur ditumbuhi tanaman teh.

Perkebunan teh seluas 900 hektar menjadi pemandangan indah disepanjang mata memandang. Mulai dari perjalanan menuju Malino Highland, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan deretan pohon pinus nan indah.

Baca juga : Tempat Wisata di Bantaeng yang Paling Sering Dikunjungi

Di sisi kiri dan kanan jalan terhampar luas kebun teh. Pemandangan ini dipercantik dengan adanya deretan pohon sakura, kebun bunga, kebun binatang mini dan air terjun. Tidak salah Malino Highland adalah salah satu pilihan utama tempat wisata alam di Gowa.

Danau Tanralili

Danau Tanralili
Danau Tanralili. Photo : Instagram @mataaje

Danau Tanralili yang cantik terletak di desa Maninbahoi di kaki Gunung Bawakaraeng. Danau ini terbentuk dari cekungan akibat longsoran gunung. Nama Tanralili diambil dari nama sebuah prajurit pemberani dari Kerajaan Sulawesi Selatan.

BACA JUGA  Aktivitas Favorit Saat Berwisata ke Kepulauan Sangihe

Bagaimana menuju Danau Tanralili? Perjalanan ditempuh dengan trekking selama 3 jam dari Desa Lengkese, desa terdekat dari kaki Gunung. Jika kamu dari jalan Malino, desa Lengkese bisa ditempuh melalui jalan Kecamatan Parigi dari arah Makassar. Lokasi desa tak sulit ditemukan sebab sudah ada petunjuk jalan yang jelas.

Baca juga : Mencoba Petualangan Anti Mainstream di Kabupaten Pasangkayu

Selama menelusuri jalur trekking kamu akan melewati medan berupa tanah dan bebatuan. Danau kecil yang dilewati saat trekking menjadi tempat peristirahatan yang pas. Setelah berjalan selama 30 menit, jalan yang datar berubah menjadi tanjakan tajam dengan pemandangan bukit dan lembah hijau serta sungai yang mengalir di bawahnya.

Sungguh indah tempat wisata alam di Gowa yang satu ini. Dari sana suara gemericik air danau sudah terdengar. Danau Tanralili sering dijadikan tempat berkemah. Namun pengunjung dilarang berenang di danau.

Lembah Ramma, Tempat Wisata Alam di Gowa untuk Pendaki

Lembah Ramma
Lembah Ramma. Photo : Instagram @pendakicupujateng

Lembah Ramma masih berada di lokasi kaki Gunung Bawakaraeng. Lokasi ini menjadi tujuan para pendaki gunung. Perjalanan menuju Lembah Ramma dihiasi dengan hamparan perkebunan milik warga. Kemudian berganti dengan deretan pohon pinus.

Di depan tanjakan dengan bebatuan besar sudah siap menanti. Para pendaki akan melewati 4 sumber air. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Puncak Talung.

Baca juga : Tempat Wisata Seru yang Wajib Dikunjungi di Takalar

Puncak Talung menawarkan pemandangan Gunung Bawakaraeng dan Pegunungan Lompo Botong. Dari sini dinding-dinging terjaln Gunung Bawakaraeng tampak sangat gagah. Di bawahnya adalah Lembah Ramma yang menjadi tujuan.

Hanya 30 menit berjalan kaki kamu sudah sampai dilokasi. Padang rumput nan luas yang ditengah-tengh terdapat sebuah aliran sungai yang kecil adalah pemandnagan indah di Lembah Ramma. Disini juga terdapat danau Lembah Ramma yang menjadi pusat berkemah para pendaki.

BACA JUGA  Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Baca juga : Serunya Berlibur di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Gimana ? kamu punya pilihan tersendiri atau pengalaman unik tentang tempat wisata alam di Gowa ? Silakan ceritakan di comment ya.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Gunung Karangetang Kabupaten Sitaro

Surga Tersembunyi Terpopuler di Kabupaten Sitaro

Pantai Tanjung Palette

Pesona Wisata di Kabupaten Bone