in , ,

Pesona Wisata di Kabupaten Bone

Pantai Tanjung Palette
Pantai Tanjung Palette. Photo : Instagram @rickykukeko

Tertarik untuk berwisata di kabupaten Bone? Sebelum anda ke Bone, anda tentu harus tau dimana itu Kabupaten Bone dan kemana saja tempat-tempat wisata yang perlu anda kunjungi.

Kabupaten Bone adalah salah satu Daerah otonom di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di kota Watampone. Sejarah mencatat bahwa Kabupaten Bone merupakan salah satu kerajaan besar di nusantara pada masa lalu.

Kebesaran dan kejayaan kerajaan Bone di masa lalu, kini dibarengi dengan keragaman dan keindahan pesona wisatanya yang ada di masa sekarang. Baik itu keragaman wisata sejarahnya, wisata budaya, maupun wisata alamnya.

Berwisata di Kabupaten Bone tidak akan membuat anda bosan. Karena ragam sajian obyek-obyek wisata yang cukup menarik, membuat anda dapat menikmati waktu libur atau refresing bareng keluarga.

Baca juga : Temukan Tempat Wisata Alam di Gowa

Seperti halnya ada wisata Budaya, yang menyuguhkan Rumah Adat Bugis (Bola Somba) di Watampone, Museum Saoraja Lapawawoi Kr. Sigeri di Watampone, Makam Raja-Raja Bone di Bukaka Watampone, dan Makam Raja-raja di Lalebata Lamuru.

Ada juga wisata Alam nan Bersejarah, seperti wisata Goa Mampu di Desa Cabbeng Kecamatan Dua BoccoE, Goa Janci di Desa Mallari Kecamatan Awangpone dan Tempat Peraduan Arung Palakka dalam Goa di Kecamatan Awangpone.

Tidak lupa juga ada wisata Alam, yang siap menanti kedatangan Anda, dengan menyuguhkan obyek wisata Tanjung Pallette di Kecamatan Tanete Riattang Timur Desa Gareccing di Kecamatan Tonra, Pantai Cappa Ujung di Kecamatan SibuluE , Permandian Bonto Jai di Kecamatan Bontocani, Permandian AlingE di Kecamatan Ulaweng, Permandian Lanca di Kecamatan TellusiattingE, Air Panas Saweng di Kecamatan Ponre, Bendungan Salomekko di Kecamatan Salomekko dan Taretta, di Kecamatan Amali.

BACA JUGA  Serunya Berlibur di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Baca juga : Tempat Wisata di Bantaeng yang Paling Sering Dikunjungi

Semua obyek wisata di Kabupaten Bone yang terurai di atas menjadi satu aset kekayaan yang sangat bernilai dalam kemajuan pariwisata di Kabupaten Bone.

Kali ini kita akan ulas beberapa obyek wisata unggulan di Kabupaten Bone :

Bola Soba

Bola Soba
Bola Soba. Photo : Instagram @andiahmad21

Bola Soba merupakan rumah bersejarah dari peninggalan Raja-Raja Bone terdahulu yang hingga kini masih terjaga dengan sangat baik peninggalan peninggalan sejarahnya. Selain itu Bola Soba masih terawat dengan baik. Tempat wisata di Kabupaten Bone ini dinamakan Bola Soba karena mengandung sebuah arti yang bermakna “rumah persahabatan”.

Baca juga : Mencoba Petualangan Anti Mainstream di Kabupaten Pasangkayu

Pada even-even besar, disekeliling Bola Soba sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan beberapa tradisi lama yang masih dengan kuat dilaksanakan. Untuk masuk ke obyek ini, tidak dikenakan restribusi sama sekali alias gratis. Lokasi Bola Soba ini terletak di Jl. Latenritatta dan Sukawati, Kota Watampone, Bone.

Pantai Tanjung Palette

Pantai Tanjung Palette
Pantai Tanjung Palette. Photo : Instagram @rickykukeko

Pantai ini merupakan objek unggulan wisata di Kabupaten Bone, yang tidak pernah sepi dari pengunjung terutama musim liburan. Tanjung Pallette ini menyuguhkan keindahan alam air laut yang biru yang menakjubkan.

Selain memiliki pemandangan yang memukau, tempat ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan wisata ini. Mulai dari penginapan, kolam renang, area memancing dan fasilitas lainnya tersedia di tempat ini dan sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Baca juga : Tempat Wisata Seru yang Wajib Dikunjungi di Takalar

Kawasan wisata di Kabupaten Bone ini masuk dalam wilayah Kecamatan Tanete Riattang Desa Pallette, dengan jarak tempuh dari Kota Bone sekitar 22km dari arah selatan, atau sekitar 35 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tarif ke Pantai Tanjung Pallette ini Rp. 3000 (Dewasa) dan Rp. 2000 (anak-anak).

BACA JUGA  Tak Perlu Ragu, Kunjungi Tempat Indah di Tojo Una Una

Masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya seperti Museum Lapawawoi, Wisata Gua Mampu, dan Wisata Air Terjun Ulu Pere. Anda bisa memasukan tempat-tempat tersebut ke dalam daftar wisata anda di Kabupaten Bone.  Jangan lupa jika anda ingin memesan tiket perjalanan serta penginapan yang sesuai dengan jadwal liburan anda, anda perlu memesan di https://www.hotelmurah.com/.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Tempat Wisata Alam di Gowa

Temukan Tempat Wisata Alam di Gowa

Pulau Busak

5 Tempat Wisata Buol dan Sejuta Pesona di dalamnya