in

7 Cara Cek Pembayaran Listrik Dengan Mudah dan Cepat

cek pembayaran listrik
cek pembayaran listrik

Mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar untuk penggunaan listrik merupakan suatu hal penting terlebih dalam mengetahui nomor rekening tersebut.

Nyatanya ada beberapa orang yang kurang mengerti bagaimana cara cek pembayaran listrik dan pengecekan nomor rekening ini. Padahal dengan mengetahui nomor rekening bisa mempermudah dalam pembayaran listrik setiap bulannya.

cek pembayaran listrik
cek pembayaran listrik

Beberapa cara cek pembayaran listrik

  1. Cek pembayaran listrik PLN Mobile

Cara mengecek tagihan listrik ini bisa dilakukan ketika sudah mengetahui nomor rekening listrik yang sedang dituju. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengeceknya di aplikasi PLN Mobile.

Ada beberapa langkah yang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi mengenai rekening listrik melalui PLN Mobile ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di smartphone Anda
  • Buka pilihan menu informasi pada tombol menu
  • Pilih informasi tagihan dan klik tombol token
  • Masukkan ID pelanggan Anda
  • Terakhir pilih cari, maka nomor rekening Anda akan dimunculkan beberapa saat setelah dipastikan ID yang dimasukkan benar.
  1. SMS

Salah satu cara praktis yang ditawarkan untuk pelanggan listrik adalah adanya cek pembayaran listrik online. Namun cara ini bisa dilakukan ketika pengguna mengetahui rekeningnya. Banyak orang yang lupa atau tidak menyimpan nomor rekening yang krusial ini.

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor rekening listrik adalah melalui SMS. Tentu saja hal ini berguna bagi orang-orang yang tidak menggunakan smartphone.

Ketika menggunakan cara SMS ini tentu saja yang dilakukan cukup mudah seperti SMS biasanya. Yang perlu Anda ketik adalah REK<spasi>NO ID Pelanggan kemudian kirimkan ke nomor 8123.

  1. Website hotelmurah.com

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengetahui nomor rekening listrik adalah melalui laman website Hotel Murah. Anda harus melakukan beberapa langkah ini untuk cek tagihan listrik pascabayar:

  • Cari dan klik website yang dikunjungi kemudian carilah tab ‘LISTRIK’
  • Masukkan nomor ID pelanggan dan nomer HP Anda, jangan sampai salah dalam memasukkannya.
  • Kemudian Anda akan dialihkan pada laman jumlah tagihan yang harus dibayar.
  • Tunggulah nominal tagihan tersebut muncul dan Anda bisa melanjutkan pembayaran.

Anda juga bisa membayar tagihan listrik Prabayar, caranya hampir sama dengan cara mengecek tagihan listrik pascabayar di atas. Hanya saja Anda bisa melanjutkan dengan membeli token listrik yang diinginkan. Setelah itu ikuti instruksi pembayaran yang ada.

  1. Telepon

Membutuhkan nomor rekening secara cepat? Pengguna bisa mencoba cara yang satu ini yaitu menggunakan media telepon. Tentu saja yang perlu dilakukan adalah menelepon seperti biasanya. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Lakukan call center dengan menekan 123
  • CS akan memberikan instruksi yang jelas mengenai tata cara pengecekan tagihan listriknya.
  • Anda juga bisa langsung tersambung ke layanan pelanggan untuk menanyakan informasi yang rinci mengenai rekening Anda.
  1. Minimarket

Biasa membayar melalui minimarket? Tidak masalah Anda juga bisa menanyakan tagihan listrik di sini. Yang perlu dilakukan adalah tentunya pengguna harus tahu terlebih dahulu ID penggunanya.

Lalu tunggu beberapa detik mereka akan mengecek tagihannya. Tidak menunggu lama tagihan sudah bisa Anda terima.

  1. Surel

Anda juga bisa mengetahui informasi lengkap termasuk nomor rekening melalui surel PLN. Meskipun memerlukan registrasi yang panjang sebelum bisa untuk menggunakannya.

  1. Kantor PLN

Cara ini adalah cara terakhir untuk dilakukan ketika Anda benar-benar kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait nomor rekening dan juga jumlah tagihan. Yang bisa dilakukan paling aman adalah mengunjungi kantor PLN untuk bertanya secara rinci dan jelas.

Itulah cara yang bisa digunakan untuk cek pembayaran listrik, semoga bermanfaat.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
TMII lampung

Destinasi Liburan Menarik di Lampung Tengah

wisata sukabumi

Buat Yang Senang Main Air Coba Deh Kesini