in

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI yang Efisien

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI
Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI

Jika kamu menggunakan ATM BRI, maka ketahuilah cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI dengan tepat. Caranya juga sangat mudah dan tidak ribet. Kamu bisa masuk ke website terlebih dulu kemudian ikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Selain cara pembayarannya, kamu juga bisa mencoba mengecek tagihan listrik. Baik di aplikasi atau di website, dengan pembayaran dari ATM BRI.

Inilah Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI dan Cek Tagihannya

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI
Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI

cek tagihan listrik sekarang

Cara mengecek tagihan listrik pascabayar di website hotelmurah.com terlebih dulu sebelum membayar, bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Masukkan nomor ID pelanggan dan juga nomor HP kamu pada kolom Tagihan Listrik atau kolom yang paling atas.
  • Pilih menu Lihat Tagihan.
  • Tagihan listrik yang kamu cek di sana akan tampil setelah itu lanjutkan pembayaran di ATM BRI.
  • Kamu bisa datang langsung ke ATM BRI lalu lakukan pembayaran di sana, dengan nominal sesuai yang ada di tagihan listrik.

Cara cek tagihan listrik pasca bayar dan prabayar bisa juga dengan menggunakan aplikasi, dengan cara berikut:

  • Unduh aplikasinya terlebih dulu kemudian install di HP/laptop.
  • Klik menu Listrik.
  • Bagi para pelanggan prabayar masukkan juga ID pelanggan dan nominal pembelian yang diperlukan, lalu klik Lanjutkan.
  • Untuk pelanggan listrik pasca bayar masukkan ID pelanggannya juga, dan masukkan nomor Handphone. Setelah itu pilih Lanjutkan untuk ke tahap berikutnya.

Ketahui Ketentuan Telat Pembayaran Listrik

cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI dengan praktis
cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI dengan praktis

Segala kegiatan manusia yang dilakukan setiap hari saat ini, tidak terlepas dari penggunaan energi listrik. Hampir semua benda/alat yang digunakan bersumber dari listrik tersebut. Seperti misalnya lemari es, AC, lampu, dan sebagainya.

BACA JUGA  Mekanisme Kerja Dari Alat Penghemat Listrik

Apabila tidak ada sumber listrik seharian penuh maka akan ada banyak kegiatan yang terganggu. Baik kegiatan sepele maupun kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, yang menggunakan listrik.

Dalam bidang ekonomi, hal itu akan sangat merugikan. Para pengguna listrik dan pelanggan PLN menggunakan listrik pasca bayar atau prabayar. Untuk pengguna listrik prabayar harus membeli token listrik, sedangkan untuk listrik pasca bayar harus membayar tagihan listrik.

Bagi para pelanggan listrik pasca bayar maka pembayaran listrik harus dilakukan tepat waktu. Paling lambat setiap bulannya adalah tanggal 20. Tapi masih banyak orang yang telat membayar listrik, dengan melebihi tanggal 20.

Tagihan listrik yang tidak dibayar menjadi tunggakan listrik, dan harus membayar denda keterlambatan listrik tersebut. Supaya tidak didenda, maka ketahuilah bagaimana cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI agar bisa melunasi tagihan tepat waktu.

Berikut ini ketentuan dalam keterlambatan membayar listrik secara bertahap:

  • Satu Bulan Tunggakan

Tidak hanya biaya keterlambatan pembayaran listrik yang harus dibayar, tapi akan ada pemutusan listrik sementara untuk sebulan tunggakan. Pada bulan pertama kamu menunggak maka listrik akan diputus melalui MCB.

Yaitu sebuah perangkat elektromekanis yang fungsinya adalah untuk melindungi rangkaian instalasi listrik, dari suatu arus listrik. Apabila ini terjadi maka listrik di rumah tidak akan menyala atau digunakan.

Setelah dilakukan pelunasan maka listrik akan dinyalakan dan aktif lagi seperti semula.

  • Dua Bulan Tunggakan

Ketika waktu tunggakan kamu sudah masuk ke dua bulan, maka sangsinya pun akan lebih berat. Listrik di rumah akan diputus secara sementara dengan menggunakan APP, yang berupa KWH meter dan MCB.

Tak hanya itu saja, tapi aliran yang berasal dari tiang migrasi pada meteran listrik rumah juga akan terputus. Di tahap ini kamu juga harus segera melunasi tagihan supaya listrik tidak diputus secara permanen.

  • Tiga Bulan Tunggakan

Jika kamu sudah tahu cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI dengan mudah, maka tagihan listrik bisa langsung dilunasi. Dan kamu juga tidak akan menunggak sampai 3 bulan lamanya.

BACA JUGA  Cek Tagihan Listrik Jambi dan 4 Tips Penting yang Perlu Diketahui

Jangka waktu 3 bulan adalah waktu paling terakhir yang diberikan oleh pihak PLN. Apabila sudah lewat dari 3 bulan masih belum dibayar maka listrik akan langsung diputus permanen.

Kamu juga harus langsung melunasi tunggakan serta membayar biaya pemasangan yang baru, memakai KWH meter listrik prabayar.

Dengan memahami keterlambatan pembayaran listrik, maka kamu harus mengetahui cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI agar tidak terlambat.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Cara Mengetahui Nomor Wajib Pajak PBB

Cara Mengetahui Nomor Wajib Pajak PBB dengan Benar