in

Periode Tanggal Tagihan Listrik 2022 Penting Jangan Sampai Telat Bayar

Periode Tanggal Tagihan Listrik 2022

Pertanyaan seputar kapan harus membayar kembali tagihan listrik, berkaitan dengan periode tanggal tagihan listrik 2022. Sehingga kamu harus tahu kapan harus membayar tagihan listrik, atau per tanggal berapa tagihan listrik yang baru mulai dihitung.

Regulasi pembayaran dan tagihannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

Batas Waktu Pembayaran Listrik Periode Tanggal Tagihan

Listrik 2022

Ketentuan batas waktu dalam pembayaran listrik juga sudah tercantum di dalam Dokumen Syarat dan juga Pasang Baru Listrik untuk pelanggan. Batas akhir pembayaran listrik biasanya di tanggal 20 setiap bulannya.

Artinya, kamu harus membayar listrik setiap bulan tidak lebih dari tanggal 20. Sedangkan untuk penentuan tanggal tagihan listrik mulai dihitung biasanya bergantung pada kebijakan dari PLN itu sendiri.

Inilah periode tanggal tagihan listrik 2022 yang telah ditetapkan juga oleh PLN, yaitu setiap tanggal 20 setiap bulan berjalan. Hal ini hanya berlaku untuk jenis listrik pasca bayar atau pelanggan PLN pasca bayar.

cek tagihan listrik sekarang

Denda untuk Telat Bayar Listrik

Selain periode pembayaran listriknya, kamu juga harus tahu hal penting lainnya yaitu denda pembayaran listrik. Terkadang tidak semua orang bisa membayar listrik dengan tepat waktu. Maka bagi pelanggan yang terlambat bayar listrik akan terkena denda.

Keterlambatan pembayaran listrik ini juga sangat beragam, ada yang dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan. Denda dari pembayaran listrik ini berlaku untuk pelanggan listrik prabayar atau konsumen yang tarif listriknya reguler.

Misalnya mereka yang tidak membayar listrik dalam hitungan bulan. Supaya tidak terkena denda, kamu harus rajin cek tagihan listrik secara berkala. Karena banyak juga orang yang lupa membayar listrik sehingga harus membayar lebih dari tanggal 20.

BACA JUGA  Untung Mana? Tagihan Listrik Pascabayar vs Prabayar

Berikut ini rincian denda untuk keterlambatan pembayaran listrik di tahun 2022:

  • 450 VA Rp.3000,-/bulan
  • Di atas 14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik
  • 900 VA Rp.3000,-/bulan
  • 6.600-14.000 VA 3% dari tagihan rekening listrik
  • 1300 VA Rp.5000,-/bulan
  • 3.500-5.500 VA Rp.5000,-/bulan
  • 2200 VA Rp.10.000,-/bulan

Selain itu, para pelanggan PLN pasca bayar yang telat membayar selama berbulan-bulan bisa terkena sangsi pemutusan. Hal ini juga menjadi kelalaian dari tidak adanya pembayaran listrik.

Aturan Tentang Denda Bayar Listrik

Periode Tanggal Tagihan Listrik 2022

Periode tanggal tagihan listrik 2022 lengkap akan menjadi persiapan bagi para pelanggan, dalam menghadapi aturan baru di tahun depan. Biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dulu apabila ada aturan yang berubah.

Baik dalam hal tagihan listrik atau denda keterlambatan pembayaran. Pengenaan BK atau denda keterlambatan pembayaran di setiap lembar tagihannya, dibatasi maksimal 3 kali saja. Tarif denda BK ini diatur dengan ketentuan berikut ini:

  • BK yang pertama berlaku untuk pelunasan pembayaran listrik setelah batas akhir dari waktu pembayaran, sampai akhir bulan bagi seluruh pelanggan.
  • BK yang kedua diberlakukan setelah BK pertama, untuk pelunasan yang dimulai dari tanggal 1 hingga akhir bulan depan.
  • BK ketiga berlaku setelah BK yang kedua, untuk pelunasan yang dimulai di tanggal 1 hingga akhir bulan selanjutnya.

Salah satu tips penting dalam pemakaian listrik dengan nyaman bisa dilakukan dengan membayar listrik setiap awal bulan. Keluarnya tagihan listrik dan kapan dapat diakses oleh pelanggan adalah setiap tanggal 2 dan 3 di setiap bulannya.

Tagihan listrik ini menjadi hasil pemakaian dalam pemakaian di bulan yang sebelumnya. Walaupun masih ada spare waktu untuk pembayaran listrik maksimal tanggal 20, tetapi akan lebih baik jika dibayar di awal bulan.

BACA JUGA  Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI yang Efisien

Perhitungan pada tagihan listrik dengan menggunakan pengecekan fisik oleh petugas PLN dan pencatatan dilakukan melalui kWh meter. Tapi pelanggan juga bisa mencatat meter secara mandiri lalu kirim ke PLN.

Kamu bisa mencatat kWh meter ini di tanggal 24 – 27 setiap bulan. Untuk tagihannya sendiri nantinya bisa dilihat melalui pemakaian aplikasi dan website hotelmurah.com. Segala hal tentang kelistrikan bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satunya adalah dalam mengetahui periode tanggal tagihan listrik 2022. Pembayaran tagihan listrik juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut. Hotelmurah memang selalu memberi kemudahan bagi setiap pelanggannya, terutama yang terkait pembayaran listrik.

cek tagihan listrik sekarang

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Cek Pajak Bumi Bangunan Online

Pelajari Cara Cek Pajak Bumi Bangunan Online untuk Perusahaan

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat BCA Mobile

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat BCA Mobile Secara Online