in

Manfaat Tidak Membuang Struk Pembayaran Rekening Listrik Prabayar

print struk pembayaran rekening listrik
print struk pembayaran rekening listrik

Struk pembayaran rekening listrik berlaku hanya untuk pembayaran listrik pasca bayar. Namun sekarang, pembayaran listrik pasca bayar pun bisa dilakukan secara online. Sehingga tidak memerlukan struk pembayaran cetak.

Struk pembayaran ini juga berlaku untuk listrik prabayar ketika membeli token listrik. Banyak manfaatnya dengan tidak membuang struk pembayaran tersebut.

Manfaat Tidak Membuang Struk Pembayaran Rekening Listrik

print struk pembayaran rekening listrik
print struk pembayaran rekening listrik

Untuk transaksi pembelian yang cepat dan mudah tentu bisa menggunakan metode online. Sama halnya dengan pembayaran listrik secara online, yang memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah tidak adanya struk pembayaran seperti pembayaran offline.

Biasanya pembelian token listrik pada listrik prabayar atau bahkan pembayaran listrik pasca bayar akan menggunakan slip pembelian. Tapi kebanyakan orang akan membuang slip pembayaran tersebut, atau struk pembayaran listrik.

Fungsi dari struk pembayaran rekening listrik bukti pembelian yang artinya kamu sudah membeli/membayar listrik. Maka tidak membuangnya adalah hal yang paling tepat, karena bisa berfungsi di masa mendatang.

Di dalam struk pembayaran tersebut terdapat kode yang berfungsi untuk penambahan nilai KWH yang akan kamu peroleh. Caranya pun mudah sekali, masukkan lagi nomor tokennya nanti akan terlihat nilai KWHnya.

Hal ini merupakan fasilitas dari PLN sebagai layanan tambahan berupa Tingkat Mutu Pelayanan. Sistem token itulah yang akan memberi gambaran pada pelanggan, tentang kualitas dari PLN untuk para penggunanya.

Informasi pembayaran listrik yang menggunakan sistem transaksi berupa pulsa memang ada. Namun dianggap tidak efektif karena jauh lebih menguntungkan jika membeli secara online. Dilihat dari sisi efektivitasnya memang kurang baik.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Lewat HP?

Sedangkan pembelian pulsa token untuk listrik prabayar melalui online dianggap lebih mudah, cepat, dan efisien. Ditambah lagi banyaknya aplikasi dalam pembelian atau pembayaran listrik secara online saat ini.

Cara Mematikan Alarm Meteran Listrik agar Tidak Berisik

Struk Pembayaran Rekening Listrik Prabayar
Struk Pembayaran Rekening Listrik Prabayar

Bagi para pengguna listrik prabayar, alarm meteran listrik yang berbunyi ketika listrik mulai habis cukup mengganggu. Meskipun alarm ini menjadi pengingat bagi pengguna yang lupa mengisi token listrik.

Selain itu, alarm meteran bagi listrik prabayar juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin cek tagihan listrik. Jika alarm sudah berbunyi, artinya sudah banyak KWH yang terpakai dan harus segera diisi.

Cara mematikannya bisa dengan menekan angka 812 pada meteran tersebut. Kemudian untuk mengkonfirmasinya tekan saja Enter. Tapi cara tersebut bisa berfungsi untuk sebagian meteran, karena ada juga jenis meteran yang harus menggunakan nomor lain.

Maka, ketahui juga bagaimana panduan dalam pemakaian meteran listrik tersebut. Selain dimatikan, alarm ini juga bisa disetting waktu bunyinya sesuai dengan keinginan dari si pengguna.

Caranya yaitu tekan saja angka 456, tunggu sebentar lalu atur bunyi alarmnya sesuai dengan KWH yang diinginkan.

Contoh Penggunaan Listrik di Kehidupan Sehari-hari

Listrik menjadi sumber energi paling penting dalam kehidupan. Energi dari listriklah yang menjadi penyebab ditemukan/diciptakannya perangkat yang akan merevolusi zaman. Sehingga listrik sangat berperan dalam hidup manusia.

Sebagai pengguna listrik dari PLN, kamu juga harus tahu cara print struk pembayaran rekening listrik. Baik untuk listrik prabayar maupun listrik pasca bayar. Berikut ini beberapa contoh dalam pemakaian listrik di kehidupan sehari-hari:

  • Untuk Penerangan

Listrik digunakan untuk kebutuhan penerangan, yang mampu menghasilkan cahaya buatan. Cahaya terang ini akan menerangi kegelapan di malam hari. Atau di tempat-tempat yang tidak terkena sinar matahari.

  • Membuang Panas

Tak hanya menghasilkan panas saja tapi listrik juga mampu mendinginkan sesuatu, atau membuang panas. Contohnya alat pendingin ruangan atau AC, atau bisa juga lemari es yang bisa mendinginkan makanan.

  • Mendukung Pemakaian Alat-alat Medis

Seluruh peralatan medis sudah menggunakan listrik agar bisa beroperasi dengan baik. Misalnya alat yang berupa rontgen, alat tes gula darah, ventilator mekanik, dan sebagainya.

  • Menghasilkan Panas

Energi listrik juga bisa dipakai untuk menghasilkan panas dalam aktivitas sehari-hari. Energi ini akan dialirkan pada elemen pemanas yang berupa kumparan konduktor contohnya kompor listrik, solder, setrika, dan sebagainya.

BACA JUGA  Mudahnya Cek Tagihan Listrik Dengan Nama Pelanggan Ini

Ternyata, struk pembayaran rekening listrik ini memiliki banyak manfaat bagi para pengguna listrik dalam hal pemakaian listrik setiap harinya.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir yang Efisien

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya