in

Buat Yang Senang Main Air Coba Deh Kesini

wisata sukabumi
Source www.pixabay.com

Tahukah kamu bahwa Sukabumi di Jawa Barat merupakan Kabupaten terluas kedua di Indonesia setelah Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur? Ya Sukabumi menyimpan banyak keindahan wisata yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Belum lagi lokasi yang berdekatan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur yang sama-sama punya banyak tempat wisata terbaik.

Kabupaten Sukabumi dengan Pelabuhan Ratu sebagai ibukotanya memiliki tempat wisata air terbaik di Jawa Barat. Buat kamu traveller yang senang main air, wajib hukumnya datang kesini. Berikut pilihan tempat main air terbaik di Sukabumi.

Santa Sea Waterpark Sukabumi

Tak jauh beda dengan waterpark lainnya, disini kamu akan bebas bermain air sepuasnya. Namun prosotan raksasa berwarna warni hanya akan kamu temukan disini. Tak salah Santa Sea Waterpark Sukabumi ini mengklaim dirinya sebagai water theme park pertama di Indonesia.

Wahana air yang ada disini cukup lengkap. Mulai dari racing slide yang merupakan wahana air dimana kamu bisa meluncur dari ketinggian 15 m. Ada Forest Jungle yang merupakan taman edukasi. Kamu bisa puas bermain ombak di wahana Caribbean Ocean. Ada juga wahana air lainnya seperti Ontario Lake, Amazon River dan Neverland. Untuk kamu yang ingin berendam air panas bisa menghangatkan diri di Japanese Hot Spring.

Pemandian Air Panas Cikundul Tirtadaya Budi

Bagi kamu yang mencari tempat berendam air panas di sukabumi boleh mencoba pemandian air panas Cikundul Tirtadaya Budi. Ini adalah salah satu pemandian alam murah meriah di Sukabumi. Terdapat kolam renang umum, kolam renang private dan cottage dengan harga yang berbeda namun dengan kenyamanan yang sama. Paling seru bermain air di kolam renang umum karena letaknya berdekatan dengan sungai. Berendam air panas sambil menikmati pemadangan alam yang indah sangat menenangkan.

Curug Awang Sukabumi

Curug Awang adalah salah satu curug yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Curug Awang adalah curug paling terkenal dari 9 curug lainnya. Mengapa? Karena bentukannya yang sangat unik, mirip air terjun Niagara. Airnya yang berasal dari aliran sungai Ciletuh yang terletak di ketinggian 40 m dengan lebar 60 m. Air curug yang jatuh dari ketinggian 40 meter tersebut tampak sangat gagah dengan latar belakang tebing yang berwarna coklat. Tidak seperti curug yang kebanyakan tebingnya berwarna hitam.

Saat musim kemarau air sungai sedikit surut sehingga curug terlihat seperti memiliki dua air terjun. Saat musim hujan curug akan tampak begitu sangat luar biasa, persis seperti air terjun Niagara. Derasnya air terjun akan memberikan pemandangan yang begitu menakjubkan. Lokasi menuju Curug Awang tidak begitu mulus. Ada beberapa medan berupa batu belum beraspal. Untuk sampai ke area air terjun kamu harus berjalan kaki menelusuri area persawahan.

Danau Batu Bacan

Batu bacan yang lebih dikenal sebagai salah satu jenis batu akik, juga dikenal sebagai nama sebuah danau buatan yang terletak di Desa Bojongharja Kecamatan Cikembar Sukabumi. Danau yang terbentuk dari sisa galian tambang ini memiliki air yang berwarna hijau akibat pantulan sinar matahari ke bebatuan berwarna hijau yang berada di dasarnya. Air danau berasal dari air hujan sehingga aman jika pengunjung ingin bermain air. Karena pemandangannya yang instagramable, danau batu bacan ramai dikunjungi setelah beberapa pengunjung mengunggah fotonya di sosial media.

Perjalanan menuju lokasi cukup sulit karena harus menempuh jalan tanah yang hanya bisa dilewati sepeda motor. Namun demikian tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung karena banyak wisatawan yang penasaran akan kecantikan danau batu bacan. Meskipun tempat wisata tergolong baru namun fasilitas berupa area parkir, mushalla dan kamar mandi sudah tersedia disini.

Goa Buniayu

Dikenal juga sebagai Goa Cipicung karena berada di desa Cipicung. Goa Buniayu memiliki keindahan dan kealamian ornament yang ada di dalam goa. Seperti namanya, Buniayu yang berarti kecantikan yang tersembunyi benar benar memiliki stalaktit, stalakmit flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy yang sangat cantik.

Goa Buniayu sepanjang 500 meter ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 4 hingga 5 jam. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang jika ingin kesini. Kamu harus memakai peralatan khusu goa seperti helm, wear pack anti air, sarung tangan, sepatu bot antilicin dan senter. Setiap pengunjung akan didampingi oleh seorang operator untuk memandu perjalanan menyususi goa buniayu.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
cek pembayaran listrik

7 Cara Cek Pembayaran Listrik Dengan Mudah dan Cepat

wisata religi di kudus

Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Religi di Kudus