in

Cek Online Tagihan Listrik Pascabayar dan Prabayar PLN

cek online tagihan listrik

Cek online tagihan listrik bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke laman resmi PLN. Tentunya lebih mudah dan tidak terikat waktu, sehingga menjadi pilihan banyak orang masa kini. Cek tagihan bukan hanya bisa dilakukan secara offline namun online bahkan lebih menguntungkan. Tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui sebelum melakukan pengecekan.

Ketahui hal ini sebelum cek online tagihan listrik

  1. Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar ialah penggunaan versi lama yang hingga kini masih banyak digunakan. Jadi, tagihan dibayarkan di akhir bulan setelah penggunaan, konsumennya para masyarakat yang tinggal di lokasi pedalaman. Hanya perlu bayar sekali dalam sebulan, sangat simpel. Tidak perlu takut mati listrik jika hanya telat bayar 3 hari.

Keuntungan menggunakan sistem pascabayar yaitu aliran listriknya selalu tersedia, pokoknya pembayaran listrik selalu dilakukan setiap bulannya, jangan menunggak. Maka, tidak perlu repot untuk mengisi token listrik dan cek tagihan listrik. Tetapi sistem pascabayar ini juga memiliki kekurangan yaitu sering membengkaknya tagihan listrik sebab penggunaan yang terlalu tinggi.

Selain itu, jika konsumen menunggak maka akan dikenakan denda bahkan petugas PLN akan memutuskan aliran listrik jika menunggak sangat lama. Setiap bulan secara rutin pasti ada petugas pln yang mengecek meteran di rumah, mungkin saja penghuni rumah terganggu karena hal ini.

  1. Listrik Prabayar

Sistem listrik yang muncul beberapa tahun terakhir ini juga sudah banyak sekali penggunanya terutama daerah perkotaan. Untuk memperoleh aliran listrik, konsumen harus membeli token dulu dan banyak digunakan di kos-kosan. Penggunaan listrik prabayar membuat konsumen lebih mudah mengelola pengeluaran bulanannya.

BACA JUGA  5 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Keuntungan yang langsung bisa dirasakan yaitu seperti disebutkan tadi, dimana pengeluaran listrik per bulan dapat dikontrol langsung oleh konsumen. Terutama untuk yang sudah memiliki gaji sendiri, bisa langsung menyisihkan berapa token yang harus dibeli per bulannya. Jika boros menggunakannya, maka token yang dibeli belum satu bulan sudah habis.

Keuntungan selanjutnya, tidak ada kata terlambat sebab jika tokennya sudah habis listriknya langsung mati. Jadi, mau tidak mau konsumen juga harus segera mengisi. Token saat ini bisa dibeli secara offline ataupun secara online. Penggunaan listrik prabayar juga sangat mudah mengontrol kebutuhan dan bayar tagihan listrik anak kos.

Kekurangan menggunakan listrik prabayar, habis token di waktu yang tak terduga sehingga tiba-tiba mati lampu. Meskipun begitu, listrik prabayar sudah dilengkapi notifikasi berupa alarm saat token tersisa 10 kWh. Maka, ketika sudah berbunyi bisa langsung diisi token lagi agar listrik selalu ada.

  1. Alasan PLN lebih menyarankan sistem prabayar

Konsumen sebenarnya bebas memilih listrik jenis prabayar ataupun pascabayar tanpa ada paksaan. Namun, pihak PLN lebih merekomendasikan untuk menggunakan sistem prabayar karena lebih praktis. Pihak PLN tidak perlu merekrut terlalu banyak petugas untuk mencatat meteran setiap rumah pengguna listrik. Pengeluaran per bulan lebih mudah diatur oleh konsumen.

Tetapi kembali lagi pada konsumen sendiri memilih menggunakan yang mana. Pastinya untuk cek online tagihan listrik sekarang ini bisa dilakukan lebih mudah. Misalnya melalui website Hotelmurah.com, dimana tersedia layanan cek dan bayar tagihan listrik serta pembelian token listrik. Tersedia banyak promo jika bayar/ beli di situs ini, seperti gratis pulsa!

 

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
pulau dodola

Begini Kecantikan Asli Wisata Laut di Tidore

protokol covid pesawat

Kenali Standar Protokol Kesehatan Covid Oleh Maskapai Garuda Indonesia