in

Cara Cek Tagihan Listrik dan Dapatkan Token Listrik Bersubsidi

cara cek tagihan listrik
cara cek tagihan listrik

Dahulu mengecek tagihan rekening listrik hanya mengacu pada tagihan listrik pascabayar yang harus dilunasi setiap bulan sekali. Kali ini cek tagihan bisa dilakukan untuk listrik prabayar tidak terkecuali token subsidi. Token subsidi adalah pemberian pulsa token gratis berturut-turut selama 3 bulan lamanya sebagai program subsidi pemerintah.

Cara cek tagihan listrik token subsidi via WhatsApp

Sebelum mengetahui cara cek tagihan tokennya, ketahui terlebih dahulu siapa saja yang berhak menerima token subsidi. Yan berhak menerima token subsidi gratis 3 bulan adalah pelanggan listrik prabayar 450 VA dengan kode R1/R1T.

Sementara untuk pelanggan listrik yang jumlah sambungan dayanya mencapai 900 VA hanya diberikan potongan diskon 50% berturut-turut hingga 3 bulan. Kode penerima listrik token subsidi adalah R1/RIT. Di luar kode tersebut misalnya kode R1M tidak mendapatkan subsidi token.

Token subsidi listrik juga dibagikan pada pelanggan dengan kode CL. Kode ini diklasifikasikan berdasarkan pada meteran rumahnya. Misalnya CL 2 dengan kapasitas daya 450 VA atau CL 10 dengan total daya 2.200 VA.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan jika ingin mengurus subsidi token via WhatsApp? Apakah cara pengurusannya mudah dan sudah dijamin berhasil? Cara ini dijamin berhasil karena tutorialnya sendiri dibagikan oleh PLN dengan persetujuan dari pemerintah pusat.

Berikut ini langkah pengurusan subsidi token listrik prabayar by WhatsApp:

  • Install Aplikasi

Pertama-tama, silakan Anda install terlebih dahulu aplikasi WhatsApp. Setelah selesai diunduh, registrasi atau login menggunakan nomor ponsel Anda. Pastikan menggunakan smartphone yang ramah WhatsApp.

  • Simpan Nomor Ponsel 08122-123-123

Agar kegiatan chatting dengan CS berjalan lebih lancar, silahkan simpan nomor ponselnya di memori ponsel atau memori card Anda.

  • Chat Nomor Ponsel Tersebut dan Ikuti Petunjuk yang Diberikan

Sampaikan keinginan Anda untuk mendapatkan token subsidi dari pemerintah dan ikuti seluruh petunjuk yang diberikan oleh operator. Untuk langkah pertama chatting, silahkan Anda tulis “Listrik Gratis” atau langsung saja masukkan ID Pelanggan Anda.

  • Terima Token Listrik Gratis

Jika semua berjalan dengan lancar, Anda akan menerima kode token listrik subsidi.

  • Input Kode Token Pada Meteran

Simpan kode token tersebut atau langsung input pada meteran listrik token Anda. Sehingga manfaatnya bisa langsung diterima saat itu juga.

Cara cek subsidi listrik token via situs resmi PLN

Tahukah Anda, jika selain mengajukan permohonan subsidi token via WhatsApp, Anda juga masih bisa melakukannya via situs resmi PLN? Jadi jika ponsel yang Anda miliki tidak memungkinkan Anda chatting via WhatsApp. Anda masih bisa mendapatkan manfaat subsidi token sebagaimana kepala rumah tangga lainnya.

Tutorial ini jauh lebih mudah daripada cek tagihan listrik pascabayar. Anda hanya perlu melakukan 3 kegiatan seperti di bawah ini untuk menerima kode token gratis 3 bulan ke depan:

  • Buka Website Resmi PLN

Pertama-tama, silahkan Anda akses situs resmi PLN. Karena pemberian listrik subsidi token merupakan bagian dari kebijakan saat pandemi Covid-19, silahkan Anda akses stimulus Covid-19 untuk mendapatkan token gratisnya.

  • Input ID Pelanggan/ No. Meteran

Selanjutnya silahkan Anda input nomor meteran listrik token atau ID Pelanggan Anda. Input informasi angkanya dengan baik dan benar jangan sampai salah meski hanya satu angka saja.

  • Masukkan Kode Captcha Dengan Benar

Setelah memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan, Anda masih harus melalui tahapan berikutnya yakni input kode captcha. Lakukan step ini dengan benar hingga kode yang Anda tulis sesuai dengan yang diminta.

  • Input Kode Token Gratis ke Meteran

Setelah berhasil mendapatkan listrik token gratis, silahkan input kode token yang diberikan melalui website langsung ke meteran.

Itulah tutorial dapatkan listrik prabayar subsidi dari pemerintah yang berlaku selama 3 bulan lamanya. Jika Anda sudah memasang token listrik di rumah bahkan seringkali melakukan cek tagihan listrik prabayar online. Pastikan untuk mendapatkan bantuan subsidi tersebut.

Cara pengurusannya sangat mudah, syarat mendapatkan listrik token juga tidak banyak. Hanya perlu menyebutkan nomor meteran atau ID pelanggan. Keduanya bisa Anda cek melalui surat administrasi atau langsung lihat di meteran.

Namun, jika Anda tidak mendapatkan token bersubsidi ini, maka Anda bisa langsung beli token listrik sendiri lewat situs hotelmurah.com.

Siapa yang berhak menerima penawaran subsidi listrik 6 bulan dari pemerintah?

Bila sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara mendapatkan subsidi listrik token selama 3 bulan. Mulai Mei – Oktober 2020, pemerintah berencana untuk memberikan listrik gratis hingga setengah tahun bagi pengguna listrik bidang industri/ bisnis. Langkah ini masih termasuk pada gugusan tugas pemerintah menghadapi Covid-19.

Melihat besarnya manfaat yang ditawarkan oleh pemerintah, seluruh pengguna listrik tentu ingin mendapatkan jatah manfaatnya. Sayangnya, subsidi listrik 6 bulan jauh lebih terbatas daripada subsidi 3 bulan. Berikut ini yang berhak menerima subsidi listrik hingga 6 bulan:

  • Pelanggan Bisnis Kecil

Dampak Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh rumah tangga tapi juga pebisnis kecil di seluruh Indonesia. Untuk membantu para pengusaha kecil tersebut, pemerintah memberikan subsidi listrik selama 6 bulan.

Dengan catatan daya listrik yang digunakan oleh pelanggan bisnis kecil sebesar 450 VA tidak lebih dari itu.

  • Pelanggan Industri Kecil

Selain pebisnis kecil, keringanan membayar tagihan listrik juga dirasakan oleh pelanggan industri kecil  (I1). Dengan batas daya maksimal 450 VA. Subsidi tagihan yang diberikan juga selama 6 bulan hingga Oktober 2020 mendatang.

Dengan harapan para pelanggan industri kecil yang terdampak Covid-19 bisa kembali bangkit lagi. Alokasi dana tagihan listrik PLN bisa digunakan untuk mengembangkan industrinya yang terpuruk akibat Covid-19.

Melihat skema subsidi di atas, kita bisa menarik kesimpulan jika pemerintah telah memberikan bantuan yang sangat besar dan merata. Subsidi token listrik 3 bulan yang diberikan oleh pemerintah bisa dinikmati oleh pengguna listrik rumah tangga.

Sementara, subsidi listrik 6 bulan merujuk pada pebisnis dan pelaku industri kecil. Yang membutuhkan suport agar bisa bertahan atau justru tumbuh lebih baik lagi di masa pandemi Covid-19.

Demikianlah informasi menarik seputar subsidi listrik dari pemerintah. Skemanya tentu jauh lebih rumit dari sekedar cek tagihan listrik online prabayar maupun pascabayar. Mengingat pembagian subsidi yang dilakukan bukan hanya menyasar pada satu orang saja melainkan puluhan bahkan ribuan kepala rumah tangga. Atau pelaku bisnis dan industri di tanah air.

Pemberian subsidi listrik dari pemerintah merupakan tindakan positif di tengah memerangi Covid-19. Apalagi berbagai kegiatan belakangan ini lebih sering dilakukan di rumah yang otomatis membuat pengeluaran listrik menjadi lebih membengkak berikut pengeluaran lainnya.

Manfaatkan subsidi listrik token prabayar yang diberikan pemerintah sebaik mungkin. Dan jangan lupa untuk selalu cek tagihan listrik Anda di rumah. Salah satu caranya juga bisa dilakukan melalui situs online terpercaya.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
wisata religi di kudus

Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Religi di Kudus

curug sikopel

Ini 5 Tempat Wisata Populer 2020 di Banjarnegara