in ,

Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Religi di Kudus

wisata religi di kudus
wisata religi di kudus

Kota Kudus yang terletak di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan sebutan kota Kretek. Kota yang kental akan kebudayaan islamnya ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Salah satunya adalah wisata religinya.

Agama islam yang dibawa oleh Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu membawa pengaruh besar dalam kebudayaan masyarakatnya. Hal ini terlihat jelas dari beberapa peninggalan budaya yang saat ini menjadi tempat wisata.

Apa saja destinasi wisata religi di Kudus yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ?

Menyaksikan Kejayaan Islam Lewat Menara Kudus

Menara Kudus adalah wisata religi yang tak boleh dilewati. Menara Kudus berlokasi di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di tempat wisata ini ada 3 objek wisata penting yang menjadi saksi bisu masa kejayaan islam di kota kretek ini.

Yang pertama adalah masjid Al Aqsa. Mesjid Al Aqsa dibangun pada tahun 1594 M dengan Sunan Kudus sebagai penggagas dan pendiri. Saat itu warga Kudus masih menganut ajaran Hindu dan Budha. Maka Sunan Kudus melakukan pendekatan budaya dalam dakwahnya. Hal ini terlihat dari seni arsitektur menara kudus yang berada di depan masjid.

Menara Kudus dibangun dengan menggunakan tumpukan batu bata yang beratapkan kayu dan berbentuk limas. Di bagian dinding menara terdapat 32 piring logam yang menempel. Bagian kaki dan badan menara diukir dengan ciri khas jawa hindu. Menara setinggi 18 m dengan luas 10×10 m ini mempunya tangga yang terbuat dari kayu jati di bagian dalamnya.

Di sebelah barat masjid terdapat makam Sunan Kudus. Sehari hari jamaah masjid sering berziarah ke makam ini selepas menunaikan shalat. Waktu paling tepat untuk mengunjungi menara kudus adalah menjelang bulan puasa. Karena biasanya sebelum bulan Ramadhan warga Kudus mengadakan Festival Dhandangan.

Festival ini menandakan akan masuknya bulan suci Ramadhan melalui suara bedug masjid. Saat festival para santri akan berkumpul disini dan banyak penjual makanan disekitar komplek menara kudus.

Wisata alam ke Rejenu Kudus sambil ziarah ke makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria terletak di Desa Colo, Kecamatan Gawe, sekitar 18 km dari kota Kudus. Tempat wisata ini berada dipuncak Gunung Muria dengan ketinggian 1.600 mdpl. Butuh perjuangan keras mencapai lokasi karena pengunjung harus menapaki 430 anak tangga hingga ke tempat wisatanya. Disini terdapat masjid dan makam Sunan Muria

Lelahnya mendaki anak tangga yang banyak demi mencapai lokasi makam tidak akan terasa. Karena selama perjalanan pengunjung akan menjumpai kios kios yang menjual berbagai macam barang seperti makanan, minuman dan kerajinan.

Jika lelah kamu boleh beristirahat di kios tersebut, sambil menghirup udara pegunungan nan segar. Bagi yang tidak sanggup berjalan kaki tidak perlu khawatir. Karena ada jasa ojeg yang akan mengantarkanmu hingga ke lokasi makam.

Masjid Sunan Muria terbagi atas 2, yaitu masjid khusus untuk jemaah laki laki dan masjid khusus untuk Jemaah perempuan. Meskipun kedua masjid ini bangunan sudah tidak asli, namun tidak merubah kesakralan mesjid yang sudah berumur lebih dari satu abad ini.

Di lokasi yang sama terdapat makam sunan Muria. Sunan Muria yang nama aslinya adalah Raden Umar Said menjadi tokoh penting dalam penyebaran agama islam di Kudus. Maka tak heran tempat wisata makam Sunan Muria ini selalu ramai dikunjugi para peziarah, terutama pada Kamis Legi dan Jum’at Pahing.

Di sebelah timur makam terdapat makam putri beliau yang bernama Raden Ayu Nasiki dan di sebelah barat masjid terdapat makam putra sulung beliau yang bernama Panembahan Pangulu Jogodipo.

Tak jauh dari area makam, yaitu sekitar 3 km dari sana terdapat wisata alam Rejenu Kudus. Disini terdapat 3 mata air yang masing-masingnya beda rasa. Yaitu rasa manis, sepat dan asam, yang jika ketiga air disatukan maka rasanya akan berubah menjadi tawar.

Air ini dipercaya mempunya khasiat mengobati segala jenis penyakit. Disini juga terdapat makam murid Sunan Muria yaitu Syeh Sadzali.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
wisata sukabumi

Buat Yang Senang Main Air Coba Deh Kesini

cara cek tagihan listrik

Cara Cek Tagihan Listrik dan Dapatkan Token Listrik Bersubsidi