in

Ini 5 Tempat Wisata Populer 2020 di Banjarnegara

curug sikopel

Jika kamu bepergian ke Banjarnegara, jangan lupa untuk mencatat tempat-tempat wisata yang paling baik di kabupaten ini. Kabupaten ini terletak di provinsi Jawa Tengah, dengan slogannya yaitu “Banjarnegara Gilar-Gilar”.  Kabupaten ini sangat terkenal dengan minuman khasnya yang bernama Es Dawet Ayu.

Banjarnegara sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata yang wajib kalian explore jika sedang berlibur atau sedang berada di Banjarnegara. Wisata itu antara lain berupa Air terjun atau Curug, Danau atau Waduk. Wisata yang disuguhkan di Kabupaten Banjarnegara ini sangatlah luar biasa memanjakan mata kamu.

Berikut ini www.hotelmurah.com mencoba mengulas secara singkat entang 5 Tempat Wisata Populer di Banjarnegara yang wajib kamu jelajahi :

Wisata Populer di Banjarnegara

  1. Candi Arjuna

Alamat : dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

candi arjuna
Source Img IG @candiarjuna

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kompleks Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare. Candi Arjuna masih sangat kental dengan gaya candi-candi dari India.

Berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna, Kamu tidak akan menemukan arca yang biasanya menghiasi bangunan candi. Kamu hanya akan melihat ruang-ruang kosong yang biasanya dijadikan tempat meletakkan arca.

Sebagian besar arca yang berasal dari kompleks candi ini disimpan di Museum Kailasa, yang letaknya tidak jauh dari kompleks candi. Sementara itu sebagian yang lain sudah hilang. Kompleks Candi Arjuna biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Galungan.

Selain itu, kompleks ini kadang juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan ruwatan anak gimbal.

  1. Wadas Tumpang

Alamat : Majalangu, Majalengka, Bawang, Banjarnegara

wisata banjarnegara wadas tumpang
Source Img IG @_sryntws_

Wadas Tumpang Banjarnegara merupakan objek wisata berupa gunung yang terbentuk karena dua batu yang bertumpukan dan dipeluk oleh pohon beringin yang berukuran besar dimana konon yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah pendakian hingga ke puncang yang memiliki tinggi sekitar 20 m.Selama perjalanan menuju lokasi pengunjung akan dimanjakan dengan pemkamungan alam yang masih alami dan sejuk, terdapat juga kkamung macan dari akar pohon beringin sampai kera atau monyet-monyet berwarna putih.

Pada zaman dahulu wisata di Banjarnegara ini merupakan tempat pertapaan (wadas tumpang).

  1. Arung Jeram Serayu

Alamat : Jl. Banjarnegara Km. 15, Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Radegan Banjarnegara

arung jeram serayu
Source Img IG @arungjeramserayu

Sungai Serayu mempunyai panjang kira-kira 25 km dengan jeram-jeram kelas III – IV dan jarak tempuh menggunakan perahu selama kira-kira 4,5-5 jam pengarungan. Petualangan kamu akan serasa sempurna bila kamu bisa menaklukan sungai serayu Banjarnegara  dengan jeram-jeram yang cukup menantang.

Kegiatan arung jeram bisa dibilang salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan dan tenaga. Alangkah baiknya lakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Serayu.

  1. Curug Sikopel

Alamat : Babadan, Pagentan, Banjarnegara

curug sikopel
Source Img IG @lattifaa

Memilih wisata dengan nuansa alam yang begitu mempesona memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain murah, dengan mengunjungi wisata alam kamu akan semakin bersyukur akan keindahan alam yang disajikan dan dihadirkan oleh Tuhan.

Dengan demikian kamu akan memiliki dorongan untuk selalu menjaga tempat tersebut dan melestarikannya. Salah satu wisata alam yang ada di Jawa Tengah Curug Sikopel ini menjadi salah satu bukti kebesaran Tuhan yang wajib kita syukuri.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan kolam yang memiliki kedalaman 10 meter.Keberadaan dari air terjun ini yaitu berada di sekitar dataran Dieng di bagian selatan.

  1. Dieng Plateu

Alamat : Bakal Buntu, Bakal, Batu Banjarnegara

dieng plateau
Source Img IG @ragam_banjarnegara      

Dieng Plateu atau juga dikenal dengan Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan wisata perbukitan di Banjarnegara. Memiliki banyak pilihan wisata yang indah membuatnya menjadi daerah kunjungan wisata cukup direkomendasikan. Udara dingin, alam pegunungan, sunrise mempesona, hingga budaya dan kuliner menjadi daya tariknya.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
cara cek tagihan listrik

Cara Cek Tagihan Listrik dan Dapatkan Token Listrik Bersubsidi

tagihan listrik pascabayar

Untung Mana? Tagihan Listrik Pascabayar vs Prabayar