in

Meniti Lokasi Wisata Mutiara Terpendam di Bengkulu

wisata bengkulu
wisata bengkulu. Source img from instagram @galeriwisatabengkulu

Bengkulu merupakan provinsi yang punya memiliki kekayaan wisata sejarah dan wisata alam. Kondisi geografisnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, misalnya, membuatnya punya banyak destinasi wisata pantai. Kondisi alamnya yang berbukit-bukit dan subur juga menyajikan destinasi wisata berupa danau, bukit, dan air terjun yang indah.

Berikut adalah destinasi wisata terbaik di Bengkulu versi Cerita Wisata:

Pantai Panjang

Pantai yang berlokasi di pusat Kota Bengkulu ini menawarkan fasilitas wisata yang lengkap dan pemandangan yang menawan. Sajian warna lautnya yang jernih dan pasir pantainya yang berwarna putih sungguh memanjakan mata. Di sini kamu juga bisa berburu foto terbaik menjelang sunset.

Tak cuma itu, kamu juga bisa berkeliling dengan menggunakan berbagai pilihan seperti sepeda dan delman. Lokasinya yang sangat dekat dengan Bandara Fatmawati-Soekarno pun membuatmu bisa menjadikan Pantai Panjang sebagai destinasi pertamamu di Bengkulu.

Rumah Bung Karno

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, juga punya sejarah di Bengkulu. Soekarno pernah diasingkan di sebuah rumah yang kini dijadikan sebagai museum. Kamu bisa mengunjungi rumah tersebut sambil napak tilas perjuangan sang proklamator.

Kamu juga bisa merasakan nuansa bangunannya yang masih dijaga dan dirawat seperti di masa revolusi.

Pulau Tikus

Pulau Tikus dikenal karena wisata baharinya yang indah. Di pulau ini, kamu bisa menikmati pemandangan indah bawah laut yang mempesona. Gugusan terumbu karang, juga ikan-ikan nemo berwarna-warni akan kamu temukan.

Kamu juga bisa memilih bersantai di daratan pulau tikus, dan bersantai sambil menikmati hembusan air laut.

Benteng Marlborough

Karena lokasinya yang strategis, Bengkulu sejak lama merupakan tempat yang kerap disinggahi berbagai bangsa. Termasuk penjajah Inggris. Saat menduduki Malaka di abad-18, Benteng Marlborough didirikan sebagai benteng pertahanan dan gudang penyimpanan rempah.

BACA JUGA  Mengintip Wisata Bahari di Pulau Tikus

Sampai saat ini, Benteng Marlborough masih dirawat dan dilestarik pemerintah. Kamu yang penasaran mengenai sejarah Bengkulu di abad 18 bisa mengunjungi tempat ini untuk belajar sejarah.

Pantai Linau

Pantai indah yang berair jernih dan berpasir putih mungkin bisa kamu temukan di mana-mana. Tapi di Pantai Linau, kamu akan diajak merasakan sensasi berburu dan menyantap gurita yang merupakan populasinya melimpah di sekitar Pantai Linau.

Bukit Kaba

Kamu suka petulangan dan aktivitas mendaki? Bukit Kaba ini cocok untuk tujuan wisatamu. Bukit Kaba memiliki tinggi 1973 mdpl. Kamu bisa memilih menempuhnya dengan pendakian biasa. Atau kalau terlampau lelah, menempuhnya dengan motor melalui jalan yang telah diaspal.

Di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan indah dua kawah. Satu berwarna hijau tosca dan yang satu lagi kecokelatan. Kamu juga bisa melihat hamparan indah pemandangan hijau dari ketinggian.

Pantai Manula

Pantai Manula adalah pantai yang masih belum banyak terjamah. Namun menawarkan keindahan pantai yang ciamik. Terdapat tebing-tebing tinggi di sekitar pantai, juga satu tebing tinggi yang terpisah dari daratan. Pemandangan ini sedikit-banyak mengingatkan orang dengan keindahan Pantai Lot di Bali.

Bukit Batu Kandis

Di Bukit Batu Kandis kamu bisa memperoleh pemandangan bebas 360 derajat, dan merupakan spot yang cocok untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini adalah melakukan olahraga panjat tebing, juga berkemah dengan menyaksikan pemandangan langit di malam hari.

Curug Sembilan

Air Terjun yang dinamai Curug Sembilan ini tersembunyi di balik hutan lindung. Meskipun memiliki medan perjalanan yang relatif menantang, perjalananmu akan terbayar karena keindahan alam yang ditawarkan, yakni air terjun yang bertingkat, dan terpecah menjadi sembilan. Nuansa alam yang masih perawan juga akan membuatmu merasa segar.

BACA JUGA  Laut Eksotis dan Berburu Gurita di Pantai Linau

Pantai Padang Betuah

Danau yang bersisian dengan pantai. Fenomena seperti ini  bisa kamu temukan di Pantai Padang Betuah, Bengkulu. Kamu seolah mendapatkan dua lokasi wisata dalam satu kali tujuan. Keindahannya terletak pada pasir putih, dan panorama alamnya yang memikat. Para pengunjung biasanya memburu foto sunset mereka di pantai ini.

Suban Air Panas

Melepas penat dengan berendam di air panas mungkin jadi salah satu favoritmu. Kamu bisa mengunjungi Suban Air Panas dan menikmati sensasi merelaksasi badan sambil menikmati nuansa alam yang alami. Di sini kamu juga bisa menemukan air terjun dan situs batu sejarah yang dibalut cerita mitos.

Buatmu yang sudah tidak sabar untuk bepergian ke Bengkulu, segera cek tiketnya di sini.

Written by Dee

Leave a Reply

air panas suban

Melepas Penat di Suban Air Panas

bukit kandis

Bukit Kandis, Pesona Alam Ketinggian di Bengkulu Utara