in

Mengintip Wisata Bahari di Pulau Tikus

wisata pulau tikus
wisata pulau tikus. Sourch img from instagram @/sekilasbengkulu

Tenang, meskipun dinamai Pulau Tikus, daya tarik pulau ini bukan terletak pada keberadaan hewan pengerat yang suka ada di gorong-gorong tersebut. Daya tarik Pulau Tikus justru terletak pada keindahan panorama bawah lautnya.

Gugusan terumbu karangnya amat luas, sekitar 250 hektare dan gugusan ini juga yang menopang Pulau Tikus. Serpihan terumbu karang mudah kamu temukan di sekitar pantai. Dan terumbu karang dengan berbagai bentuk bisa  kamu lihat saat kamu sedang berenang atau melakukan snorkeling dan diving.

Pilihan snorkeling dan divingnya cukup beragam. Ada pilhan wisata untuk snorkeling di perairan yang agak dangkal sekitar 1-3 meter. Dan ada pula pilihan untuk diving di perairan yang agak dalam, yakni sekitar 8, 12, hingga 25 meter. Sesuaikan pilihan ini sesuai dengan budgetmu, ya.

Terletak 10 km dari Kota Bengkulu, Pulau Tikus merupakan salah satu destinasi wisata paling dikenal di Bengkulu. Untuk mencapainya, kamu harus menyeberang via laut,  menggunakan speed boat atau kapal nelayan dari warga sekitar. Lama perjalanannya sekitar 40 menit hingga satu jam. Tergantung kondisi laut dan cuaca. Harga sewanya bervariasi dan relatif terjangkau.

Awalnya, Pulau Tikus punya area seluas 2 hektare, tapi abrasi membuatnya terus menyusut. Diperkirakan, luasnya saat ini hanya sekitar 6000 m2 atau setengah hektare. Namun itu tak mengurangi daya tarik dari Pulau Tikus.

Selain gugusan terumbu karang, area sekitar Pulau Tikus juga dihuni oleh sejumlah satwa laut. Yang paling dikenal adalah ikan nemo atau ikan badut. Ikan yang punya kulit berwarna-warni dan indah ini bisa kamu temukan saat berenang di sekitar gugusan terumbu karang. Sejumlah pengunjung biasanya mengabadikan momen snorkeling mereka bersama ikan nemo tersebut.

BACA JUGA  Laut Eksotis dan Berburu Gurita di Pantai Linau

Sayangnya, penangkapan ikan yang kurang memperhatikan kelestarian alam sempat membuat ekosistem laut sekitar Pulau Tikus terancam. Namun, sejak 2015, terdapat komunitas diving yang berusaha menjaga kelestarian alam di sekitar Pulau Tikus. Salah satunya, melakukan transplantasi terumbu karang di laut sekitar Pulau Tikus.

Hal ini dilakukan karena kelestarian alam di lokasi wisata harus tetap dirawat. Kamu bisa mengobrol dengan komunitas tersebut saat berkunjung ke sana. Mungkin mendapatkan edukasi soal pentingnya menjaga ekosistem, terutama ekosistem laut.

Daya tarik lain di Pulau Tikus adalah pasirnya yang putih, juga pemandangan lautnya yang jernih. Di sini, kamu bisa berfoto dengan berbagai latar belakang. Disarankan untuk mengunjungi Pulau Tikus saat hari cerah.

Hal unik lagi dari Pulau Tikus adalah keberadaan menara suar. Mulanya, jumlah menara suar di Pulau Tikus lebih dari tiga, namun saat pulaunya menyusut, menara suar ini tinggal sedikit. Dengan ijin dari penjagnya, kamu bisa naik ke menara suar dan berfoto dari ketinggian. Tentu kamu harus berhati-hati saat sedang naik, ya.

Menara suarnya terletak di tengah pulau, dan kamu akan mendapatkan pemandangan menarik saat berfoto dari atas sana. Untuk beristirahat, kamu bisa duduk di bawah rindang pohon nyiur sambil mengobrol bersama teman atau keluarga.

Kalau kamu menikmati nuansa Indah di Pulau Tikus, kamu mungkin harus menyiapkan bekal karena di Pulau Tikus tidak ada yang menjual camilan. Kamu bisa membeli sejumlah makanan di Kota Bengkulu sebelum menyeberang ke Pulau Tikus.

Saat ini, di Pulau Tikus sudah ada jasa pemandu yang bisa menemani pengunjung. Pemandu akan membawamu pada spot-spot terbaik, dan memberimu informasi mengenai tempat-tempat tersebut. Bersama pemandu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai Pulau Tikus secara utuh.

BACA JUGA  Dol, Alat Musik Bengkulu Yang Gemanya Mendunia

Oh ya, di Pulau Tikus tidak tersedia penginapan karena areanya yang relatif kecil dan tidak cocok untuk pemukiman. Satu-satunya tempat tinggal hanya tempat yang digunakan menara suara. Tapi untuk kamu yang ingin mencari penginapan, kamu bisa mencarinya di sekitar Kota Bengkulu. Pilihan penginapannya amat melimpah.

Menariknya, pada momen tertentu, kamu bisa menggelar tenda sendiri dan menginap di Pulau Tikus. Tentu setelah kamu mendapatkan ijin dari penjaga menara suara setempat, ya.

Nah, buat kamu yang sudah berencana datang ke Bengkulu, dan mengunjungi Pulau Tikus, kamu bisa menggunakan hotelmurah.com . Di hotelmurah.com tersedia berbagai fitur yang akan memudahkan rencana perjalanamu seperti memesan tiket pesawat/kereta, mencari hotel atau penginapan, sampai top up e wallet dan membayar tagihan. Unduh aplikasinya di playstore, segera!

Written by Dee

Leave a Reply

pantai panjang bengkulu

Pantai Panjang, Pantai Eksotis Di Pusat Bengkulu

pantai linau

Laut Eksotis dan Berburu Gurita di Pantai Linau