in

Melepas Penat di Suban Air Panas

air panas suban
air panas suban. Sourch img from instagram @/Nopi_1127

Berendam air panas masih menjadi pilihan berwisata yang banyak dilakoni orang-orang. Nah, buat kamu yang juga ingin melepas penat sambil berendam di air panas, kamu bisa berkunjung ke Suban Air Panas, Bengkulu.

Suban Air Panas berada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. untuk sampai ke sana, dibutuhkan jarak tempuh sekitar 90 km dari Kota Bengkulu menggunakan transportasi darat. Jaraknya hanya 6 km dari Kota Curup yang merupakan ibukota Kabupaten Rejang Lebong. Waktu perjalanan kira-kira 2 jam.

Di satu titik, di jalan nasional curup, kamu akan menemukan plang yang di sisi jalan yang mengarahkanmu ke Suban Air Panas. Hanya dengan 3 km kamu akan tiba di Suban Air Panas.

Di tempat ini, kamu menikmati nikmatnya berendam air panas. Warga setempat percaya bahwa berendam di Suban Air Panas mampu membantu memulihkan penyakit kulit, pegal linu, dan rematik. Panasnya air dan suasana sekitar Air Suban yang asri tentu akan membuat tubuh dan pikiranmu semakin rileks.

Di Suban Air Panas terdapat dua kolam besar yang biasa dipakai berendam. Kolam pertama adalah kolam yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Kolam ini kedalamannya 2 meter. Kolam kedua diperuntukkan bagi anak-anak dengan kedalaman 70 cm. Selalu utamakan keamanan anak-anak saat berendam dengan mengawasi mereka. Tersedia pula penyewaan ban dan pelampung untuk kamu gunakan.

Sumber Suban Air Panas berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa atau bambu kecil sehingga membentuk pancuran. Mata air ini mengalir dari Bukit Kaba, yang berada di atas lokasi Suban Air Panas, dan sudah lama dikenal sebagai daerah gunung berapi aktif.

Selain dua kolam utama, ada pula tiga kolam kecil yang juga berisi air panas alami.

BACA JUGA  Bukit Kandis, Pesona Alam Ketinggian di Bengkulu Utara

Selain menghabiskan waktu dengan berendam di air panas, di lokasi ini juga terdapat lokasi menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Pertama adalah air terjun. Ya, tak jauh dari Suban Air Panas, terdapat air terjun dengan ketinggian 90 meter yang airnya jernih dan dingin. Di bagian bawah, aliran air terjun ini terpecah menjadi dua, membuatnya sekilas seperti dua air terjun yang berbeda. Di sini kamu bisa merasakan segarnya air dari sumber alami.

Kedua, batu pra-sejarah yang berbalut cerita mitos. Daerah sekitar Suban Air Panas memang masih kental dengan cerita rakyat. Dua batu pra-sejarahnya, yakni “Tri Sakiti” dan “Putri Selangkah” punya cerita yang berasal dari suku setempat.

Di balik keberadaan Batu Tri Sakti, konon terdapat tiga orang sakti yakni Sebei Teret, Sebei Tikis, dan Sebei Bitan. Kesaktian ketiganya konon masih berlaku sampai sekarang, dan sebagian orang yang percaya masih menjadikan lokasi batu tersebut sebagai tempat ritual.

Sementara Batu Putri Selangkah berlatarkan kisah seorang putri yang hidup di masa lalu. Disebut “selangkah” karena putri ini bisa pergi ke suatu tempat dengan sekejap mata. Hanya dengan satu langkah, sang putri bisa sampai ke tempat mana pun yang dia kehendaki.

Putri yang konon bernama Gemericik Emas ini juga diceritakan pernah menjadikan batu tersebut sebagai tempat merenung dan menangis saat ia tak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang. Gambir Melang merupakan putra Suku Rejang yang merupakan penduduk setempat. Oleh warga setempat, batu ini juga dipercaya punya khasiat khusus.

Suban Air Panas sudah lama dibuka sebagai destinasi wisata. Menurut catatan, ia pertama kali dibuka pada 1 November 1967. Hanya saja beberapa waktu belakangan ini terjadi cukup banyak perbaikan infrastruktur jalan sehingga membuat akses menuju Suban Air Panas ini semakin mudah.

BACA JUGA  Pantai Panjang, Pantai Eksotis Di Pusat Bengkulu

Dengan area sekitar 30 hektare, pengelola pun pelan-pelan memperbaiki layanannya dengan menyediakan musholla bagi muslim yang ingin beribadah, dan kantin bagi pengunjung yang ingin mengisi perut. Meskipun demikian, banyak areanya yang masih dibiarkan asri dan alami dengan didominasi pepohonan dan perbukitan.

Nah, kamu yang sudah tak sabar ingin berwisata, jangan lupa untuk menggunakan hotelmurah.com . Di hotelmurah.com kamu bisa memesan tiket pesawat dan mencari penginapan jauh-jauh hari, sesuai dengan rencana perjalananmu. Nikmati diskon dan promo menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Written by Dee

Leave a Reply

padang betuah

Panorama Danau dan Pantai yang Bersisian di Padang Betuah

wisata bengkulu

Meniti Lokasi Wisata Mutiara Terpendam di Bengkulu