in

Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir yang Efisien

Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

Cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir kini bisa dilakukan secara online. Tagihan bulan-bulan sebelumnya memang bisa dicek kembali secara online. Misalnya kamu lupa apakah tagihan yang sebelumnya sudah dibayar atau belum.

Atau hanya ingin mengetahui berapa nominal pembayaran tagihan di beberapa bulan sebelumnya.

Begini Cara Mudah Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir

cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir
cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir

Kamu bisa mengecek tagihan atau status pembayaran PDAM kapan saja dan melalui apa saja. Misalnya dengan mengakses web Hotelmurah, dengan cara pengecekan sebagai berikut:

  • Cara yang pertama adalah dengan masuk ke website terlebih dulu, yaitu di https://www.hotelmurah.com/tagihan/cek-tagihan-pdam.
  • Setelah itu masukkan Kota tempat tinggal kamu pada kolom yang ada di sana.
  • Masukkan juga Nomor Pelanggan PDAM.
  • Terakhir, pilih menu Cek Tagihan.

Nanti akan muncul tagihan yang kamu perlukan di sana, misalnya tagihan dari 3 bulan yang lalu atau 3 bulan terakhir. Tak hanya digunakan untuk pengecekan tagihannya saja tapi kamu juga bisa memanfaatkan website Hotelmurah untuk pembayaran PDAM.

Info cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir tersebut akan kamu peroleh dengan cepat dan mudah. Pengecekan tagihan, status pembayaran, dan juga pembayaran lebih efektif jika dilakukan secara online.

Cara efektif menghemat air bersih

Supaya tagihan PDAM tidak membengkak, tentu kamu harus menghemat pemakaian air di rumah. Apalagi jika musim kemarau tiba dan air mulai mengering di mana-mana. Sedangkan kebutuhan air tidak pernah berkurang.

BACA JUGA  Cara Cek PDAM Gratis Berdasarkan Penerimaan Subsidi 2022

Untuk itu, lakukan cara-cara yang efektif di bawah ini dalam menghemat pemakaian air bersih:

  1. Mengurangi Pemakaian Air

Hal paling pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air adalah dengan mengurangi pemakaiannya. Contohnya untuk pemakaian air yang tidak terlalu perlu sebaiknya dihentikan saja.

Seperti menyalakan shower/keran di kamar mandi secara terus menerus. Ada kebiasaan yang harus berubah dalam mengurangi pemakaian air tersebut. Tujuannya adalah supaya ketersediaan air tetap terjaga.

  1. Mencuci Mobil di Tempat Pencucian Mobil

Jika biasanya kamu mencuci mobil di rumah, untuk masa penghematan sebaiknya cuci mobil di tempat pencucian saja. Karena pencucian mobil di rumah diibaratkan dengan menggunakan 100 galon air.

Sedangkan di tempat pencucian mobil pemakaian airnya hanya sekitar 40 galonan saja. Jangan lupa untuk selalu melakukan cek tagihan PDAM secara berkala untuk mengetahui apakah tagihannya sudah membengkak atau tidak.

  1. Memperbaiki Keran yang Bocor di Kamar Mandi

Banyak kejadian dari keran yang sudah ditutup tapi airnya tetap menetes dari sana. hal itu disebabkan adanya kebocoran pada keran tersebut. Maka segera perbaiki keran supaya tetesan air tidak terbuang begitu saja.

Pemakaian shower di kamar mandi juga akan memengaruhi penggunaan air. Pastikan untuk tidak menggunakan shower terlebih dulu dalam rangka menghemat air.

  1. Tampung Air

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan dalam penghematan pemakaian air adalah dengan menampung air. Menampung dan menyimpan air akan membantu kamu untuk menyediakan air bersih ketika diperlukan.

Kamu juga bisa menggunakan air yang sudah digunakan untuk menghemat pemakaian air. Tapi pastikan airnya masih dalam kondisi bersih, bukan air yang mengandung sabun cuci atau pemutih pakaian.

Selain menghemat air, kamu juga harus tahu cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir 2021 dan status pembayarannya. Bandingkan nominal tagihannya dengan bulan sekarang setelah kamu menghemat air.

  1. Jangan Menggunakan Air dalam Keadaan Panas

Ketika musim panas tiba sebaiknya kamu tidak menggunakan air di siang hari. Karena saat itu posisi matahari sedang berada tepat di atas kepala kemudian air akan menguap dengan cepat.

BACA JUGA  Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Misalnya menyiram tanaman di siang hari saat cuaca sedang sangat panas, atau ketika sedang berangin.

  1. Menggunakan Air Ketika Baju Kotor Sudah Menumpuk

Pemakaian air saat mencuci baju pun harus dilakukan. Sebaiknya kamu mencuci pakaian hanya ketika pakaian kotornya sudah menumpuk saja. Karena banyak atau sedikitnya cucian biasanya penggunaan airnya pun sama saja.

Maka untuk penghematan air sebaiknya mencuci hanya ketika pakaian sudah menumpuk saja.

Cara cek tagihan PDAM 3 bulan terakhir di atas, bisa menjadi panduan untuk kamu yang lupa membayar tagihan PDAM.

Written by Faozan Ahmed

Leave a Reply

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat BCA Mobile

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Lewat BCA Mobile Secara Online

print struk pembayaran rekening listrik

Manfaat Tidak Membuang Struk Pembayaran Rekening Listrik Prabayar