in

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Tak hanya cara bayar tagihan PDAM yang telat saja, tapi pastikan Anda tahu dampak pembayaran yang telat tersebut. Atau setidaknya masalah apa yang nanti akan dihadapi jika telat membayar PDAM.

Untuk itu, bayarlah PDAM tepat waktu supaya tidak harus membayar denda dan beban tagihannya pun tidak menumpuk.

Cara bayar tagihan PDAM yang telat dengan tepat

Cara Bayar Tagihan PDAM yang Telat dan Penaltinya

Banyak orang yang telat atau lupa membayar tagihan PDAM sehingga harus membayar denda. Untuk itu, ketahui cara mengecek tagihan dan membayar PDAM secara online berikut ini:

  • Langkah pertama masuk dulu ke alamat websitenya yaitu https://www.hotelmurah.com/tagihan/cek-tagihan-pdam .
  • Setelah itu pilih kota yang dimaksud dengan mencantumkan nama kotanya di kolom yang tersedia.
  • Masukkan juga nomor pelanggannya.
  • Klik Cek Tagihan. Di sana akan muncul jumlah tagihan yang belum dibayar atau telat dibayar.
  • Lakukan pembayaran di website Hotelmurah tersebut dengan cepat dan mudah.

Mengakses website resmi Hotelmurah ini merupakan salah satu cara bayar tagihan PDAM yang telat secara online. Walaupun begitu, banyak juga cara online lainnya yang bisa Anda pilih untuk pembayaran PDAM tersebut.

Pastikan juga untuk membayar biaya dendanya jika telat membayar tagihan PDAM, agar biayanya tidak menumpuk di kemudian hari.

Masalah yang muncul jika telat membayar PDAM

Tak hanya membayar denda saja, tapi banyak yang harus dihadapi jika telat membayar PDAM. Berikut ini sejumlah masalah yang harus dihadapi jika Anda telat membayar tagihan PDAM:

  1. Akumulasi Tagihan di Bulan Depan

Tagihan PDAM akan keluar di akhir bulan bisa juga di awal bulan. Tagihan akan keluar secara rutin setiap bulan dengan menyesuaikan tanggal pembayaran yang Anda lakukan.

BACA JUGA  Cara Cek Tagihan PDAM 3 Bulan Terakhir yang Efisien

Maka bayarlah tagihan PDAM ini dengan teratur dan sebelum jatuh tempo. Biasanya tanggal jatuh tempo pembayaran adalah 20 hari setelah tagihannya muncul. Tagihan yang belum dibayar akan diakumulasi di bulan berikutnya.

Sehingga jika Anda tidak membayar tagihan di bulan ini maka tagihan akan terus terakumulasi di bulan depan. Untuk itu, lakukan juga cek tagihan PDAM secara berkala agar tidak lupa membayarnya.

  1. Sambungan PDAM akan Terputus

Lebih parahnya lagi, masalah yang dihadapi jika tidak membayar tagihan adalah sambungannya yang diputus. Pemutusan sambungan akan dilakukan jika tagihan tidak dibayar dalam waktu 3 bulan berturut-turut.

Untuk menyambungkan kembali PDAM maka seluruh total tagihannya harus dibayar secara langsung. Anda harus membayar tagihan yang jumlahnya tidak sedikit, karena akumulasi dari 3 bulan tunggakan ditambah dengan biaya denda.

  1. Merugikan Negara

Imbas dari telatnya pembayaran PDAM ini juga akan terjadi pada negara, tidak hanya pada si penunggak saja. Tagihan PDAM akan digunakan untuk melakukan perawatan rutin pada pipa yang mengalirkan air.

Jika banyak orang yang telat membayar tagihannya maka pengeluaran untuk PDAM yang lainnya pun akan telat.

  1. Biaya Denda yang Membengkak

Salah satu alasan mengapa Anda harus tahu cara bayar tagihan PDAM yang Telat dan tertunggak adalah, biaya dendanya yang besar. Jika dibiarkan terus menumpuk maka biaya dendanya pun akan ikut membesar dan tidak murah.

Pembayaran tagihan denda ini akan mengganggu pembayaran untuk kebutuhan lainnya di rumah tangga.

  1. Tak Ada Sumber Air Bersih

Ketika sambungan PDAM diputus karena tagihannya ditunggak, maka Anda juga tidak akan mendapat pasokan air bersih. Kegiatan sehari-hari yang membutuhkan air pun akan terganggu. Seperti misalnya aktivitas mencuci piring/pakaian.

BACA JUGA  Pelajari Cara Bayar PDAM Lewat Aplikasi Pasti Lebih Mudah

Air bersih untuk memasak, makan, dan juga minum tidak akan terpenuhi dengan baik. Jika Anda tidak mau hal ini terjadi maka sebaiknya lakukan pembayaran tepat waktu.

Ketika sambungan air dari PDAM terputus maka Anda akan mendapat surat pemberitahuan sebelum benar-benar diputus. Pemutusan tidak akan dilakukan dengan tiba-tiba atau begitu saja.

Isi surat pemberitahuannya adalah biaya denda dan biaya tagihan yang harus dibayar. Kemudian informasi mengenai pemutusan sambungan air jika masih belum dibayar. Untuk itu, ketika menerima surat pemberitahuan sebaiknya langsung dibayar sebelum diputus.

Cara bayar tagihan PDAM yang telat di atas akan menjadi panduan khusus bagi Anda yang belum membayar PDAM.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
print struk pembayaran rekening listrik

Manfaat Tidak Membuang Struk Pembayaran Rekening Listrik Prabayar

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM BRI yang Efisien