in , ,

5 Tempat Wisata Buol dan Sejuta Pesona di dalamnya

Pulau Busak
Pulau Busak. Photo: Instagram @wawanirawan07

Apakah kamu pernah mendengar Buol? Buol adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah. Bagi kamu yang pernah mengunjungi tempat wisata Buol, sangatlah beruntung. Karena kamu adalah salah satu dari sedikit orang yang pernah menyaksikan keindahan kota Buol secara langsung.

Buol memang sebuah kota yang namanya sedikit asing ditelinga, karena letaknya di ujung utara Pulau Sulawesi, lebih dekat ke arah Filipina. Namun sejuta pesona didalamnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata Buol sedikit berbeda dibandingkan kota lain di Sulawesi. Keindahan alamnya yang masih sangat alami ditambah kotanya yang sepi menjadikan kota Buol sebagai destinasi wisata terfavorit wisatawan asing. Jangan sampai kalah dengan wisatawan luar, kamu juga harus tau keindahan kota Buol. Berikut tempat wisata Buol yang menyimpan sejuta pesona.

Pelabuhan Leok

Pelabuhan Leok
Pelabuhan Leok. Photo : Instagram @inisulteng

Siapa sangka tempat seindah ini ada di Indonesia. Jika dilihat sekilas pelabuhan Leok yang menjadi pelabuhan ketiga di Sulawesi Tengah ini tampak seperti pelabuhan di luar negeri. Panorama alam pelabuhan Leok memang juara.

Baca juga : Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Air lautnya berwarna biru tua bisa dilihat secara dekat dengan berjalan menyusuri dermaga yang berada ditengah-tengah laut. Dermaga ini adalah spot terbaik untuk berfoto, ditambah pegunungan hijau yang indah sebagai latar belakangnya.

Air Terjun Bunsel

Air Terjun Bunsel
Air Terjun Bunsel. Photo : Instagram @ilham_syafaat66

Air terjun Bunsel terletak di Desa Bunobogu. Tidak ada yang istimewa dari tempat wisata Buol yang satu ini kecuali bebatuan terjal tempat mengalirnya air. Aliran airnya bisa dibilang sangat kecil. Namun yang menarik adalah batu alami dan pemandangan hutan disekelilingnya.

BACA JUGA  Pesona Wisata di Kabupaten Bone

Ditambah lagi dengan pemandangan akar pohon yang menjuntai ke bawah seolah mencengkram bebatuan tersebut. Sungguh pemandangan eksotis nan mempesona.

Baca juga : Destinasi Wisata Toli Toli Rekomendasi hotelmurah.com

Pulau Busak

Pulau Busak
Pulau Busak. Photo: Instagram @wawanirawan07

Sulit menjelaskan bagaimana keindahan Pulau Busak. Indah dan benar-benar indah layak disandang oleh pulau yang terletak di Kecamatan Karamat ini. Untuk mencapai lokasi kamu  harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat kota kearah Kecamatan Karamat, lalu menyeberang menggunakan perahu selama 10 menit.

Sesaat setelah perahu menepi di Pulau Busak kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih nan halus. Benar-benar indah. 

Baca juga : Pesona Wisata di Kabupaten Bone

Pantai Batu Susun Lakea 

Pantai Batu Susun Lakea
Pantai Batu Susun Lakea. Photo: Instagram @alfares_makarawung

Pantai Batu Susun Lakea terletak di desa Lakea 2. Yang paling unik dari pantai ini adalah keberadaan bongkahan batu yang terdiri dari ribuan lapisan yang tersebar di sekitar pantai. Lapisan batu karang yang tersusun rapi disetiap lapisannya ini menjadi satu satunya spot terfavorit disini.    

Puncak Pulau Panjang Paleleh

Puncak Pulau Panjang Paleleh
Puncak Pulau Panjang Paleleh. Photo: Instagram @doemarijun

Pulau Panjang Paleleh adalah salah satu dari deretan pulau yang ada di desa Paleleh. Untuk mencapai tempat wisata Buol ini kamu harus naik speadboat atau kapal nelayan untuk menyeberang. Bagian puncaknya adalah tempat terbaik untuk menikmati keindahan pantainya.

Baca juga : Liburan ke Kota Baubau yang Lebih Berharga Dari Sekedar Aspal

Dari sini kamu bisa melihat sekeliling pulau dengan cukup jelas. Puncaknya yang berupa hamparan rumput hijau diselingi oleh pepohonan sangatlah instagramable. Selain dapat spot foto juga dapat bonus pemandangan laut yang keren. Sungguh mempesona bukan.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pantai Tanjung Palette

Pesona Wisata di Kabupaten Bone

Pulau Sara, Kepulauan Talaud

Tak Ada yang Seindah Laut di Kepulauan Talaud