in

Pantai Panjang, Pantai Eksotis Di Pusat Bengkulu

pantai panjang bengkulu
pantai panjang bengkulu. Sourch img from instagram @/novaputraprima_

Pantai eksotis dekat pusat kota.

Ya, itu sebutan yang pas untuk Pantai Panjang yang terletak di Kota Bengkulu ini. Kalau kamu sudah berencana datang ke Bengkulu, Pantai Panjang adalah salah satu destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi.

Dari pusat kota, kamu cuma butuh waktu lima belas menit untuk sampai di Pantai Panjang. Jaraknya dari pusat kota hanya 1,5 km. Ada sejumlah pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan.

Istilah “Pantai Panjang” sendiri muncul karena garis pantainya yang panjang, yakni 7 km. Hal ini menjadikannya sebagai pantai dengan garis pantai terpanjang di Indonesia.

Saking panjangnya, Pantai Panjang terletak di tiga kecamatan di Kota Bengkulu, yakni Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Sagara, dan Kecamatan Ratu Samban. Menimbulkan kesan seolah pantai ini tak berujung.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai sajian wisata yang menyenangkan.

Menghadap ke Samudera Hindia, Pantai Panjang menampilkan pemandangan laut yang indah. Lautnya yang berwarna biru, pasir pantainya putih dan lembut sungguh memanjakan mata. Kamu juga akan disuguhi pemandangan pohon pinus dan cemara di sejumlah area pantai.

Dengan area yang luas, kamu tak perlu khawatir karena banyak titik foto yang ideal di Pantai Panjang. Kamu bisa berfoto dengan berlatarkan laut di hari cerah, atau mencari suasana estetik lainnya, yakni saat menjelang matahari terbenam. Posisinya yang menghadap ke barat, membuat pemandangan senja di Pantai Panjang sangat romantis.

Saat pantai sedang surut, kamu akan melihat pemandangan pasir putih luas. Ini bisa terjadi karena Pantai Panjang punya garis surut yang lebar, yakni seluas 500 m.

Untuk menyusuri pantai, kamu bisa punya banyak pilihan.

BACA JUGA  Panorama Danau dan Pantai yang Bersisian di Padang Betuah

Pertama, kamu bisa menyusuri sebagian kecil area Pantai Panjang dengan berjalan kaki. Tentu suasana paling nyaman melakukannya adalah saat cuaca cukup teduh, saat hembusan angin laut bisa membuat jalan-jalanmu lebih sejuk. Jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam, dan topi agar terik matahari tak membuatmu kepanasan.

Para pengunjung juga bisa berolahraga di waktu pagi dan sore karena tersedianya fasilitas jogging track. Tidak hanya jogging, Pantai Panjang juga dikenal sering digunakan para pengunjung untuk melakukan olahraga volly pantai.

Kedua, kamu bisa menggunakan sepeda. Di sekitar Pantai Panjang ada jasa penyewaan sepeda dengan harga terjangkau. Kamu bisa berkeliling di sekitar Pantai Panjang dengan mengayuh sepeda tanpa khawatir terlalu kelelahan.

Ketiga, kamu bisa menggunakan delman. Terdapat sejumlah delman yang bersedia mengantar para wisatawan menyusuri Pantai Panjang dengan harga relatif terjangkau. Setiap delman biasanya maksimal di isi 4 orang penumpang. Ini opsi buatmu yang ingin bersantai saja.

Kamu tak usah khawatir akan kehausan atau kelaparan karena tersedia banyak kedai dan tempat makan-minum di sekitar pesisir Pantai Panjang. Suasananya yang dekat dengan pemukiman membuatmu tak perlu khawatir untuk mengisi perut saat ingin beristirahat sejenak.

Di beberapa titik, terdapat gazebo menghadap laut yang akan membuat waktu istirahatmu semakin berkesan.

Kelebihan lain dari Pantai Panjang adalah, kamu bisa mengunjunginya kapan saja karena buka 24 jam, tujuh hari dalam seminggu. Tidak ada tiket khusus bagi para pengunjung. Kecuali uang parkir buat kamu yang membawa kendaraan pribadi.

Tak cuma itu, pengunjung mudah sekali menemukan penginapan, baik berupa penginapan biasa maupun hotel. Tentu dengan harga yang bervariasi. Lokasi penginapan yang cukup dekat dengan pantai, bisa membuatmu punya kebebasan berkunjung ke Pantai Panjang pada waktu kapan saja, bahkan saat malam hari.

BACA JUGA  Jejak Sejarah Rumah Bung Karno di Bengkulu

Buatmu yang datang dari luar Bengkulu, kamu bisa menggunakan pesawat dan turun di Bandara Fatmawati-Soekarno, Bengkulu. Bandara ini cukup besar dan ada di pusat kota. Dari bandara, tak butuh lama bagimu untuk sampai di Pantai Panjang.

Ada banyak tempat wisata lain di dekat Pantai Panjang. Selain pantai, ada juga wisata ke peninggalan sejarah seperti Rumah Pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough, yang merupakan peninggalan Inggris di masa lalu.

Nah, buatmu yang sudah tertarik mengunjungi Bengkulu, kamu bisa rencanakan perjalananmu bersama hotelmurah.com . Di hotelmurah.com, kamu bisa membeli tiket pesawat, mencari penginapan, dan mengisi e-wallet, dsb. Yang akan membuat rencana jalan-jalanmu semakin mudah dan nyaman.

Written by Dee

Leave a Reply

benteng marlborough

Berkunjung ke Peninggalan Inggris di Benteng Marlborough

wisata pulau tikus

Mengintip Wisata Bahari di Pulau Tikus