in

Laut Eksotis dan Berburu Gurita di Pantai Linau

pantai linau
pantai linau. Source img form instagram @pantailinau

Bengkulu memang jagoanya wisata alam, terutama pantai. Kamu bisa menemukan banyak destinasi pantai dengan keunikannya masing-masing. Pantai Linau salah satunya. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang eksotis: airnya yang berwarna biru terang jernih sekaligus kesempatan berburu gurita dan menyantapnya bersama warga setempat.

Pantai Linau berlokasi di Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Kaur merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Lampung. Dari Kota Bengkulu jaraknya memang cukup jauh, yakni 250 km. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua, untuk mencapainya.

Ciri khas dari Pantai Linau adalah areanya yang menjadi habitat dari gurita. Nelayan setempat juga menjadikan gurita sebagai hasil laut andalan. Di masa-masa ramai, hasil tangkapan gurita bisa mencapai 20 ton dalam sebulan. Tangkapan ini tidak cuma dinikmati dan dijual di daerah setempat, tapi juga diekspor ke daerah lain seperti Jakarta.

Saat berkunjung, kamu pun akan diberi kesempatan untuk melihat, bahkan terlibat dalam berburu gurita. Kamu akan melihat perburuan gurita yang menggunakan alat tradisional setempat. Serunya berburu akan memberikan cerita yang tak akan kamu temukan di pantai lainnya.

Setelah berburu, kamu akan diajak untuk mengolah dan menyantap hasil tangkapan. Memotong-motong, menjadikannya sate, ataupun olahan lainnya.  Dan tidak cuma gurita, jajanan kuliner laut lainnya pun bisa kamu nikmati.

Populasi gurita yang melimpah di Kabupaten Kaur terjadi karena ekosistemnya yang dipenuhi oleh terumbu karang. Kamu bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang indah saat sedang berburu atau berenang. Oh iya, Pantai Linau juga cocok dijadikan untuk berselancar juga, lho!

Daya tarik lainnya dari Pantai Linau tentu adalah kondisi pantainya. Pasirnya yang berwarna putih sedikit gelap dan airnya yang bergradasi. Di sekitar pantai, alamnya dipenuhi dengan pepohonan, membuat nuansa alam yang asri dan alami. Kamu bisa berenang dan menikmati deburan ombak yang syahdu.

BACA JUGA  Meniti Lokasi Wisata Mutiara Terpendam di Bengkulu

Terdapat pula dermaga pelabuhan kapal. Tempat di mana sejumlah kapal kecil maupun besar berlabuh. Kapal-kapal ini biasanya membawa bahan material hasil bumi dan lainnya. Di zaman penjajahan Belanda, dermaga ini pula yang dijadikan tempat transit Belanda sebelum mengirimkan hasil bumi ke Eropa.

Pokoknya, di Pantai Linau, kamu tak akan kehabisan titik berfoto. Mungkin kamu harus siap-siap mengosongkan memori galeri hapemu sebelum berkunjung ke sana. Momen lain yang kerap diburu wisatawan adalah waktu saat matahari tenggelam. Waktu saat langit berwarna jingga, dan matahari ada di ujung cakrawala.

Disarankan untuk mengunjungi Pantai Linau di musim kemarau, agar keindahannya bisa tampak maksimal.

Menjaga kelestarian gurita

Meskipun populasi gurita di Pantai Linau termasuk melimpah, namun nelayan setempat sadar untuk membatasi diri. Pada tahun 2022, nelayan setempat pernah bersepakat untuk menghentikan perburuan gurita selama tiga bulan. Hal ini dilakukan untuk menjaga populasi gurita yang ada di sana.

Selepas masa perhentian perburuan, pemerintah Kabupaten Kaur langsung merayakannya dengan festival khusus yang dinamai Festival Gurita. Festival ini digelar pada 21-23 Juni 2022. Tersedia 10.000 tusuk sate gurita, untuk menembus rekor MURI.

Dalam festival tersebut, ada pula event surfing yang dilakukan di sektar Pantai Linau. Pesertanya berasal dari para peselancar di Sumatera dan daerah lainnya. Festival-festival serupa dikabarkan akan mulai rutin digelar di Kabupaten Kaur. Kamu bisa mencari informasi mengenai festivalnya agar datang di momen yang meriah.

Pilihan Penginapan

Untukmu yang ingin menginap, sudah tersedia sejumlah hotel dan homestay di sekitar Kabupaten Kaur. Harganya pun relatif terjangkau. Untuk menginap di sekitar Pantai Linau, biasnaya masih ada warga yang bisa kamu tumpangi untuk menginap.

BACA JUGA  Curug Sembilan, Surga Tersembunyi Di Belantara Bengkulu

Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya penginapan dengan anggaran keuanganmu, ya! Untuk memudahkan rencana jalan-jalanmu ke Pantai Linau, kamu bisa gunakan hotelmurah.com . Selain mencari penginapan, kamu juga bisa memesan tiket perjalanan seperti pesawat dan kereta api di hotelmurah.com . Ada pula pilihan untuk membayar tagihan bulanan, dan mengisi e-wallet mu. Nikmati berbagai promo dan potongan harga menariknya. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di app store.

Bagaimana, sudah siap untuk berwisata ke Pantai Linau?

Written by Dee

Leave a Reply

wisata pulau tikus

Mengintip Wisata Bahari di Pulau Tikus

bukit kaba

Bukit Kaba, Sensasi Berpetualang di Gunung Berapi Aktif