in

Masjid 99 Kubah, Wajah Baru Kota Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar
Masjid 99 Kubah Makassar. Source img from instagram @masjid99kubah

Megah dan indah. Dua kata itu mungkin cukup merangkum pendapat orang-orang yang mengunjungi Masjid 99 Kubah. Masjid ini merupakan masjid yang relatif baru dibangun, dan sudah diresmikan pada Maret tahun 2022. Seketika masjid ini menjadi wajah baru Kota Makassar dan provinsi Sulawesi Selatan.

Meskipun baru dibangun, keindahan Masjid 99 Kubah ini langsung mendapatkan pengakuan dunia. Salah satunya masuk ke dalam 30 masjid terindah di dunia, dan 10 masjid terindah di Indonesia. Keren, ya.

Pembangunan Masjid 99 Kubah baru dimulai pada tahun 2017. Sempat mengalami kemangkrakan karena berbagai hal, masjid ini akhirnya bisa digunakan pada tahun 2022.

Arsitek yang merancang desain untuk Masjid 99 Kubah adalah Ridwan Kamil. Pada tahun 2017, Ridwan Kamil masih menjabat sebagai walikota. Dan Ridwan Kamil masih terus merancang berbagai arsitek indah di beberapa tempat meskipun memiliki amanah di pemerintahan.

Desain unik

Desain Masjid 99 Kubah ini memang unik. Seperti namanya, di masjid ini terdapat 99 kubah yang melambangkan 99 nama Allah swt dalam Asmaul Husna. Diharapkan bahwa umat Islam selalu mengingat keagungan nama-nama Allah swt. Bentuk dasarnya membentuk 9 sisi poligon dengan teras 9 lapis.

Ciri khas lain Masjid 99 Kubah adalah warna-warnanya yang mencolok, yakni, merah, jingga, dan kuning. Berbeda dengan masjid umumnya yang sering menggunakan warna hijau atau warna yang umum seperti putih.

Masjid 99 Kubah memiliki luas 72 x 45 meter persegi. Terdapat tiga area dalam masjid, yaknik ruang shalat utama yang bisa menamping 3.880 jamaah, ruang mezzanine yang bisa menampung 1.005 jamaah, dan pelataran yang dapat menampung 8.190 jamaah.

Di bagian pelataran, orang-orang bisa bersantai dan menjadi ruang publik di mana orang berkumpul. Wisatawan cukup banyak menjadikan area ini sebagai tempat berfoto.

BACA JUGA  Tak Lama Lagi Ada Destinasi Wisata Religi Baru di Makassar

Biaya yang dikeluarkan dalam proses pembangunan Masjid 99 Kubah ini cukup fantastis, yakni Rp160 miliar. Anggaran berasal dari beberapa pos pengeluaran pemerintah, dsb.

Selama Ramadhan, keramaian Masjid 99 Kubah selalu meningkat. Baik pada waktu shalat-shalat wajib dan waktu salat tarawih.

Lokasi pembangunan Masjid 99 Kubah berada di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI). CPI adalah lahan reklamasi di sekitar Pantai Losari, Makassar. Di sekitar CPI juga terdapat gedung serbaguna di era Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Akses

Untuk menuju ke Masjid 99 Kubah cukup mudah. Lokasinya yang berada di keramaian membuatnya mudah ditemukan. Tersedia berbagai pilihan ojek online (ojol) yang bisa mengantarmu langsung ke tempat tujuan.

Masjid 99 Kubah ini pun dibuka untuk umum. Tidak ada tiket masuk, dan hanya akan membayar jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Pilhan aktivitas

Sebagai tempat ibadah, tentu yang pertama kita lakukan di Masjid 99 Kubah adalah beribadah. Kamu bisa menunaikan salat sembari melihat kemegahan masjid ini di bagian dalam.

Selain itu, kamu juga mengabadikan momen di Masjid 99 Kubah dengan berfoto. Spot foto paling favorit adalah di bagian pelataran, tempat di mana kamu bisa berfoto dengan latar belakang arsiktektur masjid yang warna-warni.

Dari bentuk bangunannya, Masjid 99 Kubah sering disebut dengan masjid-masjid yang ada di Turki, seperti Hagia Sophia, dll. Tak cuma masjid. Tempat di sekitar masjid pun cukup strategis. Terutama jika kamu suka memburu foto menjelang hari terbenam.

Banyak warga dan pengunjung yang datang ke Masjid 99 Kubah untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Hal ini tak lain karena bentang sekitar masjid yang mendukung, yakni sebagian besar bentang cakrawalanya yang tidak tertutupi oleh bangunan tinggi.

BACA JUGA  MENGIKUTI TRADISI DAN UPACARA KHUSUS RAMADHAN DI DESTINASI WISATA MUSLIM-FRIENDLY

Setelah puas menikmati keindahan masjid, kamu juga bisa mengajak sahabat untuk menjajal berbagai penganan yang dijual pedagang setempat. Tak jauh dari Masjid 99 Kubah, terdapat kawasan pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Jika belum puas, kamu bisa mencari alternatif wisata kuliner khas Makassar seperti coto Makassar, sop konro, jalangkote, dll.

Nah, buatmu yang sudah punya rencana Makassar, jangan lupa untuk berkunjung ke Masjid 99 Kubah ya. Gunakan hotelmurah.com untuk memesan kamar hotel, tiket pesawat, tiket kereta, dan fitur memudahkan lainnya.

Written by Dee

Leave a Reply

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumbar, Masjid Unik Mirip Rumah Gadang

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman, Saksi Sejarah Islam di Aceh