in ,

Sebutkan 3 Alasan Untuk Tidak Mengunjungi Jembatan Ampera

jembatan ampera palembang
Jembatan Ampera Palembang. Source Instagram @ariefgo

Masih adakah yang tidak mengenal salah satu ikon ternama dari Palembang yang satu ini? Hampir semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan jembatan Ampera. Maka tidak alasan lagi jika berlibur ke Palembang tapi tidak mengunjungi jembatan yang fenomenal ini. Jembatan Ampera adalah destinasi wajib wisatawan domestik maupun luar negeri saat berkunjung ke Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

Lokasinya yang terletak di jantung kota menobatkannya sebagai lambang kota Palembang. Jembatan berwarna merah nyala ini menghubungkan daerah seberang hulu dan seberang hilir yang terpisah oleh Sungai Musi, sungai terpanjang di Indonesia. Dari atas jembatan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Dari sini terlihat benteng Kuot Besak Fortress yang lokasinya tak jauh dari jembatan.

Fakta Menarik Jembatan Ampera

Ada berbagai fakta menarik dibalik nama jembatan Ampera. Jembatan yang mulai beroperasi pada tahun 1962 ini sempat diberi nama Jembatan Soekarno. Penamaan ini adalah bukti penghormatan akan jasa Presiden pertama itu. Namun beliau menyarakan nama lain yaitu “amanat penderita rakyat” atau yang sekarang disingkat menjadi Ampera.

Jembatan Ampera memiliki Panjang total 1.177 meter, lebar 22 meter dan tinggi 63 meter. Jarak antara menara jembatan adalah 75 meter. Diatasnya membentang jalan raya 4 jalur. Setiap hari jembatan dipenuhi oleh kendaraan yang lalu lalang. Terbayang sebesar dan semegah apa jembatan ampera ini. . Foto dengan latar belakang jembatan ampera akan menjadi foto memorable sepulang berlibur ke Palembang.

Tak hanya memandangi dan mengabadikan keindahannya, kamu juga bisa menyewa perahu untuk meyusuri Sungai Musi. Pengalaman menaiki perahu disepanjang Sungai Musi akan menjadi pengalaman terbaik. Saat ini di Jembatan Ampera dibangun pusat kuliner, perbelanjaan, dan taman kota. Sehingga wisatawan semakin betah berlama lama menikmati lanskap utama kota Palembang.

BACA JUGA  Mengenal Wahana Menarik Dari Taman Impian Jaya Ancol

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung bersama teman atau keluarga ke Jembatan Ampera ini. Setiap sudut taman-taman terlihat semakin ramai terutama malam minggu. Karena Palembang identik dengan pempek, tak heran jika di dekat jembatan ampera ini juga banyak penjual penjual pempek panggang. Tak usah khawatir karena harga nya sangat terjangkau. Menikmati malam minggu di Jembatan Ampera ditemani dengan pempek panggang, siapa yang tidak mau? Selain itu kamu juga bisa berfoto di bawah patung ikan tugu belido yang baru baru ini diresmikan. Atau sekedar menyalurkan hobi memancing hingga sunset tiba.

Malam hari kamu bisa makan malam di perahu perahu kayu di pinggir sungai musi. Menyicipi beragam makanan khas Palembang dengan sensasi alunan arus sungai. Sesuatu yang baru untuk pengalaman wisata kuliner. Nah, ini yang di tunggu tunggu para wisatawan yaitu keindahan jembatan ampera saat malam hari. Jembatan ampera yang berhias lampu warna warni cahaya yang berpendar itu mampu menghiasi malam. Ini adalah spot foto terbaik di Jembatan Ampera.

Yang membedakan Jembatan Ampera dengan jembatan lainnya adalah keberadaan jam analog merah di bagian atas dikedua ujung jembatan. Jam yang mengangkat nuansa pesona keindahan seperti yang ada di London. Jam raksasa yang berukuran kurang lebh 5.5 meter dan memiliki berat sekitar 200 Kg ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan spot foto dimana jam raksasa enjadi latar belakangnya. Jam analog yang dihiasi dengan warna merah ini berada di sisi jembatan yang menambah keindahan tempat wisata.

Kamu bisa menikmati keindahan Jembatan Ampera secara cuma-cuma. Namun tentu saja kamu harus menjaga kebersihannya. Jembatan Ampera juga buka selama 24 jam jadi kamu bisa datang kapanpun. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah dimalam hari saat musim kemarau. Karena lampu-lampu akan bersinar lebih terang dan sungai musi sedang cantik-cantiknya.

BACA JUGA  Liburan Ke Medan, Tidak Lengkap Rasanya Jika Belum Berwisata ke Theme Park Terbesar di Sumatera ini

Jika kamu berencana mencari penginapan disekitar Jembatan Ampera, kamu bisa cek di www.hotelmurah.com. Sangat mudah menemukan hotel disini dan banyak pilihannya. Mulai dari hotel bintang 4 seperti Novotel, Aston dan Horison, hingga Red Doorz dan Capital O. Mengapa harus booking di hotelmurah.com? Karena promo yang menarik dan kemudahan pembayarannya. Beli hotel di hotelmurah juga dijamin kamu mendapatkan harga terbaik.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
taman kambang iwak

Ga Kuat Lari di Taman Kambang Iwak, luasnya 5 hektar!

kampung kapitan

Kampung Kapitan itu Kampungnya Orang Cina