in ,

Wisata Goa Putri Palembang Punya Yang Baru Untukmu

kolam goa putri
Kolam Goa Putri. Source Instagram @palembangnow

Wisata Goa Putri Palembang punya sesuatu yang baru untukmu. Tempat ini memang belum diketahui banyak orang karena momennya belum tersebar di sosial media. Apakah kamu pernah berkunjung ke Goa Putri Palembang?

Mengenal Wisata Goa Putri Palembang

Jika kamu mendengar kata goa kesan yang pertama kali terlintas adalah sempit dan gelap. Goa juga kerap dikaitkan dengan tempat yang mengerikan dan terkesan mistik. Namun tidak dengan Goa Putri Palembang ini. Saat ini banyak yang masih merasa asing atau bahkan belum mengetahui tentang wisata Goa Putri yag ada di Palembang.

Wisata Goa Putri terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabuten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera selatan. Goa ini terletak 1 km dari jalan lintas sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim. Tepatnya sekitar 230 km dari kota Palembang. Lokasinya mudah ditemukan karena sudah banyak kendaraan yang lewat kesini terutama dari arah kota Palembang.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini sangat menarik untuk dikujungi. Karena daya tariknya tersendiri yang tidak kalah dengan tempat tempat wisata lainya. Tak lama lagi wisata Goa Putri  akan menjadi salah satu objek wisata terfavorit oleh wisatawan lokal maupun luar negeri.

Jadi, apa saja daya Tarik dari Goa Putri Palembang ini?

Daya Tarik Wisata Goa Putri Palembang

Keindahan Goa Putri terletak pada stalaktit dan stalagmit nya. Di beberapa tempat kamu akan menemukan tumpukan lapisan labirin batu stakalit dan stalagmit. Ini adalah keajaiban alam dari hasil metamorphosis berbagai jenis batu dan fosil-fosil jutaan tahun lalu.Kedua keindahan goa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu terdapat batu besar di beberapa bagian goa.

BACA JUGA  Tip Ampuh dan Cepat Mendapatkan Villa Murah di Lembang

Selain itu Goa Putri memiliki kolam yang airnya bersumber dari Sungai Semuhun. Aliran kolam goa ini mengalir jauh hingga bermuara di Sungai Ogan. Kedalam kolam diperkirakan mencapai 150 m dengan lebar 20 sampai 30 m. Ukuran kolam yang cukup luas ini menambah keindahannya. Goa Putri sendiri berukuran sangat besar, sehingga bisa dilewati oleh rombongan.

Namun ada mitos dibalik keindahannya. Katanya jika kamu mandi atau mencuci muka disini maka doamu akan terkabul. Air kolam dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Cerita ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Aslinya Goa Putri ini gelap seperti goa pada umumnya. Namun fasilitas penerangan sudah ada disini. Terlihat dari beberapa lampu sudah dipasang di berbagai sisi goa. Hanya saja menurut pengakuan pengunjung penerangan dari lampu malah mengurangi keindahan goa. Mereka lebih memilih menikmati keindahannya dengan bantuan cahaya alami.

Tata Cara Berkunjung ke Goa Putri

Sudah tidak aneh lagi jika kamu berkunjung ke suatu tempat terutama yang berhubungan dengan alam, ada hal-hal yang perlu kamu patuhi. Begitu juga jika kamu berkunjung ke Goa Putri. Sesampainya di pintu masuk wajib hukumnya untuk mengetuk dinding Goa sebanyaj tiga kali. Ini adalah bentuk salam untuk para leluhur. Selama berada di dalam goa kamu diharuskan menjaga sikap, perkataan dan perbuatan agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

Jika kamu yang ingin memasuki Goa Putri maka harus membeli tiket masuk dan membayar parkir terlebih dahulu. Dengan Harga tiket nya relatif sangat murah kamu akan mendapatkan pengalaman berpetualang di Goa Putri.

Menelusuri Goa Putri

Sebagian besar kawasan Goa Putri masih tertutup untuk pengunjung. Karena jalurnya berbahaya dan gelap. Kawanan kelelawar liar juga bermukim disini sehingga sulit dilewati. Jalan yang dilalui untuk menelusuri goa cukup sulit. Kamu harus menempuh medan yang licin dan curam sejauh 200 m. Jika kamu masuk dari mulut gua maka kamu tidak akan keluar dari jalan yang sama. Begitu berada di dalam kamu akan menuju sebuah lubang yang lain. Lubang ini berada di sebuah undakan. Perjalanan masih dilanjutkan hingga pintu keluar. Begitu keluar ternyata posisinya berada di sisi samping Goa Putri.

BACA JUGA  Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan Paling Seru 2021

Jika kamu berasal dari luar kota Palembang, pastikan kamu sudah booking tiket pesawatnya jauh jauh hari di www.hotelmurah.com/tiketpesawat

 

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
pulau kemaro

Pulau Kemaro dan 3 Hal Penting Didalamnya

situs karanganyar

Situs Karanganyar – Taman Purbakala di Palembang