in ,

Pulau Kemaro dan 3 Hal Penting Didalamnya

pulau kemaro
Pulau Kemaro. Source Instagram @Palembang.destinasi

Kota Palembang sebagai ibukota provinsi Sumatera Selatan selalu menggoda wisatawan untuk berkunjung kesana. Pembangunan infrasturtur dan fasilitas yang baik, membuat kota pempek ini menjadi salah satu tempat tujuan terfavorit di Sumatera. Palembang juga menawarkan sejuta pesona wisata yang menarik, salah satunya adalah wisata Pulau Kemaro.

Mengenal Pulau Kemaro

Pulau Kemaro cukup unik karena terbentuk dari proses alamiah di Sungai Musi berjuta tahun yang lalu. Tanah dan lumpur yang terbawa aliran sungai berkumpul di muara sungai dan membentu sebuah pulau. Letaknya berada tepat di titik pertemuan antara sungai dan laut. Menurut penduduk setempat pulau ini tidak pernah tenggelam meskipun dalam kondisi pasang . Kemudian pulau kecil ini dinamakan Pulau Kemaro yang dalam bahasa lokal berarti “pulau kemarau”.

Pulau Kemaro adalah salah satu akulturasi budaya Palembang dan Cina. Karena disin terdapat vihara cina yang dikenal dengan nama klenteng Hok Tjing Rio. Sebagian besar warga Palembang keturunan Tionghoa akan sembahyang di kelenteng yang berada di tengah pulau ini. Persis di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An dan Siti Fatimah. Kisah cinta seorang pangeran dan putri ini melegenda di Pulau Kemaro.

Di sisi lain pulau terdapat Pagoda 9 lantai. Ini adalah ikon Pulau Kemaro. Desain arsitekturnya meyerupai pagoda negeri tirai bambu pada umumnya. Disetiap dinding pagoda menggambarkan legendanya. Di bagian atas pagoda digunakan untuk tempat sembahyang. Pagoda 9 adalah kunjungan wajib wisatawan setiap tahunnya. Terutama saat imlek dan hari raya cina lainnya.

Sesampainya di Pulau Kemaro kamu akan disambut oleh prasasti yang berisi tentang sejarah Pulau Kemaro. Prasasti ini adalah buatan yang dibangun khusus untuk melestarikan cerita tentang pulau. Pulau Kemaro tidak terlalu besar, luasnya sekitar 30 hektar. Pulau ini dihuni oleh ratusan orang saja. Namun pengunjung tak pernah sepi datang kesini.

BACA JUGA  Situs Karanganyar - Taman Purbakala di Palembang

Legenda Pulau Kemaro

Wajib kiranya kamu mengetahui cerita legenda yang ada di Pulau Kemaro. Legenda ini adalah kisah cinta Siti Fatimah dan Tan Bun An. Menurut cerita yang tersebar di masyarakat Siti Fatimah adalah seorang putri keturunan Raja Sriwijaya. Putri Siti Fatimah adalah penganut agama islam. Sementara Tan Bun An merupakan pangeran dari Raja Tionghoa. Tan Bun An adalah seorang Budha yang taat. Namun kedua insan ini tak sanggup membohongi perasaan masing-masing. Meskipun sadar mereka berbeda agama dan bukan etnis yang sama, mereka tetap merajut hubungan cinta hingga ke jenjang pernikahan.

Demi memperjuangan cintanya, Tan Bun An ingin meminta restu dari orang tuanya. Tan Bun An pun berencana membawa Siti Fatimah ke negara asalnya. Tanpa disangka mereka mendapatkan restu dari orang tua sang pangeran. Sebagai bentuk restu atas pernikahan Tan Bun An dah Siti Fatimah, orang tua Tan Bun An memberikan hadiah berupa tujuh guci besar yang berisi emas.

Waktupun berlalu dan pasangan tersebut pulangi ke Palembang. Sesampainya di rumah mereka membuka hadiah pemberian orang tua. Alangkah terkejutnya mereka karena guci yang disangka berisikan emas berganti dengan sayuran sawi yang sudah membusuk. Mereka dirundung amarah, ketujuh guci tersebut dibuang ke Sungai Musi.

Satu per satu guci di lempar ke sungai. Saat membuang guci terakhir, guci tersebut jatuh di atas dek dan pecah. Ternyata di dalamnya terdapat emas. Tan Bun An yang merasa bersalah pun segera terjun ke sungai untuk mengambil emas. Sang istri Siti Fatimah merasa resah dan ikut terjun ke sungai. Namun pasangan suami istri ini tidak pernah muncul ke permukaan sungai.

BACA JUGA  Liburan Ke Medan, Tidak Lengkap Rasanya Jika Belum Berwisata ke Theme Park Terbesar di Sumatera ini

Inilah kisah cinta Sang Pangeran dan Putri berbeda agama dan etnis yang sangat menarik. Legenda ini membuat para pengunjung penasaran dan datang ke Pulau Kemaro. Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah selalu ramai kedatangan pengunjung yang hendak berziarah.

Penginapan di sekitar Pulau Kemaro

Masukkan Pulau Kemaro kedalam rencana perjalananmu. Booking tiket pesawatnya sekarang juga di www.hotelmurah.com dan temukan promo menarik ya. Tak perlu khawatir jika kamu membutuhkan hotel tempat menginap. Terdapat beberapa pilihan hotel seperti Novotel, Aryaduta dan Santika Hotel Palembang.

 

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
opi water fun

SERU, ASIK DAN NAGIH ADALAH 3 KATA UNTUK WAHANA AIR OPI WATER FUN

kolam goa putri

Wisata Goa Putri Palembang Punya Yang Baru Untukmu