in ,

Wisata Sungai Manna, Udah Murah Indah Pula

sungai manna
Sungai Manna. Source Instagram @pagaralamoutbound

Apakah kamu pecinta wisata alam? Indonesia memiliki alam yang terkenal indah dan masih perawan. Traveller dalam dan luar negeri menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata alamnya. Wisata sungai adalah salah satunya. Sungai yang ada di Indonesia airnya berasal dari mata air dan air hujan dengan aliran deras maupun tenang. Aliran sungai deras berpotensi dikembangkan menjadi wisata sungai.

Sungai Manna adalah salah satu wisata sungai berpotensi di Sumatera Selatan. Sungai dengan aliran cukup deras ini terkenal dengan pemandangannya yang indah. Secara geografis Sungai Manna berbatasan dengan Bukit Barisan dan sembilan anak sungai. Sejatinya Sungai Manna adalah aliran anak Sungai Musi. Anak sungai ini mengalir melalui beberapa wilayah di Sumatera Selatan. Jika kamu berencana berkunjung kesini, laju kendaraan mu menuju Kecamatan Tanjung Sakti. Sekitar 40 Km dari pusat kota Pagar Alam kamu akan sampai di Sungai Manna.

Memiliki arus yang cukup deras menjadikan Sungai Manna sebagai objek wisata arung jeram. Arung jeram Sungai Manna merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di Pagar Alam. Bagi penikmat adrenalin, khususnya wahana air, arung jeram Sungai Manna adalah pilihan terbaik berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Sensasi arung jeramnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Di bagian awal sungai keadaannya cukup lebar dan arusnya tidak begitu deras. 15 km berikutnya jalur sungai semakin sempit dan arusnya sangat deras. Ini adalah area terfavorit. Para pecinta olahraga arung jeram merasa semakin tertantang.

Selain menikmati olahraga arung jeram, keindahan pemandangannya juga tak kalah seru. Saat main arung jeram kamu akan menikmati pemandangan berupa tebing tinggi yang dikelilingi hutan tropis. Hutan yang lebat menghadirkan suasana yang sejuk. Di muara sungai terdapat deretan air terjun. Keindahannya terletak pada pepohonan hijau yang seolah olah membelah air terjun. Suatu pemandangan yang estetik.

BACA JUGA  Curug Ciherang Bogor:Tempat Wisata Instagramable di Bogor

Lokasi menuju sungai Manna cukup mudah ditemukan. Dari Kota Pagar Alam arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Tanjung Sakti Kabupaten Lahat. Kamu bisa mengendarai kendaraan roda 4 sejauh 40 Km dengan waktu tempuh selama 4 jam. Kondisi jalan sudah bagus dan cukup lebar untuk dilalui kendaraan berukuran besar.

Jika kamu berasal dari luar Provinsi Sumatera Selatan, kamu bisa berangkat dari bandara di Kota Palembang. Jika kamu tidak punya kendaraan sendiri, terdapat jasa angkutan antar kota berupa travel. Ambil jurusan ke kota Pagar Alam. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya cukup terjangkau.

Selama perjalanan menuju sungai Manna, kita akan disuguhkan oleh panorama alam yang indah. Di sana terdapat hamparan perkebunan warga dan pemandangan dari Gunung Dempo yang dapat menyegarkan pikiran. Semakin dekat dengan sungai Manna, Kita akan mendengar suara gemuruh air yang semakin kencang. Jika suara gemuruh air semakin terdengar itu tandanya lokasi sudah dekat.

Sesampainya di lokasi, kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit menuju titik awal arung jeram. Tempat Wisata Arung Jeram Sungai Manna ini sudah mendapat pengelolaan yang baik. Terlihat dari fasilitas yang ada yaitu berupa peralatan arung jeram yang sesuai dengan standar keamanan. Setiap perahu arung jeram akan ditemani oleh instruktur profesional. Mereka akan mengawal para pengunjung yang menaiki perahu selama perjalanan arung jeram.

Jika kamu berencana ingin menghabiskan waktu lebih lama di Sunggai Manna, sebaiknya kamu mengambil paket lengkap 2 hari 1 malam karena harganya lebih murah. Paket wisata ini terdiri dari mobil jemputan pengunjung. Kamu bisa menghubungi pengelola Wisata Arung Jeram Sungai Manna untuk menjemput dari lokasi pengunjung hingga sampai di lokasi wisata. Mobil penjemputan sudah bagus, berupa mobil pribadi, elf dan bus. Penginapan yang nyaman tersedia juga, berupa cottage atau villa/homestay yang tersedia. Sudah termasuk makan 3 kali sehari, makanan ringan, banner perjalanan,dokumentasi, dan tour guide.

Selain penginapan yang ada di fasilitas Wisata Arung Jeram Sungai Manna, terdapat penginapan lain yang tak jauh dari lokasi. Kamu bisa pilih salah satu hotel yang ada di www.hotelmurah.com dengan berbagai tipe kamar dan rate yang berbeda.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tempat wisata di kota Palembang

Pilihan 11 Tempat Wisata di Kota Palembang, no 3 Bikin Jantungan

Palembang Bird Park

Palembang Bird Park Semakin Viral