in ,

Situs Karanganyar – Taman Purbakala di Palembang

situs karanganyar
Situs Karanganyar. Source Instagram @pesonasriwijaya

Kota Palembang seperti tak ada habisnya memperkenalkan tempat-tempat wisata yang bersejarah. Dari sekian banyak bangunan bersejarah yang ada di Palembang, jangan sampai melewatkan salah satu tempat wisata sejarah terkenal di Palembang yaitu Taman Purbakala Sriwijaya. Dari namanya kita tau bahwa tempat wisata ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Taman Purbakala Sriwijaya mengenalkan kita akan kejayaan Sriwijaya dulu nya.

Taman purbakala kerajaan sriwijaya awalnya dikenal dengan nama Situs Karangayar. Dulunya taman ini adalah sebuah taman yang berada di tengah pemukiman kerajaan Sriwijaya. Lokasinya tak jauh dari Sungai Musi bagian utara. Tepatnya berada di Jalan Syakhyakirtu, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus. Sungai Musi bagian tepi utaranya sejak lama dikenal sebagai kawasan situs arkelogi. Disini terdapat peninggalan situs dari abad ke 7 hingga 15 masehi yaitu situs kambang unglen, situs padang kapas dan situs ladang sirap.

Situs Karanganyar pada umumnya mempunyai keringgian kurang dari 2 meter dari permukaan sungai musi. Disini kamu akan menemukan jaring kapal, parti dan kolam. Tata letaknya sangat rapi dan teratur layaknya taman dan pemukiman zaman sekarang. Inilah bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya memiiliki peradaban yang tinggi.

Situs Karanganyar dipercaya sebagai pusat aktivitas kerajaan sriwijaya dan pemukiman rakyat. Hal ini bisa terlihat dari peninggalan purbakala yang ada. Berdasarkan fungsinya situs dibagi menjadi 3 bagian subsitus. Subsitus pertama adalah Subsitus 1. di Subsitus 1 terdapat sebuah kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang cukup luas, yaitu 623 m x 325 m. Kolam ini membentang dari arah utara ke selatan. Ditengah kolam terdapat dua pulau yaitu Pulau Nangka dan Pulau Cempaka. Pulau Nangka dikelilingi oleh parit berukuran 15 m x 1.190 m. Subsitus pertama ini adalah kawasan terluas di Situs Karanganyar

BACA JUGA  Curug Leuwi Lieuk Bogor, Wisata Instagramable Kekinian!

Yang kedua ada subsitus karanganyar 2. Subsitus 2 terletak di sebelah barat daya kolam subsitus 1. Disini juga terdapat kolam dengan ukuran lebih kecil. Di tengahnya terdapat pulau berbentuk persegi dengan ukuran 40 m x 40 m. Subsitus yang terakhir adalah Subsitus 3 yang berada di sebelah timur Subsitus 1. Subsitus 3 berbentuk persegi dengan ukuran 60 m x 60 m.

Ketiga subsitus tersebut dihubungkan oleh 7 buah parit. Dimana parit terpanjang mencapai 3 km dengan lebar 25 – 30 m. Parit ini dinamakan parit suank bujang. Keberadaannya memperkuat Prasasti Tuo, bahwa lokasi ini dulunya adalah Kerajaan Sriwijaya. Pada Prasasti Tuo tertulis bahwa Sriwijaya membangun taman lengkap dengan kanal dan kolamnya.

Di Situs Karanganyar yang berada di selatan bukit Seguntang ini ditemukan artefak sisa taman Kerajaan Sriwijaya. Yaitu berupa manik-manik, struktur bata, damar, tali ijuk, keramik dan sisa perahu. Artefak ini diduga berasal dari Tiongkok.

Selain bisa melihat langsung peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya, disini kamu juga bisa mengunjungi museumnya. Barang arkelogi dan keramologika ada disini. Untuk memudahkan pengunjung memahami sejarahnya, barang-barang museum tersebut diurutkan berdasarkan kronologisnya. Mulai dari masa pra Sriwijaya, masa Sriwijaya dan pasca Sriwijaya. Benda museum yang paling khas disini adalah arsitektur Candi Bumiayu.

Situs Karanganyar sangat mudah ditemukan karena berada di 4 km sebelah barat daya Kota Palembang. Situs ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Desember 1994 setelah dilakukan pengembangan. Untuk menikmati koleksi di Situs Karanganyar ini kamu tinggal membeli tiket dengan harga yang murah dan terjangkau.

Dan jika kamu membutuhkan penginapan kamu bisa mengunjungi web www.hotelmurah.com Tersedia hotel dengan berbagai tipe kamar dengan fasilitas yang sangat lengkap. Tinggal menyesuaikan rate hotel dengan budgetmu.

BACA JUGA  Asyiknya Berlibur Ke Pemandian Kalireco Malang

Selamat Berlibur..

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
kolam goa putri

Wisata Goa Putri Palembang Punya Yang Baru Untukmu

pulau pahawang

Pulau Pahawang Sang Pulau Idaman