in

5 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

cek tagihan listrik online

Cek tagihan listrik online lewat Hp sebenarnya sangat mudah dilakukan mengingat saat ini sudah banyak yang menggunakan smartphone dan internet bisa diakses di mana saja. Harga listrik tergantung frekuensi penggunaan pelanggan. Selain hemat biaya transportasi karena tidak perlu ke kantor PLN langsung, juga hemat energi.

Cara cek tagihan listrik online lewat Hp dengan mudah

Smartphone kini bukan saja untuk chating ataupun menghubungi seseorang, tetapi hampir semua kegiatan ini bisa dilakukan secara online. Hanya bermodalkan smartphone dan akses internet, berbagai hal bisa diperoleh termasuk melakukan transaksi dan cek tagihan listrik. Tetapi bagaimana  caranya? Berikut penjelasannya:

  1. Cek dengan menghubungi call centre PLN

Bagi pelanggan yang ingin cek tagihan listrik di bulan ini melalui panggilan telepon, maka bisa menghubungi nomor 123. Karena call center PLN 123 dan jangan lupa sertakan kode area mana lokasi pengguna ataupun pelanggan PLN. Misalnya jika lokasinya di Jakarta, maka kode yang harus dicantumkan yaitu 021, sedangkan untuk daerah Bandung memiliki kode 022.

Selanjutnya pelanggan akan dihubungkan ke costumer service. Ikuti petunjuk yang disampaikan oleh pihak call centre. Tentunya biaya panggilan dibayar oleh konsumen. Sangat mudah melakukan panggilan ini sebab dilayani kapan pun. Konsumen akan dilayani kapan saja, sehingga bisa mengetahui tagihan listrik kapan saja dan di mana saja.

  1. Cek melalui SMS

Jika pelanggan ingin mengetahui jumlah tagihan melalui SMS dengan memanfaatkan layanan SMS gateaway. Cara menghubungi sangat mudah, pelanggan tinggal kirim pesan menggunakan format REK(spasi)no ID pelanggan, kemudian silakan kirim ke 8123.

BACA JUGA  Cek Online Tagihan Listrik Pascabayar dan Prabayar PLN

Jika pelanggan ingin  memperoleh notifikasi secara rutin mengenai tagihan listrik. Pelanggan menggunakan format PLN(spasi)ON(spasi)no ID pelanggan. Berkaitan dengan hal ini, cek tagihan via SMS dikenakan tarif sebesar Rp 500.

  1. Cek listrik prabayar melalui browser dan aplikasi

Silakan masuk ke halaman situs atau aplikasi hotelmurah.com, kemudian masukkan ID pelanggan serta nomor Hp di kolom yang disediakan. Selanjutnya pilih ‘Lihat Tagihan’untuk beli token listrik dengan nominal sesuai kebutuhan. Untuk token listrik mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 1 juta. Selanjutnya silakan ikuti instruksi ataupun langkah-langkah pembayaran yang disampaikan. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore atau boleh juga lewat website.

  1. Cek listrik pascabayar

Jika pelanggan menggunakan listrik sistem prabayar, maka ikuti langkah cek riwayat tagihan listrik berikut. Pertama, setelah masuk ke halaman pascabayar, isikan ID pelanggan serta nomor Hp. Pelanggan akan dibawa ke halaman jumlah tagihan, klik lihat tagihan. Selanjutnya berapa tagihan yang harus dibayarkan akan ditampilkan. Ikuti prosedur pembayaran hingga selesai.

  1. Cara pembayaran tagihan

Setelah mengetahui nominal yang harus dibayarkan, maka harus tahu juga cara membayarnya. Silakan login ke aplikasi atau situs yang ada. Silakan pilih menu Listrik. Untuk pelanggan prabayar, bisa mengikuti poin nomor 3 sedangkan untuk pelanggan listrik pascabayar silakan ikuti poin nomor 4.

Sangat mudah untuk mengecek tagihan melalui smartphone. pengguna boleh menggunakan cara pertama dengan menghubungi call centre PLN. Boleh juga menggunakan cara kedua yaitu via SMS.

Menariknya, konsumen listrik pun bisa memperoleh pemberitahuan mengenai tagihan listrik secara rutin via SMS. Pembayaran melalui Hp ataupun aplikasi lebih menghemat waktu. Sebab tidak perlu mengantre dan tidak mengganggu waktu pekerjaan yang lainnya.

BACA JUGA  7 tips cara menghemat listrik di rumah yang benar

Makanya, ikuti saja cara cek tagihan listrik online lewat Hp yang sudah dijelaskan di atas, silakan dipraktikkan dan semoga bermanfaat.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
wisata madiun 2020

Tempat Wisata di Madiun 2020

geopark gunung tambora

Tidak Ada Tempat Sekeren Ini Selain Di Geopark Gunung Tambora Bima