in , ,

Liburan ke Kota Baubau yang Lebih Berharga Dari Sekedar Aspal

Liburan ke Kota Baubau
Liburan ke Kota Baubau.. Photo : Instagram @baubauupdate

Enaknya liburan ke daerah, kamu akan menemukan tempat tempat indah yang alamnya masih sangat terjaga. Liburan ke kota Baubau misalnya. Kota kecil yang terletak di Pulau Buton Sulawesi Tenggara ini menjadi destinasi wisata terbaik karena menawarkan panorama alam yang keindahannya alami, sepi dan tenang.

Ada yang sudah rindu liburan ke kota Baubau? Baubau memiliki banyak tempat untuk dikunjungi seperti benteng, pantai, gua dan air terjun. Pulau Buton yang terkenal sebagai kota penghasil aspal sangat mudah dijangkau.

Ada pesawat yang langsung mendarat di pulau ini, dimana sebelum mendarat di bandara Betoambari harus transit di Makassar atau Kendari. Tunggu apa lagi cek harga tiket pesawatnya sekarang juga.

Setelah cek harga tiketnya, kegiatan berikut ini bisa jadi pilihan destinasi wisatamu

Liburan ke kota Baubau: Trekking di Hutan Lambusango

Trekking Hutan Lambusango
Trekking Hutan Lambusango. Photo: Instagram @like_kendari

Aktivitas trekking di Hutan Lambusango adalah salah satu yang wajib kamu lakukan saat liburan ke kota Baubau. Jangan sampai kalah dengan turis Inggris yang telah dulu jatuh cinta dengan hutan ini. Hutan Lambusango memang jadi favorit wisatwan yang ingin menikmati keindahan alamnya yang masih sangat alami.

Lokasinya terletak sekitar 90 km dari pusat kota Baubau, Pasarwajo atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Di hutan ini hidup binatang khas Sulawesi seperti anoa, tarsius dan kuskus. Jika kamu beruntung kamu bisa meilhat hewan ini secara langsung.

Jangan coba-coba mengganggu hewan liar ini karena mereka dilindungi oleh cagar alam Kakenauwe dan suaka marga satwa Lambusango.

Baca artikel lain : Begini Kecantikan Asli Wisata Laut di Tidore

Hutan seluas 65 ribu hektar ini merupakan salah satu paru-paru dunia. Selain berfungsi sebagai kawasan konservasi, hutan Lambusango juga dimanfaatkan sebagai hutan lindung dan hutan produksi.

BACA JUGA  Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Untuk pemula disarankan menggunakan jasa tur guide karena tidak ada papan penunjuk jalan di jalur trekking. Ini memang sengaja untuk menjaga kealamian hutannya sendiri. Untuk jalur trekking sudah dibuat jalur aspal sehingga sangat nyaman.

Berkeliling Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton
Benteng Keraton Buton. Photo : Instagram @xaverius_endro

Di Pulau Buton tersimpan sejarah yang kental dan unik untuk dipelajari. Dulunya Pulau Buton dikuasai oleh Kesultanan Buton. Pemerintahan Kesultanan Buton bertahan selama lebih dari 4 abad dan terhindar dari ancaman musuh. Masa kejayaan pemerintahannya terlihat dari benteng Buton yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Benteng seluas 23.375 hektar ini merupakan benteng terluas di dunia. Bahan bangunannya terbuat dari batu kapur/gunung. Awalnya benteng dibangun hanya berupa tumpukan batu yang disusun mengelilingi istana.

Tujuannya sebagai pertahanan dari musuh dan membedakan area istanan dengan perkampungan masyarakat. Kemudian benteng ini dibangun permanen dengan bentuk lingkaran.

Lokasinya terletak di pusat kota Buton. Banyak kendaraan umum yang lewat jalur ini sehingga memudahkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Terletak di puncak bukit yang cukup tinggi, kamu bisa melihat pemandangan kota Baubau dari ketinggian saat berkeliling benteng.

Tampak pula kapal yang hilir mudik di Selat Buton. Benar-benar sebuah pemandangan yang menakjubkan yang wajib kamu kunjungin ketika liburan ke kota Baubau.

Baca artikel lain : Aktivitas Favorit Saat Berwisata ke Kepulauan Sangihe

Pemandian Alam Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona
Air Terjun Samparona. Photo: Instagram @ramadanty.fitri

Air Terjun Samparona boleh menjadi destinasi wisata air saat cuaca di kota Baubau sedang panas-panasnya. Siapa yang melihat keindahan air terjunnya pasti akan langsung terpesona. Air terjun setinggi 30 meter ini berasal dari sumber mata air alami.

Dibawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Sambil berenang pengunjung dapat menikmati hutan tropis nan hijau. Inilah yang menjadi daya tarik air terjun samparona.

BACA JUGA  Pesona Wisata di Kabupaten Bone

Perjalanan menuju lokasi air terjun bisa dibilang cukup sulit. Namun pagi pecinta petualangan, inilah wisata yang dicari. Dari pusat kota, kamu harus naik kendaraan selama 30 menit. Jalannya tidak terlalu bagus karena belum maksimal mendapat perhatian pemerintah.

Setibanya di parkiran mobil, kamu harus melanjutkan perjalanan sejauh 500 m dengan berjalan kaki. Aktifitas treking seperti ini khusus untuk pecinta petualangan alam saja.

Nah, kalau kamu punya pengalaman sendiri dengan liburan ke kota Baubau, boleh sharing di kolom komentar ya! Untuk yang belum pernah, bisa menjadikan liburan ke kota Baubau sebagai alternatif yang bagus.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Panduan Protokol Kesehatan

Begini Panduan Protokol Kesehatan Bagi Pengunjung Area Publik

Wisata Kabupaten Bolaang Mongondow

6 Destinasi Wisata Kabupaten Bolaang Mongondow