in , ,

Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Destinasi Wisata di Parigi Moutong
Destinasi Wisata di Parigi Moutong. Photo : Instagram @parigiequatordiving

Kali ini kita bahas mengenai destinasi wisata di Parigi Moutong, sebuah kota kecil di Sulawesi Tengah yang dikenal sebagai mutiara khatulistiwa. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Palu, menjadikan Parigi Moutong dengan ibu kotanya Parigi ini sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit.

Jika kamu berencana kesini bandara terdekat adalah bandara Mutiara SIS Al Jufrie. Cek harga tiket pesawat Jakarta-Palu. Dari bandara kamu bisa mengendarai mobil selama kurang lebih 6 jam untuk sampai di Parigi.

Kemana saja jika berkunjung ke Parigi? Berikut pilihannya.

Tugu Khatulistiwa, Destinasi Wisata di Parigi Moutong yang wajib

Tugu Khatulistiwa Desa Sinei
Tugu Khatulistiwa Desa Sinei. Photo : Instagram @like_parimo

Destinasi wisata di Parigi Moutong yang satu ini jangan sampai terlewatkan jika kamu liburan di Parigi. Sebab kabupaten ini adalah salah satu lokasi di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Disini kamu berkesempatan berkunjung ke tugu khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa paling ramai dikunjungi pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Karena pada tanggal ini terjadi fenomena yang langka. Yaitu peristiwa jarum botol yang bisa melayang pada titik nol. Tugu Khatulistiwa belokasi di Desa Sinei, Tinombo Selatan.

Pulau Kelelawar 

Pulau Kelelawar Desa Tomoli
Pulau Kelelawar Desa Tomoli. Photo : Instagram @alvaroby5895mdpl

Pulau Kelelawar adalah pilihan destinasi wisata di Parigi Moutong yang tepat bagi kamu yang ingin merasakan sensasi melihat ribuan kelelawar liat menghiasi langit senja. Kelelawar ini menjadi penghuni pulau sejak dulu, dibiarkan hidup liar dan menjadi ciri khas pulau.

Waktu yang tepat datang ke pulau ini adalah saat sore hari, karena menjelang matahari tenggelam ribuan kelelawar akan keluar dan beterbangan menutupi langit. Pulau kelelawar terletak di Desa Tomoli, Kecamatan Toribulu.

BACA JUGA  Mencoba Petualangan Anti Mainstream di Kabupaten Pasangkayu

Kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Parigi, kemudian naik perahu untuk menyeberang dengan perahu motor selama 10 menit.   

Baca Artikel lain : Tempat Wisata Seru yang Wajib Dikunjungi di Takalar

Pantai Nalera

Pantai Nalera
Pantai Nalera. Photo : Instagram @like_parimo

Pantai Nalera bisa menjadi pilihan destinasi wisata di Parigi Moutong yang cocok bersama anak-anak. Berlokasi di Desa Marantale Kecamatan Ampibabo, sekitar 29 km dari kota Parigi. Pantai ini memiliki pasir putih nan indah. Serta barisan terumbu karang berwarna warni yang muncul ke permukaan saat air laut surut.

Saat air laut surut terbentuk kolam kecil yang dikelilingi oleh terumbu karang. Menjadi tempat bermain air laut yang aman bagi anak-anak . Selain itu pemandangan bawah lautnya menjadi spot diving favorit di Parigi.

Air Terjun Ogomojolo

Air Terjun Ogomojolo
Air Terjun Ogomojolo. Photo : Instagram @indo_wonderful75

Air terjun yang terletak di Desa Ogomojolo Kecamatan Palasa merupakan surga tersembunyi di Parigi. Lokasinya masih sangat alami, pemandangan alam disekitarnya berupa hutan dan bukit batu yang dipenuhi akar pohon menjadi daya tarik tersendiri.

Sebenarnya air terjun ogomojolo lebih mirip aliran sungai yang berundak. Bebatuan alam dengan ukuran besar membentuk undakan sehingga air sungai mengalir melalui celah batu undakan atas ke undakan bawah, mirip seperti air terjun.

Kolam air terjunnya yang jernih dan segar mengundang siapa saja yang melihatnya untuk berendam. Untuk mencapai lokasi kamu harus menyusuri jalan tanah sejauh 200 m.

Naah, itu lah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Parigi Moutong menurut mimin, kalau kamu punya destinasi yang unik di Parigi Moutong versi kamu sendiri, silakan tuliskan di komentar ya 🙂

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pulau Kapas Wisata Toli Toli

Destinasi Wisata Toli Toli Rekomendasi hotelmurah.com

Panduan Protokol Kesehatan

Begini Panduan Protokol Kesehatan Bagi Pengunjung Area Publik