in ,

Liburan Bersama Keluarga di Pulau Jemur Riau

Pulau Jemur Riau
Pulau Jemur Riau. Source: Instagram @bayuamdewinata

Pulau Sumatra memang selalu membuat mata kita terkagum kagum melihat indahnya alam yang berada di pulaunya terutama provinsi riau. Riau yang banyak sekali tempat wisata yang membuat kita para wisatawan ingin kembali ke riau untuk menikmati wisata yang berada disana. Riau yang terkenal kaya akan kelapa sawitnya yang selalu menjadi sumber daya yang tidak boleh kita sia sia kan.

Dan kekayaan alam yang ada di riau juga sangat banyak dan indah cocok sekali untuk kita datangi berlibur mengisi waktu luang. Tempat wisata yang satu ini memang tempat wisata yang banyak sekali kita tunggu tunggu yang paling sering menjadi list trip berbagai kalangan.

Pulau jemur ini terletak di selat malaka yang berbatasan dengan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah kecamatan pasir limau kapas. Kabupaten rokan hilir, provinsi riau. Perjalan menuju pulau jemur ini cukup menghabiskan waktu yang lumayan lama tapi kalian tidak perlu khawatir karena perjalanan yang cukup menghabiskan banyak waktu akan terbayarkan saat kalian sudah sampai di tempat wisata pulau jemur tersebut. Pemandangan yang memukaun yang selalu membuat mata para wisatawan kagum melihat keindahannya.

Lihat juga : Asyiknya Menikmati Senja di Sungai Kampar

Pulau jemur keindahan alam yang sangat memukau angin yang selau berhembus membuat kita nyaman, tenang, dan selau ingin berlama lama berada di pulau jumer tersebut pulau yang memiliki sudut dan sisi  yang sangat indah dan air yang sangat jernih.

Pulau Jemur, pulau kecil yang terletak sejauh 45 mil dari Kabupaten Rokan Hilir, atau yang letaknya sekitar 72 kilometer sebelah utara Bagansiapiapi ini, menyimpan sejuta keindahan yang sangat menakjubkan.

BACA JUGA  Pantai Ngurbloat, Pasirnya Terhalus se Asia

Pulau Jemur memiliki pantai berpasir keemasan dengan sedikit ombak yang membuat suasana menjadi tentram dan menenangkan jiwa.  Yah, pantainya memang sedikit berombak dan memiliki air gradasi berwarna hijau di bibir pantai namun semakin ke tengah lambat laun berubah gelap ketika semakin menjauh ke samudera.

Selain itu, disini juga banyak spot wisata yang seru dan mengasyikkan seperti Bekas Tapak Kaki Manusia, Perigi Tulang, Batu Panglima Layar, dan masih banyak lagi.  Bahkan, keindahan Taman Lautnya yang terkenal masih asri serta kaya akan biota laut, memanjakan para penyelam untuk dapat menikmati alam bawah lautnya.

Lihat juga : Keunikan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Komplek Candi Muara Takus

Snorkeling di wilayah laut Pulau Jemur memang sangat diimpikan bagi wisatawan penggemar snorkeling.

Keberadaan Pulau Jemur yang terletak di antara gugusan pulau kecil seperti pulau Tekong Simbang, Tekong Emas, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya ini, menyebabkan kondisi perairan Pulau Jemur menjadi lebih tenang.  Sehingga nyaman bagi Traveler yang ingin menikmati pantainya  untuk berenang, menyelam bahkan menaiki perahu kayak.

Di pulau Jemur terdapat peninggalan sejarah berupa goa, benteng Jepang, perigi emas serta mercusuar. Selain nilai sejarah yang akan menambah wawasan, Traveler dapat memanfaatkan spot-spot wisata ini untuk menambah koleksi photo.

Berswaphoto dengan berlatar belakang seperti dengan meriam peninggalan Jepang, mercusuar dan lainnya.  Dari atas bangunan mercusuar ini, Traveler dapat merekam keindahan Selat Malaka yang begitu indah.

Pulau Jemur juga menjadi tempat singgah penyu hijau yang cantik.  Biasanya, pada saat-saat tertentu akan banyak penyu hijau berenang melewati Selat Malaka. Kawanan penyu hijau yang mulai langka ini mampir untuk singgah dan menetaskan telurnya. Untuk bisa melihat secara langsung, Traveler harus rela meluangkan waktu tengah malamnya untuk menyusuri sepanjang Pantai Pulau Jemur.

BACA JUGA  Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak

Lihat juga : Ini dia 11 Tempat Wisata di Riau yang Paling Ramai

Yang tak kalah menariknya adalah, saat menanti dan menikmati tenggelamnya matahari secara perlahan.  Yah, cobalah sedikit naik ke atas bukit untuk menikmati pesona sunset nan eksotis.  Semburan sinar oranye disekeliling sang surya, luar biasa indah terlihat dari puncak bukit pulau ini.

Pulau yang memiliki luas 250 hektar ini berbatasan langsung dengan selat Malaka serta juga berbatasan langsung dengan Malaysia dan Sumatera Utara. Tak heran, dari pulau ini Traveler dapat melihat pemandangan negeri seberang.  Keberadaan ini juga menciptakan ekosistem bawah lautnya kaya akan biota laut dan terumbu karang.

Jika kalian bingung untuk mencari penginapan dekat pulau jemur tersebut kalian bisa mengunjungi web kami yang menyediakan banyak sekali pilihan penginapan yang sangat nyaman untuk kalian beristirahat selama liburan www.hotelmurah.com dan tiket pesawat yang selalu menyediakan banyak sekali diskon diskon menarik https://hotelmurah.com/tiketpesawat/

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Museum Sang Nila

Mengenal Lebih Banyak Sejarah di Museum Sang Nila

Air Terjun Lubuk Bigau

Menikmati Suasana Sejuk di Air Terjun Lubuk Bigau